PENDAHULUAN
      Seperti yang kita ketahui bersama, virus covid-19 menjadi salah satu permasalahan kesehatan tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia. Berawal dari negara China, virus ini menyebar dengan cepat ke berbagai belahan dunia sehingga mengakibatkan terjadinya pandemi. Masuknya virus covid-19 ke negara Indonesia tehitung sejak akhir bulan Desember tahun 2019 dan secara resmi diumumkan pada awal tahun 2020.
      Tidak bisa dipungkiri, pandemi covid-19 menjadi bagian dari sejarah dunia. Mengapa begitu? Nugroho Notosusanto (2011) menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan sejarah ialah segala peristiwa yang terjadi dan disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari beberapa peristiwa. Peninggalan yang dimaksud bisa berupa :
1.Angka kematian dan kesembuhan penyakit covid-19
2. Kalangan penderita mulai dari anak-anak hingga lansia
3. Daerah mana saja yang terdeteksi sebagai tempat dengan kasus covid paling tinggi
4. Apa saja penanganan yang diberikan
      Banyak sekali perubahan yang terjadi akibat adanya pandemi Covid-19 mulai dari sektor ekonomi, sektor industri, sektor budaya, sektor teknologi, hingga yang sangat dirasakan dampaknya ada pada sektor pendidikan. Sebelum adanya pandemi, hampir semua siswa pada jenjang pendidikan merasakan perubahan sistem belajar.
      Biasanya, proses pembelajaran dilakukan melalui proses tatap muka dan berkumpul di sebuah ruang kelas namun karena adanya pandemi maka sistem pembelajaran berubah menjadi secara daring. Dalam proses pembelajaran pun menggunakan berbagai platform online seperti zoom, google meet, maupun aplikasi lainnya. Tulisan ini akan membahas mengenai perubahan sitem belajar online serta peluang dan tantangannya.
Â
PEMBAHASAN
      Seperti yang kita ketahui bersama, pendidikan daring atau yang dikenal sebagai proses pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu metode pembelajaran yang digunakan oleh sebagaian besar peserta didik di Indonesia terhitung sejak awal pandemi hingga era new normal saat ini. Banyak sekali perubahan yang terjadi seperti:
Lokasi pembelajaran sebelum pandemi berada di ruang kelas, saat pandemi maka lokasi pembelajaran adalah di rumah
Sebelum pandemi, proses pembelajaran dilakukan secara langsung tatap muka namun saat pandemi menggunakan media berupa platform video conference.
      Menurut Durkheim, sosiologi budaya merupakan sebuah perilaku sosial yang menyangkut tentang budaya sebagai objek yang dikaji. Budaya sendiri adalah bidang yang terdiri dari berbagai unsur dalam mengekspresikan pola hidup dan juga kehidupan manusia. Tidak hanya sampai disitu, budaya termasuk sebagai poin penting yang bisa membentuk sebuah interaksi serta relasi sosial masyarakat.
      Kita dapat melihat bahwa proses pembelajaran telah berubah secara signifikan sebelum pandemi dan memasuki era normal baru. Terdapat dampak positif dan negatif yang ditimbulkan sebagai peluang dan tantangan. Berdasarkan studi milik Fauziyyah dkk (2021) bahwa peserta didik sebagian besar mengalami masalah kesehatan seperti : Stress, Cemas, Depresi, Menarik diri, Kurangnya interaksi sosial
   Hal ini tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi pihak penyelenggara pendidikan untuk melakukan evaluasi terhadap proses dan metode yang digunakan selama sistem daring. Meskipun banyak tantangan yang dihadapi, pembelajaran daring juga memberikan banyak peluang yaitu :
1.Memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk belajar dimanapun dan kapanpun
2.Memperkenalkan peserta didik dengan platform video conference
3.Melatih kerja sama tim
4.Melatih kemandirian peserta didik dengan proses pembelajaran jarak jauh
5.Melatih peserta didik untuk bisa manajemen waktu
PENUTUP
      Hingga saat ini proses pembelajaran di negara Indonesia sebagian besar masih menggunakan sistem daring. Beberapa instansi ada juga yang sudah melakukan metode antara pembelajaran luring maupun daring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Jika kita telaah memang banyak sekali perubahan sosial yan diakibatkan dari adanya pembelajaran daring. Terdapat beberapa peluang dan tantangan yang harus kita manfaatkan dan gunakan dengan baik karena jika keliru mampu menimbulkan dampak yang sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik maupun mental peserta didik.
DAFTAR PUSTAKA
Sari, Dian Rinanta, Siswanto. 2021. Sosiologi Pendidikan. Jakarta. Laboratorrium Pendidikan Sosiologi UNJ
Ali M, Asrori M. Psikologi remaja: perkembangan peserta didik. PT. Bumi Aksara. Jakarta; 2011.
Dewi KS. Buku Ajar: Kesehatan Mental. Semarang: UPT UNDIP Press Semarang; 2012.
Fauziyyah,R., Rinka C.A., & Besral. 2021. Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi COVID-19. Jurnal Bikfokes, 1(2); 113-123
Kementerian Kesehatan RI. Buku Panduan Kampus Siaga Covid-19. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2020
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI