Mohon tunggu...
NUR AZIZAH PANGGABEAN
NUR AZIZAH PANGGABEAN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobby saya membaca saat ini saya sedang menempuh pendidikan di salah satu universitas Islam negeri prodi ekonomi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Transformasi Digital, Bagaimana Peran Mobile Banking pada Nasabah Bank Syariah?

4 November 2024   11:18 Diperbarui: 4 November 2024   11:20 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://images.app.goo.gl/UU47EqzLvwg7CkFE9

Dalam beberapa dekade terakhir, lembaga keuangan telah mengalami perubahan signifikan. Dari bank yang hanya melayani nasabah secara tatap muka, kini kita memasuki era digital yang mengubah cara kita berinteraksi dengan uang dan layanan keuangan.

Di zaman sekarang ini teknologi sangat penting, termasuk dalam persaingan bisnis. Tingkat keberhasilan bisnis dapat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu teknologi yang semakin pesat. Salah satu bidang bisnis yang mengikuti perkembangan teknologi informasi ini adalah perbankan. Hal ini bisa kita rasakan dari pengembangan sistem pelayanan pada nasabah dalam bentuk mobile banking. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari lebih mendalam mengenai mobile banking.

Apakah itu Bank Syariah?

Bank Syariah adalah Lembaga yang menghimpun dana masyarakat yang mengalami surplus (kelebihan dana) dan menyalurkannya kepada masyarakat yang mengalami deficit(kekurangan dana) serta juga Lembaga yang menghimpun dan menyalurkan dana ZISWAF (zakat,infaq,sadakah dan wakaf).

Bank Syariah dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan dan prinsip islam, sehingga di bank syariah melarang adanya bunga. Kegiatan operasional bank syariah menggunakan prinsip bagi hasil atau akad Mudharabah dan akad akan lainnya.

Layanan yang diberikan oleh bank syariah kepada nasabah berupa layanan secara langsung seperti setor tunai dan Tarik tunai yang bisa di lakukan di kantor serta juga layanan tidak langsung yang diberikan oleh pihak bank seperti layanan mobile banking.

Apakah Mobile Banking?
Aplikasi mobile banking merupakan bentuk layanan secara tidak langsung atau online serta inovatif yang diberikan oleh bank yang memungkinkan nasabah bertransaksi melalui handphone atau media digital lainnya. Transaksi Perbankan yang biasanya dilakukan manual, kini bisa melalui handphone tanpa harus datang ke kantor bank syariah.

m-banking adalah aplikasi perbankan yang diberikan oleh pihak bank secara cuma-cuma kepada nasabahnya untuk digunakan di platform HP baik Android maupun iOS. Lewat aplikasi m-banking, Anda pun bebas melakukan transaksi perbankan kapan pun dan di mana pun.

Apa manfaat Mobile Banking?

Manfaat dari mobile banking adalah aktivitas yang lebih praktis dan efisien, terutama dari segi waktu.

Sebelum adanya mobile banking, Anda harus pergi dulu ke luar rumah menuju ATM terdekat atau mengantre ke kantor bank syariah untuk melakukan setor tunai dan penarikan. Hal serupa juga Anda lakukan jika harus melakukan transfer atau melakukan pembayaran layanan tertentu seperti tiket kereta api, listrik, telepon, dan sebagainya.

Aktivitas tersebut membutuhkan waktu lama dan kurang efektif karena nasabah harus datang ke kantor jika ingin melakukan setiap transaksinya.

Seiring berkembangnya teknologi dan inovasi maka lahirlah mobile banking sebagai solusi untuk membantu dan menudahkan nasabah dalam bertransaksi.

Manfaat m-banking  bagi nasabah yaitu :

  • Memungkinkan nasabah untuk melakukan pengecekan saldo dan riwayat transaksi (mutasi rekening).
  • Menunjukkan laporan dan ringkasan aktivitas keuangan nasabah (kredit dan debit).
  • Memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu.
  • Melakukan pembayaran non-tunai melalui QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard).

Manfaat lainnya juga bisa anda rasakan seperti bisa membayar tagihan kartu kredit, internet, telepon, listrik, PDAM, tiket kereta api, BPJS, asuransi, dan lain-lain hanya melalui aplikasi mobile banking di HP.

 Saat sedang di daerah jauh dari kota sekalipun. Jika tengah malam harus melakukan transfer pun, Anda cukup membuka m-banking dan menyelesaikan transaksi dalam kurun waktu kurang dari satu menit saja.

Fitur M-Banking

Kegunaan m-banking sangat dipengaruhi oleh fitur yang tersedia. Meski detail fitur tiap m-banking berbeda, berikut adalah beberapa fitur umum yang ada di m-banking.

 Pengecekan saldo tabungan dan deposito.

 Mutasi rekening.

 Transfer bank yang sama, beda bank, maupun virtual account.

 Pemblokiran kartu debit.

 Pembayaran tagihan kartu kredit, internet, telepon, listrik, PDAM, tiket kereta api, BPJS, asuransi.

 Pengisian ulang pulsa, paket data, dan e-money seperti DANA,GoPay,LinkAja

Pembayaran tiket & travel.

Pembayaran pendidikan.

Layanan investasi seperti deposito, reksadana, dan sebagainya.

Layanan pembayaran pajak.

Transfer valuta asing. Dan lain-lain.

Kelebihan Mobile Banking

 kelebihan dari mobile banking adalah :

  • Mudah diakses hanya mengandalkan konektivitas internet di Hanpdhone
  • Transaksi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa harus datang ke kantor
  • Dilengkapi dengan fitur yang sederhana dan mudah dimengerti.
  • Keamanan sudah terjamin karena aplikasi mobile banking membutuhkan kode akses tersendiri agar bisa masuk ke akun yang sudah terdaftar.
  • Pembukaan dan penutupan rekening dapat dilakukan secara online oleh nasabah.

Kekurangan Mobile Banking

Dibalik kelebihan pasti ada juga kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan dari mobile banking adalah :

  • Kegiatan transaksi sangat bergantung dengan konektivitas internet, jika jaringan nasabah terganggu maka tidak dapat melakukan transaksi.
  • Rentan terhadap risiko penipuan "smishing". Dimana smishing merupakan metode penipuan yang dilakukan oleh seseorang yang menyamar sebagai institusi keuangan yang modusnya menanyakan secara detail tentang rekening yang Anda miliki.
  • Berisiko terhadap pencurian data, kita harus tetap waspada terhadap berbagai modus penipuan.
  • Mobile banking hanya bisa diakses melalui handphone, tidak bisa melalui perangkat lain seperti laptop dan PC.

Kesimpulan 

Kualitas layanan pada mobile banking Bank Syariah sangat mempermudah aktivitas perbankan bagi nasabah terutama di era milenial saat ini. Semakin baik kualitas layanan mobile banking akan semakin meningkat pula masyarakat yang ingin bergabung menggunakan mobile banking  dan mendorong nasabah bank syariah untuk menambah pengalaman, dengan melakukan transaksi pada fitur-fitur mobile banking lainnya.

 Bank Syariah berupaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan dari mobile banking bank syariah merupakan suatu keharusan. Seperti melengkapi fitur/fasilitas yang ada di mobile banking, membuat inovasi baru seiring kebutuhan di era milenial, meningkatkan kecepatan dan kemudahan mobile banking serta keamanan yang terjamin agar nasabah yakin dan percaya terhadap menjaminan keamanan oleh mobile banking Bank Syariah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun