BAB 1 PENDAHULUAN
Landasan pendidikan berarti dasar pijakan. Pendidikan adalah kegiatan seseorang atau sekelompok orang atau lembaga dalam membantu orang lain orang untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan belajar landasan pendidikan adalah tidak tertuju kepada oengembangan aspek keterampilan khusus mengenai pendidikan sesuai spesialisasi bidang pendidikan, tetapi tertuju padanpengembangan wawasan kependidikan yang berkenaan dengan berbagai asumsi yang sifatnya umum tentang pendidikan yang harus dipilih dan diadopsi oleh tenaga kependikakan sehingga menjadi cara pandang dan sikap dalam melaksanakan tugasnya. Berbagai asumsi pendidikan yang telah dipilih dan diadopsi oleh seseorang tenaga kependidikan akan berfungsi memberikan dasar rujukan konseptual dalam rangka praktek pendidikan dan studi pendidikan yang dilaksanakan. Fungsi landasan pendidikan yaitu sebagai dasar pijakan praktek pendidikan
BAB 2 PEMBAHASAN
I.Pengertian
*Teori adalah analis antara fakta tunggal dengan fakta yang lain.
*Belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sadar oleh seseorang yang mengakibatkan perubahan dalam diri seseorang dan mengakibatkan penambahan ilmu pengetahuan berdasarkan alat indra dan pengalaman.
*Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada duatu lingkungan belajar, untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.
*Teori belajar adalah upaya mendeskripsikan bagaimana manusia belajar, sehingga membantu memahami, proses belajar.
*Pendidikan adalah usaha mengembangkan pengetahuan, keterampilan, kebiasaan dan sikap yang dapat membuat seseorang menjadi yang lebih baik.
II.Pengertian Pendidikan
oPendidikan Formal adalh jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Pendidikan yang dilaksanakan dengan sengaja dengan tujuan dan bahan ajar yang dirumuskan secara jelas dan tegas. Contohnya jenjang pendidikan sekolah TK, SD, SMP, SMA, PT.