Mohon tunggu...
Salsa Ulwiyah Ulfiyana
Salsa Ulwiyah Ulfiyana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

T3.7 Aksi Nyata Literasi Dasar (Topik 3)

27 Oktober 2024   06:41 Diperbarui: 27 Oktober 2024   06:46 746
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lembar Kerja 3.7

Rancangan Aksi Nyata

Kegiatan: Aksara (Aksi Peserta didik Cinta Literasi)

Strategi

  • Membaca interaktif     : setiap kelompok memilih cerita yang diminatinya.
  • Menulis kreatif            :setiap kelompok membuat tulisan sesuai dengan minat dan imajinasinya (gambar bercerita, sinopsis cerita, menulis puisi berdasarkan cerita yang dibaca, dll)

Alokasi waktu

  • Membaca interaktif:    : 30 menit (senin - kamis)
  • Menulis kreatif            : 60 menit (di hari jumat)
  • Presentasi hasil karya  : 30 menit (di hari sabtu)

Langkah-langkah kegiatan

Membaca interaktif    

  • Guru memberikan arahan terkait dengan jalannya pelaksanaan Aksara.
  • Guru menyiapkan buku bacaan yang akan dibaca oleh peserta didik.
  • Setiap kelompok akan memilih buku yang diminatinya untuk dibaca.
  • Setiap anggota kelompok membaca bagian cerita secara bergantian.
  • Guru memberikan panduan berupa pertanyaan terkait isi cerita yang dibaca.
  • Kelompok berdiskusi dan mencatat pemahaman atau pertanyaan yang muncul setelah membaca.
  • Guru memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi mereka.
  • Antar kelompok dapat saling menanggapi hasil diskusi setiap kelompok.

Menulis kreatif

  • Guru menjelaskan kegiatan menulis kreatif.
  • Setiap kelompok diberikan pilihan untuk menulis kreatif sesuai dengan minat dan kesepakatan kelompoknya.
  • Setiap kelompok diperbolehkan menulis puisi, membuat akhir cerita alternatif, mengganti tokoh cerita, menambahkan tokoh baru, dll.
  • Setiap kelompok menuliskan cerita kreatif mereka dengan berdiskusi.
  • Guru mendampingi jalannya kegiatan menulis kreatif dan memberikan bantuan kepada kelompok-kelompk yang mengalami kesulitan.

Presentasi hasil karya

  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil menulis kreatifnya.
  • Kelompok lain dapat menanggapi presentasi kelompok lain.
  • Guru dan peserta didik memberikan apresiasi kepada kelompok yang melakukan presentasi.

Asesmen yang digunakan

Konten: Teks informasi dan teks fiksi

  • Memilih salah satu teks informasi yang sudah dibaca oleh peserta didik.
  • Memilih salah satu teks fiksi yang sudah dibaca oleh peserta didik.

Konteks: personal dan sosial budaya

  • Personal: menghubungkan teks dengan pengalaman pribadi.
  • Sosial budaya: lingkungan budaya dan sosial yang memengaruhi pengalaman individu.

Tingkat kognitif:

  • Menemukan Informasi: peserta didik dapat menganalisis informasi dalam teks, seperti tokoh utama, latar, dan alur cerita. (Pilihan ganda)
  • Interpretasi dan Integrasi: peserta didik dapat memahami makna cerita, menganalisis karakter, serta membuat prediksi atau kesimpulan berdasarkan cerita. (Pilihan ganda kompleks)
  • Evaluasi dan Refleksi: peserta didik dapat mengevaluasi isi cerita, menghubungkannya dengan pengalaman pribadi atau sosial budaya, dan menghasilkan tulisan kreatif sebagai bentuk refleksi. (Uraian)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun