Lembar Kerja 3.7
Rancangan Aksi Nyata
Kegiatan: Aksara (Aksi Peserta didik Cinta Literasi)
Strategi
- Membaca interaktif   : setiap kelompok memilih cerita yang diminatinya.
- Menulis kreatif       :setiap kelompok membuat tulisan sesuai dengan minat dan imajinasinya (gambar bercerita, sinopsis cerita, menulis puisi berdasarkan cerita yang dibaca, dll)
Alokasi waktu
- Membaca interaktif: Â Â : 30 menit (senin - kamis)
- Menulis kreatif       : 60 menit (di hari jumat)
- Presentasi hasil karya  : 30 menit (di hari sabtu)
Langkah-langkah kegiatan
Membaca interaktif  Â
- Guru memberikan arahan terkait dengan jalannya pelaksanaan Aksara.
- Guru menyiapkan buku bacaan yang akan dibaca oleh peserta didik.
- Setiap kelompok akan memilih buku yang diminatinya untuk dibaca.
- Setiap anggota kelompok membaca bagian cerita secara bergantian.
- Guru memberikan panduan berupa pertanyaan terkait isi cerita yang dibaca.
- Kelompok berdiskusi dan mencatat pemahaman atau pertanyaan yang muncul setelah membaca.
- Guru memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi mereka.
- Antar kelompok dapat saling menanggapi hasil diskusi setiap kelompok.
Menulis kreatif
- Guru menjelaskan kegiatan menulis kreatif.
- Setiap kelompok diberikan pilihan untuk menulis kreatif sesuai dengan minat dan kesepakatan kelompoknya.
- Setiap kelompok diperbolehkan menulis puisi, membuat akhir cerita alternatif, mengganti tokoh cerita, menambahkan tokoh baru, dll.
- Setiap kelompok menuliskan cerita kreatif mereka dengan berdiskusi.
- Guru mendampingi jalannya kegiatan menulis kreatif dan memberikan bantuan kepada kelompok-kelompk yang mengalami kesulitan.
Presentasi hasil karya
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil menulis kreatifnya.
- Kelompok lain dapat menanggapi presentasi kelompok lain.
- Guru dan peserta didik memberikan apresiasi kepada kelompok yang melakukan presentasi.
Asesmen yang digunakan
Konten: Teks informasi dan teks fiksi
- Memilih salah satu teks informasi yang sudah dibaca oleh peserta didik.
- Memilih salah satu teks fiksi yang sudah dibaca oleh peserta didik.
Konteks: personal dan sosial budaya
- Personal: menghubungkan teks dengan pengalaman pribadi.
- Sosial budaya: lingkungan budaya dan sosial yang memengaruhi pengalaman individu.
Tingkat kognitif:
- Menemukan Informasi: peserta didik dapat menganalisis informasi dalam teks, seperti tokoh utama, latar, dan alur cerita. (Pilihan ganda)
- Interpretasi dan Integrasi: peserta didik dapat memahami makna cerita, menganalisis karakter, serta membuat prediksi atau kesimpulan berdasarkan cerita. (Pilihan ganda kompleks)
- Evaluasi dan Refleksi: peserta didik dapat mengevaluasi isi cerita, menghubungkannya dengan pengalaman pribadi atau sosial budaya, dan menghasilkan tulisan kreatif sebagai bentuk refleksi. (Uraian)
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!