Mohon tunggu...
N.Q Dyah Ratnasari
N.Q Dyah Ratnasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nur Qomariah Dyah Ratnasari

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar dengan Media Pembelajaran Quizizz

1 Juli 2022   22:31 Diperbarui: 1 Juli 2022   22:35 477
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ

 

Nur Qomariah Dyah Ratnasari

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang

Program Pendidikan Bahasa Inggris

Email: aenkiy2333@gmail.com

 

Abstract

The purpose of this study is to provide solutions related to learning difficulties experienced by a student in learning. This research uses quantitative methods. 

The respondents of this study included students who were selected using the questionnaire method totaling 21 children who were elementary scholl students. 

Which aims to determine the effectiveness of the Quizizz learning media to overcome learning difficulties in students. The results obtainedare, (9, 52%) students disagree with the statemen, (80, 95%) agree with the stateme, and (9, 52%) strongly agree that Quizizz learning media can overcome students' learning difficulties. 

This is also marked by the increase in the scores of some students who are classified as having difficulty learning. It can be concluded that learning media through quizizz media can increase students' understanding and interest in learning. 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberi solusi terkait kesulitan belajar yang dialami seorang siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. 

Responden penelitian ini meliputi siswa yang dipilih menggunakan metode kuesioner yang berjumlah 21 anak yang berstatus sebagai siswa sekolah dasar. Yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran quizizz untuk mengatasi kesulitan belajar pada siswa. 

Tercatat hasil yang diperolah yaitu, (9,52%) siswa tidak setuju dengan pernyataan, (80,95%) setuju dengan pernyataan, dan (9,52%) sangat setuju bahwa media pembelajaran Quizizz dapat mengatasi kesulitan belajar siswa. Hal ini juga ditandai dengan meningkatnya nilai dari beberapa siswa yang tergolong mengalami kesulitan pada saat belajar. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran melalui media quizizz dapat meningkatkan pemahaman serta minat belajar pada peserta didik.

Kata Kunci: Kesulitan belajar, media pembelajaran, quizizz

Pendahuluan

Kesulitan belajar merupakan sebuah kondisi yang dialami oleh siswa yang biasanya ditandai seperti adanya hambatan tertentu dalam menerima pelajaran yang disebabkan oleh banyak factor seperti masalah intruksional, pedagogis, psikologis sehingga membuat siswa mengalami kesulitan dalam aktivitas membaca, menulis, menalar, mendengarkan. 

Siswa yang mengalami kesulitan belajar biasanya yang biasanya mengalami beberapa hambatan yang tunjukkan dengan adanya gejala gejala seperti nilai dibawah rata rata. Hasil yang diperoleh juga tidak sama dengan usaha yang dilakukan siswa adapun juga siswa juga menjadi sering lambat dalam mengerjakan tugas yang diberikan. 

Faktor internal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar yaitu berasal dari siswa itu sendiri yang mengalami gangguan pemusatan perhatian, sehingga proses pemahaman pada objek yang dilihat menjadi terhambat. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi siswa, yaitu berasal dari lingkungan keluarga, lingkungan sekitar, dan lingkungan sekolah.

Dari beberapa masalah mengenai kesulitan belajar pada peserta didik diduga masalah yang dominan dan yang paling berpengaruh terhadap prestasi siswa adalah disaat guru menjelaskan materi yang dipelajari dikelas terdapat beberapa siswa yang mengantuk atau kurang terdengar dari barisan bangku paling belakang. Sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang telah diajarkan. Oleh karena itu seorang guru harus memiliki inovasi tersendiri dan kreativitas dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Seiring berjalannya waktu, teknologi dan informasi juga ikut berkembang menyesuaikan berkembangnya zaman. Pengaruhnya tersebar meluas hingga ke berbagai bidang kehidupan hingga bidang pendidikan. 

Begitu juga pendidikan bisa memanfaatkan teknologi dan informasi sebagai media pembelajaran untuk siswa. Akan tetapi tidak semua siswa dapat dengan mudah memahami pembelajaran yang berikan. 

Beberapa siswa ada yang masih kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Media belajar ialah alat bantu yang diperlukan seorang guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. 

Media pembelajaran ialah perantara yang digunakan oleh pengajar sebagai penyalur untuk diberikan kepada siswa. Supaya dalam proses kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menarik dan efektif.

Munculnya media elektronik sebagai media sumber ilmu dalam pendidikan yang bisa digunakan untuk mengakses materi pelajaran secara langsung dari internet tersebut dan bisa memunculkan metode baru untuk pembelajaran yang lebih mudah sehingga siswa dapat memahami materi pembelajaran yang disampaikan. 

Dengan adanya metode baru tersebut bisa membuat kemungkinan terjadinya proses kegiatan belajar mengajar tidak selalu dengan tatap muka. 

Munculnya metode menggunakan media elektronik inilah yang dapat membuat mudahnya proses pembelajaran. Pada bidang pendidikan juga membutuhkan banyak bahan yang harus disiapkan, contohnya yaitu: pencetakan lembaran soal yang memakan banyak waktu. 

Dengan pemanfaatan media elektronik sekarang akan mempercepat dalam pembuatan soal yang hanya membutuhkan satu media dan dapat disebarkan melalui internet yang selanjutnya dapat diakses oleh  siswa.

Oleh karena itu, pemilihan media pembelajaran yang tepat dan inovatif dapat menunjang semangat belajar siswa sehingga tidak membuat mereka bosan dan jenuh. Sehingga kita mengupayakan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi untuk menciptakan pembelajaran yang menarik bagi siswa. 

Pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran bisa menjadi salah satu inovasi yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dalam belajar. Dengan metode ini juga mengharapkan siswa yang kesulitan dalam belajar bisa teratasi.

Quizizz adalah media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Dapat digunakan membuat pertanyaan pilihan ganda yang memiliki empat opsi pilihan dengan satu pilihan jawaban yang benar. 

Pertanyaan yang ada pada aplikasi ini dapat diacak jika akan digunakan untuk tes, sehingga bisa memperkecil kesempatan siswa untuk mencontek. Aplikasi ini juga dapat diatur waktu untuk pengerjaan soal dan dapat menunjukan nilai dari hasil pengerjaan soal. Namun pada sisi lain aplikasi ini juga memiliki kekurangan yang bergantung pada koneksi internet.

Penggunaan media quizizz bukan hanya untuk mata pelajaran tertentu, namun semua mata pelajaran bisa menggunakan media ini sebagai sarana pembelajaran yang diharapkan bisa meningkatkan inovasi bagi pengajar dan meningkatkan semangat belajar bagi peserta didik.

Hal ini bisa menjadi tantangan bagi seorang guru dalam menciptakan sebuah pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi peserta didik. Pengembangan media pembelajaran dengan pemanfaatan game adalah media yang paling diminati oleh siswa salah satunya adalah game edukatif yang bisa diakses melalui handphone, komputer dan laptop. 

Aplikasi kuis online Quizizz dapat digunakan sebagai sarana untuk menyimpan soal dan selanjutnya soal tersebut dianalisis sehingga menjadi soal yang reliable serta tingkat kesukarannya yang baik. Dengan demikian pembelajaran akan menjadi semakin menarik.

Metode

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan secara online. Dikirim melalui google form. Guna mengetahui timbal balik atau hasil dari penggunaan medi Quizizz sebagai solusi mengatasi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran di sekolah. Responden penelitian ini meliputi siswa yang dipilih menggunakan metode kuesioner yang berjumlah 21 anak yang berstatus sebagai siswa sekolah dasar. Tang berjumlah 14 siswa laki-laki dan 7 siswi perempuan. Yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran quizizz untuk mengatasi kesulitan belajar pada siswa pada kelas.

Hasil dan Pembahasan

Tabel 1. Persepsi dan perilaku siswa mengenai penggunaan media Quizizz dalam pembelajaran.

Saya dapat memahami materi pembelajaran melalui media pembelajaran quizizz

Tidak setuju

9,52%

Setuju

80,95%

Sangat Setuju

9,52%

 Saya termotivasi untuk belajar  lebih rajin setelah guru memberikan materi pembelajaran menggunakan media quizizz

Tidak setuju

0,00%

Setuju

15,79%

Sangat Setuju

84,21%

Dengan menggunakan media quizizz saya dapat memperoleh pengalaman baru pada proses pembelajaran

Tidak setuju

5,26%

Setuju

10,53%

Sangat Setuju

84,21%

Saya ingin belajar media quizizz pada semua materi pembelajaran

Tidak setuju

11,11%

Setuju

77,78%

Sangat Setuju

11,11%

Saya mudah memahami kalimat dan soal-soal keterangan yang ada pada media quizizz

Tidak setuju

11,11%

Setuju

61,11%

Sangat Setuju

27,78%

Gambar animasi pada media quizizz membuat saya bersemangat belajar saat menjawab soal

Tidak setuju

0,00%

Setuju

77,78%

Sangat Setuju

22,22%

Kesimpulan

Pembelajaran di sekolah dilakukan hampir setiap hari dan berturut. Tentu ada raja jenuh yang dirasakan siswa saat belajar di kelas. Tentu itu bisa berakibat pada prestasi siswa. 

Disaat mereka merasa jenuh semangat belajar mereka berkurang dan akhirnya mereka kesulitan dalam memahi materi pembelajaran. 

Terutama siswa sekolah dasar, dimana diusia mereka masih senang bersenang-senang. Jadi kita sebagai seorang pelajar, penting untuk kita untuk menanggulangi masalah tersebut. Bagaimana solusi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan agar siswa tidak merasa jenuh dengan materi pembelajaran. Quizizz menjadi salah satu solusi jitu untuk mengembalikan semangat belajar siswa di kelas. 

Terbukti dari hasil penelitian pada beberapa siswa sekolah dasar yang disebutkan diatas. Dari hasil presntase dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa sekolah dasar merasa senang dengan adanya media quizizz. Siswa dapat memahami materi pembelajaran melalui media pembelajaran quizizz 9,52%. Siswa termotivasi untuk belajar  lebih rajin setelah guru memberikan materi pembelajaran menggunakan media quizizz 84,21%. 

Dengan menggunakan media quizizz siswa dapat memperoleh pengalaman baru pada proses pembelajaran 84,21%. Siswa ingin belajar media quizizz pada semua materi pembelajaran 77,78%. Siswa mudah memahami kalimat dan soal-soal keterangan yang ada pada media quizizz 61,11%. 

Gambar animasi pada media quizizz membuat siswa bersemangat belajar saat menjawab soal 77,78%. Terbukti bahwa media pembelajaran quizizz dapat menjadi solusi kesulitan belajar pada siswa sekolah dasar. Dapat menjadi pengembali semangat belajar siswa yang jenuh akan pembelajaran.

Daftar Rujukan

https://www.kajianpustaka.com/2021/12/kesulitan-belajar.html?m=1

https://guru.smkn1pacitan.sch.id/dickyfauzi/2016/10/13/kesulitan-belajar-peserta-didik/

http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54/40

https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/download/786/663

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun