LEMBAR PENGESAHAN
                              Â
Â
Laporan Aktualisasi ini diajukan oleh :
Nama                  : Maria Orlandia Luruk Seran
Nip                    : 19921022 201903 2 014
Profesi                 : Guru Bahasa Inggris Ahli Pertama
Unit kerja               : SMP Negeri Makenbala
Telah berhasil diseminarkan dan diterima sebagai bagian persyaratan menyelesaikan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III.
Â
Kupang, ... Maret 2020
- Penguji
CHRISTINA GOLLU, SE
NIP. 19620131 198603 2 007 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â ..............................
- Mentor
YOHANES BERE KLAU, S.Ag
NIP. 19601231 199303 1 094 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â ..............................
- Coach
MARIANCE PELLOKILA, S.Pt, M.Si
NIP. 19650317 199903 2 001 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â ..............................
Mengetahiu
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Nusa Tenggar Timur
Dr. Keron A. Petrus, SE, MA
NIP. 19620716 198601 1 002
LEMBAR PENGESAHAN
                              Â
Â
Laporan Aktualisasi ini diajukan oleh :
Nama                  : Maria Orlandia Luruk Seran
Nip                    : 19921022 201903 2 014
Profesi                 : Guru Bahasa Inggris Ahli Pertama
Unit kerja               : SMP Negeri Makenbala
Telah berhasil diseminarkan dan diterima sebagai bagian persyaratan menyelesaikan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III.
Â
Kupang, ... Maret 2020
- Penguji
CHRISTINA GOLLU, SE
NIP. 19620131 198603 2 007 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â ..............................
- Mentor
BENEDIKTUS NAHAK, S.Pd. M.Fis                   ..............................
NIP. 19650619 200012 1 002
- Coach
MARIANCE PELLOKILA, S.Pt, M.Si
NIP. 19650317 199903 2 001 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â ..............................
Mengetahui
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Nusa Tenggar Timur
Dr. Keron A. Petrus, SE, MA
NIP. 19620716 198601 1 002
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas lindungan dan pertolongan-Nya, sehingga Aktualisasi ini dapat diselesaikan dengan baik. Banyak pihak yang telah membantu kesuksesan pelaksanaan aktualisasi ini, atas dukungan moral dan materi yang diberikan dalam menyusun makalah ini maka penulis mengucapkan terima kasih kepada.
- Ayah (almh), Ibu, Suami dan Keluarga Yang selalu Mendoakan Dan Memberikan dukungan kepada Penulis Dalam Menyelesaikan Laporan.
- Bapak Yohanes Bere Klau, selaku Mentor yang memberikan bimbingan, masukan, dan saran kepada penulis.
- Ibu Mariance Pellokila, selaku Pembimbing yang memberikan dorongan masukan dan saran kepada penulis.
- Bapak/Ibu Staf Pegawai SMPN Makenbala yang juga turut membantu dalam proses Habituasi dan dalam pembuatan laporan aktualisasi ini.
- Teman -- teman yang memberikan banyak motivasi, dorongan, dukungan kepada penulis dalam menyelasaikan laporan ini.
Penulis menyadari bahwa makalah ini belum sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari teman -- teman sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.......................................................................... Â Â Â Â Â i
LEMBAR PENGESAHAN.................................................................. Â Â Â Â Â ii
LEMBAR PERSETUJUAN................................................................ Â Â Â Â Â iii
KATA PENGANTAR....................................................................... Â Â Â Â Â Â iv
DAFTAR ISI.................................................................................. Â Â Â Â Â Â v
DAFTAR TABEL............................................................................ Â Â Â Â Â vi
DAFTAR GAMBAR........................................................................ Â Â Â Â Â Â vii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................... Â Â Â Â Â Â viii
PENDAHULUAN
Latar Belakang................................................................... Â Â Â Â Â Â 1
Rumusan Masalah............................................................... Â Â Â Â Â Â 2
Tujuan dan Manfaat aktualisasi................................................ Â Â Â Â Â Â 2
Ruang Lingkup Aktualisasi.................................................... Â Â Â Â Â Â 3
Nilai-Nilai Dasar Profesi PNS................................................. Â Â Â Â Â Â 3
Akuntabilias......................................................... Â Â Â Â Â Â 3
Nasionalisme........................................................ Â Â Â Â Â Â 4
Etika Publik......................................................... Â Â Â Â Â Â 4
Komitmen Mutu.................................................... Â Â Â Â Â Â 4
Anti Korupsi........................................................ Â Â Â Â Â Â 4
Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI.................................... Â Â Â Â Â Â 5
DESKRIPSI ORGANISASI
Visi, Misi dan Nilai Organisasi............................................... Â Â Â Â Â Â Â 7
Struktur Organisasi............................................................. Â Â Â Â Â Â Â 8
Gambaran Unit Kerja........................................................... Â Â Â Â Â Â Â 9
RANCANGAN AKTUALISASI
Deskripsi Uraian Kegiatan Rancangan Aktualisasi (form 1)......... Â Â Â 10
HASIL AKTUALISASI
Pelaksanaan Kegiatan Aktualisasi (form 2)............................ Â Â Â Â 18
Deskripsi Kegiatan AKtualisasi.......................................... Â Â Â Â 24
Jadwal Pelaksanaan Aktualisasi (form 3)............................... Â Â Â Â 37
Pengendalian Mentor dan Coach di Tempat Aktualisasi (form 4)... Â Â Â 38
Hambatan dan Solusi Pelaksanaan Aktualisasi........................ Â Â Â Â 40
Analisis  Dampak Implementasi Sikap Perilaku Bela Negara,
Nilai-Nilai Dasar PNS (ANEKA), dan Kedudukan dan Peran PNS
dalam NKRI............................................................... Â Â Â Â 41
PENUTUP
Kesimpulan.................................................................. Â Â Â 45
Saran.......................................................................... Â Â Â 46
DAFTAR PUSTAKA.................................................................. Â Â Â 47
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel 1. Analisis APKL.............................................................. Â Â Â Â Â 3
Tabel 2. Rancangan Kegiatan (Form 1)............................................ Â Â Â Â Â 9
Tabel 3. Pelaksanaan Kegiatan Aktualisasi (Form 2)........................... Â Â Â Â Â Â 17
Tabel 4. Jadwal Pelaksanaan Aktualisasi......................................... Â Â Â Â Â Â 37
Tabel 5. Pengendalian Aktualisasi oleh Mentor dan Coach................... Â Â Â Â Â Â Â 38
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1. Melaporkan rancangan aktualisasi kepada pimpinan................ Â Â Â Â Â 24
Gambar  2.  Meminta persetujuan pimpinan........................................      25
Gambar 3. Membahas dan menetapkan jadwal pelaksanaan habituasi......... Â Â Â Â Â 25
Gambar 4. Penyusunan RPP......................................................... Â Â Â Â Â Â 26
Gambar 5. Print Out/ Mencetak RPP.............................................. Â Â Â Â Â Â 27
Gambar 6. Melaporkan dan Memperlihatkan RPP kepada Pimpinan......... Â Â Â Â Â Â 27
Gambar 7. Mengumpulkan/mencari gambar-gambar flora dan fauna........ Â Â Â Â Â Â 28
Gambar 8. Menulis nomor pada setiap gambar................................. Â Â Â Â Â Â Â 29
Gambar 9. Menyusun gambar sesuai urutan nomor............................ Â Â Â Â Â Â Â 29
Gambar 10. Melakukan menit literasi............................................ Â Â Â Â Â Â Â 30
Gambar 11. Menyampaikan materi pelajaran.................................. Â Â Â Â Â Â Â Â 31
Gambar 12. Mengelompokkan siswa............................................ Â Â Â Â Â Â Â 31
Gambar 13. Membagikan gambar di setiap kelompok........................ Â Â Â Â Â Â Â 32
Gambar 14. Membantu siswa menulis atau memberi nama pada setiap gambar.. Â Â 33
Gambar 15. Siswa Menulis kosakata di papan tulis.................................. Â Â Â 34
Gambar 16. Membantu siswa membaca kata-kata.................................... Â Â Â 35
Gambar 17. Menyuruh siswa membuat daftar kosakat.............................. Â Â Â 36
Gambar 18. Mengadakan evaluasi...................................................... Â Â Â 37
Gambar 19. Memeriksa hasil evaluasi.................................................. Â Â Â 38
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1. Gambar kegiatan................................................... Â Â Â Â Â Â Â Â 49
Lampiran 2. Surat keterangan persetujuan atasan............................ Â Â Â Â Â Â Â Â 53
Lampiran 3. Bahan Ajar......................................................... Â Â Â Â Â Â Â Â 54
Lampiran 4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).................... Â Â Â Â Â Â Â Â 55
Lampiran 5. Gambar Flora dan Fauna......................................... Â Â Â Â Â Â Â Â Â 56
Lampiran 6. Absen / daftar hadir............................................... Â Â Â Â Â Â Â Â 57
Lampiran 7. Daftar Nilai........................................................ Â Â Â Â Â Â Â Â Â 58
Lampiran 8. Lembar Hasil Evaluasi Siswa................................... Â Â Â Â Â Â Â Â Â 59
BAB I
PENDAHULUAN
Â
Latar Belakang
Pelajaran Bahasa Inggris sangat penting untuk diterapkan dalam suatu sekolah. Siswa diharapkan dapat menguasai nahasa Inggris dengan baik. Proses pembelajaran dari pengenalan, pemahaman, penerapan dalam kehidupan sehari-hari sangat dibutuhkan guna mencapai pembelajaran Bahasa inggris yang ideal. Pembelajaran Bahasa inggris sebaiknya mulai diterapkan pada usia dini agar mendukung penguasaan siswa mengenai kosakata dalam suatu Bahasa khususnya Bahasa inggris.
Penguasaan kosakata Bahasa inggris penting diajarkan pada siswa SMP karena siswa dapat mengingat dan memahami lebih banyak kosakata. Pembelajaran penguasaan kosakata termasuk dalam penguasaan Bahasa. Penguasaan kosakata juga akan berpengaruh pada pembuatan kalimat, kesesuaian isi dan penjelasan yang diharapkan dalam Bahasa inggris, percakapan, dan tenses sehingga penguasaan kosakata menjadi dasar dari konsep pemahaman dalam berbahasa inggris. Penguasaan Bahasa mencakup berbagai keterampilan (skill) yaitu keterampilan mendengar (listening skill), keterampilan berbicara (speaking skill), keterampilan membaca (reading skill), dan keterampilan menulis (writing skill) (Andika, 2011:1). Pada pemula atau siswa yang baru mengenal atau belajar Bahasa inggris , pembelajaran penguasaan kosakata Bahasa inggris lebih ditekankan pada keterampilan membaca (reading skill).
Berdasarkan pengamatan penulis bahwa terdapat beberapa kendala, salah satunya siswa masih kesulitan dalam menguasai kosakata sehingga pembelajaran Bahasa inggris tidak berjalan dengan baik dalam hal ini kurangnya minat beljara siswa pada Bahasa inggris, siswa tidak aktif dalam pembuatan kalimat dan sebagainya. Kemampuan siswa  untuk membaca kosakata Bahasa inggris sanggatlah minim. Hal ini dikarenakan Bahasa inggris merupakan Bahasa asing yang dipelajari siswa yang mana struktur dan formatnya berbeda dengan Bahasa ibu dan Bahasa sehari-hari yang digunakan. Oleh karena itu, siswa diharapkan untuk lebih giat belajar agar  dapat menguasai Bahasa inggris.
Berdasarkan pengamatan penulis bahwa siswa kurang memahami atau kurang tertarik pada pelajaran Bahasa inggris dikarenakan guru belum menggunakan media dalam menyampaikan materi. Guru memberikan arti kata menegnai kosakata yang diajarkan secara lisan dan siswa secara acak diminta untuk menulis dan mengartikan suatu kata secara lisan. Guru meminta siswa untuk membacakan kosakata yang terdapat pada buku catatan secara sekilas dan belum ada pemahaman bagi siswa. Siswa melafalkan kosakata sesuai yang dicontohkan guru namun guru belum melakukan pengecekan cara membaca satu persatu. Siswa belum diberi kesempaten untuk menulis daftar kosakata yang baru saja dipelajari dalam buku masing-masing untuk dihafalkan.
Pembelajaran demikian akan berdampak pada penguasaan kosakata yang dimiliki siswa. Oleh karena itu, penguasaan kosakata Bahasa inggris perlu ditingkatkan dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik minat siswa untuk mempelajari Bahasa inggris. Media yag tepat yaitu media yang sesuai dengan karakteristik siswa yang pemula dalam mempelajari Bahasa inggris salah satunya adalah media gambar flora dan fauna. Media tersebut diharapkan dapat membantu siwa dalam menguasai kosakata dan membantu guru untuk menyampaikan materi dengan baik.
- Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan di atas, sesuai dengan hasil analisis menggunakan APKL, maka ditemukan core isue adalah Lemahnya Penguasaan Kosakata Siswa dalam Bahasa Inggris pada Siwa Kelas VII SMPN Makenbala untuk menyelesaikan core isue maka digagas penyelesaian isu melalui aktualisasi Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa dalam Bahasa Inggris Melalui Metode Media Gambar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Makenbala Kabupaten Malaka.
- Diharapkan guru sebagai aparatur sipil negara melalui proses aktualisasi dan habituasi selama 30 hari mampu menanamkan nilai-nilai dasar profesi sehingga terbentuk seorang guru yang profesional, nilai-nilai dasar tersebut dikenal dengan akronim "ANEKA", Â yaitu:
- Akuntabilitas
- Nasionalisme
- Etika Publik
- Komitmen Mutu
- Anti Korupsi.
Rumusan Masalah
Berdasarkan analisis penentuan isu menggunakan analisis APKL, maka rumusan masalah dalam aktualisasi adalah:
"Lemahnya penguasaan kosakata siswa dalam Bahasa inggris pada siswa kelas VII SMP Negeri Makenbala"
Tujuan dan Manfaat Aktualisasi
- Tujuan dari aktualisasi nilai-nilai dasar PNS adalah :
- Meningkatkan profesionalitas guru dalam kegiatan belajar mengajar melalui metode pembelajaran yang menyenangkan melalui metode media gambar.
Â
- Mengaplikasikan Nilai-nilai ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi) dan Kedudukan Serta Peran (Dukran) Langsung Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Menjalankan Tugas dan Kewajiban sebagai Seorang Calon ASN.
      Manfaat Aktualisasi:
- Minat peserta dalam mengikuti kegiatan belajar mata pelajaran menjadi meningkat
- Peserta didik lebih cepat memahami materi belajar
- Calon ASN dapat mengaktualisasikan atau Mengaplikasikan Nilai-nilai ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi) dan Kedudukan Serta Peran Langsung Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Menjalankan Tugas dan Kewajiban sebagai Seorang Calon ASN.
Ruang Lingkup Aktualisasi
       Untuk menentukan isu utama, maka dilakukan analisis dengan menggunakan kriteria APKL yang disajikan melalui tabel penentuan isu sebagai berikut:
No.
ISU MASALAH
A
P
K
L
TOTAL
RANKING
1.
Lemahnya penguasaan kosa kata Bahasa Inggris siswa
5
5
4
5
19
I
2.
Kurangnya minat baca Bahasa Inggris siswa
5
5
2
5
17
II
3.
Kurangnya motivasi belajar siswa
5
5
2
4
16
III
ANALISIS APKL
Metode analisis APKL
Keterangan
5= Sangat APKL Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â A: aktual
4= APKL Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â P: problematik
3= Cukup APKL Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â K: kekhalayakan
2= Kurangnya APKL Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â L: layak
1= Tidak APKL
       Aktualisasi yang dilaksakan adalah peningkatan penguasaan kosakata siswa dalam bahasa Inggris melalui metode media gambar pada siswa kelas VII SMP Negeri Makenbala Kabupaten Malaka dengan ruang lingkup kegiatan aktualisasi sebagai berikut:
Melaporkan rancangan aktualisasi kepada pimpinan.
Menyusun rancangan perangkat pembelajaran.
Menyiapkan media gambar.
Pelaksanaan proses pembelajaran.
Membaca kosakata.
Melakukan evaluasi.
Nilai-Nilai Dasar Profesi PNS
      1.5.1 Akuntabilitas
    Akuntabilitas adalah kata yang seringkali kita dengar dan terlintas adalah sesuatu yang sangat penting, tetapi tidak mengetahui bagaimana cara mencapainya. Kata akuntabilitas sering disamakan dengan responsibilitas atau tanggungjawab namun dalam kedua konsep tersebut memiliki arti yang berbeda. Responsibillitas adalah kewajiban untuk bertanggungjawab, sedangkan akuntabilitas adalah kewajiban pertanggungjawaban yang harus dicapai. Akuntabilitas merujuk pada kewajiban setiap individu, kelompok atau institusi untk memenuhi tanggungjawab yang menjadi amanahnya. Amanah seorang PNS adalah menjamin terwujudnya nilai-nilai public.
1.5.2 Nasionalisme
    Nasionalisme dalam arti sempit adalah suatu sikap yang  meninggikan bangsanya seendiri, sekaligus menghargai bangsa lain sebagaimana mestinya. Sedangkan dalam arti luas, nasionalisme merupakan pandangan tentang cinta yang wajar terhadap bangsa dan _egara, dan sekaligus menghormati bangsa lain. Prinsip nasionalisme bangsa Indonesia dilandasi nilai-nilai Pancasila yang diarahkan agar bangsa ndonesia senantiasa menempatkan persatuan dan kesatuan di atas kepentinga pribadi dan kepentingan golongan terutama bagi seorang ASN. Nilai nasionalisme sesuai dengan butir-butir dalam Pancasila ASN sebagai pelaksana kebijakan public, pelyan public, serta sebagai perekat dan pemersatu bangsa.
1.5.3 Etika Publik
    Etika merupakan refleksi atas standar norma yang menentukan baik/buruk, benr/salah tindakan keputusan, perilaku yang menjalankan tanggung jawab pelayanan _egara. Etika sebagai tujuan hidup yang baik Bersama dan untuk orang lain di dalam institusi yang adil. Etika juga dipandang sebagai karakteratau eto individu/ kelompok berdasarkan nilai-nilai dan norma- norma luhur.
1.5.4 Komitmen Mutu
    Komitmen mutu merupakan pelaksanaan pelayanan negara yang berorientasi pada kualitas hasil. Adapun nilai-nilai komitmen mutu antara lain:
Komitmen terhadap kepuasan pelanggan
Layanan menyentuh hati
Upaya perbaikan berkelanjutan
Pendekatan ilmiah inovatif
Adaptasi terhadap perubahan dan hasil berkualitas tinggi.
1.5.5 Anti Korupsi
    Anti korupsi adalah tindakan atau gerakan yang dilakukan untuk memberantas segala tingkah atau tindakan yang melawan norma-norma dengan tujuan memperoleh kkeuntungan pribbadi, merugikan _egara atau masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu juga pada sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, terutama dalam meningkatkan sumber daya manusia yang bermoral dan bertanggungjawab, oleh karena itu, tindak pidana korupsi bukan merupakan tindak pidana biasa. Untuk menanggulangi upaya tindak pidana korupsi, dalam pelaksanaannya perlu ditangani secara serius dan benar-benar ditegakkan tanpa pandang bulu.
Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI
       Kedudukan dan peranan pegawai dalam setiap organisasi pemerintahan sangatlah menentukan, sebab pegawai negeri merupakan tulang punggung pemerintah dalam melaksanakanpembangunan nasional. Dalam rangka memberikan pelayanan yang profesional, jujur, adil dan merata maka dibutuhkan juga sumber daya manusia aparatur pemerintah yang berkualitas dan mempunyai kesadaran tinggi akan tanggung jawabnya sebagai aparatur negara, abdi negara, serta abdi masyarakat.
     Berdasarkan pasal 1 Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang aparatur sipil negara menyatakan bbahwa : Aparatur Sipil Negara adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan peggawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerrintah. Pegawai ASN berperan sebagai perencana, pelalsana, dan pengwas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nnepotisme.
     Berikut beberapa konsep yang ada dalam UU No. 5 Tahun 2014 tentang kedudukan  ASN :
- Pegawai ASN terdiri atas Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian, memiliki nomor  induk pegawai secara nasional.
- Pegawai ASN berkedudukan sebagai aparatur negara yang menjalankan kebijakan yang ditetapkan oleh pimpinan instansi pemerintah serta harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik.
- Kedudukan ASN berada di pusat, daerah dan luar negeri. Namun demikian pegawai ASN merupakan kesatuan.
- Peran ASN
- Pelaksana kebijakan publik
- Berfungsi, bertugas dan berperan untuk melaksanakan kebijakan yang dibuat oleh pejabat pembina kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan prundang-undangan.
- Pelayan publik
- Berfungsi, bertugas dan berperan untuk memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H