RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
LURING
Â
Â
Satuan Pendidikan
:
SD Negeri Balirejo
Kelas / Semester
:
V /II
Muatan
:
Matematika
Alokasi Waktu
:
5 JP
Â
KOMPETENSI INTI (KI)
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
- MUATAN MATEMATIKA
- Kompetensi Dasar (KD)
- Indikator
- 3.5
- Menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang (kubus dan balok) degan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga.
- 3.5.1
- Menjelaskan volume bangun ruang.
- 3.5.2
- Menentukan rumus volume bangun ruang kubus dan balok.
- 3.5.3
- Menjelaskan hubungan pangkat tiga dan akar pangkat tiga pada bangun kubus.
- 4.5
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang (kubus dan balok) dengan meggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga
- 4.5.1
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang kubus dan balok.
- 4.5.2
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan akar pangkat tiga pada bangun ruang kubus.
Â
TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mengamati gambar dan teks yang diberikan guru, peserta didik dapat mengetahui sifat-sifat, bagian-bagian bangun ruang kubus dan balok dengan benar.
Dengan mengamati gambar dan teks yang diberikan guru, peserta didik dapat menentukan rumus volume bangun ruang kubus dan balok dengan benar.
Melalui pengamatan gambar dan teks yang diberikan guru, peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan volume bangun ruang dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
MATERI
Bagian-bagian kubus dan balok.
Sifat-sifat kubus dan balok.
Volume kubus dan balok.
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber: LKPD Berbasis HOTS dan Ajaran Tamansiswa Tr-N
Media: Benda-benda di sekitar yang berbentuk kubus dan balok
PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific
Metode: Diskusi, penugasan, tanya jawab.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
Orientasi
Guru membuka pembelajaran dengan salam, seperti Assalamualaikum Wr.Wb, Selamat pagi, dsb. Guru menanyakan kabar peserta didik. (Communication - 4C)
Peserta didik dan guru bersama-sama berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. (Religius) (Kedisiplinan siswa/PPK)
Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan cara memanggil peserta didik sesuai urutan nomor absen.
Guru menanyakan kabar dengan bertanya menggunakan nyanyian "Bagaimana Kabarmu"
Guru menyiapkan peserta didik agar siap untuk belajar, baik secara fisik maupun psikis.
Guru mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu nasional "Dari Sabang Sampai Merauke". (Nasionalisme)
Guru menyampaikan pesan moral yang terkandung dalam lagu "Dari Sabang Sampai Merauke" yaitu harus selalu menjunjung tinggi sikap nasionalisme dan patriotisme serta menjunjung tinggi sikap persatuan dan kesatuan.
Apersepsi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pembelajaran hari ini dan memberikan motivasi belajar pada peserta didik. (Communication -- 4C)
Guru mengaitkan materi pelajaran sebelumnya dengan materi pelajaran yang akan dibahas hari ini.
20 menit
Inti
Peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok diskusi.
Guru bertanya kepada peserta didik apa itu kubus dan balok? (Menanya)
Peserta didik diminta mengumpulkan benda-benda di sekitar yang berbentuk kubus dan balok. (Mengamati)
Peserta didik diminta berdiskusi untuk menuliskan ciri-ciri kubus dan balok yang telah ditemukan. (Mengeksplorasi)
Setiap kelompok di beri LKPD untuk dikerjakan bersama-sama.
Guru menjelaskan cara penggunaan LKPD.
Peserta didik menggikuti langkah-langkah dalam mengerjakan LKPD. (Menalar)
Langkah-Langkah Proses Penggunaan LKPD: Kegiatan 1-5 dikerjakan di buku masing-masing meskipun kegiatan dilaksanakan secara berkelompok
- Kegiatan 1 Guru menunjukkan media pembelajaran (dapat menggunakan benda di sekitar kelas seperti tempat tisu, tempat kapur, tempat pensil, dll)
- Kemudia guru bertanya kepada peserta didik mengenai benda tersebut
- Guru dapat menunjukkan media kubus satuan yang telah dibuat
- Peserta didik mempraktisan secara langsung kubus satuan.
- Kegiatan 1-4 Peserta didik menjawab pada buku tulis masing-masing.
- Pada kegiatan 5 guru memberikan kertas origami kepada peserta didik.
- Peserta didik juga dapat menggunakan gunting, lem, dan benang, atau benda lainya yang tersedia di kelas atau sudah dibawa dari rumah.
- Pada kegiatan evaluasi, peserta didik kembali mengerjakan di buku masing-masing.
Jika setiap kelompok sudah menyelesaikan LKPD, dilanjutkan presentasi di depan kelas hasil pengerjaan LKPD.
Peserta didik yang lain diberikan kesempatan menanggapi teman, memberi pertanyaan, atau berpendapat. (Mengkomunikasikan)
Setelah semua kelompok presentasi, kemudian bersama-sama membahas LKPD yang telah dikerjakan juga membuat kesimpulan. (Mengkomunikasikan/Menyimpulkan)
140 menit
Penutup
Peserta didik melakukan refleksi bersama-sama (Menanya)
Peserta didik diberikan soal evaluasi untuk dikerjakan secara mandiri.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdoa yang  dipimpin  oleh  salah  satu  peserta didik. (PPK - Religius)
Guru mengakhiri  pembelajaran  dengan pantun dan salam.
15 menit
PENILAIAN
Soal Evaluasi LKPD materi volume kubus dan balok.
LKPD dapat diunduh pada link: https://drive.google.com/file/d/1W3AU6em6V5AlIfopqe98l-xEejEhcb5g/view?usp=sharing
Â
Â
Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI