Disusun oleh:
Aulia Cahya Pratiwi, Dhita Agustina, dan Kamila Mentari Iffagano,
Pendidikan Matematika/ FKIP / Universitas Ahmad Dahlan
Pendahuluan
Dunia saat ini tengah dilanda pandemi yang tak kunjung usai. Dimana penyebaran wabah ini sangatlah cepat dan telah merenggut banyak nyawa. Pandemi ini tentu telah mengubah berbagai aspek kehidupan yang ada, tak terkecuali dalam dunia pendidikan (Herliandry et al., 2020).Â
Karena pandemi yang sedang terjadi sekarang ini banyak negara-negara didunia yang memutuskan untuk menutup institusi pendidikan, termasuk juga Indonesia (Syah, 2020). Pendidikan sendiri adalah sebuah proses dalam kehidupan manusia yang merupakan sebuah sarana untuk mendapatkan sebuah ilmu pengetahuan, yang kelak dapat digunakan untuk menopang kehidupan (Fauzy & Nurfauziah, 2021).
Karena kondisi sekarang ini yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka, membuat para tenaga pendidikan harus berfikir kreatif agar kegiatan belajar mengajar dapat tetap berjalan meski jarak jauh. Hal tersebut juga beriringan dengan dikeluarkannya Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020 Nomor 36962/MPK.A/HK/2020, yang isinya mengintruksikan agar proses belajar mengajar dilakukan secara daring (online) dalam upaya untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 yang tengah melanda.
Dengan dilakukannya proses belajar mengajar secara daring ini tentu memiliki kelebihan seran kekurangannya masing masing. Kelebihan yang didapatkan dari proses belajar mengajar secara daring ini adalah waktu yang tak terbatas. Tapi tentu proses belajar mengajar secara daring ini memiliki kekurangan yaitu pelajaran tidak dapat berlangsung dengan maksimal, terutama pada mata pelajaran matematika (Fauzy & Nurfauziah, 2021). Sedangkan pelajaran matematika sendiri merupakan pelajaran yang amat penting guna mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu berkompetisi di era glonal ini (Annur & Hermansyah, 2020).
Saat ini masih banyak siswa yang beranggapan bahwa pelajaran matematika itu sulit dan menakutkan, karena anggapan inilah yang membuat para siswa mudah menyerah sebelum mempelajari matematika (Amallia & Unaenah, 2018). Apalagi dengan adanya pembelajaran daring saat ini, tentu akan membuat siswa lebih sulit memahami pelajaran matematika.Â
Dari uraian permasalahan diatas, tentu diperlukan kajian untuk mengetahui hambatan apa saja yang tengah dihapadi siswa saat ini. Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk mengetahui hambatan apa saja yang dialami siswa selama pembelajaran daring terutama pada pelajaran matematika, apa dampak dari pembelajaran online terhadap kondisi psikologi siswa itu sendiri, dan solusi yang tepat untuk mengatasi hambatan yang di alami siswa pada pembelajaran daring terutama pada mata pelajaran matematika.
Pembahasan
a.Hambatan Pembelajaran Matematika Secara Daring
Pandemi Covid-19 sedang melanda Indonesia bahkan dunia yang mengakibatkan pemerintah menetapkan keputusan seluruh kegiatan yang awalnya luring berubah menjadi daring. Semua bidang terdampak, tak terkecuali bidang pendidikan yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara daring.Â