Mohon tunggu...
Putri Elisabet
Putri Elisabet Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Seorang Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Implementasi Sistem Pengendalian Manajemen di PT. Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat Factory)

3 Juni 2024   11:48 Diperbarui: 3 Juni 2024   12:46 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Struktur organisasi PT. Amerta Indah Otsuka/dokpri

Implementasi Sistem Pengendalian Manajemen di PT. Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat Factory)

Pendahuluan

PT. Amerta Indah Otsuka, sebuah afiliasi dari Otsuka Pharmaceutical Co. Ltd Jepang, berdiri sejak tahun 1997 dengan nama awal PT Kapal Indah Otsuka. Perusahaan ini lahir dari hasil investasi bersama antara Otsuka Pharmaceutical Jepang dan PT Kapal Api dengan produk Pocari Sweat sebagai inovasi pertama. 

Seiring waktu, pada tahun 1999, perusahaan ini berubah nama menjadi PT Amerta Indah Otsuka dan terus berkembang hingga membuka pabrik pertama di Sukabumi, Jawa Barat pada tahun 2004, disusul pabrik kedua di Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur pada tahun 2010.

Visi, Misi, dan Tata Nilai

Visi PT. Amerta Indah Otsuka adalah menjadi perusahaan yang memberikan kontribusi signifikan dan terpercaya bagi konsumen serta masyarakat. Misinya mencakup pengembangan karyawan berkualitas, kesejahteraan konsumen dan masyarakat, inovasi di berbagai aspek, serta membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan rekan bisnis. Tata nilai perusahaan meliputi fokus pada pelanggan, integritas, inovasi, kerjasama tim, dan tanggung jawab sosial.

Struktur Organisasi

Struktur organisasi PT. Amerta Indah Otsuka terdiri dari berbagai manajer yang bertanggung jawab atas kesehatan dan lingkungan, pemasaran, operasional, dan layanan transportasi. Direktur Utama memimpin dan mengkoordinasi seluruh kegiatan perusahaan dengan tujuan memastikan efisiensi dan efektivitas operasional serta kepuasan konsumen.

Penganggaran dan Keuangan

Penganggaran dan keuangan perusahaan dilakukan secara komprehensif mencakup biaya operasional, investasi, dan pengembangan. Sistem pengendalian internal yang ketat diterapkan untuk memastikan penggunaan dana yang efektif dan efisien. Pelaporan keuangan dilakukan secara transparan dan diaudit secara berkala untuk mempertahankan akuntabilitas.

Perencanaan Strategis dan Operasional

Perusahaan menerapkan perencanaan strategis dan operasional yang mencakup analisis pasar, tren konsumen, dan kompetitor untuk menyusun strategi yang kompetitif. Perencanaan operasional mencakup produksi, distribusi, pemasaran, dan pengembangan sumber daya manusia dengan pengalokasian sumber daya secara optimal.

Pelaksanaan dan Pengukuran Kinerja

PT. Amerta Indah Otsuka menerapkan rencana strategis dan operasional dengan disiplin dan terukur. Indikator kinerja utama (KPI) digunakan untuk mengukur pencapaian tujuan, serta dilakukan pemantauan dan evaluasi kinerja secara berkala untuk mengidentifikasi peluang perbaikan.

Pengawasan dan Evaluasi Kinerja

Pengawasan dan evaluasi kinerja dilakukan melalui pengawasan proses produksi, lingkungan dan kesehatan kerja, serta kualitas produk. Evaluasi kinerja meliputi analisis kinerja keuangan dan operasional, serta penilaian kinerja individu dan tim. Teknologi seperti sistem ERP dan analisis data digunakan untuk mendukung proses ini.

Kesimpulan

Implementasi sistem pengendalian manajemen di PT. Amerta Indah Otsuka telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas produk. Perusahaan terus berkomitmen untuk melakukan inovasi dan pengembangan yang berkelanjutan guna memenuhi kebutuhan konsumen serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Saran

Untuk terus meningkatkan kinerja, PT. Amerta Indah Otsuka disarankan untuk:

  • Meningkatkan program pelatihan dan pengembangan karyawan untuk mendukung inovasi dan kualitas produk.
  • Memperluas penggunaan teknologi otomatisasi dalam proses produksi untuk meningkatkan efisiensi dan konsistensi.
  • Melakukan analisis pasar secara berkala untuk mengidentifikasi tren dan kebutuhan konsumen yang terus berkembang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun