Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), menyaksikan berbagai pola dan gaya didikan orang tua terhadap anak-anak mereka. Setiap keluarga memiliki pendekatan yang berbeda dalam membesarkan buah hati, namun satu hal yang selalu muncul adalah kebingungan para orang tua dalam menentukan cara mendidik yang tepat.Â
Selama lebih dari satu dekade, saya telah terlibat dalam duniaMelalui berbagai kegiatan parenting yang saya selenggarakan di Sekolah, saya sering kali mendengar pertanyaan serupa: bagaimana sebaiknya mendidik anak? Kebingungan ini menjadi pintu masuk untuk mengeksplorasi strategi pendidikan anak yang tidak hanya efektif, tetapi juga sejalan dengan perkembangan emosi, kognitif, dan sosial mereka.
Pertanyaan-pertanyaan ini menggarisbawahi bahwa mendidik anak bukanlah tugas yang sederhana, dan tidak ada satu metode yang cocok untuk semua. Tantangan ini menuntut pendekatan yang lebih mendalam, baik bagi orang tua maupun pendidik, agar mereka dapat membentuk lingkungan yang mendukung pertumbuhan anak secara holistik.
Banyak orang tua kadang merasa jengkel ketika anak-anak mereka yang masih kecil sering meminta ini-itu dengan nada memerintah di tengah kesibukan atau dalam kondisi yang tidak tepat. Namun perlu di pahami bahwa Anak usia 1-7 tahun seringkali bertindak seolah-olah mereka adalah "raja kecil" di rumah, memerintah tanpa henti. Namun, sebelum kita merasa kesal atau bahkan marah, penting bagi kitasebagai orang tua  untuk memahami bahwa di balik perilaku ini, ada potensi besar yang sedang tumbuh---potensi untuk menjadi pemimpin. Para ahli perkembangan anak mendukung pandangan ini, dengan menekankan pentingnya membimbing anak secara positif tanpa memadamkan naluri alami mereka.Â
Naluri Memimpin Sejak Usia Dini
Anak usia 1-7 tahun terlihat seperti raja kecil yang memerintah di rumah. Namun, perlu dipahami bahwa perilaku ini adalah refleksi dari naluri memimpin yang muncul sejak usia dini. Jean Piaget, seorang ahli psikologi perkembangan, menekankan bahwa anak pada usia ini berada dalam tahap perkembangan kognitif yang disebut tahap praoperasional, di mana mereka mulai memahami konsep peran, perintah, dan kepemimpinan dalam cara yang sederhana. Menurut Piaget, anak-anak sedang belajar berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka dan mencoba "menguasai" lingkungannya. Ini adalah fase alami di mana mereka sering kali belum mengembangkan pemahaman penuh tentang sopan santun atau cara berbicara dengan lebih halus.
Amsal 22:6 mengajarkan, "Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari jalan itu." Ayat ini mengingatkan kita akan pentingnya memberikan pendidikan dan arahan yang benar kepada anak-anak, termasuk dalam hal kepemimpinan. Setiap anak memiliki peluang besar untuk menjadi pemimpin di masa depan, dan tugas kita sebagai orang tua adalah membimbing mereka dengan kasih sayang dan kesabaran.
Tugas kita sebagai orang tua dan pendidik adalah mengarahkan naluri memimpin ini dengan cara yang tepat. Setiap anak memiliki peluang besar untuk menjadi pemimpin di masa depan, baik dalam keluarga, organisasi, maupun di masyarakat. Menurut Dr. Laura Markham, seorang psikolog klinis dan penulis buku Peaceful Parent, Happy Kids, anak-anak yang cenderung memerintah sebenarnya sedang mencari kendali atas situasi mereka. Respons kita, katanya, seharusnya bukan dengan kemarahan tetapi dengan empati dan batasan yang lembut, yang membantu mereka mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang sehat.
Dampak Negatif dari Bentakan dan Hukuman
Ketika kita merespons perilaku anak dengan kemarahan, bentakan, atau hukuman, kita berisiko mematikan naluri memimpin yang alami dalam diri mereka. Alfie Kohn, seorang penulis dan pakar pendidikan, dalam bukunya Unconditional Parenting menekankan bahwa menghukum anak hanya akan membuat mereka takut dan patuh secara sementara, tetapi tidak mengajarkan mereka untuk memimpin dengan bijak atau memahami tindakan mereka. Kohn menyarankan bahwa membentak anak akan menciptakan rasa ketakutan dan menghambat pengembangan kepercayaan diri, sehingga anak tidak belajar bagaimana memimpin dengan cara yang sehat.
Sebaliknya, jika kita merespons dengan kesabaran dan memberikan arahan yang positif, kita akan membantu anak mengasah naluri kepemimpinannya. Efesus 6:4 juga mengingatkan kita sebagai orang tua untuk mendidik dengan kasih, "Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan." Firman ini menegaskan pentingnya memberikan arahan yang lembut dan bijaksana dalam mendidik anak, tanpa menggunakan kekerasan atau kemarahan.Â
Daripada menghukum, kita bisa menggunakan kesempatan ini untuk mengajarkan anak cara memimpin dengan baik---mulai dari memimpin dirinya sendiri hingga memahami bagaimana berkomunikasi secara efektif.Â
Menanamkan Adab Sejak Dini
Agar anak-anak kita tumbuh menjadi pemimpin yang bijaksana, kita perlu menanamkan adab sejak dini. Maria Montessori, pendiri metode Montessori, menekankan bahwa "anak-anak adalah pembangun dari diri mereka sendiri." Mereka belajar dari lingkungan dan contoh-contoh yang mereka lihat setiap hari. Dengan memberikan contoh perilaku yang baik, seperti berbicara dengan sopan dan bertindak dengan hormat, kita bisa membantu anak belajar bagaimana memimpin dengan adab dan etika.
Sebagai contoh, ketika anak meminta sesuatu dengan cara yang kurang sopan, kita bisa mengajarkan mereka untuk meminta dengan lebih baik. Misalnya, jika anak berkata, "Ambilkan mainanku!" kita bisa dengan lembut mengarahkan mereka, "Bagaimana kalau kita bilang, 'Tolong, Ibu, bisakah aku ambil mainanku?'" Dengan memberikan contoh dan bimbingan seperti ini, anak-anak belajar bagaimana memimpin dengan sopan dalam komunikasi mereka.
Alkitab menegaskan pentingnya mengajarkan nilai-nilai ini kepada anak-anak. Kolose 3:21 mengatakan, "Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anak-anakmu, supaya jangan tawar hati mereka." Dengan membimbing mereka secara sabar dan penuh kasih, kita membangun adab dan moral yang akan membantu anak-anak kita menjadi pemimpin yang bijaksana.
Mengajarkan Kepemimpinan Diri
Kepemimpinan yang baik dimulai dari kemampuan memimpin diri sendiri. Stephen Covey, penulis buku terkenal The 7 Habits of Highly Effective People, menyatakan bahwa salah satu kebiasaan penting dalam kepemimpinan adalah "memimpin diri sendiri." Anak-anak perlu belajar bagaimana mengendalikan diri, mengatur emosi, dan mengambil keputusan yang baik. Ini adalah fondasi yang penting dalam membentuk karakter seorang pemimpin yang bijaksana.
Sebagai orang tua, kita bisa memberikan contoh bagaimana memimpin diri sendiri dengan baik. Kita bisa mengajarkan anak untuk sabar, mengatur waktunya, dan menyelesaikan tugas-tugas kecil. Dengan bimbingan yang konsisten, anak-anak akan belajar untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri, dan ini adalah modal penting untuk menjadi pemimpin yang berhasil di masa depan.
Firman Tuhan dalam Galatia 5:22-23 menyebutkan buah-buah Roh yang perlu kita tanamkan dalam diri anak-anak kita, seperti kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, dan pengendalian diri. Karakter-karakter inilah yang akan membimbing mereka dalam memimpin diri sendiri dan orang lain dengan bijaksana.
Mempersiapkan Pemimpin Masa Depan
Setiap anak memiliki potensi besar untuk menjadi pemimpin. Menurut John C. Maxwell, seorang pakar kepemimpinan terkemuka, pemimpin yang efektif adalah mereka yang memiliki integritas, mampu mempengaruhi orang lain, dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan orang di sekitarnya. Semua karakteristik ini bisa dibentuk sejak usia dini jika kita memberikan arahan yang tepat kepada anak-anak kita.
 Mazmur 127:3 mengatakan, "Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada Tuhan, dan buah kandungan adalah suatu upah." Ayat ini mengingatkan kita bahwa anak-anak adalah anugerah yang harus dijaga dan dipersiapkan untuk masa depan mereka sebagai pemimpin yang bijaksana dan berakhlak mulia.
Namun, pemimpin yang bijaksana tidak lahir begitu saja---mereka dibentuk melalui bimbingan yang penuh kesabaran, kasih sayang, dan pengajaran yang tepat. Dengan menanamkan adab, memberikan bimbingan yang positif, dan mengajarkan kepemimpinan diri, kita sedang mempersiapkan anak-anak kita untuk menjadi pemimpin yang dihormati, tidak hanya dalam keluarga, tetapi juga di organisasi, komunitas, dan bahkan negara.
Mari kita melihat setiap perilaku "raja kecil" dalam diri anak kita sebagai kesempatan untuk mendidik mereka menjadi pemimpin yang bijaksana. Dengan bimbingan yang tepat, anak-anak kita tidak hanya akan memimpin dengan hati, tetapi juga dengan kebijaksanaan yang akan mereka bawa sepanjang hidup.
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H