BEST PRACTICE
PPG DALJAB SIKLUS 2 TAHUN 2024 KELAS V SDN 10 BATU AMPAR
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta Didik Dalam Pembelajaran
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:
Â
Keaktifan peserta didik masih kurang
Â
Guru belum maksimal dalam mengekplor pemberalajan yang bervariatif
Â
Guru belum memanfaatkan media dan model pembelajaran yang sesui dengan materi yang dijarakan
Â
Pembelajaran masih berpusat pada guru
Â
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan :
Â
Permasalahan yang terjadi yang saya alami di sekolah Khusus di kelas saya selama saya melakukan proses pembelajaran
Â
menjadi motivasi dan solusi untuk saya pribadi, juga ingin membagikan praktik baik ini agar bisa dijadikan motivasi juga referensi
Â
memberikan dampak positif atau perubahan- perubahan/inovasi pada kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan ke depannya khususnya untuk ssaya sendiri dan teman sejawat
Â
Mengetahui Kesulitan belajar Paserta didik dan dapat mencari solusi yang tepat
Â
5. Pembelajaran yang lebih menarik sehingga siswa lebih fokus dan tercapainya tujuan pembelajaran sesuai apa yang direncanakan
Â
Apa yang menjadi Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini
Â
yaitu sebagai seorang guru pastilah bertanggung jawab untuk bisa melakukan kegiatan pembelajaran secara efektif sehingga tujuan dari pembelajaran itu sendiri juga hasil belajar peserta didik dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Adapun cara agar tujuan tersebut tercapai yakni dengan mengimplementasikan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran, juga menggunakan metode pembelajaran yang variatif (tidak hanya metode ceramah).
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut ?
Pengunaan Media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik
Penggunaan Model dan metode yang tepat sesuai dengan materi yang akan dipelajari
Keterbatasan waktu yang dimiliki guru dalam mempersiapkan rencana pembelajaran yang inovatif dan juga kreatif
Masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam dikusi dan masih ada peserta didik yang kurang percaya diri dalam malakukan persentasi
Â
Adapun yang terlibat dalam mencapi tujuan tersebut adalah
Guru
Peserta didik
Kepala Sekolah
rekan Sejawat
Dosen Pembimbing
Guru Pamong
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah – Langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut
Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi perseta didik
Pengunaan metode dan model pembelajaran yang tepat yang sesuai denagan materi
Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik
Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang disesuikan dengan sintak model pembelajaran yang dirancang oleh guru dalam RPP
Menumbuhkan motivasi peserta didik
6. Menyajikan materi melalui video dan PPT yang menyenangkan dan menarik bagi paserta didik
Â
Strategi apa yang digunakan untuk menghadapi tantangan
Â
memilih untuk menggunakan model pembelajaran PBL sedangkan untuk metodenya berupa ceramah variasi, diskusi kelompok dan tanya jawab.
Strategi yang digunakan oleh guru yaitu dengan memilih pembelajan yang mudah dipahami oleh peserta didik dengan memanfaatkan gambar-gambar, video youtube yang sesuai dengan materi yang ditayangkan dalam bentuk Powerpoin
melakukan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik. Dimana tahapan-tahapan kegiatan tersebut telah disesuaikan dengan sintaks model pembelajaran yang dipilih dan dirancang oleh guru dalam RPP.
LKPD, instrument penilaian ,media pembelajaran sabagai alat yang dapat membantu siswa dalam memahami materi
Â
Â
Bagaiman Prosesenya untuk menghadapi tantangan
 Proses yang dilakukan yaitu dengan memahami sintaks model apakah sesuai dengan indikator, tujuan pembelajaran, juga materi yang akan dipelajari oleh peserta didik.
Mencari gambar atau video yang relevan dengan materi yang dipelajarai oleh peserta didik
Merencang kegiatan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan model pembelajaran yang dipilih
Membimbing siswa selama proses pembelajaran dan dalam menyelesikan LKPD baik secara individu maupun kelompok
Melakukan evaluasi dan refleksi dalam kegiatan pembelajaran
Peserta didik praktek secara langsung sebagai bentuk kongkrit.
Â
5. Siapa saja yang terlibat
Guru yang menjadi fasilitator.
Peserta didik sebagai subjek proses pembelajaran.
Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing Pelaksanna pembelajaran
Rekan   sejawat  yang   telah   membantu   dalam kelancaran proses pembelajaran.
Â
6. Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan stategi
Melakukan koordinasi dengan kepala sekolah, guru
, Waka kurikulum dan rekan sejawat
Buku penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia kelas V ,sumber belajar yang relevan , Internet, Proyektor, Bahan Praktek
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Berdasarkan hasil pembelajaran yang saya lakukan dikelas dengan mengunakan model pembelajaran PBL dengan meteode yang bervariasi ( Ceramah , diskusi , tanyan jawab dan penugasan, Praktek dan menggunakan madia PPT dan Video)
Mempunyai dampak bagi peserta didik : Penggunaan media pembelajaran yang berbasis TPACK dalam bentuk video yang ditampilkan dalam slide powerpoint memudahkan peserta didik dalam mempelajari    dan   memahami    materi,    lebih bersemangat  dan  tidak  cepat  bosan.   Sehingga keaktifan dan kemampuan berpikir analisis peserta didik dapat ditingkatkan.
Â
Apakah hasilnya efektif atau tidak efektif mengapa !
Hasilnya efektif peserta didik lebih bersemangat
,lebih berani dalam menyampaikan pendapat selama kegiatan dikusi dalam pembelajaran, terlihat dari hasil dari pembelajaran peserta didik sesudah melakukan kegiatan pembelajaran
Â
Bagimana Respon orang lain yang terkait dengan strategi yang dilakukan !
Â
Dari teman sejawat, secara keseluruhan sudah dapat mengkondisikan kelas dengan baik dan menjadikan peserta didik dapat terlibat secara aktif
Â
Peserta didik merasa senang dengan proses pembelajaran yang berlangsung karena mereka dapat terlibat secara aktif dan kegiatannya menarik, menyenangkan, serta mudah dipahami. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kegiatan refleksi saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
Â
faktor keberhasilan
Faktor keberhasilan pembelajaran ini ditentukan dari penguasaan guru terhadap model dan metode pembelajaran, media pembelajaran dan langkah langkah pelaksanaan dalam rancangan RPP yang telah dibuat.
Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Â
Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan oleh guru yakni dapat menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan indikator materi pembelajaran sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai dengan baik
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H