Mohon tunggu...
Nursini Rais
Nursini Rais Mohon Tunggu... Administrasi - Lahir di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tahun 1954.

Nenek 5 cucu, senang dipanggil Nenek. Menulis di usia senja sambil menunggu ajal menjemput.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Siswa Nakal, Aset Berharga bagi Kebahagiaan Guru

2 Mei 2018   19:43 Diperbarui: 3 Mei 2018   04:35 3370
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Foto siswa kelas VI SD No. 124/III Tahun Pelajaran 1981/1982 (dokumen pribadi)

Akhir Mei tahun 1977. Pertama saya menginjakkan kaki di Dusun (baca: desa) C, kecamatan Danau Kerinci Kabupaten Kerinci. Kurang lebih tiga kilo meter dari bibir sebelah utara Danau Kerinci. Karena posisinya di pinggir sawah, lingkungannya tak jauh dari aroma bebek, padi, dan jerami.

Di sana saya numpang nginap di sebuah rumah berlantai semen. Dindingnya papan yang sudah menghitam dimakan usia. Pemiliknya, asli keturunan penduduk setempat, pedagang emas sukses di luar daerah. Saking gedenya, apabila kita berbicara di dalamnya, pantulan suara menggaung seperti sedang berada di dalam masjid. Dapurnya dua kali ukuran rumah orangtua saya.

"Semasa kecil, kami belajar sepeda dan main bola di sini," aku salah satu anak lelaki sambil menunjuk ke ruang tamu. Siswa kelas V SD tersebut putra tetangga sebelah yang ikut menyambut kehadiran saya saat itu.

Kamarnya ada tiga. Masing-masing dihuni oleh satu keluarga, ahli waris yang berhak. Saya di kamar depan, bergabung bersama seorang janda tua dengan satu anak, dua cucu.

Habis, tak ada pilihan. Dengan bantuan seorang kenalan, sebelumnya saya sudah berusaha mencari pondokan lain. Menurutnya, ada dua tempat yang telah dia tawari. Keduanya menolak menampung saya. Dengan alasan, saya bukan asli penduduk sana. "Kalau uhang kito, suhoh dio kuhin. Jika dari suku A, mintok mauf akau ideak." ("Kalu orang kita, suruh dia ke sini. Jika dari suku A, mohon maaf saya tidak mau.") Begitu sahabat tersebut melaporkan ke pada saya.

Terakhir saya tahu. Rupanya, dari sekian jumlah penduduk dusun tersebut, ada satu yang berasal dari Palembang. Dia menikah dengan gadis setempat. Sisanya, anak negeri itu asli. Jika ditambah saya, pendatangnya jadi dua.

Saat sore menjelang senja, kepala saya dipadati suka dan duka. Suka, karena cita-cita saya menjadi guru sudah terwujud. Selembar kertas dari pejabat gubernur provinsi Jambi telah di tangan. Judulnya 'Surat Keputusan', mengangkat saya sebagai Guru di Sekolah Dasar Nomor 124/III di dusun itu. Duka, sebab terpisah dari suami tercinta yang bekerja dan berdomisili jauh di rantau lain.

Semuanya terasa asing. Mandi di sungai aliran irigasi, lebarnya kira-kira satu meter, hulunya entah dipakai oleh berapa dusun. Air minum berasal dari sepetak kolam enceng di belakang rumah.

Majlis Guru SD No. 124/III berpose di halaman depan sekolah pada tahun 1979. (dokumen pribadi)
Majlis Guru SD No. 124/III berpose di halaman depan sekolah pada tahun 1979. (dokumen pribadi)
Untuk mengambilnya meniti selembar papan lapuk berlumut, tiga meter di atas permukaan sungai tempat mandi tadi. Yang menambah pusing tujuh keliling, bahasa tuan rumah yang belum saya pahami. Padahal mereka sangat ramah. Senyumnya tulus. Dari awal saya membaca, raut wajahnya mengharap agar saya betah tinggal bersama mereka.

Semalaman saya tak bisa tidur. Pikiran ini dipadati oleh hasutan. Lebih baik pulang ke kampung saja atau kembali ke Dumai Riau, berkumpul bersama suami. Namun naluri keteguhan mengantar bisik, agar tetap bertahan dan bertahan. Endingnya, saya menangis dalam selimut.

Belum pernah terbayang di benak saya akan terlempar sejauh itu. Jika hendak ke ibu kota kabupaten (Sungai Penuh), harus pagi sekitar pukul delapan. Menunggu jeep treler lewat dari Bangko. Itulah satu-satunya transportasi dari ibu kota provinsi. Pulangnya pukul tiga sore. Numpang mobil itu lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun