Mohon tunggu...
Nurul Faiz
Nurul Faiz Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya seorang pendidik di SD Darul Ulum Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka Kelas 7 BAB Kebinnekaan Indonesia

18 Januari 2024   12:39 Diperbarui: 18 Januari 2024   12:42 657
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

MODUL AJAR

Fase D
NURUL FAIZ
201699447755
Kelompok : A

                                                 PPKN
PPG DALJAB ANGKATAN KE-3
TAHUN 2023

UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA

Informasi Umum
A. Identitas
Nama: Nurul FaizMata Pelajaran: Pendidikan Pancasila
Institusi: SMP Darul Muta'aliminFase/Kelas : D/VII
Tahun Pelajaran: 2023-2024Elemen: Bhinneka Tunggal Ika
Jenjang Sekolah: SMPAlokasi Waktu : 2 x Pertemuan 2 x 40 menit

Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dan menerima keberagaman dan perubahan budaya dalam kehidupan bermasyarakat tingkat lokal, nasional, dan global; memahami pentingnya pelestarian tradisi, kearifan lokal, dan budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa; menumbuhkan sikap tanggung jawab dan berperan aktif menjaga dan melestarikan praktik tradisi, kearifan lokal, dan budaya dalam masyarakat global.
     B. Kopetensi Awal
. Peserta didik dapat menghargai keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan yang ada di   Indonesia
     C. Profil Pelajar Pancasila
Peserta didik dapat menerapkan sikap berkebinekaan global, bergotong-royong, bernalar kritis dan kreatif   dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
    D. Media, Alat /Bahan dan Sumber Belajar
1.Media Pembelajaran ;
Video youtube
Power Point
LKPD
Media Cetak: buku, modul, dan gambar.
2.Alat/Bahan :
Spidol, papan tulis
Laptop/ Handphone
Audio: video .
LCD, proyektor
3.Sumber Belajar
a)Kemendikbudristek, 2021. Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII. Jakarta : Pusat kurikulum dan perbukuan, badan penelitian dan pengembangan dan pembukuan kementrian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi
b)Kemendikbudristek, 2021. Buku Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII. Jakarta : Pusat kurikulum dan perbukuan, badan penelitian dan pengembangan dan pembukuan kementrian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi
c)Sumber tambahan berupa teks, gambar, dan video pada link (TPACK)
 
4.Alat/Bahan :
Spidol, papan tulis
Laptop/ Handphone
Audio: video .
LCD, proyektor
5.Sumber Belajar
d)Kemendikbudristek, 2021. Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII. Jakarta : Pusat kurikulum dan perbukuan, badan penelitian dan pengembangan dan pembukuan kementrian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi
e)Kemendikbudristek, 2021. Buku Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII. Jakarta : Pusat kurikulum dan perbukuan, badan penelitian dan pengembangan dan pembukuan kementrian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi
f)Sumber tambahan berupa teks, gambar, dan video pada link (TPACK)

       E. Target Peserta Didik
     Modul ajar ini diperuntukan pada :
a.Siswa regular/tipikal
b.Siswa dengan hambatan belajar
c.Siswa cerdas istimewa dan berbakat istimewa (CIBI)

        F. Model Pembelajaran
1. Pendekatan: Saintifik dan TPACK
2. Model: Projek Based Learning dengan teknik Canva (Infografis)
3. Metode: Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan

        II. KOMPETENSI INTI
          A. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui kegiatan mengamati video tentang makna Bhinneka Tunggal Ika dan arti penting keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika peserta didik mampu menganalisis keragaman suku dan budaya di Indonesia dengan benar
2. Melalui kegiatan diskusi peserta didik mampu menerima keberagaman dan penerapan budaya dalam kehidupan bermasyarakat tingkat local, nasional dan global dengan baik
2. Melalui kerja kelompok dengan penerapan model pembelajaran Projek Based learning di   kelas peserta didik dapat membuat poster keberagaman suku,agama, ras dan antar golongan melalui tehnik Canva dengan baik.
B.Pemahaman bermakna
Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak keberagaman mulai dari keberagaman suku, agama, ras, budaya dan golongan merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri. Dengan adanya kebhinekaan tersebut tidak menjadikan bangsa Indonesia terpecah belah akan tetapi sesuai dengan semboyan dari bhineka tunggal ika yaitu walaupun berbeda kita tetap satu. Yang paling penting adalah bisa menghargai kebhinekaan Indonesia dan turut berkontribusi untuk menjaganya

C.Pertanyaan Pematik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun