Mohon tunggu...
NurhasnahSS
NurhasnahSS Mohon Tunggu... Guru - An English Teacher

Seorang pembelajar di UPT SMP Negeri 2 Tigaraksa. Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang Provinsi Banten Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Game Based Learning untuk Meningkatkan Vocabulary Murid Sehari-hari UPT SMP Negeri 2 Tigaraksa

30 Juni 2023   16:21 Diperbarui: 30 Juni 2023   16:24 423
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Dalam pembelajaran bahasa inggris ada beberapa faktor yang menjadi  masalah kurangya motivasi murid dalam belajar.  Masalah yang dihadapi  di sekolah  penulis adalah Rendahya Vocabulary Sehari-hari Murid UPT  SMP Negeri 2 Tigaraksa Pada Pelajaran Bahasa Inggris.   Hal tersebut di sebabkan oleh beberapa  sebab yang menjadi kendala rendahnya vocabulary sehari-hari.  Penyebab rendahnya vocabulary adalah kurangnya praktik antara guru dan murid,murid dengan murid, kegiatan pembelajaran yang membosankan dengan masih menggunakan metoda yang tidak  mengakomodir profil belajar murid.   Selain daripada itu kegiatan pembelajaran  tidak sesuai dengan kurikulum yang digunakan. H. Cahyono [AM3] (2019)"Untuk mengatasi faktor internal dari kurangnya motivasi belajar peserta didik yaitu guru seharusnya memberikan  motivasi pada siswa dalam proses pembelajaran ,alat peraga yang lengkap sehingga siswa termotivasi untuk belajar". Untuk mengatasi masalah eksternal  guru perlu mengerti  dan memahami dan merealisasikan kurikulum yang di gunakan di sekolah dan yang dilengkapi oleh buku buku pendukung belajar. Dari statement diatas dapat disimpulkan bahwa seorang guru perlu memahami  kondisi murid  baik dari  faktor dalam diri dan dari luar.  Sebagai pendidik perlu kreatif dan inovatif dengan memberikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

            Game Based  Learning adalah pembelajaran yang menjadikan murid adalah student center. Pembelajaran ini memberikan kesempatan yang sama untuk belajar dengan cara yang terbaik dan asyik serta  memberikan pelayanan terbaik.   Agar hal itu terakomodir baik pemberian pembelajaran berdiferensiasi  merupakan cara  baik untuk murid.  Dalam rancangan desain  pembelajaran yang inovatif  akan tergambar bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan yang semestinya dalam pembelajaran. 

           

Dokpri
Dokpri
  1. Tujuan Kegiatan

Merdeka belajar pada murid  akan berdampak pada peningkatan kebahagiaan bertumbuh kembang karakter-karakter yang baik melalui pembelajaran Game Based Learning .  Pembelajaran Game Based Learning  ini betujuan untuk mengatasi masalah yang dihadapi pendidik pada pembelajaran Bahasa Inggris pada rendahnya vocabulary murid sehingga murid terkendala dalam memahami materi pelajaran dan percakapan sehari-hari. Game Based Learning  ini bertujuan untuk  memudahkan pendidik  dalam memberikan pembelajaran yang  tidak membosankan akan tetapi menyenangkan dan fun.  Ada banyak games dalam pembelajaran Contohnya ,whisper game.one name one word.who am i, box game and scrabble  game

Noni Agus Tina.Taufik Hidayat (2021) mengatakan bahwa sebuah metode belajar bahasa inggris yang mudah dan menyenangkan untuk membantu siswa belajar bahasa inggris dengan mudah yaitu dengan menggunakan English Fun.  English fun ini dilaksanakan dengan mengusung konsep permainan seperti menyusun puzzle,whisper game,who am I dan match I,Box Game

http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2378563&val=22812&title=ENGLISH%20FUN%20INOVASI%20BELAJAR%20BAHASA%20INGGRIS%20SECARA%20MUDAH%20DAN%20MENYENANGKAN%20DI%20MASA%20PANDEMI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun