Mohon tunggu...
Ratu Devi Azizah
Ratu Devi Azizah Mohon Tunggu... -

i like photography, cenimatography, and design grafis | studied public administration at University of Padjajaran

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Hello-Hello Trans Metro Bandung

8 Januari 2014   15:15 Diperbarui: 24 Juni 2015   03:01 845
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Krisis ekonomi yang terjadi sejak beberapa tahun yang lalu telah berdampak pada berbagai aktivitas kehidupan berbangsa dan bernegara di Indoensia. Krisis ini tidak hanya berdampak bagi kehidupan sosial ekonomi masyarakat, tetapi juga berpengaruh pada aktivitas pemerintahan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Krisis ekonomi telah menyebakan terjadinya penurunan kapasitas fiskal daerah karena beberapa sumber penerimaan daerah, misalnya pajak dan retribusi cenderung menurun, baik jenisnya maupun nominalnya. Disisi lain, kebutuhan fiskal daerah relatif tetap bahkan untuk beberapa jenis pengeluaran yang terkena pengaruh langsung kenaikan laju inflasi, justru cenderung meningkat. Kedua kekuatan ini berdampak pada semakin besar kesenjangan fiskal yang dihadapi daerah.

Namun harus diakui pula bahwa disamping membawa dampak negatif, krisis ekonomi juga membawa dampak positif. Salah satu dampak positif tersebut adalah terbukanya jalan bagi munculnya reformasi total di seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Tema sentral reformasi tersebut adalah untuk mewujudkan masyarakat madani, menciptakan good governance, dan mengembangkan model pembangunan yang berkeadilan. Di samping itu, gerakan reformasi juga telah memunculkan sikap transparansi dan fleksibilitas sistem politik dan kelembagaan sosial, sehingga mempermudah proses pengembangan dan modernisasi lingkungan legal dan regulasi untuk pembaharuan paradigma diberbagai bidang.

Tetapi selama ini kapabilitas dan efektivitas pemerintahan daerah dirasakan masih terlalu lemah. Pengalaman masa lalu menunjukkan bahwa pada umumnya, unit kerja pemerintahan daerah belum menjalankan fungsi dan perannya secara efisien. Salah satunya ialah pemborosan, yang merupakan fenomena umum yang terjadi di unit kerja pemerintahan daerah. Kondisi seperti ini muncul karena pendekatan umum yang digunakan dalam penentuan besar alokasi dana untuk tiap kegiatan adalah pendekatan incrementalism, yang didasarkan pada perubahan satu atau lebih variabel yang bersifat umum, seperti tingkat inflasi dan jumlah penduduk. Bila jumlah inflasi dan jumlah penduduk meningkat, maka besar alokasi dana untuk tiap kegiatan yang sudah tertentu akan meningkat dari besar alokasi semula. Selain pendekatan incrementalism, pendekatan lain yang umum digunakan adalah line item budget, yaitu perencanaan anggaran yang didasarkan atas “pos anggaran” yang telah ada sebelumnya. Pendekatan line item budget tersebut tidak memungkinkan pemerintah daerah untuk menghilangkan satu atau lebih pos pengeluaran yang telah ada, meskipun keberadaan pos pengeluaran tersebut sebenarnya secara riil tidak dibutuhkan oleh unit kerja yang bersangkutan.

Dari sudut pandang efektivitas tersebut, metode penentuan prioritas untuk tiap kegiatan pemerintah di daerah masih belum baik. Pemerintah daerah umumnya belum melakukan identifikasi kegiatan untuk penyusunan prioritas, tetapi lebih banyak menyesuaikannya dengan arahan prioritas kebijakan pemerintah pusat. Akibat orientasi seperti ini, maka tuntutan dan kebutuhan masyarakat setempat akan cenderung terabaikan.

Lemahnya perencanaan pengeluaran tersebut akhirnya memunculkan kemungkinan underfinancing (overfinancing) yang kesemuanya mempengaruhi tingkat efisiensi dan efektivitas unit-unit kerja pemerintahan daerah. Pada umunya, masalah utama yang dihadapi unit kerja yang mengalami underfinancing adalah rendahnya kapabilitas program kerja untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan publik. Sedangkan untuk unit kerja yang menikmati overfinancing, masalah yang dihadapai adalah efisiensi yang rendah.

Dalam situasi seperti itu, menyebabkan banyak layanan publik dijalankan secara tidak efisien dan kurang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan publik. Sementara dana pada anggaran daerah yang pada dasarnya merupakan dana publik, habis dibelanjakan seluruhnya. Dalam jangka panjang, kondisi tersebut akan memperlemah peran pemerintah daerah sebagai stimulator, fasilitator, koordinator, dan enterpreneur (wirausaha) dalam proses pembangunan daerah. Selain tidak efisien, program kerja yang dijalankan belum dibangun berdasarkan basis tuntutan dan kebutuhan riil di lapangan. Hal seperti ini pun terjadi di pemerintahan Kota Bandung, terkait dengan penyediaan transportasi publik (Trans Metro Bandung).

Belanja Daerah

Dalam struktur APBD terdapat tiga komponen, yaitu pendapatan daerah, belanja daerah, dan pembiayaan daerah. Belanja daerah meliputi semua pengeluaran dari kas umum daerah yang mengurangi ekuitas dana atau merupakan kewajiban daerah dalam satu anggaran dan tidak akan diperoleh kembali pembayarannya oleh daerah. Belanja daerah meliputi belanja langsung dan belanja tidak langsung. Belanja langsung yaitu belanja yang terkait langsung dengan pelaksanaan program. Sedangkan belanja tidak langsung yaitu belanja tugas pokok dan fungsi yang tidak dikaitkan dengan pelaksanaan program.

STRUKTUR BELANJA

A. Belanja Langsung

B. Belanja Tidak Langsung

1. Belanja Pegawai

2. Belanja Barang dan Jasa

3. Belanja Modal

1. Belanja Pegawai

2. Belanja Bunga

3. Belanja Subsidi

4. Belanja Hibah

5. Belanja Bantuan Sosial

6. Belanja Bagi Hasil

7. Bantuan Keuangan

8. Belanja Tak Terduga

Belanja daerah dapat dirinci sebagai berikut:

· Menurut organisasi, yaitu suatu kesatuan pengguna anggaran seperti DPRD dan Sekretariat DPRD, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Sekretariat Daerah serta dinas daerah dan lembaga teknis daerah lainnya.

· Menurut fungsi, misalnya pendidikan, kesehatan dan fungsi-fungsi lainnya.

· Menurut jenis belanja, yaitu belanja pegawai, belanja barang, belanja pemeliharaan, belanja perjalanan dinas, dan belanja modal atau pembangunan.

Sedangkan menurut Permendagri No. 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, dinyatakan bahwa: “Klasifikasi belanja menurut urusan pemerintahan terdiri dari belanja urusan wajib dan belanja urusan pilihan”.

§ Klasifikasi belanja menurut urusan wajib mencakup:

-pendidikan

-kesehatan

-pekerjaan umum

-perumahan rakyat

-penataan ruang

-perencanaan

pembangunan

-perhubungan

-lingkungan hidup

-pertanahan

-kependudukan&catatan sipil

-pemberdayaan perempuan

-keluarga berencana&

keluarga sejahtera

-sosial

-tenaga kerja

-koperasi & usaha kecil &

menengah

-penanaman modal

-kebudayaan

-pemuda dan olah raga

-kesatuan bangsa&politik

dalam negeri

-pemerintahan umum

-kepegawaian

-pemberdayaan masyarakat&desa

-statistik

-arsip

-komunikasi&informatika

§ Klasifikasi belanja menurut urusan pilihan mencakup:

a. pertanian;

b. kehutanan;

c. energi dan sumber daya mineral;

d. pariwisata;

e. kelautan dan perikanan;

f. perdagangan;

g. perindustrian; dan

h. transmigrasi

§ Klasifikasi belanja menurut fungsi yang digunakan untuk tujuan keselarasan dan keterpaduan pengelolaan keuangan negara terdiri dari:

a. pelayanan umum;

b. ketertiban dan ketentraman;

c. ekonomi;

d. lingkungan hidup;

e. perumahan dan fasilitas umum;

f. kesehatan;

g. pariwisata dan budaya;

h. pendidikan; dan

i. perlindungan sosial.

Berdasarkan Perda No. 18 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bandung dalam lampiran ketiga ayat 9 mengenai Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang  Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, bahwa lalu lintas dan angkutan jalan sebagai bagian dari sistem transportasi nasional harus dikembangkan potensi dan perannya untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas dan angkutan jalan dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi dan pengembangan wilayah. Oleh karena itu, pemerintah Kota Bandung menyediakan transportasi publik dalam rangka pelayanan publik untuk memfasilitasi aktivitas sehari-hari masyarakat yang diwujudkan dalam jenis angkutan bus Trans Metro Bandung. Dimana penyediaan angkutan Trans Metro Bandung ini termasuk dalam klasifikasi belanja modal, yang mana belanja modal tersebut digunakan untuk menganggarkan belanja yang digunakan untuk pengeluaran yang dilakukan dalam rangka pembelian/pengadaan atau pembangunan aset tetap berwujud yang mempunyai nilai manfaatnya lebih dari 12 (dua belas) bulan.

Trans Metro Bandung

Dengan perjuangan walikota baru Kota Bandung yaitu Ridwan Kamil untuk mengubah gaya hidup masyarakatnya yang mulai lupa terhadap saling hidup sama-sama sesama warganya, beliau memperjuangkan mengembalikan gaya hidup bertransportasi bersepeda dan mengutamakan menggunakan transportasi publik yang hadir di Kota Bandung. Seperti kita ketahui, selain angkot dan DAMRI yang menjadi icon transportasi kota kembang ini, terdapat pula Trans Metro Bandung seperti umumnya di kota-kota besar lainnya. Transjakarta atau busway di DKI Jakarta, Trans Batik Solo di kota Surakarta sampai trans-trans lainnya yang berkonsep bus kota dengan beberapa shelter pemberhentiannya.

Dimulai beroperasi pada24 September2009, TMB (Trans Metro Bandung) resmi beroperasi. Walaupun pada saat itu sempat diprotes olehsopirangkot setempat yang dinilai akan mengurangi pendapatan supir angkot. Sampai saat ini TMB masih beroperasi dengan biasa seiring angkot dan DAMRI juga ikut beroperasi. Trans Metro Bandung dapat kita sebut sebagai bus rapid transit di kota Bandung yang diresmikan pada tanggal 22 Desember 2008. Trans Metro Bandung telah mengoperasikan koridor pertama yaitu koridor Cibeureum-Cibiru sejauh 16 km. Dan terdapat 16 halte di jalur Trans Metro Bandung, dimana bus koridor I ini hanya melewati Jalan By Pass Soekarno Hatta.

TMB ini merupakan proyek patungan antara pemerintah kota Bandung dengan Perum II DAMRI Bandung dalam memberikan layanan transportasi massal dengan harga murah, fasilitas dan kenyamanan yang terjamin serta tepat waktu ke tujuan. Bus TMB ini juga diharapkan akan mengurangi jumlah angkot dan solusi kemacetan di Kota Bandung.

Koridor Bus Line Trans Metro Bandung (TMB), sepenuhnya dibiayai oleh anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) pemerintah Kota Bandung. Dengan kenyataan di lapangan, sampai saat ini ada 2 koridor saja yang berjalan dengan shelter yang beberapa disebut tidak layak. Sebagai contoh, ada sebanyak 19 shelter berdiri di sepanjang jalur tengah untuk rute bus Trans Metro Bandung (TMB). Koridor 2 Cicaheum-Cibeureum ini mencapai jarak tempuh 12 kilometer. Berikut 19 shelter yang dilintasi bus TMB Koridor 2:

1. Selter TMB 1 di Terminal Cicaheum.

2. Selter TMB 2 di Jalan Ahmad Yani atau depan BCA.

3. Selter TMB 3 di Jalan Ibrahim Adjie atau depan eks mal Matahari.

4. Selter TMB 4 di Jalan Jakarta atau setelah persimpangan Antapani.

5. Selter TMB 5 di Jalan Ahmad Yani atau depan Stadion Persib.

6. Selter TMB 6 di Jalan Ahmad yani atau depan One Day Service.

7. Selter TMB 7 di Jalan Ahmad Yani atau depan Pos dan Giro.

8. Selter TMB 8 di Jalan Aseia Afrika atau depan Panin Bank.

9. Selter TMB 9 di Jalan Asia Afrika depan Alun-alun.

10. Selter TMB 10 di Jalan Sudirman seberang SMP BPK Penabur.

11. Selter TMB 11 di Jalan Raya Elang/Cibereum

12. Selter TMB 12 di Jalan Rajawali Timur atau perempatan Jalan Garuda.

13. Selter TMB 13 di Jalan Rajawali Timur atau depan BCA.

14. Selter TMB 14 di Jalan Kebonjati depan RS Kebonjati.

15. Selter TMB 15 di Jalan Kebonjati depan ruko Textile.

16. Selter TMB 16 di Jalan Ahmad Yani (Kosambi) sebelum jembatan penyeberangan orang.

17. Selter TMB 17 di Jalan Ahmad Yani (Kosambi) depan Segitiga Mas.

18. Selter TMB 18 di Jalan Ahmad Yani dekat kantor Disdik Kota Bandung.

Tetapi sesuai laporan kondisi di lapangan, kondisinya saat ini hanya 56 persen shelter TMB koridor 1 (Cibiru-Cibeureum) dengan total 32 shelter yang sudah terbangun. Sementara koridor 2 (Cicaheum-Cibeureum), tinggal 7 persen dari 19 persen yang hampir selesai. Dengan itulah APBD 2013 Pemerintah Kota Bandung pun mengalir sebanyak 5 miliar rupiah untuk anggaran perencanaannya pada tahun ini.

Melihat anggaran sebesar 5 miliar rupiah untuk pembangunan Trans Metro Bandung lagi, pertanyaan yang menggelitik banyak orang adalah tentang keefektifan belanja pada APBD terdahulu di dalam pembangunan Trans Metro Bandung sebelumnya. Masyarakat tentu sudah bisa menilai, uang yang mereka berikan kepada pemerintah dengan bentuk pajak dan kemudian mengalir dalam sebuah anggaran kemudian realisasi belanja daerah dengan satu contoh nyata, pengadaan Trans Metro Bandung yang kemudian tidak sesuai dengan harapan besar yang diinginkan oleh masyarakat terhadap salah satu pilihan transportasi publik di Kota Bandung. Selain berbahaya karena terkadang tidak sesuai dengan konsep awalnya menjadi bus rapid transit, keberadaan TMB juga yang tidak dijadikan pilihan utama dalam bertransportasi di masyarakatnya. Dengan kenyataan tingkat kendaraan pribadi yang semakin meningkat dan lebih mengenal sampai menganjurkan orang untuk naik angkot saja ataupun damri untuk perjalanan yang akan ditempuhnya. Berikut data pendukung yang dapat dilihat dari APBD Kota Bandung.

TABEL APBD KOTA BANDUNG 2013

DATA APBD TA 2013 *)

(dalam jutaan rupiah)

Uraian

Kota Bandung

164

Belanja

4,555,422

Belanja Tidak Langsung

2,176,913

Belanja Pegawai

1,726,506

Belanja Bunga

Belanja Subsidi

68,000

Belanja Hibah

280,517

Belanja Bantuan sosial

96,075

Belanja Bagi hasil kepada Prov/Kab/Kota dan Pemdes

Belanja Bantuan keuangan kpd Prov/Kab/Kota dan Pemdes

815

Belanja tidak terduga

5,000

Belanja Langsung

2,378,509

Belanja Pegawai

184,122

Belanja Barang dan jasa

749,757

Belanja Modal

1,444,629

Berdasarkan uraian di atas, identifikasi masalahnya dapat diuraikan sebagai berikut :

a. Sumber dana Trans Metro Bandung (TMB) merupakan sumbangan patungan Pemerintah Kota Bandung, Sumbangan dari PERUM DAMRI, dan alokasi dari dana APBD kota Bandung yang terklasifikasi dalam rincian Belanja Modal.

b. Perencanaan Trans Metro Bandung (TMB), dimulai pada tahun 2009 hingga sekarang belum ada progress dan berjalan tidak efektif sesuai dengan perencanaan dan tujuan pemenuhan transportasi publik di Kota Bandung.

c. Berdasarkan sumber yang telah dibaca,  pembangunan TMB tidak berjalan dengan lancar, hal ini disebabkan tidak konsistennya pihak ketiga dalam menjalankan pembangunan ini,  dalam arti pemenang tender/lelang yaitu  PT. Horizon, yang dinilai tidak serius.

Dari sekian banyak permasalahan di atas, pemerintah membiarkan begitu saja program kerja yang direncanakan sampai sekarang, belum ada impact langsung kebijakan yang dirasakan dengan perencanaan sebelumnya, mengingat perencanaan yang dirancang pada tahun 2009. Kemudian selain pemerintah, masyarakat pun harus turut andil dalam mengawasi kinerja pemerintah, karena masyarakat sebagai receiver mengenai isu-isu program pemerintah yang akan dijalankan. Oleh karena itu, akar dari permasalahan tersebut menurut pendapat kami dapat diantisipasi berdasarkan solusi berikut:

a. Menuntut PT. Horizon sebagai pihak ketiga atas dasar inkonsisten terhadap perjanjian yang telah disepakati. Jika sampai waktu yang ditentukan tidak ada progress, maka tender/lelang diganti dengan pihak lain.

b. Sebagai penerima dan yang merasakan langsung kebijakan pemkot Bandung, masyarakat dituntut turut andil dalam pembangunan, terutama dalam mengawasi kinerja pemerintah Kota Bandung.

c. Walikota melakukan pendekatan persuasif terhadap masyarakat, karena seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat pun mulai mempertanyakan program pemkot Bandung, terutama dalam penggunaan anggaran yang selama ini sudah dialokasikan untuk TMB.

d. Pemkot Bandung beserta dinas perhubungan membuat peta jalur koridor terkoordinasi antara TMB, DAMRI, dan angkot agar jalur transportasi publik lebih efektif dan efisien sesuai dengan tujuan utama yaitu meningkatkan penggunaan transportasi publik tanpa adanya penumpukan di transportasi publik di beberapa jalur. Sebagai contoh Angkot berada di green zone yaitu beroperasi menghubungkan antar perumahan-perumahan, kelurahan, dan kecamatan; TMB berada di red zone yaitu beroperasi di jalan-jalan protokol Bandung seperti jl. Soekarno-hatta; dan DAMRI berada di blue zone yaitu beroperasi menghubungkan Kota Bandung dengan daerah perry-perry seperti Jatinangor.

e. Pemkot Bandung berkoordinasi dan bersinergis dengan pihak swasta, dinas, maupun lembaga masyarakat untuk dapat mengintegrasikan tansportasi publik dengan tempat-tempat keramaian seperti bandara, stasiun, pusat-pusat pendidikan, sampai pusat perbelanjaan sehingga dapat meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan transportasi publik.

f. Diaktifkan kembali dengan seutuhnya secara tertib, bersih, aman, dan nyaman setiap terminal yang terdapat di Bandung serta menghapuskan atau menonaktifkan terminal-terminal bayangan. Dimana terminal ini bisa benar-benar menjadi pusat transportasi publik yang sesungguhnya. Penghapusan terminal bayangan ini bisa dialihfungsikan menjadi ruang hijau terbuka yang minimalis. Serta mengaktifkan kembali fungsi halte yang mati suri sebagai tempat pemberhentian.

g. Pemerintah membuat perda, serta juklak, dan juknis terkait dengan pelaksanaan transportasi publik di Kota Bandung secara rijit kemudian diimplemantasikan secara disiplin, sistematis, dan tertib.

Berdasarkan hal tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa adanya penyediaan transportasi publik di Kota Bandung yaitu dengan adanya bus Trans Metro Bandung yang dananya berasal dari kucuran APBD, ternyata tidak berjalan sesuai rencana dan tujuan yang telah ditetapkan. Karena pada faktanya, pengeluaran pemerintah daerah Kota Bandung yang alokasikan untuk belanja modal dalam rangka mendanai TMB tersebut dapat dinilai tidak efektif dan tidak efisien.

Referensi:

Nur Afifah, Nunuy. 2009. Akuntansi Pemerintahan :Implementasi Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah. Jakarta: Kencana

Yani, Ahmad. 2004. Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah di Indonesia. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada

http://www.inilahkoran.com/read/detail/1953219/tuntaskan-tmb-pemkot-bandung-siapkan-rp5-miliar

http://www.pelita.or.id/cetakartikel.php?id=61496

Permendagri No. 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah

Perda No. 18 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bandung dalam lampiran ketiga ayat 9 mengenai Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang  Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun