Mohon tunggu...
Panji Hasta123
Panji Hasta123 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hello my name is Panji Hasta i live in Kebumen my hobby is singing, traveling, and playing piano instrumen

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Hakikat Belajar dan Pembelajaran

14 Januari 2025   08:56 Diperbarui: 14 Januari 2025   09:15 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

                                                                                                                                        Kompasiana: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah
                                                                                                                                                                                                      24 Desember 2024
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     @Kompasiana.com

______________________________________________________________________________  Hakikat Belajar dan Pembelajaran

 Dosen Pembimbing: Rasyid Zuhdi M.Pd

                                                                                                                        

 Panji Hasta Kurniawan
                                                 

Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Ma'arif Nahdatul Ulama Kebumen (UMNU)
                                                                                            

Korespondensi penulis: panjihasta25@gmail.com
                                                                                                                                    

NIM: BI1024021
                                                                                                                                       

 Kelas: BI10B

Abstrak: Belajar merupakan landasan bagi seorang manusia untuk menjadikan berguna bagi hidupnya dengan manusia lainnya yang telah dianugerahkan pikiran oleh Tuhan Yang Maha Esa agar manusia dapat memanfaatkan yang telah dianugerahkan yaitu berjuta triliun sel otak yang dapat menerima informasi. Jika kita bisa memanfaatkan dengan sebaik mungkin maka akan menghasilkan manfaat yang luar biasa untuk menunjang kehidupannya. Dengan menerapkan sistem pembelajaran yang baik dan sesuai tupoksinya maka gols atau tujuan setiap orang akan tercapai. Dengan belajar konsep materi pembelajaran, menarik intisari, memahami objek kajian, dan menstranfer pemahaman sampai ke otak adalah beberapa tips dalam mengimplementasikan hakikat belajar sehingga kita mendapatkan hasil apa yang telah kita pelajari. Belajar merupakan aktivitas yang sengaja dilakukan agar terjadi perubahan kemampuan diri, dengan belajar anak yang tadinya tidak tahu, tidak trampil, menjadi tahu dan trampil. Sedangkan pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara pendidik dan peserta didik, serta sumber belajar pada suatu lingkungan pendidikan. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar terjadi perolehan ilmu, pengetahuan, dan penguasaan.
Kata Kunci: Belajar, Pembelajaran, Pendidikan

                                                                                                                                                                                                                 

     KATA PENGANTAR
    

     Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang saya panjatkan puja dan syukur atas kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kami. Sehingga, saya dapat menyelesaikan artikel ini dengan baik. Artikel ini berisi tentang "Hakikat Belajar dan Pembelajaran".
     Saya dapat menyelesaikan artikel ini dengan baik karena dukungan dari berbagai pihak, yaitu dosen pembimbing saya Bapak Rasyid Zuhdi, M.Pd. yang telah membimbing saya sebagai mata kuliah dasar-dasar ilmu Pendidikan, prodi Pendidikan bahasa Indonesia. Oleh karena itu, saya mengucapkan terimakasih kepada beliau dalam keberhasilan menyusun artikel ini dengan baik.
     Dalam hal ini kami menyadari masih banyak kekurangan dalam pembuatan artikel ini dan sebagai manusia pasti tidak sempurna dalam menjalani kehidupan. Oleh karena itu, dengan hati yang tulus dan sadar saya memohon maaf apabila ditemukan ada kesalahan pada artikel yang saya buat.
     Akhir kata, saya berharap pembuatan artikel ini dapat menambah pengetahuan, pengalaman baru, manfaat, dan dampak positif terkait materi yang saya susun pada artikel ini. Dan jadikan setiap apa yang terjadi itu adalah anugerah dari Tuhan dan bersyukurlah atas pencapaian yang sudah diraih serta tidak kecewa akan kegagalan atau ujian yang menimpa diri seorang manusia yang tidak luput akan kesalahan dan kehilafan.

 

 Selasa, 24 Desember 2024

                                                                                                                                                                                                                                

Panji Hasta Kurniawan

                                                                                                                                    

  BAB I
                                                                                                                          

PENDAHULUAN
      

     Manusia adalah suatu makhluk yang diciptakan memiliki akal pikiran guna memberikan dampak positif bagi kehidupannya. Bagaimana saja seorang manusia bisa memanfaatkan anughrah tersebut untuk kebaikan ataupun jalan kesesatan atau keburukan. Dengan memiliki akal pikiran seseorang manusia juga memiliki naluri yang bai katas respon kejadian sekitar dan memberikan reaksi untuk mengatasi persoalan yang ada pada kehidupannya. Manusia dituntut agar memilih kehidupannya dan setiap apa yang dipilihnya maka akan dipertanggungjawabkan nanti di akhirat sesuai amal dan perbuatan ketika hidup di dunia. Sebelum manusia mengemban tugas tersebut maka sebagai manusia yang diciptakan mempunyai akal pikiran maka diberi kesempatan agar dapat mengerti akan kehidupan ini yaitu dengan belajar. Oleh karena itu, belajar menjadi komponen penting dalam kelangsungan kehidupan seseorang guna merepresentasikan apa yang ia pelajari.
     

     Pemikiran yang baik dalam setiap menjalani hidup merupakan langkah awal menjadikan adanya nilai yang dapat diambil dalam kehidupannya. Pemikiran yang baik juga dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dan jika diimplementasikan dengan baik maka akan memberikan manfaat atau dampak positif bukan hanya dalam diri namun juga bermanfaat bagi orang lain. Ciptakanlah hal baru dalam hidupmu agar memiliki makna yang menjadi memori dalam setiap moment juga memberikan dampak yang positif. Hubungan dengan pemikiran yang baik dengan sistem pembelajaran itu akan menjadikan suatu hal yang unik dan dapat direpresentasikan untuk menjadikan hasil yang baik dan kemajuan dalam sistem pembelajaran yang dapat dikembangkan di negara ini.
     

     Kombinasi pembelajaran yang unik dapat merepresentasikan pembelajaran yang kreatif dan dapat memberikan ketertarikan dalam meningkatkan semangat dalam belajar. Kita lihat bagaimana seseorang dapat berkembang dengan baik itu ketika pemikiran yang baik pula dalam belajar yang menunjukan kemampuan kita dalam berkarya dan menerima informasi dalam belajar demi menunjukan keberagaman dan kemampuan kita dalam mengikuti pembelajaran yang baik.
     

     Setelah mendapatkan suatu hal dalam pembelajaran maka kita berhasil memahami apa yang dimaksud dalam materi pembelajaran dengan tujuan sesuai kurikulum. Namun yang harus diperhatikan adalah sistem kurikulumm yang baik dalam pembelajaran itu sendiri. Di mana kita ketahui bahwa menjadikan kurikulum itu bukan sebagai parameter utama dalam pencapaian sekarang karena potensi setiap peserta didik itu berbeda-beda yang dimaksud adalah mengubah kurikulum itu bukan malah menyusahkan peserta didik namun perlu digaris bawahi bahwa kurikulum yang baik itu adalah apa dan menghasilkan hal yang bermanfaat untuk menunjang masa depan peserta didik sesuai dengan kemampuan dan bisa dijadikan keterampilan yang dimiliki peserta didik dalam mempertahankan hidup dan bertarung dalam kehidupan pada masa yang akan datang.

      Dengan digitalisasi saat ini menjadikan pembelajaran di dunia juga meningkat dan dapat memberikan kontribusi yang dipengaruhi juga dalam linngkungan sekitar. Di mana lingkungan sekitar sangat berpengaruh akan kepribadian seseorang yang menjadikan hal itu dapat berkembang baik dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan yang nyata. Tentunya  pada saat pembelajaran di sekolah itu sangat berbeda dengan kehidupan pada saat lulus sekolah yang kita ketahui bahwa hal inilah yang menjadi faktor utama sebagai landasan agar peserta didik dapat bertahan dalam berbagai kondisi setelah lulus sekolah. Bukan hanya materi pembelajaran yang dapat disampaikan oleh pengajar saja namun memberikan impect lain guna kebermanfaatan ilmu yang bisa merepresentasikan dirinya di kehidupan setelah sekolah. Kita tahu kehidupan setelah lulus sekolah atau lulus SMA sangat berat karena dapat diperhatikan bahwa kehidupan setelah lulus sangat diberikan banyak pilihan dan menjadikan pertiumbangan. Jika peserta didik diberikan landasan pemikiran yang baik menjadikan peserta didik dapat bertahan dalam semua kondisi dalam kehidupan nyata.
    

     Yang menjadi permasalahan saat ini itu adalah sistem pembelajaran yang kurang menanamkan pemikiran akan landasan kehidupan setelah lulus sekolah atau SMA yang menjadikan peserta didik dapat menjadikan kehidupan yang baik dan bertahan dalam kondisi apapun serta memberikan dampak kehidupan yang baik dalam menjalani kehidupannya. Bagaimana teman-teman apakah kalian melihat peristiwa itu? Tentunya merasakan dan pastinya ingin anak dan keturunan kita juga dibekali kemampuan berpikir yang baik dan memiliki landasan yang kuat akan keterampilan yang ia miliki demi memberikan hal terbaik dalam hidupnya serta memberikan manfaat bagi banyak orang.
     

     Konjungsi yang kuat memberikan obserfasi yang kuat agar memberikan dampak yang kuat demi keberlangsungan hidup yang baik alangkah baiknya obserfasi ini memiliki hasil yang kuat agar dapat memberikan wawasan kepada tenaga pendidik guna memajukan sistem pembelajaran di Indonesia yang saat ini masih menerapkan kurikulum yang pasif akan pengembangan pemikiran akan kepercayaan diri dalam membangun kehidupan setelah lulus sekolah yang diharapkan peserta didik dapat menerima ilmu baru dan pemikiran yang luas demi memberikan bekal masadepan yang cerah.
     

     Yang harus dipahami adalah belajar adalah cara kita menerima setiap proses yang dimana setelah proses yang kita jalani dapat kita berikan hasil yang maksimal guna menggunakan akal dan pikiran dalam belajar sehingga kita dapat memilah mana yang baik dan mana yang buruk dalam kehidupan ini. Tujuan belajar adalah yang tadinya tidak tahu dan tidak bisa maka menjadi tahu dan bisa setelah belajar yang menjadikan belajar sangat penting dalam kehidupan. Tentunya kalian tahu bahwa landasan belajar itu harus diperkuat dalam segi pemikiran guna tidak hanya menjadikan symbol saja namun dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
     

     Bagaimana kita bisa menanggapi dan menyikapi apa yang sudah ada dan yang terjadi dalam kehidupan seseorang yang memungkinkan menjadi peluang bagi seorang manusia itu sendiri untuk meraih apa yang diinginkan. Dengan hal itu menjadikan peluang sebagai landasan kita untuk menggunakan peluang yang diberikan dalam menjalani kehidupan kita. Belajar dengan giat dan rutin dapat meningkatkan produktivitas dalam menjalani kehidupan dikala kita dalam keadaan terpojok maka kita memiliki pandangan yang luas dalam menyikapi dalam setiap komponen kehidupan.

                       

                                                                                                                                        

BAB II
                                                                                                             

PEMBAHASAN

A.Konsep Belajar, Mengajar, dan Pembelajaran

Pengertian Belajar
     

     Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman  (learning is defined as the modification of strengthening of behavior through experiencing) (Oemar, 2013:27). Belajar adalah perubahan yang relative permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons. Belajar merupakan suatu aktivitas atau suatu proses untuk memperoleh pengetahuan, meningkatkan keterampilan, memperbaiki perilaku, sikap, dan mengokohkan kepribadian. (Edward, 2024:2).
    

      Belajar adalah suatu tahapan perubahan tingkah laku individu yang dinamis sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang mengakibatkan unsur kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan kata lain, belajar adalah suatu proses dimana kemampuan sikap, pengetahuan, dan konsep dapat dipahami, diterapkan, dan digunakan untuk dikembangkan dan diperluas (Farida, 2019:3)
     

     Pengertian ini sangat berbeda dengan pengertian lama tentang belajar, yang menyatakan bahwa belajar adalah memperoleh pengetahuan, bahwa belajar adalah latihan-latihan pembentukan kebiasaan secara otomatis dan seterusnya. Belajar pada hakikatnya adalah suatu "perubahan" yang terjadi dalam diri seseorang setelah melakukan aktivitas belajar. (Nurnila, DKK, 2022:1).
     

     Secara etimologis dalam kamus besar bahasa Indonesia, belajar memiliki arti "berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu" (Tim penyusun kamus, 1996). Belajar memiliki pengertian yang kompleks, sehingga banyak ahli yang mengemukakan pengertian belajar dengan ungkapan yang berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan mereka mempunyai sudut pandang tertentu mengenai batasan-batasan pengertian belajar.
     

     Pidarta mendefinisikan belajar adalah perubahan tingkah laku yang relative sebagai hasil pengalaman (bukan hasil perkembangan, pengaruh obat, atau kecelakaan) dan bisa melaksanakannya pada pengetahuan lain serta mampu mengkomunikasikannya kepada orang lain (Komsiyah, 2012). Mahmud juga mendefinisikan belajar adalah perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan, dan kecakapan (Mahmud, 2010). Menurut Kokom belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku dalam pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperoleh dalam jangka waktu yang lama dan dengan syarat bahwa perubahan yang terjadi tidak disebabkan oleh adanya kematangan atau perubahan sementara karena suatu hal (Komalasari, 2010).
     

     Harold Spears meemberikan Batasan: "learning is to observe, to read, to imitate, to try something themselves, to listen, to follow direction" (Sadirman, 1994). Belajar adalah untuk mengamati, membaca, meniru, mencoba sesuatu sendiri, mendengarkan, mengikuti arah. Sedangkan menurut Nana Sudjana, belajar adalah proses perubahan tingkah laku seseorang berkat pengalaman dan Latihan. (Sudjana 1989).

     Dari berbagai perspektif pengertian belajar sebagaimana dijelaskan di atas maka, dapat disimpulkan bahwa , belajar adalah salah satu aktivitas sadar yang dilakukan oleh individu melalui latihan maupun pengalaman yang menghasilkan perubahan tingkah laku yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
    

      Belajar merupakan aktivitas sangat terkait dengan proses pencarian ilmu. Islam sangat menekan terhadap pentingnya ilmu. Al-Qur'an dan Hadis mengajak umat Islam untuk mencari dan mendapatkan ilmu dan kearifan, serta menempatkan orang-orang yang berpengetahuan pada derajat yang tinggi (Wahyuni, 2010).
    

      Menurut Hilgard (1962), belajar adalah suatu proses dimana suatu perilaku muncul atau berubah karena adanya respon terhadap suatu situasi. Selanjutnya bersama-sama dengan Marquis, Hilgard memperbarui definisinya dengan menyatakan bahwa belajar merupakan proses mencari ilmu yang terjadi dalam diri seseorang melalui latihan, pembelajaran, dan lain-lain sehingga terjadi perubahan dalam diri. Witherington, Crow and Crow serta Hilgard tergolong ahli pendidikan yang terpengaruh oleh behaviorisme. Kata kunci dari penganut aliran imi adalah kata Latihan, pengalam, stimulus, rangsangan, respon, tanggapan atau reaksi yang berperan dalam belajar. Intinya yaitu adanya perubahan perilaku (behavior) karena pengalaman atau latihan.
    

      Jika kita simpulkan dari sejumlah pandangan dan definisi tentang belajar (Wragg, 1994), kita menemukan beberapa ciri umum kegiatan belajar sebagai berikut:
     

     Pertama, belajar menunjukkansuatu aktivitas pada diri seseorang yang disadari atau disengaja. Oleh sebab itu, pemahaman kita pertama yang sangat penting adalah bahwa kegiatan belajar merupakan kegiatan yang disengaja atau direncanakan oleh pembelajar sendiri dalam bentuk suatu aktivitas tertentu. Aktivitas ini menunjuk pada keaktifan seseorang dalam melakukan sesuatu kegiatan tertentu, baik pada aspek-aspek jasmania maupun aspek mental yang memungkinkan terjadinya perubahan pada dirinya. Dengan demikian dapat dipahami bahwa suatu kegiatan belajar dikatakan semakin baik, bila mana intensitas keaktifan jasmania maupun mental seseorang semakin tinggi. Sebaliknya meskipun seseorang dikatakan belajar, namun bila mana keaktifan jasmani dan mental rendah berarti kegiatan belajar tersebut tidak dilakukan secara intensif.
     

     Kedua, hasil belajar merupakan interaksi individu dengan lingkungannya. Lingkungan dalam hal ini dapat berupa manusia atau objek-objek lain yang memungkinkan individu memperoleh pengalaman-pengalaman atau pengetahuan, baik pengalaman atau pengetahuan baru maupun sesuatau yang pernah diperoleh atau ditemukan sebelumnya akan tetapi menimbulkan perhatian Kembali bagi individu tersebut sehingga memungkinkan terjadinya interaksi. Adanya interaksi individu dengan lingkungan ini mendorong seseorang untuk lebih intensif meningkatkan keaktifan jasmani maupun mentalnya guna lebih mendalami sesuatu yang menjadi perhatian.

     Ketiga, hasil belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku. Walaupun tidak semua perubahan tingkah laku merupakan hasil belajar, akan tetapi aktivitas belajar umumnya disertai perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku kebanyakan hal merupakan sesuatu perubahan yang dapat diamati (Observable). Akan tetapi juga tidak selalu perubahan tingkah laku yang dimaksudkan sebagai hasil belajar tersebut dapat diamati. Perubahan-perubahan yang dapat diamati kebanykan berkenaan dengan perubahan aspek-aspek motoric. Perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar juga dapat menyentuh perubahan pada aspek afektif, termasuk perubahan aspek emosional. Perubahan-perubahan pada aspek ini umumnya tidak mudah dilihat dalam waktu yang singkat, akan tetapi seringkali dalam rentang waktu yang relative lama.
     

     Tokoh psikologi belajar memiliki persepsi dan penekanan tersendiri tentang hakikat belajar dan proses kea rah perubahan sebagai hasil belajar. Berikut ini adalah beberapa kelompok teori yang memberikan pandangan khusus tentang belajar:

a.Behaviorisme, teori ini menyakini bahwa manusia sangat dipengaruhi oleh kejadian-kejadian di dalam lingkungannya yang memberiksn pengalaman tertentu kepadanya. Behaviorisme menekankan pada apa yang dilihat, yaitu tingkah laku dan kurang memperhatikan apa yang terjadi di dalam pikiran karena tidak dapat dilihat.

b.Kognitivisme, merupakan salah satu teori belajar yang ddalam berbagai pembahasan juga sering disebut model kognitif. Menurut teori belajar ini tingkah laku seseorang ditentukan oleh persepsi atau pemahamannya tentang situasi yang berhubungan dengan tujuan. Oleh karena itu, teori ini memandang bahwa belajar itu sebagai perubahan persepsi dan pemahaman.

c.Teori belajar psikologi sosial, menurut teori ini proses belajar bukanlah proses yang terjadi dalam keadaan menyendiri, akan tetapi harus melalui interaksi.

d.Teori belajar gagne, yaitu teori belajar yang merupakan perpaduan antara behaviorisme dan kognitivisme. Belajar merupakan sesuatu yang terjadi secara alamiah, akan tetapi hanya terjadi dengan kondisi tertentu. Yaitu kondisi internal yang merupakan kesiapan peserta didik dan sesuatu yang telah dipelajari, kemudian kondisi eksternal yang merupakan situasi belajar yang secara sengaja diatur oleh pendidik dengan tujuan memperlancar proses belajar.

Pengertian Pembelajaran

     Pembelajaran adalah sebagai suatu aktivitas yang terdiri antara tutor dan peserta didik yang didalamnya mengkaji banyak hal yang memungkinkan terlaksanakannya proser belajar mengajar dengan landasan yang kua guna memahami dan mengimplementasikan hasil apa yang telah kita pelajari. Dalam konteks belajar itu ada pula istilah mengajar. Mengajar diartikan sebagai aktivitas mengarahkan, memberikan kemudahan bagaimana cara menemukan sesuatu. Mengajar pada hakikatnya merupakan proses transfer yang dimiliki pengajar. Mengajar pada hakikatnya merupakan proses transfer atau pengalihan pengetahuan, informasi, norma, nilai, dan sebagainya dari seorang pengajar kepada peserta didik. Kunci keberhasilan Pendidikan adalah keterlibatan penuh peserta didik sebagai warga belajar dalam proses pembelajaran. Keterlibatan seluruh potensi dari peserta didik mulai dari telinga, mata, hingga aktivitas dan mengalami langsung.

     Menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, bahwa pembelajaran adalah proses interaksi pendidik dengan peserta didik dan sumber belajar yang berlangsung dalam suatu lingkungan belajar, maka yang dikatakan dengan proses pembelajaran adalah suatu system yang melibatkan satu kesatuan komponen yang saling berkaitan dan saling berinteraksi untuk mencapai suatu hasil yang diharapkan secara optimal sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
     

     Konsep-konsep yang harus diterapkan di dalam proses mengajar adalah prinsip beajar itu sendiri. Seorang guru akan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik apabila ia dapat menerapkan cara mengajar yang sesuai dengan prinsip-prinsip orang belajar. Dengan kata lain, supaya dapat mengontrol sendiri apakah tugas-tugas mengajar yang dilakukannya telah sesuai dengan prinsip-prinsip belajar, maka guru perlu memahami prinsip-prinsip belajar itu. Mengajar dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip belajar itu telah melahirkan istilah pembelajaran (learning).
     

     Menurut Darsono (2000:24), secara umum istilah belajar dimaknai sebagai suatu kegiatan yang mengakibatkan terjadinya perubahan tingkah laku. Dengan pengertian demikian, maka pembelajaran dapat dimaknai sebagai sesuatu kegiatan yang mengakibatkan terjadinya perubahan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sedemikian rupa, sehingga tingkah laku peserta didik berubah kearah yang lebih baik.
    

    Pembelajaran pada hakikatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungan, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Dan tugas guru adalah mengkoordinasikan lingkungan agar menunjang terjadinya perubahan perilaku bagi peserta didik. Pembelajaran juga dapat diartikan sebagai usaha sadar pendidik untuk membantu peserta didik agar mereka dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan minatnya. Di sini pendidik berperan sebagai fassilitator yang menyebabkan fasilitas dan menciptakan situasi yang mendukung peningkatan kemampuan belajar peserta didik. Fungsi-fungsi pembelajaran yaitu:

a.Pembelajaran sebagai sitem pembelajaran sebagai sestem terdiri dari sejumlah komponen yang terorganisir antara lain tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, strategi, dan metode pembelajaran, media pembelajaran/alat peraga, pengorganisasian kelas, evaluasi pembelajaran dan tindak lanjut pembelajaran (remidial dan pengayaan).

b.Pembelajaran sebagai proses pembelajaran sebagai proses merupakan rangkaian upaya atau kegiatan guru dalam rangka membuat siswa belajar, meliputi persiapan, melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan mengacu pada persiapan pembelajaran yang telah dibuatnya, menindaklanjuti pembelajaran yang talah dikelolanya. Kegiatan pasca pembelajaran ini dapat berbentuk enrichment (pengayaan), dapat pula berupa peemberian layanan remidial teaching bagi siswa yang berkesulitan belajar.

     Pembelajaran dapat didefinisikan sebagai suatu sistem atau proses membelajarkan subjek didik/pembelajar yang direncanakan atau didesain, dilaksanakan, dievaluasi secara sistematis agar subjek didik/pembelajar dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien (komalasari, 2010). Terdapat dua konsep yang tidak bisa dipisahkan dalam kegiatan pembelajaran yaitu belajar dan mengajar. Belajar mengacu kepada apa yang dilakukan siswa, sedang mengajar mengacu kepada apa yang dilakukan oleh guru (Mufarrokah, 2009).
     

     Pembelajaran dapat dipandang dari dua sudut, pertama pembelajaran dipandang sebagai suatu sistem, pembelajaran terdiri dari sejumlah komponen yang terorganisasi antara lain tujuan pembelajaran, media pembelajaran, pengorganisasian kelas, evaluasi dan program tindak lanjut pembelajaran (remidial dan pengayaan).
    

       Kedua, pembelajaran dipandang sebagai suatu proses yang meliputi kegiatan yang dilakukan oleh guru mulai dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan sampai evaluasi dan program tindak lanjut yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan (Subroto, 1997).

Ciri-ciri Belajar
    

      Ciri-ciri belajar menurut Eveline Siregar dan Hartini Nara diantaranya adalah:

1.Belajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku (Change behavior).
2.Perubahan perilaku relative permanent.
3.Perubahan tingkah laku tidak harus segera dapat diamati pada saat proses belajar sedang berlangsung, perubahan perilaku tersebut bersifat potensial.
4.Perubahan tingkah laku merupakan hasil Latihan atau pengalaman.
5.Pengalaman atau latihan itu dapat memberi penguatan (Wahyuni, 2010).
     

     Dari berbagai prinsip belajar tersebut terdapat beberapa prinsip yang relative berlaku umum. Prinsip-prinsip itu berkaitan dengan perhatian dan motivasi, keaktifan, keterlibatan langsung/pengalaman, pengulangan tantangan, penguatan, sserta perbedaan individu (Akhiruddin, dkk, 2019:21).

a.Perhatian dan motivasi
     Pehatian mempunyai peranan penting dalam kegiatan pembelajaran, tanpa adanya perhatian maka pembelajaran yang diterima dari pendidik adalah sia-sia. Bahkan dalam kajian teori belajar terungkap bahwa tanpa adanya perhatian tak mungkin terjadi belajar. "Perhatian terhadap Pelajaran akan timbul pada peserta didik apabila bahan pelajaran itu sesuai kebutuhannya, sehingga termotivasi untuk mempelajari secara serius (Hasniyati,2013:34).

b.Keaktifan
     Menurut teori belajar kognitif, anak mempunyai dorongan untuk berbuat sesuatu, mempunyai kemauan dan aspirasi sendiri. Belajar tidak bisa dipaksakan oleh orang lain dan juga tidak bisa dipaksakan oleh orang lain dan juga tidak bisa dilimpahkan pada orang lain. Belajar hanya mungkin terjadi apabila anak aktif mengalaminya sendiri. Belajar menunjukkan aktivitas kejiwaan yang tinggi, yaitu dengan mengolah informasi yang kita terima, bukan hanya menyimpannya saja tanpa adanya transformasi. Dengan demikian, seorang bersifat aktif, konstruktif dan mampu merencanakan sesuatu (Abd, 2017:151). 

c.Keterlibatan langsung dan pengalaman
     Belajar yang paling baik adalah belajar dengan mengalami langsung tanpa diwakilkan kepada orang lain. Dalam belajar dengan mengalami langsung, siswa dapat menghayati, melibatkan langsung dalam perbuatan, dan memiliki tanggung jawab atas keberhasilan belajar itu. Keterlibatan siswa dalam belajar bukan hanya diartikan sebagai keterlibatan fisik semata, tapi juga yang diperlukan keterlibatan emosional, kegiatan berpikir, penghayatan, dan internalisasi.

d.Pengulangan
     Pengulangan sangat diperlukan dalam belajar. Ini berkaitan dengan teori psikologi daya, yang menyatakan bahwa belajar adalah memilih daya-daya yang ada pada diri manusia, yaitu daya meninggal, mengamati, menanggapi, mengkhayal, merasakan, berpikir, dan sebagainya. Dengan cara pengulangan-pengulangan, maka daya-daya tersebut akan berkembang dengan baik.

e.Tantangan
     Tantangan yang dihadapi oleh peserta didik dalam belajar membuat mereka bergairah untuk mengatasinya. Bahan belajar baru, banyak mengandung masalah yang perlu dipecahkan membuat peserta didik tertantang untuk mempelajarinya. Pelajaran memberi kesempatan kepada peserta didik turut menemukan konsep-konsep, prinsip, dan generalisasi akan menyebabkan peserta didik berusaha mencari dan menemukan suatu konsep-konsep dari prinsip dan generalisasi tersebut (Munirah, 2018:124)

f.Penguatan
     Siswa belajar sungguh-sungguh dan mendapatkan nilai yang baik dalam ulangan. Nilai yang baik itu mendorong anak untuk belajar lebih giat lagi. Nilai yang baik dapat merupapkan operant conditioning atau penguatan pasif. Sebaliknya anak yang mendapatkan nilai yang jelek pada waktu ulangan akan merasa takut tidak naik kelas, karena takut tidak naik kelas ia terdorong untuk belajar lebih giat. Di sini nilai buruk dan rasa tidak naik kelas juga bisa mendorong anak untuk belajar lebih giat. Inilah yang disebut penguatan negative. (Gusnarib dan Rosnawati, 2020:61).

g.Perbedaan Individual
     Proses belajar bercorak ragam bagi setiap orang. Proses pengajaran sehingga memperlihatkan perbedaan individual dalam kelas sehingga dapat memberi kemudahan pencapaian tujuan belajar yang setinggi-tingginya. Pengajaran yang hanya memperhatikan satu tingkatan sasaran akan gagal memenuhi kebutuhan seluruh peserta didik karena itu seorang guru perlu memperhatikan latar belakang, emosi, dorongan, dan kemampuan individu dan menyesuaikan materi pembelajaran dan tugas-tugas belajar kepada aspek-aspek tersebut. (Andi, 2013:32). Prosedur Umum Pembelajaran.
     

     Pada dassarnya terdapat tiga komponen prosedur yang lazim dilaksanakan dalam proses pembelajaran, yaitu komponen pendahuluan, penyajian, dan penutup. Pada masing-masing kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidikakan aktualisasi kegiatan pembelajaran menunjukkan prosedur yang berbeda. (Wahyudin, 2017:17).

                                                                                                                                   

 BAB III
                                                                                                                                 

 PENUTUP
     

     Kesimpulan
     

     Belajar adalah suatu tahapan perubahan tingkah laku individu yang dinamis sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan unsur kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan kata lain, belajar adalah suatu proses dimana kemampuan sikap, pengetahuan, dan konsep dapat dipahami, diterapkan, dan digunakan untuk dikembangkan dan diperluas. Sedangkan mengajar diartikan sebagai proses penyampaian informasi atau pengetahuan dari guru kepada siswa, sebagai guru atau pendidik, penguasaan keterampilan dasar mengajar seperti: Keterampilan bertanya, keterampilan menggunakan variasi, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil. Adapun pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku dalam kondisi khusus atau menghasilkan respon terhadap situasi tertentu.
     

     Prinsip belajar adalah suatu komunikasi terbuka antara pendidik dengan peserta didik sehingga siswa termotivasi belajar yang bermanfaat bagi dirinya melalui contoh-contoh dan kegiatan praktek yang diberikan pendidik lewat metode yang menyenangkan siswa. Adapun prinsip-prinsip mengajar yaitu, perhatian, aktivitas, apresiasi, peragaan, repetisi, korelasi, konsentrasi, sosialisasi, individualisasi, evaluasi. Dan prinsip-prinsip pembelajaran yaitu perhatian dan motivasi, keaktifan, keterlibatan langsung dan berpengalaman, pengulangan, tantangan, penguatan, perbedaan individual.
 

                                                                                                                 

 DAFTAR PUSTAKA

     Astri Azani, Sarmila, Gusmaneli, 3 Juni 2024, Hakikat belajar dan pembelajaran UIN Padang: CV: Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah.
      Riko Agus Setiawan, Muchamad Syafri Hidayat, Fitri Fatimah, Juni 2023, Pengertian dan Pembelajaran bahasa Arab. IAI An-Nawawi: CV: Alfiyah : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.
     Silviana Nur Faizah, 2017, Hakikat belajar dan pembelajaran Universitas Islam Lamongan: CV: At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
     Nurnila Ariani Hrp, Zulaini Masruro, Siti Zahara Saragih, Rosmidah Hasibun, Siti Suharni Simamora, Toni Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran: CV: Widina
                                                      

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun