Lembar Kerja 3.7
Rancangan Aksi Nyata
Kegiatan: Aksara (Aksi Peserta didik Cinta Literasi)
Strategi
- Membaca interaktif   : setiap kelompok memilih cerita yang diminatinya.
- Menulis kreatif       :setiap kelompok membuat tulisan sesuai dengan minat dan imajinasinya (gambar bercerita, sinopsis cerita, menulis puisi berdasarkan cerita yang dibaca, dll)
Alokasi waktu
- Membaca interaktif: Â Â : 30 menit (senin - kamis)
- Menulis kreatif       : 60 menit (di hari jumat)
- Presentasi hasil karya  : 30 menit (di hari sabtu)
Langkah-langkah kegiatan
Membaca interaktif  Â
- Guru memberikan arahan terkait dengan jalannya pelaksanaan Aksara.
- Guru menyiapkan buku bacaan yang akan dibaca oleh peserta didik.
- Setiap kelompok akan memilih buku yang diminatinya untuk dibaca.
- Setiap anggota kelompok membaca bagian cerita secara bergantian.
- Guru memberikan panduan berupa pertanyaan terkait isi cerita yang dibaca.
- Kelompok berdiskusi dan mencatat pemahaman atau pertanyaan yang muncul setelah membaca.
- Guru memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi mereka.
- Antar kelompok dapat saling menanggapi hasil diskusi setiap kelompok.
Menulis kreatif
- Guru menjelaskan kegiatan menulis kreatif.
- Setiap kelompok diberikan pilihan untuk menulis kreatif sesuai dengan minat dan kesepakatan kelompoknya.
- Setiap kelompok diperbolehkan menulis puisi, membuat akhir cerita alternatif, mengganti tokoh cerita, menambahkan tokoh baru, dll.
- Setiap kelompok menuliskan cerita kreatif mereka dengan berdiskusi.
- Guru mendampingi jalannya kegiatan menulis kreatif dan memberikan bantuan kepada kelompok-kelompk yang mengalami kesulitan.
Presentasi hasil karya
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil menulis kreatifnya.
- Kelompok lain dapat menanggapi presentasi kelompok lain.
- Guru dan peserta didik memberikan apresiasi kepada kelompok yang melakukan presentasi.
Asesmen yang digunakan
Konten: Teks informasi dan teks fiksi
- Memilih salah satu teks informasi yang sudah dibaca oleh peserta didik.
- Memilih salah satu teks fiksi yang sudah dibaca oleh peserta didik.
Konteks: personal dan sosial budaya
- Personal: menghubungkan teks dengan pengalaman pribadi.
- Sosial budaya: lingkungan budaya dan sosial yang memengaruhi pengalaman individu.
Tingkat kognitif:
- Menemukan Informasi: peserta didik dapat menganalisis informasi dalam teks, seperti tokoh utama, latar, dan alur cerita. (Pilihan ganda)
- Interpretasi dan Integrasi: peserta didik dapat memahami makna cerita, menganalisis karakter, serta membuat prediksi atau kesimpulan berdasarkan cerita. (Pilihan ganda kompleks)
- Evaluasi dan Refleksi: peserta didik dapat mengevaluasi isi cerita, menghubungkannya dengan pengalaman pribadi atau sosial budaya, dan menghasilkan tulisan kreatif sebagai bentuk refleksi. (Uraian)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!