Mohon tunggu...
Restu Haris irawan
Restu Haris irawan Mohon Tunggu... Guru - Guru

Sebagai seorang pendidik tentu harus meningkatkan dan mengembangkan diri dalam upaya menyesuaikan dengan zaman. Salah satunya dengan menulis tentang permasalahan disekitar terutama tentang pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 10 Batu Ampar Terhadap Pembelajaran IPA dan Bahasa Indonesia Menggunakan PBL

28 Februari 2024   21:24 Diperbarui: 28 Februari 2024   22:00 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

BEST PRACTICE

PPG DALJAB SIKLUS 2 TAHUN 2024 KELAS V SDN 10 BATU AMPAR

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta Didik Dalam Pembelajaran

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

 

Keaktifan peserta didik masih kurang

 

Guru belum maksimal dalam mengekplor pemberalajan yang bervariatif

 

Guru belum memanfaatkan media dan model pembelajaran yang sesui dengan materi yang dijarakan

 

Pembelajaran masih berpusat pada guru

 

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan :

 

Permasalahan yang terjadi yang saya alami di sekolah Khusus di kelas saya selama saya melakukan proses pembelajaran

 

menjadi motivasi dan solusi untuk saya pribadi, juga ingin membagikan praktik baik ini agar bisa dijadikan motivasi juga referensi

 

memberikan dampak positif atau perubahan- perubahan/inovasi pada kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan ke depannya khususnya untuk ssaya sendiri dan teman sejawat

 

Mengetahui Kesulitan belajar Paserta didik dan dapat mencari solusi yang tepat

 

5. Pembelajaran yang lebih menarik sehingga siswa lebih fokus dan tercapainya tujuan pembelajaran sesuai apa yang direncanakan

 

Apa yang menjadi Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini

 

yaitu sebagai seorang guru pastilah bertanggung jawab untuk bisa melakukan kegiatan pembelajaran secara efektif sehingga tujuan dari pembelajaran itu sendiri juga hasil belajar peserta didik dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Adapun cara agar tujuan tersebut tercapai yakni dengan mengimplementasikan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran, juga menggunakan metode pembelajaran yang variatif (tidak hanya metode ceramah).

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut ?

Pengunaan Media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik

Penggunaan Model dan metode yang tepat sesuai dengan materi yang akan dipelajari

Keterbatasan waktu yang dimiliki guru dalam mempersiapkan rencana pembelajaran yang inovatif dan juga kreatif

Masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam dikusi dan masih ada peserta didik yang kurang percaya diri dalam malakukan persentasi

 

Adapun yang terlibat dalam mencapi tujuan tersebut adalah

Guru

Peserta didik

Kepala Sekolah

rekan Sejawat

Dosen Pembimbing

Guru Pamong

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah – Langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut

Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi perseta didik

Pengunaan metode dan model pembelajaran yang tepat yang sesuai denagan materi

Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik

Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang disesuikan dengan sintak model pembelajaran yang dirancang oleh guru dalam RPP

Menumbuhkan motivasi peserta didik

6. Menyajikan materi melalui video dan PPT yang menyenangkan dan menarik bagi paserta didik

 

Strategi apa yang digunakan untuk menghadapi tantangan

 

memilih untuk menggunakan model pembelajaran PBL sedangkan untuk metodenya berupa ceramah variasi, diskusi kelompok dan tanya jawab.

Strategi yang digunakan oleh guru yaitu dengan memilih pembelajan yang mudah dipahami oleh peserta didik dengan memanfaatkan gambar-gambar, video youtube yang sesuai dengan materi yang ditayangkan dalam bentuk Powerpoin

melakukan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik. Dimana tahapan-tahapan kegiatan tersebut telah disesuaikan dengan sintaks model pembelajaran yang dipilih dan dirancang oleh guru dalam RPP.

LKPD, instrument penilaian ,media pembelajaran sabagai alat yang dapat membantu siswa dalam memahami materi

 

 

Bagaiman Prosesenya untuk menghadapi tantangan

  Proses yang dilakukan yaitu dengan memahami sintaks model apakah sesuai dengan indikator, tujuan pembelajaran, juga materi yang akan dipelajari oleh peserta didik.

Mencari gambar atau video yang relevan dengan materi yang dipelajarai oleh peserta didik

Merencang kegiatan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan model pembelajaran yang dipilih

Membimbing siswa selama proses pembelajaran dan dalam menyelesikan LKPD baik secara individu maupun kelompok

Melakukan evaluasi dan refleksi dalam kegiatan pembelajaran

Peserta didik praktek secara langsung sebagai bentuk kongkrit.

 

5. Siapa saja yang terlibat

Guru yang menjadi fasilitator.

Peserta didik sebagai subjek proses pembelajaran.

Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing Pelaksanna pembelajaran

Rekan     sejawat   yang    telah    membantu    dalam kelancaran proses pembelajaran.

 

6. Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan stategi

Melakukan koordinasi dengan kepala sekolah, guru

, Waka kurikulum dan rekan sejawat

Buku penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia kelas V ,sumber belajar yang relevan , Internet, Proyektor, Bahan Praktek

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Berdasarkan hasil pembelajaran yang saya lakukan dikelas dengan mengunakan model pembelajaran PBL dengan meteode yang bervariasi ( Ceramah , diskusi , tanyan jawab dan penugasan, Praktek dan menggunakan madia PPT dan Video)

Mempunyai dampak bagi peserta didik : Penggunaan media pembelajaran yang berbasis TPACK dalam bentuk video yang ditampilkan dalam slide powerpoint memudahkan peserta didik dalam mempelajari      dan     memahami      materi,      lebih bersemangat   dan   tidak   cepat   bosan.    Sehingga keaktifan dan kemampuan berpikir analisis peserta didik dapat ditingkatkan.

 

Apakah hasilnya efektif atau tidak efektif mengapa !

Hasilnya efektif peserta didik lebih bersemangat

,lebih berani dalam menyampaikan pendapat selama kegiatan dikusi dalam pembelajaran, terlihat dari hasil dari pembelajaran peserta didik sesudah melakukan kegiatan pembelajaran

 

Bagimana Respon orang lain yang terkait dengan strategi yang dilakukan !

 

Dari teman sejawat, secara keseluruhan sudah dapat mengkondisikan kelas dengan baik dan menjadikan peserta didik dapat terlibat secara aktif

 

Peserta didik merasa senang dengan proses pembelajaran yang berlangsung karena mereka dapat terlibat secara aktif dan kegiatannya menarik, menyenangkan, serta mudah dipahami. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kegiatan refleksi saat kegiatan pembelajaran berlangsung.

 

faktor keberhasilan

Faktor keberhasilan pembelajaran ini ditentukan dari penguasaan guru terhadap model dan metode pembelajaran, media pembelajaran dan langkah langkah pelaksanaan dalam rancangan RPP yang telah dibuat.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan oleh guru yakni dapat menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan indikator materi pembelajaran sehingga tujuan

pembelajaran dapat tercapai dengan baik

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun