Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Pelaksanaan pembelajaran dilakukan di kelas B1 TK Darul Ulum Kecamatan Barat Kabupaten Magetan
Tujuan yang ingin dicapai yaitu meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan pada anak anak usia 5-6 tahun
Dengan bermain biji jagung
Penulis : Nindhita Senawati, S,Pd
Kondisi yang melatarbelakangi :Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah belum berkembangnya kemampuan memahami konsep bilangan di kelas B1, hal ini dapat dilihat setelah guru melakukan observasi yaitu ditemukan beberapa gejala yang muncul diantaranya adalah:
- anak belum berkembang dalam mengurutkan bilangan dari terkecil sampai terbesar atau sebaliknya
- anak belum memahami konsep bilangan lebih banyak dan lebih sedikt
- anak belum mampu mengelompokkan beberapa bilangan
- Media pembelajaran yang digunakan guru kurang variatif, guru cenderung menggunakan LK pada saat pembelajaran.
- Metode pembelajaran yang kurang variatif
Beberapa hal tersebut membuat saya untuk melakukan kegiatan belajar dan bermain yang dapat meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan yaitu dengan menggunakan biji jagung dan menerapkan model pembelajaran PBL dan PJBL didalamnya.
Mengapa praktik ini penting dibagikan :Â