Tugas Demontrasi Kontekstual - Modul 3.1
Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin
Dibuat oleh : Nurul Hidayati Ma’muroh, S.S.
Calon Guru Penggerak Angkatan 9
Sekolah Asal : SDN 1 Dibal Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah
Â
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat melakukan suatu analisis atas penerapan proses pengambilan keputusan berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajarinya tentang berbagai paradigma, prinsip, pengambilan dan pengujian keputusan di sekolah asal masing-masing dan di sekolah/lingkungan lain.
Tugas Wawancara dengan Pimpinan/Kepala Sekolah:
- CGP diminta untuk mewawancarai 2-3 pimpinan (kepala sekolah) di lingkungan Anda (salah satunya adalah pimpinan di sekolah asal Anda).
- Hasil wawancara ini adalah untuk mendapatkan sebuah wacana tentang praktik pengambilan keputusan yang selama ini dijalankan, terutama untuk kasus-kasus yang di mana nilai-nilai kebajikan saling bersinggungan, atau untuk kasus-kasus dilema etika yang sama-sama benar.
- Apa yang selama ini dilakukan pimpinan-pimpinan tersebut, praktik apa yang selama ini dijalankan?
- Analisis praktik pengambilan keputusan dilema etika tersebut di antara para pemimpin yang Anda wawancarai, dan kaitkan dengan pengetahuan Anda sendiri tentang 4 paradigma, 3 prinsip dan 9 langkah pengujian.
- Analisis dan lakukan refleksi atas hasil wawancara tersebut. Silakan unggah hail wawancara dan refleksi Anda dalam bentuk video/audio/tertulis.
Berikut wawancara yang sudah saya lakukan terhadap 2 kepala sekolah, yaitu :
- Ibu Etik Puryanik Setyowatik, S.Pd. Kepala SDN 1 Dibal (tempat tugas CGP)
- Bapak Drs. Slamet Marjuki. Kepala SDN 1 Sawahan
Â