Mohon tunggu...
Nita Febriani
Nita Febriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Alumni Pendidikan Guru Sekolah Dasar UST Jogja dan Sedang Melaksanakan Study lanjutan di UNY Jogja

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

RPP Panduan Penggunaan LKPD Berbasis HOTS dan Ajaran Tamansiswa Tri-N (Niteni, Nirokake, Nambahi) pada Pembelajaran Matematika Kelas V SD

17 April 2023   07:23 Diperbarui: 17 April 2023   07:32 1141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

LURING

 

 

Satuan Pendidikan

:

SD Negeri Balirejo

Kelas / Semester

:

V /II

Muatan

:

Matematika

Alokasi Waktu

:

5 JP

 

KOMPETENSI INTI (KI)

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR

  • MUATAN MATEMATIKA
  • Kompetensi Dasar (KD)
  • Indikator
  • 3.5
  • Menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang (kubus dan balok) degan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga.
  • 3.5.1
  • Menjelaskan volume bangun ruang.
  • 3.5.2
  • Menentukan rumus volume bangun ruang kubus dan balok.
  • 3.5.3
  • Menjelaskan hubungan pangkat tiga dan akar pangkat tiga pada bangun kubus.
  • 4.5
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang (kubus dan balok) dengan meggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga
  • 4.5.1
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang kubus dan balok.
  • 4.5.2
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan akar pangkat tiga pada bangun ruang kubus.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan mengamati gambar dan teks yang diberikan guru, peserta didik dapat mengetahui sifat-sifat, bagian-bagian bangun ruang kubus dan balok dengan benar.

Dengan mengamati gambar dan teks yang diberikan guru, peserta didik dapat menentukan rumus volume bangun ruang kubus dan balok dengan benar.

Melalui pengamatan gambar dan teks yang diberikan guru, peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan volume bangun ruang dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

MATERI

Bagian-bagian kubus dan balok.

Sifat-sifat kubus dan balok.

Volume kubus dan balok.

SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

Sumber: LKPD Berbasis HOTS dan Ajaran Tamansiswa Tr-N

Media: Benda-benda di sekitar yang berbentuk kubus dan balok

PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan: Scientific

Metode: Diskusi, penugasan, tanya jawab.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

Orientasi

Guru membuka pembelajaran dengan salam, seperti Assalamualaikum Wr.Wb, Selamat pagi, dsb. Guru menanyakan kabar peserta didik. (Communication - 4C)

Peserta didik dan guru bersama-sama berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. (Religius) (Kedisiplinan siswa/PPK)

Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan cara memanggil peserta didik sesuai urutan nomor absen.

Guru menanyakan kabar dengan bertanya menggunakan nyanyian "Bagaimana Kabarmu"

Guru menyiapkan peserta didik agar siap untuk belajar, baik secara fisik maupun psikis.

Guru mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu nasional "Dari Sabang Sampai Merauke". (Nasionalisme)

Guru menyampaikan pesan moral yang terkandung dalam lagu "Dari Sabang Sampai Merauke" yaitu harus selalu menjunjung tinggi sikap nasionalisme dan patriotisme serta menjunjung tinggi sikap persatuan dan kesatuan.

Apersepsi

Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pembelajaran hari ini dan memberikan motivasi belajar pada peserta didik. (Communication -- 4C)

Guru mengaitkan materi pelajaran sebelumnya dengan materi pelajaran yang akan dibahas hari ini.

20 menit

Inti

Peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok diskusi.

Guru bertanya kepada peserta didik apa itu kubus dan balok? (Menanya)

Peserta didik diminta mengumpulkan benda-benda di sekitar yang berbentuk kubus dan balok. (Mengamati)

Peserta didik diminta berdiskusi untuk menuliskan ciri-ciri kubus dan balok yang telah ditemukan. (Mengeksplorasi)

Setiap kelompok di beri LKPD untuk dikerjakan bersama-sama.

Guru menjelaskan cara penggunaan LKPD.

Peserta didik menggikuti langkah-langkah dalam mengerjakan LKPD. (Menalar)

Langkah-Langkah Proses Penggunaan LKPD: Kegiatan 1-5 dikerjakan di buku masing-masing meskipun kegiatan dilaksanakan secara berkelompok

  • Kegiatan 1 Guru menunjukkan media pembelajaran (dapat menggunakan benda di sekitar kelas seperti tempat tisu, tempat kapur, tempat pensil, dll)
  • Kemudia guru bertanya kepada peserta didik mengenai benda tersebut
  • Guru dapat menunjukkan media kubus satuan yang telah dibuat
  • Peserta didik mempraktisan secara langsung kubus satuan.
  • Kegiatan 1-4 Peserta didik menjawab pada buku tulis masing-masing.
  • Pada kegiatan 5 guru memberikan kertas origami kepada peserta didik.
  • Peserta didik juga dapat menggunakan gunting, lem, dan benang, atau benda lainya yang tersedia di kelas atau sudah dibawa dari rumah.
  • Pada kegiatan evaluasi, peserta didik kembali mengerjakan di buku masing-masing.

Jika setiap kelompok sudah menyelesaikan LKPD, dilanjutkan presentasi di depan kelas hasil pengerjaan LKPD.

Peserta didik yang lain diberikan kesempatan menanggapi teman, memberi pertanyaan, atau berpendapat. (Mengkomunikasikan)

Setelah semua kelompok presentasi, kemudian bersama-sama membahas LKPD yang telah dikerjakan juga membuat kesimpulan. (Mengkomunikasikan/Menyimpulkan)

140 menit

Penutup

Peserta didik melakukan refleksi bersama-sama (Menanya)

Peserta didik diberikan soal evaluasi untuk dikerjakan secara mandiri.

Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdoa yang   dipimpin   oleh   salah   satu   peserta didik. (PPK - Religius)

Guru mengakhiri   pembelajaran   dengan pantun dan salam.

15 menit

PENILAIAN

Soal Evaluasi LKPD materi volume kubus dan balok.

LKPD dapat diunduh pada link: https://drive.google.com/file/d/1W3AU6em6V5AlIfopqe98l-xEejEhcb5g/view?usp=sharing

 

 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun