Mohon tunggu...
patra manggala
patra manggala Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

peminatan kepada pemasaran

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perkembangan Digital Marketing di Era Milenial

7 Desember 2021   06:30 Diperbarui: 7 Desember 2021   06:32 860
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pemasaran digital, seperti sektor pemasaran lainnya, pemasaran digital selalu berkembang seiring dengan perkembangan teknologi baru. Sebagai seorang pelaku pasar dinilai perlu mengikuti perubahan untuk mempertahankan kontak dengan konsumen, tetapi juga penting untuk memahami sejarah lapangan dan melakukan pendekatan serta strategi modern dengan benar.

Mari kita akan bahas tentang evolusi pemasaran digital, proyeksi masa depan, dan pelajaran yang perlu diingat di masa depan.

Keadaan Pemasaran Digital Saat Ini

Proses mempromosikan produk dan layanan melalui internet disebut sebagai pemasaran digital. Tujuannya, seperti halnya pemasaran tradisional, adalah untuk meningkatkan pengetahuan publik tentang merek dan produk Anda.

Sebelum pengenalan praktik pemasaran digital, bisnis bergantung sepenuhnya pada teknik offline. Billboard, iklan TV dan radio, surat kabar, surat langsung, panggilan telepon, kartu pos, katalog, brosur, dan produk cetak lainnya termasuk di antaranya.

Beberapa dari metode pemasaran konvensional ini masih efektif hingga saat ini, bahkan dengan begitu banyak organisasi yang berusaha menjangkau pelanggan sebanyak mungkin. Misalnya, pelanggan merek yang lebih tua mungkin memilih untuk membaca koran asli daripada rekan-rekan digital mereka. Iklan radio juga tidak punah.

Namun, salah satu perbedaan paling signifikan antara keduanya adalah cakupan jangkauannya. Iklan di radio atau di surat kabar mungkin berguna untuk menjangkau konsumen lokal. Taktik digital, di sisi lain, adalah taruhan terbesar Anda jika Anda ingin menjual secara global. Mereka juga mungkin lebih murah daripada rekan-rekan konvensional mereka.

Tweet, video, podcast, email, konten blog, iklan Pay-Per-Click (PPC), dan lainnya adalah contoh pemasaran digital. Untuk memberi Anda gambaran tentang seberapa besar pemasaran digital, ada lebih dari 3,5 miliar orang di media sosial, atau hampir 45 persen dari populasi dunia!

Apalagi pemasaran ke generasi muda semakin rumit. Mungkin diperlukan banyak persuasi untuk membujuk mereka agar berkomitmen dan membeli. Jangka panjang, inisiatif pemasaran digital Anda dapat membantu Anda menjangkau mereka dan menjual kepada mereka. Secara keseluruhan, saluran digital menawarkan cara yang jauh lebih efektif untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan audiens Anda.

Evolusi pemasaran digital

Setelah membahas keadaan pemasaran digital saat ini, mari kita lihat bagaimana perkembangannya dari waktu ke waktu, menggunakan contoh dari beberapa tonggak terpentingnya.

1. Peran Mesin Pencari

World Wide Web diperkenalkan pada tahun 1991, tetapi tidak berdampak banyak sampai tahun 1994, ketika Netscape, browser pertama yang benar-benar populer, memasuki pasar. Antara tahun 1990-an dan awal 2000-an, semakin banyak orang mulai memanfaatkan internet, dan sebagai hasilnya mesin pencari seperti Google muncul.

Merangkak halaman web dan menyimpannya untuk pengambilan akhirnya berdasarkan kata kunci yang digunakan dalam istilah pencarian adalah cara kerja mesin pencari. Ini telah memunculkan Search Engine Marketing (SEM), praktik mempromosikan situs web dan blog dengan meningkatkan keunggulan mereka menggunakan taktik seperti SEO dan iklan berbayar.

2. Revolusi di Media Sosial

World Wide Web dirancang untuk menjadi area kolaboratif di mana orang dapat berbagi informasi. Anda mungkin akan setuju bahwa itu berkembang menjadi lebih banyak lagi. Platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lainnya telah memudahkan untuk terhubung dengan orang lain serta bertukar informasi.

Bisnis juga dapat menjangkau audiens di seluruh dunia dengan cara ini. Merek dapat mencapainya dengan menjalankan iklan berbayar yang ditargetkan pada audiens umum atau spesifik, berkolaborasi dengan influencer yang mempromosikan produk ke pengikut mereka, dan banyak lagi.

Facebook, misalnya, didirikan pada tahun 2004 dan memiliki satu juta pengguna pada akhir tahun. Platform iklan swalayan pertamanya, serta halaman perusahaan, diluncurkan pada tahun 2007, membawa total pendapatan iklan menjadi $700 juta. Lebih banyak platform telah mengikuti, memungkinkan merek untuk menjangkau pelanggan target mereka.

3. Pemasaran yang berfokus pada perangkat seluler

Karena upaya Google Accelerated Mobile Pages (AMP), situs seluler sekarang harus dioptimalkan untuk SEO. Program ini bertujuan untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan halaman untuk dimuat di perangkat seluler seperti ponsel cerdas dan tablet. Ini juga mempertimbangkan aspek lain, seperti pengalaman pengguna (UI).

Ini sangat penting mengingat statistik penggunaan ponsel cerdas baru-baru ini. Ponsel menyumbang 52,2 persen dari semua lalu lintas web pada 2019, naik dari 16,2 persen pada 2013. Namun, perlu diingat bahwa ini hanya berlaku untuk data untuk ponsel, bukan tablet.

Dengan meningkatnya penggunaan seluler dan inisiatif AMP, menjadi penting untuk menjamin bahwa kampanye pemasaran tidak hanya dapat dilihat di perangkat yang lebih besar, tetapi juga di layar yang lebih kecil tanpa variasi visual atau kinerja.

4. Kampanye Bertarget dan Data Konsumen

Penggunaan data untuk membuat kampanye pemasaran yang ditargetkan adalah tonggak penting lainnya dalam sejarah pemasaran digital. Misalnya, Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) adalah proses bisnis yang membantu merek membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan mereka melalui aktivitas pemasaran berbasis data.

Perangkat lunak CRM memungkinkan Anda untuk beralih pada data dari analisis kinerja. Ini dapat membantu memprediksi kebiasaan pembelian klien, mengidentifikasi audiens target dengan lebih tepat, dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Karena teknik pemasaran selalu berubah sebagai akibat dari teknologi dan alasan lainnya, kemampuan untuk memprediksi perilaku klien sangat penting. Setiap perubahan dalam kebiasaan pelanggan dapat dideteksi menggunakan teknik CRM seperti regresi dan analisis statistik.

Ini juga memungkinkan pengembangan model dampak bisnis yang lebih tepat untuk mengukur kinerja pemasaran.

5. Konten Interaktif dan Pencarian Suara

Salah satu tujuan paling penting bagi merek adalah untuk meningkatkan keterlibatan konsumen dan mengembangkan rasa komunitas dan loyalitas. Konten berkualitas tinggi dan menarik, seperti game, kontes media sosial yang lucu, pengalaman aplikasi yang imersif, dan banyak lagi, telah dihasilkan sebagai hasilnya. Ini tidak hanya menarik pemirsa, tetapi juga menjaga perhatian mereka untuk waktu yang lama.

Pencarian suara, di sisi lain, telah muncul sebagai salah satu tren pemasaran paling signifikan, menawarkan cara baru untuk melakukan pencarian dan mempromosikan bisnis. Itu juga dapat menarik lebih banyak lalu lintas karena hasilnya lebih mungkin menjadi sangat relevan pada percobaan pertama.

Apa Masa Depan Pemasaran Digital dan Pelajaran yang Harus Diambil ?

Kami mungkin membuat beberapa prediksi tentang masa depan pemasaran digital berdasarkan tren saat ini. Teknologi Artificial Intelligence (AI), misalnya, hampir pasti akan semakin meluas. Saat ini digunakan dalam pembuatan konten, saran produk, transaksi e-niaga, dan area lainnya.

Kami juga mengantisipasi peningkatan penggunaan chatbots untuk keterlibatan pelanggan. Mastercard telah menggunakan bot Facebook Messenger dengan kemampuan pemrosesan bahasa alami untuk memahami permintaan klien dan menjawab pertanyaan dengan cara yang mirip manusia.

Terakhir, kami telah menyebutkan betapa populernya penelusuran suara, dan kami berharap ini akan terus berkembang. Untuk mengikuti adopsi tak terelakkan audiens Anda saat ini atau teknologi baru dan kebiasaan, tren ini idealnya harus menginformasikan semua bagian dari upaya pemasaran Anda.

Kesimpulan

Sangat penting untuk memahami masa lalu Anda untuk bergerak maju. Hal ini juga berlaku dalam pemasaran. Untuk mengetahui cara terbaik memanfaatkan teknologi dan metode saat ini, Anda harus terlebih dahulu memahami sejarah pemasaran digital.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun