Honda Vario 150 eSP favorit kami (foto: Rahayu)
Keunikan Gaya Hidup
Angin kencang menampar-nampar wajah saya hingga merasa kesejukan yang menjalar di sekujur tubuh. Anak perempuan saya menyenderkan tubuhnya di depan saya sambil bernyanyi-nyanyi kecil.
Merasa bak Marquez, suami mengendarai Honda Vario 150 eSP dengan kecepatan cukup tinggi. Sudah beberapa kali saya ingatkan suami kalau dia sedang mengangkut manusia bukan barang, namun tetap saja dia tidak menghiraukan saya. Yasudahlah, mungkin dia dulu bercita-cita jadi pebalap motor namun tidak kesampaian gumam saya dalam hati. Lagipula ada untungnya kalau suami mengendarai dengan kecepatan lumayan, sehingga kami tidak telat sampai ke tujuan.
Sesekali suami menyelip di antara kemacetan mobil, untungnya akselerasi skutik kami ini smooth dan tidak menghentak-hentak membuat saya dan anak-anak tetap merasa nyaman di atas skutik ini. Ternyata kami tidak salah pilih karena Honda Vario 150 sempurna digunakan untuk meliuk membelah kemacetan jalan raya yang mengular.
Saya melirik kaca spion, ada keceriaan di balik helm mungil anak laki-laki saya yang berusia empat tahun yang sedang berdiri di boncengan depan motor. Liukan skutik kami membelah jalanan menyatu dengan alam terbuka yang sesekali menyuguhkan pemandangan pepohonan yang melambai-lambai dihembus semilir angin menyambut datangnya senja.
Di belakang motor keren kami, ada mbak Ani bersama mbak Sita. Kedua pengasuh anak yang mengikuti skutik kami dari belakang. Mbak Ani yang mengaku sudah terbiasa balapan motor di kampung, membonceng mbak Sita dengan menggunakan Honda Supra X 125 cc milik kami juga. Jadi, kebayang kan kemana-mana keluarga kecil kami beriringan membawa dua motor? Satpam perumahan dan tetangga sudah tahu mengenai pemandangan yang tidak biasa ini. Saya sih tersenyum bangga karena bisa memamerkan gaya hidup yang beda he..he..
Orang yang memiliki dua anak balita dan dua pengasuh pastilah memilih mobil pribadi sebagai kendaraan utama, namun tidak dengan kami. Uang segunung pasti habis jua di tangan yang boros, namun uang sedikit bisa cukup bila dikelola si hemat. Inilah prinsip yang mendasari mengapa saya dan suami menjatuhkan pilihan kendaraan kedua pada motor Honda Vario 150 Esp.
Jujur saja, kami tergoda membeli sebuah mobil, namun pengeluaran yang harus dikorbankan demi memenuhi kenikmatan berkendara roda empat begitu besar. Ada terbersit keraguan, bisakah kenikmatan tiada tara kami nikmati dengan uang sehemat mungkin? Kami pun akhirnya optimis apalagi dengan lirikan tajam tatapan Honda Vario 150 Esp di show room beberapa bulan lalu yang menggoda untuk membawanya pulang ke rumah.
Bila ingin ke gereja, pusat perbelanjaan, atau daerah wisata yang tidak terlalu jauh dari rumah kami di daerah Poris Tangerang, kami selalu memakai motor kami dengan pengasuh anak yang mengikuti dari belakang.
Bukannya Honda Vario 150 Esp tidak mampu membawa kami berempat ke tempat yang jauh, namun demi demi kemananan keluarga, kami lebih memilih naik commuter line bila ke luar area Poris. Walaupun demikian, bila pergi berdua, saya dan suami sudah membuktikan ketangguhan skutik yang mampu melaju sempurna walau dibawa dari Poris ke Jakarta Timur tempat tinggal mertua saya.
Sesekali bila anak sakit, kami tinggal memesan mobil online untuk mengantarkan kami ke rumah sakit. Biaya yang kami keluarkan pun tidak mahal. Bila hendak pergi jauh misalkan ke Bekasi, Bogor, atau Depok kami pun tinggal mengendarai motor ke stasiun kereta Poris. Setelah menitipkan motor di penitipan, kami tinggal duduk manis di commuter line karena saya dan pengasuh anak pasti dapat duduk karena membawa anak kecil. Sampai kini kami sangat menikmati gaya hidup demikian karena selain untuk penghematan, kami punya tujuan khusus mendidik anak untuk tangguh menghadapi ibu kota.
Saya dan suami berasal dari keluarga sederhana yang sejak kecil naik motor dengan orang tua dan baru bisa menikmati mobil setelah kami cukup dewasa. Justru ‘ketidakmewahan’ seperti itulah yang membuat kami lebih tahan uji menghadapi kerasnya hidup. Kami ingin anak-anak kami tumbuh menjadi anak-anak yang tahan banting dan tidak manja.Â
Sesungguhnya apa yang kami jalani ini adalah sebuah kenikmatan yang tiada tara. Bagaimana tidak? Saat kami membutuhkan mobil, kami tinggal memesan mobil aplikasi online yang bagaikan mobil pribadi siap mengantarkan ke mana saja lengkap dengan supirnya.
Kami juga tidak perlu mati gaya saat sedang dilanda macet dan jauh dari istilah ‘tua di jalan’ saking menghabiskan banyak waktu di jalanan akibat memaksakan membeli mobil sehingga kemana-mana harus menghadapi kemacetan yang semakin parah. Bukankah ada Honda Vario 150 eSP dan commuter line yang siap mengantarkan kami menembus kendaraan yang mengular.
Sebenarnya ada alasan terakhir yang membuat saya mendorong suami memilih Honda Vario 150 eSP daripada mobil. Soalnya motor itu bisa membantu saya mengirimkan sinyal ke suami. Misalkan ada hal yang mengesalkan, maka saya tidak akan memeluk suami dari belakang saat berbooncengan. Lebih baik tangan saya berpegangan pada body belakang motor. Suami pun langsung tanggap dan mengerti kalau ada hal yang perlu dibicarakan. Bila semua baik-baik saja maka saya akan memeluk suami seperti biasa he..he..
Desain Mewah
Desain stylish Honda Vario 150 eSP inilah yang pertama membuat kami jatuh cinta. Tampilan lebih stylish daripada sang adik Honda Vario 125 eSP yang menjadi pesaing utama di pilihan skutik yang akan kami beli karena selisih harga yang lumayan sebesar 2,5 juta Rupiah. Sebenarnya body tidak terlalu jauh berbeda bila dibandingkan dengan varian lawas, namun guratan body Vario 150 eSP di sisi depan dan samping yang menawan dan berkelas membuatnya lebih manis dipandang.
Nyaman Bawa Boncengan
Tempat duduk ergonomis sangat nyaman seperti di sofa yang membuat suami, saya, dan anak begitu nyaman. Boncengannya cukup luas, pas untuk ibu-ibu ditambah anak kecil berusia 1 tahun 9 bulan dengan total bobot kami sekitar 80 kg. Walau bobot boncengan belakang cukup berat, Honda Vario 150 eSP tidak ambles. Apalagi didukung dengan suspensi belakang yang lebih kaku, kami semua sangat merasa nyaman saat melintasi jalan rusak atau tidak rata karena pantulan tidak terlalu berasa. Dentuman yang halus didukung dengan jok empuk membuat perjalanan terasa lebih nyaman dan nikmat. Kemampuan meredam dari sok depan dan belakang juga membuat belokan terasa ringan. Pantas saja, anak perempuan yang duduk di depan saya terkadang tertidur pulas. Hanya, kami terpaksa berhenti dulu dan menggendongnya dengan kain gendong bila sudah tertidur.
Pijakan Kaki Depan yang Luas
Berhubung anak saya ada dua orang, maka anak laki-laki saya harus berdiri di depan dan anak perempuan di bonceng di depan saya. Mau tidak mau, kami harus mencari pijakan kaki luas yang bukan hanya memberikan kenyamanan untuk suami namun juga cukup untuk anak saya berdiri. Kamipun memilih Vario 150 eSP ini karena desain pijakan kaki yang lega untuk pengendara dan cukup buat tempat anak saya berdiri.
Tinggi suami yang mencapai 168 cm sangat pas dengan ketinggian jok sehingga jarak lutut dengan penutup samping depan tidak terlalu mepet. Seandainya lutut terlalu mepet dengan cover samping depan, pasti suami harus menggeser bokong lebih ke belakang sehingga mengendarai jadi kurang nyaman dan kami yang dibonceng pun jadi kesempitan.
Mesin Canggihdengan Teknologi eSP
Sebelum memutuskan membeli Honda Vario 150 eSP, kami membandingkan dari sisi mesin apakah perbedaan harga skutik sebesar 2,5 juta cukup worth it dikeluarkan demi mendapatkan performa mesin yang lebih. Ternyata Honda Vario 125 eSP atau 150 eSP sebenarnya sama-sama menerapkan tipe 4 langkah, piston tunggal SOHC berteknologi pendingin cair, yang dilengkapi dengan Teknologi eSP (Enchanced Smart Power).
Teknologi eSP mesin generasi terbaru yang menyempurnakan pembakaran dan mengurangi energi yang terbuang sehingga tercapai kesempurnaan performa (high performance) namun dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit (economical), dan juga ramah lingkungan (eco friendly).
ACG Starter
Starter merupakan penggerak mula-mula dari mesin supaya mesin dapat bekerja. Salah satu hasil pengaplikasian teknologi eSP adalah menghasilkan start halus karena dikendalikan oleh ACG starter yang menyatukan AC generator dan starter sehingga meminimalkan gesekan yang terjadi pada saat mesin dihidupkan. Hasilnya, pada saat mesin dihidupkan memberikan suara dan getaran yang sangat halus. Teknologi ini juga menjadi dasar aplikasi fitur ISS (Idling Stop Sytem) pada Vario 150 eSP. Mesin yang tidak menggunakan ACG starter mempergunakan dinamo starter dan mekanisme gigi starter yang menimbulkan gesekan berakibat bunyi keras saat mesin dihidupkan.
Fuel Injector
Teknologi fuel injector adalah adalah teknologi sistem suplai bahan bakar yang disuplai secara merata dan homogen ke dalam ruang pembakaran sehingga menghasilkan pembakaran sempurna demi menghasilkan memberikan torsi yang lebih baik.
Roller Rocker Arm
Roller rocker arm merupakan sebuah part mesin yang menjadi penghubung antara camshaft dengan valve katup penyuplai udara dan bahan bakar. Roller Rocker Arm dapat mengurangi gesekan berlebihan di bagian kepala silinder yang membuat putaran mesin lebih ringan dan suara mesin menjadi lebih halus. Artinya, konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.
Compact Combustion Chamber
Compact Combustion Chamber adalah ruang pembakaran yang merupakan pusat dari mesin. Ruang pembakaran dibuat lebih kompak untuk memaksimalkan hasil pembakaran agar tidak ada yang terbuang percuma sehingga daya yang dihasilkan menghasilkan torsi yang tinggi. Desain ruang pembakaran diciptakan untuk proses aliran dan pencampuran antara bahan bakar dengan udara dapat merata homogen sehingga menciptakan pembakaran yang sempurna.
Offset Cylinder & Spiny Sleeves
Berguna untuk meminimalkan energi yang terbuang akibat gesekan antara piston dengan dinding silinder. Gesekan yang kecil akan mengakibatkan piston lebih mudah bergerak. Friksi minimal ini juga akan membuat pembakaran lebih sempurna, mesin lebih bertenaga, irit bahan bakar. Tidak hanya sampai di situ, perangkat bisa lebih awet sehingga irit pengeluaran biaya penggantian kerusakan spare part.
Dinding silinder didesain berbentuk bintik-bintik kecil tersebar merata dengan tujuan untuk mengurangi gesekan dan penyebaran panas yang merata akibat pemuaian yang ditimbulkan panas oleh pergerakan piston. Silinder konvensional menggunakan bahan dasar aluminium yang mudah aus saat bergesekan. Selain itu, bahan baja yang dipergunakan akan memuai pada daerah tertentu sehingga permukaan menjadi tidak rata akibatnya bukan hanya berisiko menimbulkan gesekan dengan piston namun juga membuat piston tergores.
Light Weight Piston dan Crankshaft
Piston Dan Crankcase didesain lebih ringan dan lebih kecil untuk mengurangi gesekan dan beban rotasi demi mengoptimalkan efisiensi mesin.
Breather passage
Penambahan saluran keluar di sisi kiri mesin dari yang sebelumnya hanya mengandalkan pembuangan panas dari rantai keteng. Penambahan satu saluran pembuangan suhu panas ini dapat meringankan kerja mesin dan mencegah terjadinya suhu yang berlebih.
Built-in Liquid Cooling System
Memiliki tingkat pendingin radiator yang lebih bagus serta ukuran kipas pendingin yang lebih kecil dan ringan untuk mengurangi gesekan. Sistem pendingin didesain untuk menjaga suhu ideal meskipun kerja mesin cukup berat. Suhu mesin yang terlalu tinggi menyebabkan lapisan minyak pelumas pecah sehingga tidak berfungsi maksimal sebagai pelumas. Demikian juga bila suhu mesin yang terlalu dingin menyebabkan kinerja tidak optimal
V-Matic
CVT dengan V-belt didesain dengan elastisitas karet yang tinggi sehingga lebih awet dan mengurangi kejadian selip
Transmisi
Jumlah oli transmisi berkurang hingga 25% yang diperoleh dari pengoptimalan bentuk tulang rusuk dan penambahan bearing dengan tujuan mengurangi pergolakandari oli transmisi. Hal ini bertujuan agar gigi transmisi lebih halus sehingga konsumsi bahan bakar lebih kecil.
Squish
Hal ini bertujuan untuk membentuk turbulensi gas bensin dan udara sehingga ruang bakar lebih kompak dan tidak melebar untuk menghasilkan pembakaran lebih sempurna akibat terpenuhinya kebutuhan oksigen untuk setiap butiran bensin. Squish memungkinkan pembakaran yang lebih cepat karena jarak tempuh pertemuan api dan bensin yang semakin pendek
Teknologi PGM-FI
Sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan sistem semprot sehingga pemakaian bahan bakar lebih efisien dan ramah lingkungan. Injeksi bahan bakar adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran untuk mencampur bensin dengan udara sebelum dibakar. Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator. Injektor membuat bahan bakar tercampur secara homogen karena dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat.
Penggunaan teknologi PGM-FI memiliki keuntungan yaitu:
1. Lebih ramah lingkungan karena sistem injeksi mengatur kesempurnaan proses pembakaran. Pembakaran sempurna pada mesin injeksi meminimalkan emisi karena tidak adanya sisa gas berbahaya yang dikeluarkan karena telah habis terbakar sempurna. Apalagi ditambah dengan knalpot catalic converter yang membuat skutik injeksi ini lebih ramah lingkungan yang mampu menekan emisi hingga 90% berdasarkan standar regulasi EURO 3.
2. Lebih irit bahan bakar karena sensor pada motor sistem injeksi yang berfungsi mengontrol percampuran udara dan bahan bakar dengan ukuran akurat yang memicu pembakaran sempurna. Akibatnya, bahan bakar lebih irit dan tidak ada yang terbuang percuma
3. Mesin lebih bertenaga dan perawatan mudah yang berbeda dengan tipe karburator. Pada karburator, cukup banyak perbedaan volume antara bensin dan udara sehingga volume udara yang masuk tidak homogen dengan jumlah bensin. Hal ini mengakibatkan tenaga kurang maksimal. Berbeda dengan campuran homogen antara bensin dan udara pada tipe injeksi sehingga menghasilkan kualitas api dan pembakaran sempurna yang mengakibatkan tarikan lebih mantap. Perawatan pun relatih lebih mudah karena tinggal memasukkan pembersih injeksi yang tidak membutuhkan pembongkaran motor seperti pada tipe karburator.
Power Mesin
Performa mesin membuat kami semakin mantap menjatuhkan pilihan pada Vario 150 eSP. Dimana Vario 150 eSP menghasilkan bakaran yang lebih mencapai 149,3cc sementara Vario 125 hanya 124,8cc. Perbedaan yang ditimbulkan salah satunya karena Vario 150 eSP memiliki diameter piston yang lebih besar 52,27mm, lubang piston yang lebih luas 14,2mm, dan langkah piston 57,9 mm sehingga kualitas mesin tidak membuat kami ragu lagi untuk mejatuhkan pilihan.
Belum lagi throttle body Honda Vario 150 eSP memiliki diameter yang lebih besar yaitu 26 mm sedangkan 125 eSP 24mm. Penggerak katup baik di Honda Vario 125 eSP Â atau Honda Vario 150 eSP sama-sama menggunakan sistem tarik-menarik dengan dua buah kabel gas demi mencegah kesulitan pergerakan katup akibat throttle body yang kotor.
Sebagai tambahan, sistem injeksi bahan bakar Vario 150 eSP memiliki diameter yang lebih besar menyesuaikan dengan asupan bensin yang lebih tinggi. Sistem pendingin keduanya berbeda pada bagian tutup radiator dimana Vario 150 eSP memiliki ulir dari material plastik yang lebih tahan lama daripada model besi pada Vario 125 eSP.
Kapasitas mesin yang berbeda pada Vario 125eSP dan 150 eSP menghasilkan gear yang berbeda pula. Reduksi akhir Vario 150 eSP 9,966(53/18x44/13) dengan berat total roller yang sedikit lebih ringan yaitu 93 gram. Panjang Continuous Variable Transmission(CVT) Vario 150 adalah sebesar 145mm, lebih panjang 12 mm daripada Vario 125 eSP.
Vario 125 eSP dan 150 eSP sama-sama sudah menggunakan menggunakan double cog belt yang biasa dipakai pada motor cc besar dengan tujuan kelenturan dan belt yang lebih awet. Pusat pengendali elektronik mesin atau ECM (Electronic Control Modul) posisinya pada skutik ini tidak lagi di bawah jok namun ditempatkan berdekatan dengan kunci kontak. Hal ini tujuannya memberi ruang bagasi skutik yang lebih besar.
Power mesin yang dihasilkan pun sungguh meyakinkan mencapai 9,3 kW dan tenaga 12,46 HP pada putaran 8.500 RPM. Torsi optimum 12,8 N.m dengan putaran 5.000 RPM. Top speed yang dihasilkan menggapai 102 km/jam dengan akselerasi 0-200 m hanya ditempuh dalam waktu 11,9 detik. Pastilah lebih gesit saat digeber membelah jalanan kota besar.
Namun, performa mesin Vario 150 eSP memang tidak setangguh PCX 150 yang menghasilkan kubikasi mencapai 152,9 cc dengan tenanga 13,1 Hp pada putaran mesin 8.500 RPM. Honda PCX 150 memang lebih difungsikan untuk full power bagi pengendara jarak jauh. Berbeda dengan Vario 150 eSP yang lebih mengutamakan kenyamanan perjalanan pulang pergi dari tempat tinggal ke tempat bekerja yang jauh dengan kecepatan yang boleh tetap prima.
Kecanggihan mesin yang optimal ini memampukan skutik mengangkut penumpang yang cukup berat dengan kecepatan mantap dan tarikan yang ringan bagi suami. Power yang kuat mendukung skutik kami mampu menyalip kendaraan lain dengan lebih mudah, tinggal tancap gas. Tarikan yang ringan membuat suami tidak kelelahan walau jarak tempuh yang jauh dengan beban boncengan yang tidak ringan. Belum lagi sasis baru yang ringan dibanding Vario 125 lawas makin membuat nyaman perjalanan kami.
Bensin Irit
Biasanya power skutik besar pasti boros bensin karena lari yang kencang membutuhkan bensin yang lebih besar. Untungnya Vario 150 eSP dilengkapi Honda Smart Technology yang memaksimalkan pembakaran secara sempurna dengan meminimalkan energi yang terbuang karena gesekan sehingga pemakaian bensin cukup irit dengan performa kecepatan yang optimal. Untuk mencapai jarak 52,9 km hanya dibutuhkan satu liter bensin.
Speedometer Informatif
Bila pengemudi memutar kunci ke posisi on maka angka speedometer akan terlihat mencapai 160 Km/h. Desain panel meter ini cukup simpel namun memiliki indikator yang lengkap dan informatif seperti petunjuk kecepatan, bahan bakar, trip meter, indikator mesin, dan indikator lampu sein yang mudah dibaca.
Answer Back System
Satu fitur kecil yang sangat bermanfaat dan tidak ditemukan di Vario 125 eSP adalah piranti Answer Back System yang sangat membantu kami menemukan skutik di atara kerumunan motor yang berjejal rapi di parkiran. Apalagi hari Senin sepulang suami bekerja, kami suka nonton berdua di bioskop yang parkiran mall nya tidak kalah ramai dengan hari Sabtu Minggu. Cukup dengan menekan tombol pada remote kunci motor, otomatis skutik kami akan mengeluarkan bunyi dan menghasilkan beberapa kali nyala lampu sein.
Dual Keen Eyes LED Headlight
Lampu skutik ini jauh lebih terang dan berwarna putih berbeda dengan sang adik edisi vario 125 eSP yang masih berwarna kuning. Cahaya putihnya menghasilkan sorot cahaya yang lebih terang dan fokus namun irit daya sehingga hemat di dompet.
Pengalaman dengan motor Honda Supra X 125cc kami, selain warnanya masih kuning, ada kelemahannya. Bila digas warna kuningnya menyala namun lama kelamaan redup lagi, jadi harus digas ulang. Istimewanya Vario 150 eSP terangnya tajam dan stabil.
Intensitas cahaya memudahkan suami menghindari lubang-lubang jalan raya yang menganga. Apalagi di saat suasana sudah larut sepulang kami menonton berdua dari bioskop. Selain itu, lampu yang dihasilkan tidak menyilaukan pengendara lain yang mengurangi risiko terjadi kecelakaan. Walaupun cahaya LED begitu terang namun tidak menghasilkan panas dan sangat ramah lingkungan karena tidak mengandung zat mercury yang merusak lapisan ozon.
Luar biasanya, Vario 150 eSP walaupun belum distarter maka otomatis lampu dekat (samping) atau jauh (full lampu) langsung menyala hanya dengan memutar kunci on. Berbeda dengan Honda Supra kami yang belum otomatis, hingga berisiko melanggar peraturan lalu lintas yang mengharuskan menyalakan lampu baik siang atau malam hari.
Ban Tubeless
Ban tubeless menambah kenyamanan kami karena bila suatu saat ban tertancap paku maka ban tak langsung kehabisan angin. Tidak kebayang seandainya ban masih menggunakan ban dalam maka, bila bocor motor harus dituntun padahal ada anak-anak. Jauhlah hal yang begitu he..he.. Ban tubeless ini jugalah yang yang membuat kami tetap nyaman meskipun dengan jalan yang meliuk-liuk.
Idling Stop System (ISS)
Teknologi Idling Stop System (ISS) adalah sebuah sistem yang memiliki sensor untuk mendeteksi motor dalam keadaan stop (idle) seperti saat nunggu lampu merah, kemacetan, atau menunggu antrean parkir. Bila selama tiga detik tidak jalan, maka secara otomatis berubah menjadi mode stand by. Untuk menghidupkan lagi tinggal diputar sedikit gasnya maka motor langsung menyala dan bisa jalan saat lampu hijau. Sebuah cara bagus untuk memperirit bensin dan lebih ramah lingkungan.
Fitur kemananan
a. Combi Brake System
Combi Brake Systemmembantu menyeimbangkan dan mengoptimalkan pengereman roda belakang dan depan. Artinya, bila menekan salah satu rem maka rem lain juga akan bekerja. Fitur ini sangat berguna terlebih bagi pengendara yang baru belajar mengendarai skutik ini sehingga bila terpaksa rem mendadak, hasil pengeraman akan lebih maksimal.
Hal ini juga membantu mengurangi kecelakaan akibat salah menggunakan rem. Pengendara motor matic seharusnya menekan tuas rem belakang untuk berhenti atau memperlambat kendaraan, namun terkadang malah menggunakan rem depan untuk rem mendadak sehingga sering terpental. Combi Brake Systemini mengurangi risiko terpental akibat keliru memilih tuas rem sebab rem lebih responsif karena pendistribusian energi yang bersamaan di rem belakang dan depan.
b. Side Stand Switch
Fitur ini membuat mesin tidak dapat dinyalakan apabila standar samping otomatis (side stand switch) belum dinaikkan karena standar samping otomatis yang dilengkapi dengan pemutus arus. Hal ini demi mencegah terjadinya kecelakaan akibat lupa menaikkan standar saat menggunakan skutik ini.
c.Brake Lock
Memberi kenyamanan saat skutik berhenti di tanjakan. Teknologi ini memungkinkan motor tetap dalam kondisi diam saat berhenti di tanjakan.
Pengaman kunci bermagnet (Magnetic Key Shutter)
Kunci ini efektif mencegah pencurian karena tutup kunci bermagnet otomatis tertutup saat kunci dicabut. Kunci kontak Honda vario 150 eSP ini juga terintegrasi dengan tombol pembuka jok. Sangat praktis bagi pengendara yang ingin membuka jok.
Bagasi Luas dan Double Inner Rack
All New Honda Vario 150 eSP juga memiliki kapasitas bagasi sebesar 18 liter yang mampu menyimpan helm fullface atau banyak barang berukuran besar. Tersedia juga tempat menyimpan di rak bagian depan kanan dan kiri yang muat untuk botol minuman. Boleh juga menggantung barang bawaan di cantolan dek depan.
Desain velg
Honda Vario 150 eSP juga dilengkapi dengan velg desain terbaru palang 10 yang terbuat dari bahan alumunium aloy yang kokoh. Aplikasi warna hitam memberikan kesan sporty dan macho pada skutik ini.
3D emblem
Tulisan Vario menggunakan desain 3D premium yang memberikan kesan mewah dan berkelas.
Body Belakang
Desain skutik Honda Vario 150 eSP bagian belakang tidak kalah ganteng, lihat saja stop lamp dan sein yang menyatu memberikan kesan manis. Spakbor belakang yang proporsional semakin memberikan kesan modern.
Knalpot
Honda Vario 150 eSP ini menggunakan desain knalpot keren dengan pelindung panas untuk menghindari risiko terkena panas knalpot. Selain itu, knalpot ini memiliki penyebaran panas yang mumpuni cukup sehingga membuat  nyaman.
Warna dan Harga
Warna bertema monotone exclusive yaitu Exclusive Matte Black dan Exclusive Pearl White dibanderol seharga Rp.20.500.000 (belum termasuk 3D emblem). Kami yang ingin menambah aksesoris 3D emblem harus menambah 950.000 Rupiah pada Oktober 2015 yang lalu. Varian berwarna sporti yaitu Titanium Black, Sonic White Blue, dan Bionic Red diberikan harga sebesar Rp. 20.350.00.
Kesimpulan
Ada yang mengatakan kalau harga lebih dari 20 juta terlalu high budget hanya untuk membeli sebuah skutik. Saya sebenarnya sangat setuju dengan hal tersebut, namun hasrat mendapatkan teknologi motor yang canggih, performa pacu luar biasa, desain keren, dan program safety yang  lengkap membuat kami pun memutuskan untuk mengeluarkan dana lebih demi mendapatkan kesempurnaan kenyamanan dan keamanan dari Honda Vario 150 eSP.
Â
Salam,
Rahayu Damanik
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H