Mohon tunggu...
RETNA ARIANI
RETNA ARIANI Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Essai Guru Berprestasiku

15 Mei 2015   09:39 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:02 233
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Saat saya mengikuti Guru Berprestasi Tingkat kota Bekasi tahun 2014 , saya membuat essai ini. Alhamdulillah saya mendpatkan juara 2. Semoga tulisan saya ini menginspirasi dan bisa memotivasi kita menjadi guru yang lebih baik lagi.

...

Latar belakang saya mengikuti pemilihan guru berprestasi adalah ajang rutin tahunan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan nasional dan kebudayaan, baik ditingkat kota/kabupaten, provinsi dan nasional. Ajang ini merupakan satu kompetisi antara guru-guru yang ada di Indonesia khususnya ajang kompetisi guru Sekolah Menengah Atas/ Sekolah Menengah Kejuruan / Madrasah Aliyah yang sederajat untuk mengukur kemampuan guru berdasarkan standar kompetensi guru yang ada.

Motivasi saya mengikuti kegiatan ini adalah ada beberapa hal, pertama adanya dukungan dari Kepala SMA Negeri 4 Bekasi yang mendukung saya penuh dan mempercayakan ajang ini diwakili oleh saya. Sudah pasti sebagai pemimpin disekolah beliau sudah mempertimbangkan secara matang ketika memilih saya. Kedua adanya dukungan dari siswa dengan mengumpulkan tanda tangan dukungan kepada saya ( terlampir) dan melalui jejaring sosial twitter dengan menanyakan “ Apakah bu Retna layak mengikuti seleksi guru berprestasi ?” banyak yang meRetweet dan komentar dari siswa yang saya ajarkan dan juga dari alumni.

Motivasi ketiga saya mengikuti ajang ini adalah karena selama saya menjadi guru dan membina anak anak lomba banyak yang menjadi juara. Juara matematika dan penulisan ilmiah. Penelitian sering kali sekolah mengamanahkan kesaya untuk membimbing mungkin karena saya sangat senang membaca.

Motivasi lain yang mendasari adalah dari dalam diri saya sendiri , dengan mengikuti ajang pemilihan guru berprestasi ini saya dapat melihat kompetensi, keunggulan dari guru lain yang mengikuti juga. Saya bisa banyak belajar dan diskusi, ketika bertemu dalam acara tersebut , sehingga mampu memotivasi saya untuk mengajar lebih kreatif, inovatif. Karena sudah pasti guru-guru yang akan saya temui adalah guru guru hebat yang memiliki keunggulan masing – masing.

Motivasi yang sangat berharga lainnya adalah pengalaman hidup menjadi seorang guru, profesi yang sangat saya cintai. Terlebih sering kali saya mengantarkan lomba siswa, memotivasi dan mengusahakan mereka bermental juara. Saat inilah saya akan berusaha menjadi seperti mereka dulu, menjadi peserta sebuah lomba. Kelak akan saya ceritakan kepada siswa saya dan terutama kepada anak saya nanti ketika dewasa. Semoga dapat menjadi semangat mereka semua, apalagi jika mendapatkan juara. Aamiin Ya Robb.

Visi saya menjadi guru adalah menjadi seorang guru yang inovatif, kreatif , menyenangkan, empati dan menjadi tauladan yang baik bagi siswa. Saya sangat mencintai pekerjaan menjadi seorang guru karena ini adalah cita – cita saya ketika saya SD . Saya melihat menjadi seorang guru adalah profesi yang menyenangkan. Berinovasi sebenarnya bukan hanya kebutuhan seorang siswa untuk dapat mengerti pelajaran dengan lebih menyenangkan, tetapi sebenarnya itu dapat membuat kita termotivasi untuk mengajarkan materi dan menghilangkan rasa kebosanan karena mengajar materi yang sama tiap tahunnya. Kreatif dan menyenangkan akan membawa siswa lebih termotivasi, dan menggali pengetahuan dengan cara yang juga kreatif dan menyenangkan. Inti menjadi seorang guru adalah kita dapat membuat nyaman dan dapat diterima oleh siswa. Karena ketika kita sudah dapat diterima oleh siswa dengan cara berempati maka anak akan berusaha mendengarkan apa yang kita ajarkan, apa yang kita katakan baik itu pelajaran ataupun larangan tentang hal negatif yang tidak boleh mereka lakukan.

Misi saya agar tercapainya tujuan saya dalam mengabdikan diri sebagai seorang guru adalah dengan :

a.Melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi dan Informasi misalnya dengan menggunakan power point sebagai media pembelajaran.

b.Memanfaatkan internet untuk menunjang pembelajaran ,misalnya dengan membuka edukasi.kemendikbud.go.id mencari pengetahuan yang baru, dan perkembangan pengetahuan.

c.Mampu meningkatkan kedisiplinan anak didik dengan jalan memberi tauladan yang berkomitmen ,konsisten dan kontinuitas.

d.Disela istirahat sekolah terkadang saya duduk duduk bareng bersama mereka , berkeliling sambil berdiskusi ataupun sekedar berbincang ringan.

e.Memberikan karakter dan kepribadian yang baik, agar dapat dicontoh oleh mereka tanpa harus berkata – kata. Karena ada beberapa anak yang termotivasi karena gaya bicara saya atau berpakaian saya, dan yang lebih menyenagkan ketika banyak siswa yang lebih mencintai dan menyukai matematika.

f.Mengikuti beberapa pelatihan , workshop dan seminar.

g.Melaksanakan tugas secara profesional sesuai dengan ketentuan sebagai seorang guru dan mendukung visi misi sekolah.

Saya mengajar matematika dan selama saya mengajar selalu diamanahkan oleh sekolah untuk membimbing anak – anak mengikuti lomba lomba atau olimpiade tingkat kota Bekasi walaupun guru matematika saat itu banyak yang lebih senior. Ketika saya pertama kali mengajar di SMAN 4 Bekasi tahun 2005 , anak yang saya bimbing berhasil menjadi juara 1 olimpiade matematika tingkat kota Bekasi atas nama Dian Susanti. Ditahun tahun selanjutnya saya tetap menjadi pembimbing olimpiade.

Kemudian berikut prestasi yang diperoleh selama saya ditunjuk sebagai pembina KIR di SMAN 4 Bekasi :

NO.

NAMA KEJUARAAN

TINGKAT

TEMPAT DAN WAKTU

1)

Juara pertama Olimpiade matematika

Kota Bekasi

Bekasi, 2005

2)

Juara 1 Lomba Produk ilmiah ( Teknologi tepat guna ) Gelar ilmu KIRJAS Fair

Kota Bekasi

Jakarta,2011

3)

Juara 3lomba KTI SMA tingkat Kota Bekasi ( Miswati )

Kota Bekasi

Bekasi , 2011

4)

Juara 3 Lomba Project Presentation SMA se-JABOTABEK science Fair 2012

Jabodetabek

Bekasi 2012

5)

Juara LCT tingkat SMA Bekasi

Kota Bekasi

Bekasi 2012

6)

Trophy bergilir stand Terbaik Gelar Ilmiah

Kota Bekasi

Bekasi 2012

7)

Juara 3 KTI SMA tingkat kota Bekasi ( M. Iqbal)

Kota Bekasi

Bekasi 2013

8)

Juara 2 LCT Economics Science

Jabodetabek

UNJ 2011

9)

Juara Harapan 2 Penelitian Ilmiah Remaja ( M.Bayu Pratama)

Kota Bekasi

Bekasi 2012

10)

Juara 1 Penelitian Ilmiah remaja ( Azizul Hanif )

Kota Bekasi

Bekasi 2012

11)

Juara 3 Siswa Berprestasi

Kota Bekasi

Bekasi 2009

12)

Juara 1 LCT Mathematics Battle Challenge UNPAD

Regional Bekasi

Bekasi 2010

Pengalaman saya mengajar diawali dari SMA , sejak SMA kelas 1 tahun 1997 saya sudah membantu orangtua saya mengajar TPA. Karena kebetulan orangtua saya memimpin yayasan swasta Syubhanul Wathon dibawah binaan departemen agama. Saya mengajar sore selepas pulang sekolah. Saya menyukai pekerjaan saya ketika itu walaupun gajinya tidak lah banyak.

Tahun 2000 saya lulus SMA melanjutkan ke UNJ program studi Matematika, kebetulan saya termasuk siswa yang cerdas ketika SMA . Walaupun mungkin sebagian orang menyayangkan kenapa saya mau masuk UNJ dan menjadi guru, saya tetap pada pendirian saya. Yaitu menjadi seorang guru dengan memilih program studi matematika.

Tahun 2002 saat saya sudah masuk UNJ jurusan pendidikan matematika semester 3, saya diminta oleh salah satu sekolah swasta di Bekasi untuk menjadi seorang guru matematika. SMA Mutiara Baru ysng terletak dirawa lumbu, saat itu sekolah tersebut sudah ada kelas 1 dan kelas 2 nya walaupun masing masing hanya 2 kelas.Merintis sekolah SMA baru itu tidak mudah, bersama dengan 3 rekan saya di UNJ kami mengajar disana. Saya berada di SMA Mutiara Baru sampai diangkat menjadi staff kurikulum.

Tahun 2004 saya lulus UNJ dengan IPK 3,62 dan menjadi lulusan terbaik satu jurusan matematika saat wisuda. Saya langsung mengikuti seleksi PNS dan GBS ( guru bantu sekolah). Alhamdulillah saya mendapatkan rejeki menjadi guru bantu dengan berbekal pengalaman mengajar 2 tahun di SMA Mutiara Baru.

Tahun 2005 mendapatkan SK guru bantu di SMA 4 Bekasi, itu pun dipindahkan SK saya karena lokasi Mutiara Baru cukup jauh dari rumah saya. Sehingga dari tahun 2005 saya mulai merintis karier di SMA Negeri 4 Bekasi, yang kebetulan adalah almamater tercinta.

Tahun 2005 ternyata SMA N 4 memiliki kelas jauh yaitu SMA N 14 Bekasi, saya pun ikut mengajar disana dan mulai merintis disekolah baru itu. Akan tetapi saya memutuskan untuk mundur pada tahun 2008 karena jam mengajar saya di SMAN 4 sudah cukup banyak. Pada saat di SMAN 14 saya pun sempat mendapatkan amanah menjadi Pembina KIR.

Tahun 2011 saya di SMA N 4 mulai diberikan tugas tambahan sebagai pembina KIR sampai dengan sekarang. Saat saya menjadi pembina KIR , Alhamdulillah banyak mendapatkan juara ketika lomba. Setidaknya KIR SMAN 4 Bekasi mulai dikenal oleh universitas negri dan swasta, begitupun dengan KIR lain di kota Bekasi.

Saya menikah tahun 2007, bagi saya saat saya memutuskan menikah diusia 24 tahun adalah moment yang sangat membahagikan. Memiliki keluarga yang bahagia , sakinah mawaddah dan rohmah adalah keinginan semua orang. Semoga keluarga saya selalu dalam keberkahan Alloh Subhannahuwataalla. Prestasi dalam keluarga bagi saya adalah bisa mebahagikan anak dan suami, dan kami bisa travlling kemana saja kami mau, sesuai dengan hobi saya. Walau keluarga saya belum pernah mengikuti perlombaan apapun, tapi saya merasa memiliki seorang anak bernama Muhammad Fatih Farhan Zaidan diusia pernikahan kami yang ke 5 adalah anugrah terindah yang saya peroleh. Prestaaasi seorang saya sebagai seorang ibu adalah bisa mengajarkan hal positif dan anak sayaaa mengikuti dengan baik. Saya bersyukur diusia Zaidan 2 tahun ( lahir 5 Mei 2012) , dia sudah dapat menunjukan angka 1-10 dan A-Z, serta menghapal beberapa surat pendek.

Kehidupan bermasyarakat adalah kebutuhan, apalagi dengan tetangga yang seharusnya sudah menjadi saudara. Alhamdulillah saya bertetangga dengan kebanyakan pribumi sama seperti nenek dan kakek saya,sehingga pergaulan saya dengan mereka berjalan dengan baik. Dalam masyarakat yang lebih luas saya memiliki komunitas ODOJ ( One Day One Juz), dimana komunitas tersebut berusaha membumikan AL.Qur’an dan melangitkan niat. Dengan mengikuti ODOJ saya memiliki teman yang lintas pulau, ada dari NTT, sulawesi, sumatra dll. Komunitas ini terdiri dari 30 orang yang dipilih dari peserta seluruh nusantara secara acak oleh admin ODOJ pusat.

Harapan dimasa yang akan datang, sudah diketahui bahwa kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia sampai dengan saat ini masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya dan sekaligus kunci utama rendahnya kualitas manusia Indonesia adalah kualitas pendidikan yang juga masih rendah. Kualitas sosial-ekonomi dan kualitas gizi-kesehatan tidak akan dapat bertahan tanpa adanya manusia yang memiliki pendidikan berkualitas.

Sebenarnya negeri ini sedang berjuang keras untuk meningkatkan kualitas pendidikan, namun hasilnya masih belum memuaskan. Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan.

Salah satu harapan saya untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia , perlu adanya perbaikan dalam manajemen sekolah. Manajemen sekolah yang bermutu sebenarnya dibangun secara bersama-sama oleh seluruh warga sekolah dan lingkungan pendidikan. Manajemen sekolah yang baik diharapkan menciptakan sekolah yang bermutu secara efektif dan memiliki guru-guru yang berkualitas tinggi.

Berarti Kepala Sekolah, tenaga administrasi, pengembang kurikulum disekolah, guru dan penjaga sekolah pun harus dilibatkan secara aktif, karena semua sumber daya tersebut akan menciptakan iklim sekolah yang mampu menjadikan sekolah itu efektif. Jadi seorang guru yang hebat sekalipun tidak akan berhasil dan berkembang apabila memiliki kepemimpinan yang tidak effektif dan lingkungan yang tidak mendukung.

Kepala Sekolah harus bertindak sebagai manajer dan pemimpin yang efektif. Sebagai manajer ia harus mampu mengelola agar semua potensi sekolah dapat berfungsi secara optimal. Keefektivan dan keefisienan merupakan hal yang pokok dalam kehidupan sistem organisasi, begitupun yang terjadi pada manajemen pendidikan.

Harapan saya kedepannya peran serta dan eksistensi pemimpin di dalam lembaga pendidikan penting karena dituntut untuk mengembangkan brain power skilldari setiap komponen internal di sekolah, yang terletak pada sumber daya manusianya agar dapatlebih bermutu dan profesional.

Peran serta pemimpin di sekolah ini untuk menjaga agar keefektifan tujuan sekolah tatap terjaga dalam upaya peningkatan mutu pendidikan agar lebih terarah.Hal tersebut dikarenakanmanajemen atau pengorganisasian terdiri dari implementasi visi dan strategi yang disajikan oleh para pemimpin, koordinasi dan pembentukan staf organisasi, dan penanganan masalah harian.

Mengoptimalkan keefektifan tujuan dalam rangka peningkatan mutu, harapan saya juga didukung oleh birokrasi pemerintahan yang besih terbebas dari korupsi ,kolusi dan nepotisme. Sesuai denga fakta integritas yang kami tanda tangani atas intruksi walikota Bekasi.

Peran serta saya sebagai seorang guru dalam peningkatan mutu pendidikan saya akan selalu memberikan pengajaran yang terbaik, dan berharap mendapatkan pendidikan dan pelatihan. Berharap program beasiswa untuk melanjutkan kuliah bisa diperoleh dari dinas pendidikan, dan memungkinkan bagi kami yang sedang melanjutkan kuliah mendapatkan cuti mengajar.

Rencana saya kedepannya akan melanjutkan dan menyelesaikan S2 yang sempat terhenti karena kelahiran putra pertama saya yang kami tunggu setelah 5 tahun menikah dan berharap bisa memperoleh beasiswa untuk melanjutkan S3.

Saya pun berencana ingin membuat blog pribadi khusus untuk berinteraksi dengan siswa yang dapat dimanfaatkan mendonlod modul, LKS atau tugas tugas. Berharap juga mengupload dafatar nilai ulangan , sehingga ada sifat keterbukaan antara guru dengan siswa. Bagi siswa yang tidak memiliki internet dirumah bisa memanfaatkan fasilitas sekolah yaitu intenet atau dengan perangkat komputer dan printout yang lengkap disediakan diperpustakaan.

...

Tulisan ini dibuat untuk tugas PPPPTK Matematika 2015

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun