Mohon tunggu...
Nanik Sulistiani
Nanik Sulistiani Mohon Tunggu... Guru - BIRUL WALIDAIN

Nanik Sulistiani lahir di Surabaya. Pembina ekstrakurikuler KIR dan Jurnalistik sekaligus pemimpin redaksi majalah madrasah Asmaa ul Husna. Karya Nanik Sulistiani dan peserta didik MTsN 4 Blitar berbentuk buku dan ber-ISBN: 1. Antologi Puisi Boom, Membuncah Asaku, 2. Antologi Cerpen Untukmu, Ibu. 3. Kumpulan KIR Siswa MTsN 4 Blitar Prestasiku adalah Ibadahku 4. Kumpulan Resensi Guru Terbesar Saya adalah Otak Saya. 5. Bunga Rampai Karya Ilmiah, Laporan Percobaan, dan Esai Generasi Emas. 6. Antologi Cerita Pendek, Cermin Diri. 7. Kumpulan Resensi, Mahkota Bunda. 8. Novel Perdana Berjudul JAMILAH 9. Buku Berjudul Takrir, Kumpulan Karya Ilmiah 10. Antologi Cerpen Berjudul Membuatku Mengerti 11. Buku Kumpulan Teks Diskusi, berejudul Open Minded and Closed Minded Semoga, perjalanan karir menulisnya berjalan lurus, tetap pada komitmen awal menulis dengan nurani, berusaha untuk tidak menghakimi, dan membuka diri untuk kritik konstruktif. Gerakan memberantas Buta Membaca Lumpuh Menulis semoga terus menjadi arah tujunya. Amin.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modul Ajar P5P2RA

30 Juli 2023   10:51 Diperbarui: 30 Juli 2023   10:55 817
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

FASE D

Tema: Kearifan Lokal

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA)

Batik Sebagai Citra Bangsa (Praktik Membuat Batik Jumput)

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

  • Berkebinekaan Global
  • Mengenal dan menghargai budaya
  • Mendalami budaya dan identitas budaya
  • Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya.
  • Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial
  • Gotong Royong
  • Kolaborasi
  • Kerjasama Komunikasi
  • Kepedulian
  • Tanggap terhadap lingkungan Sosial.

Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (PPRA)

  • Kewarganegaraan Kebangsaan (Muwatanah) 
  • Akomodatif terhadap budaya lokal
  • Komitmen Kebangsaan
  • Nasionalisme

B. Dinamis Dan Inovatif (Tathawur Wa Ibtikar)

1. Kreatif

2. Mandiri

3. Berjiwa Kompetitif

"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak - banyak supaya kamu beruntung. " (Q.S. Al-Jumu'ah: 10).

Latar Belakang 

MTsN 4 Blitar berada di Desa Sukosewu, Kecamatan Gandusari. Sebagai sebuah desa yang dianugerahi banyak potensi berupa kebudayaan, hasil alam dan pariwisata sehingga Blitar menjadi magnet bagi para wisatawan. Salah satu kekayaan budaya Blitar adalah batik yang sedang populer adalah Kembang Turi dan Puspa Dahana. Sebagai bentuk menumbuhkan semangat nasionalisme, batik dipandang sebagai salah satu alat yang dianggap mampu membentuk karakter cinta tanah air.

Tujuan 

Projek ini bertujuan untuk mengembangkan karakter akomodatif terhadap budaya lokal yakni berupa batik yang merupakan kekayaan asli bangsa Indonesia. Selain itu projek ini juga mengembangkan kemampuan berfikir kreatif kemudian dituangkan dalam karya Batik Jumput di lingkungan madrasah.

Target Pencapaian 

Setelah melakukan projek ini diharapkan peserta didik:

  • Meningkat rasa nasionalismenya
  • Menghargai kebudayaan di sekitarnya
  • Meningkatkan kreatifitas siswa dalam membaca peluang di sekitarnya.

Kolaborasi Mata Pelajaran

  • Akidah Akhlak
  • SKI
  • Seni Budaya
  • IPS
  • Prakarya
  • Inovasi 

Dalam upaya mendorong siswa untuk berkarya, berbuat, dan berubah maka guru melakukan kolaborasi antar guru mata pelajaran yang terdiri dari SKI, Seni Budaya, Prakarya, IPS, dan Akidah Akhlak untuk membuat projek kolaborasi. Aksi nyata tersebut dilaksanakan melalui kegiatan Peringatan Hari Batik Nasional. Dalam kegiatan ini peserta didik akan melakukan praktik pembuatan Batik Jumput.

 

 

Tahapan Projek

Kegiatan 1 

Pengenalan 

  • Sejarah Batik
  • Fungsi Batik
  • Jenis Batik dan asal daerah
  • Pengenalan Batik Jumput

Kontekstualisasi 

  • Mengamati contoh Batik Jumput
  • Mengidentifikasi keunikan
  • Memberikan ide inovasi terkait Batik Jumput di madrasah

Aksi

  • Perencanaan
  • Mendesain Batik Jumput
  • Pelaksanaan

Refleksi

  • Melakukan pameran pada even madrasah
  • Memfasilitasi ide-ide konstruktif yang diberikan
  • Membuat angket

Tindak lanjut

  • Menyebarkan angket
  • Mengelola ide-ide konstruktif yang diberikan
  • Melakukan perbaikan/ penyempurnaan

 

Kegiatan Pengenalan

  • Sejarah Batik
  • Fungsi Batik
  • Jenis Batik dan asal daerah
  • Pengenalan Batik Jumput
  • Alokasi Waktu : 4 JP
  • Alat/Media : Laptop dan LCD
  •  Jenis Kegiatan : Terbimbing di kelas
  • Pendahuluan 

Guru mengawali diskusi dengan peserta didik melalui beberapa stimulus di antaranya:

  • Memberikan pertanyaan terkait batik
  • Menggali informasi dari peserta didik terkait pengetahuan tentang batik
  • Inti 
  • Peserta didik disajikan tayangan tentang power point yang berkaitan tentang sejarah, fungsi dan jenis batik termasuk Batik Jumput.
  • Peserta didik diberikan waktu untuk melakukan diskusi dan tanya jawab.
  • Penutup 
  • Peserta didik didampingi guru membuat kesimpuan
  • Guru meyampaikan rancangan tugas berikutnya

Kegiatan 2 

Kontekstualisasi 

  • Mengamati contoh Batik Jumput
  • Mengidentifikasi keunikan
  • Memberikan ide inovasi terkait Batik Jumput di madrasah
  • Alokasi Waktu : 4 JP
  • Alat/Media : Batik Jumput
  • Jenis Kegiatan : Terbimbing di kelas

Pendahuluan 

  • Guru mengawali pertemuan bersama peserta didik dengan kegiatan mengamati contoh Batik Jumput yang dibuat di MTsN 4 Blitar
  • Guru memfasilitasi peserta didik untuk membuat kelompok

 Inti 

  • Peserta didik diminta untuk mengidentifikasi keunikan Batik Jumput
  • Secara bergantian kelompok siswa mempresentasikan keunikan Batik Jumput

 Penutup 

  • Peserta didik didampingi guru membuat kesimpuan, kelebihan dan keunikan Batik Jumput. ,
  • Peserta didik diarahkan supaya memberikan ide-ide yang inovatif terkait Batik Jumput yang telah diamati.
  • Guru menyampaikan rancangan pertemuan berikutnya

Kegiatan 3 

Aksi

Perencanaan 

  • Mendesain Batik Jumput
  • Pelaksanaan
  • Alokasi Waktu : 10 JP
  • Alat/Media : Kain, kelereng, tinta batik, wadah tinta
  • Jenis Kegiatan : Terbimbing di dalam dan di luar kela

Pendahuluan 

Guru menjelaskan target dan tujuan kegiatan

Inti 

  • Peserta didik membuat perencanaan pembuatan Batik Jumput.
  • Peserta didik mendesain Batik Jumput sesuai dengan yanng telah direncanakan.
  • Peserta didik melaksanakan aksi pembuatan Batik Jumput

Penutup 

  • Peserta didik didampingidan diarahkan guru untuk menyelesaikan aksi hingga tuntas
  • Guru meyampaikan rancangan tugas berikutnya

Kegiatan 4 

Refleksi 

  • Melakukan pameran pada even madrasah
  • Memfasilitasi ide-ide konstruktif yang diberikan
  • Membuat angket
  • Alokasi Waktu : 8 JP
  • Alat/Media : Batik Jumput
  • Jenis Kegiatan : Terbimbing di kelas

Pendahuluan 

  • Guru menjelaskan tujuan kegiatan kepada peserta didik
  • Guru melakukan briefing kepada peserta didik terkait pameran karya Batik Jumput
  • Guru dan siswa melakukan persiapan/ dekor tempat

Inti 

  • Peserta didik didampingi guru melakukan pameran pada suatu even madrasah/ Hari Batik Nasional Batik Jumput.
  • Peserta didik didampingi guru diharapkan agar menampung ide[1]ide konstruktif saat pameran berlangsung.

Penutup 

  • Peserta didik didampingi guru membuat melakukan refleksi atas ketiatan yang telah dilaksanakan
  • Peserta didik didampingi guru menyusun angket Guru meyampaikan rancangan tugas berikutnya

Kegiatan 5 

  • Tindak Lanjut
  • Menyebarkan angket
  • Mengelola ide-ide konstruktif yang diberikan
  • Melakukan perbaikan/ penyempurnaan
  • Alokasi Waktu : 4 JP
  • Alat/Media : Angket
  • Jenis Kegiatan : Terbimbing di kelas

Pendahuluan 

Guru menjelaskan target dan tujuan kegiatan yang akan dilakukan

Inti 

  • Peserta didik menyebarkan angket yang telah dibuat.
  • Peserta didik didampingi guru mengelola ide-ide konstruktif yang di dapat dari angket yang telah disebarkan.

Penutup 

  • Peserta didik didampingi guru menemukan kekurangan yang didapati
  • Peserrta didik didampingi guru menyusun daftar perbaikan yang perlu dilakukan

ASESMEN 

Sub Elemen

Mendalami budaya dan identitas budaya

  • Mulai Berkembang 

Membutuhkan dorongan dan bimbingan dalam mendalami budaya dan identitas budaya suatu daerah

  • Sedang Berkembang 

Mampu mendalami budaya namun belum memahami identitas budaya suatu daerah

  • Berkembang sesuai Harapan 

Mampu mendalami budaya dan telah memahami identitas budaya suatu daerah

  • Sangat Berkembang

Mampu mendalami budaya dan telah memahami identitas budaya suatu daerah dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari

Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial

  • Mulai Berkembang 

Membutuhkan dorongan dan bimbingan dalam mendalami budaya dan identitas budaya suatu daerah Mampu mendalami budaya namun belum memahami identitas budaya suatu daerah Mampu mendalami budaya dan telah memahami identitas budaya suatu daerah dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari Mampu mendalami budaya dan telah memahami identitas

  • Sedang Berkembang 

Telah mampu memahami dinamika budaya yang berupa pemahaman dan kepercayaan namun belum mempraktikkan pada keseharian dalam konteks personal dan sosial yang terjadi di sekitarnya

  • Berkembang sesuai Harapan 

Telah mampu memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan dan mampu mempraktikkan pada keseharian dalam konteks personal dan sosial yang terjadi di sekitarnya

  • Sangat Berkembang

Telah mampu memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan dan terbiasa mempraktikkan dalam keseharian dalam konteks personal dan sosial yang terjadi di sekitarnya

Kerjasama

  • Mulai Berkembang 

Menerima tugas kelompok namun masih belum terlalu memahami peran yang diberikan bersama

  • Sedang Berkembang 

Menerima dan melaksanakan tugas serta peran yang diberikan kelompok namun membutuhkan supervisi

  • Berkembang sesuai Harapan 

Menerima dan melaksanakan tugas serta peran yang diberikan kelompok dalam sebuah kegiatan bersama

  • Sangat Berkembang

Menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok.

Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama

  • Mulai Berkembang 

Memahami informasi sederhana dari orang lain dan menyampaikan informasi sederhana kepada orang lain menggunakan katakatanya sendiri namun informasinya belum tepat

  • Sedang Berkembang 

Memahami informasi sederhana dari orang lain dan menyampaikan informasi sederhana tersebut kepada orang lain menggunakan katakatanya sendiri dengan bimbingan

  • Berkembang sesuai Harapan 

Memahami informasi sederhana dari orang lain dan menyampaikan informasi sederhana kepada orang lain menggunakan kata-katanya sendiri.

  • Sangat Berkembang

Memahami informasi yang disampaikan (ungkapan pikiran, perasaan, dan keprihatinan) orang lain dan menyampaikan informasi secara akurat menggunakan berbagai simbol dan media

Tanggap terhadap lingkungan Sosial

  • Mulai Berkembang 

Membutuhkan dorongan dan bimbingan dalam menumbuhkan sikap tanggap terhadap lingkungan sosial di sekitarnya

  • Sedang Berkembang 

Sudah tumbuh sikap tanggap terhadap lingkungan di sekitarnya

  • Berkembang sesuai Harapan 

Memiliki kepedulian terhadap lingkungan sosial di sekitarnya

  • Sangat Berkembang

Memiliki kepedulian terhadap lingkungan sosial di sekitarnya dengan berusaha menjadi problem solver

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun