FASE D
Tema: Kearifan Lokal
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA)
Batik Sebagai Citra Bangsa (Praktik Membuat Batik Jumput)
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
- Berkebinekaan Global
- Mengenal dan menghargai budaya
- Mendalami budaya dan identitas budaya
- Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya.
- Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial
- Gotong Royong
- Kolaborasi
- Kerjasama Komunikasi
- Kepedulian
- Tanggap terhadap lingkungan Sosial.
Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (PPRA)
- Kewarganegaraan Kebangsaan (Muwatanah)Â
- Akomodatif terhadap budaya lokal
- Komitmen Kebangsaan
- Nasionalisme
B. Dinamis Dan Inovatif (Tathawur Wa Ibtikar)
1. Kreatif
2. Mandiri
3. Berjiwa Kompetitif
"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak - banyak supaya kamu beruntung. " (Q.S. Al-Jumu'ah: 10).
Latar BelakangÂ
MTsN 4 Blitar berada di Desa Sukosewu, Kecamatan Gandusari. Sebagai sebuah desa yang dianugerahi banyak potensi berupa kebudayaan, hasil alam dan pariwisata sehingga Blitar menjadi magnet bagi para wisatawan. Salah satu kekayaan budaya Blitar adalah batik yang sedang populer adalah Kembang Turi dan Puspa Dahana. Sebagai bentuk menumbuhkan semangat nasionalisme, batik dipandang sebagai salah satu alat yang dianggap mampu membentuk karakter cinta tanah air.
TujuanÂ
Projek ini bertujuan untuk mengembangkan karakter akomodatif terhadap budaya lokal yakni berupa batik yang merupakan kekayaan asli bangsa Indonesia. Selain itu projek ini juga mengembangkan kemampuan berfikir kreatif kemudian dituangkan dalam karya Batik Jumput di lingkungan madrasah.
Target PencapaianÂ
Setelah melakukan projek ini diharapkan peserta didik:
- Meningkat rasa nasionalismenya
- Menghargai kebudayaan di sekitarnya
- Meningkatkan kreatifitas siswa dalam membaca peluang di sekitarnya.
Kolaborasi Mata Pelajaran
- Akidah Akhlak
- SKI
- Seni Budaya
- IPS
- Prakarya
- InovasiÂ
Dalam upaya mendorong siswa untuk berkarya, berbuat, dan berubah maka guru melakukan kolaborasi antar guru mata pelajaran yang terdiri dari SKI, Seni Budaya, Prakarya, IPS, dan Akidah Akhlak untuk membuat projek kolaborasi. Aksi nyata tersebut dilaksanakan melalui kegiatan Peringatan Hari Batik Nasional. Dalam kegiatan ini peserta didik akan melakukan praktik pembuatan Batik Jumput.
Â
Â
Tahapan Projek
Kegiatan 1Â
PengenalanÂ
- Sejarah Batik
- Fungsi Batik
- Jenis Batik dan asal daerah
- Pengenalan Batik Jumput
KontekstualisasiÂ
- Mengamati contoh Batik Jumput
- Mengidentifikasi keunikan
- Memberikan ide inovasi terkait Batik Jumput di madrasah
Aksi
- Perencanaan
- Mendesain Batik Jumput
- Pelaksanaan
Refleksi
- Melakukan pameran pada even madrasah
- Memfasilitasi ide-ide konstruktif yang diberikan
- Membuat angket
Tindak lanjut
- Menyebarkan angket
- Mengelola ide-ide konstruktif yang diberikan
- Melakukan perbaikan/ penyempurnaan
Â
Kegiatan Pengenalan
- Sejarah Batik
- Fungsi Batik
- Jenis Batik dan asal daerah
- Pengenalan Batik Jumput
- Alokasi Waktu : 4 JP
- Alat/Media : Laptop dan LCD
- Â Jenis Kegiatan : Terbimbing di kelas
- PendahuluanÂ
Guru mengawali diskusi dengan peserta didik melalui beberapa stimulus di antaranya:
- Memberikan pertanyaan terkait batik
- Menggali informasi dari peserta didik terkait pengetahuan tentang batik
- IntiÂ
- Peserta didik disajikan tayangan tentang power point yang berkaitan tentang sejarah, fungsi dan jenis batik termasuk Batik Jumput.
- Peserta didik diberikan waktu untuk melakukan diskusi dan tanya jawab.
- PenutupÂ
- Peserta didik didampingi guru membuat kesimpuan
- Guru meyampaikan rancangan tugas berikutnya
Kegiatan 2Â
KontekstualisasiÂ
- Mengamati contoh Batik Jumput
- Mengidentifikasi keunikan
- Memberikan ide inovasi terkait Batik Jumput di madrasah
- Alokasi Waktu : 4 JP
- Alat/Media : Batik Jumput
- Jenis Kegiatan : Terbimbing di kelas
PendahuluanÂ
- Guru mengawali pertemuan bersama peserta didik dengan kegiatan mengamati contoh Batik Jumput yang dibuat di MTsN 4 Blitar
- Guru memfasilitasi peserta didik untuk membuat kelompok
 IntiÂ
- Peserta didik diminta untuk mengidentifikasi keunikan Batik Jumput
- Secara bergantian kelompok siswa mempresentasikan keunikan Batik Jumput
 PenutupÂ
- Peserta didik didampingi guru membuat kesimpuan, kelebihan dan keunikan Batik Jumput. ,
- Peserta didik diarahkan supaya memberikan ide-ide yang inovatif terkait Batik Jumput yang telah diamati.
- Guru menyampaikan rancangan pertemuan berikutnya
Kegiatan 3Â
Aksi
PerencanaanÂ
- Mendesain Batik Jumput
- Pelaksanaan
- Alokasi Waktu : 10 JP
- Alat/Media : Kain, kelereng, tinta batik, wadah tinta
- Jenis Kegiatan : Terbimbing di dalam dan di luar kela
PendahuluanÂ
Guru menjelaskan target dan tujuan kegiatan
IntiÂ
- Peserta didik membuat perencanaan pembuatan Batik Jumput.
- Peserta didik mendesain Batik Jumput sesuai dengan yanng telah direncanakan.
- Peserta didik melaksanakan aksi pembuatan Batik Jumput
PenutupÂ
- Peserta didik didampingidan diarahkan guru untuk menyelesaikan aksi hingga tuntas
- Guru meyampaikan rancangan tugas berikutnya
Kegiatan 4Â
RefleksiÂ
- Melakukan pameran pada even madrasah
- Memfasilitasi ide-ide konstruktif yang diberikan
- Membuat angket
- Alokasi Waktu : 8 JP
- Alat/Media : Batik Jumput
- Jenis Kegiatan : Terbimbing di kelas
PendahuluanÂ
- Guru menjelaskan tujuan kegiatan kepada peserta didik
- Guru melakukan briefing kepada peserta didik terkait pameran karya Batik Jumput
- Guru dan siswa melakukan persiapan/ dekor tempat
IntiÂ
- Peserta didik didampingi guru melakukan pameran pada suatu even madrasah/ Hari Batik Nasional Batik Jumput.
- Peserta didik didampingi guru diharapkan agar menampung ide[1]ide konstruktif saat pameran berlangsung.
PenutupÂ
- Peserta didik didampingi guru membuat melakukan refleksi atas ketiatan yang telah dilaksanakan
- Peserta didik didampingi guru menyusun angket Guru meyampaikan rancangan tugas berikutnya
Kegiatan 5Â
- Tindak Lanjut
- Menyebarkan angket
- Mengelola ide-ide konstruktif yang diberikan
- Melakukan perbaikan/ penyempurnaan
- Alokasi Waktu : 4 JP
- Alat/Media : Angket
- Jenis Kegiatan : Terbimbing di kelas
PendahuluanÂ
Guru menjelaskan target dan tujuan kegiatan yang akan dilakukan
IntiÂ
- Peserta didik menyebarkan angket yang telah dibuat.
- Peserta didik didampingi guru mengelola ide-ide konstruktif yang di dapat dari angket yang telah disebarkan.
PenutupÂ
- Peserta didik didampingi guru menemukan kekurangan yang didapati
- Peserrta didik didampingi guru menyusun daftar perbaikan yang perlu dilakukan
ASESMENÂ
Sub Elemen
Mendalami budaya dan identitas budaya
- Mulai BerkembangÂ
Membutuhkan dorongan dan bimbingan dalam mendalami budaya dan identitas budaya suatu daerah
- Sedang BerkembangÂ
Mampu mendalami budaya namun belum memahami identitas budaya suatu daerah
- Berkembang sesuai HarapanÂ
Mampu mendalami budaya dan telah memahami identitas budaya suatu daerah
- Sangat Berkembang
Mampu mendalami budaya dan telah memahami identitas budaya suatu daerah dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial
- Mulai BerkembangÂ
Membutuhkan dorongan dan bimbingan dalam mendalami budaya dan identitas budaya suatu daerah Mampu mendalami budaya namun belum memahami identitas budaya suatu daerah Mampu mendalami budaya dan telah memahami identitas budaya suatu daerah dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari Mampu mendalami budaya dan telah memahami identitas
- Sedang BerkembangÂ
Telah mampu memahami dinamika budaya yang berupa pemahaman dan kepercayaan namun belum mempraktikkan pada keseharian dalam konteks personal dan sosial yang terjadi di sekitarnya
- Berkembang sesuai HarapanÂ
Telah mampu memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan dan mampu mempraktikkan pada keseharian dalam konteks personal dan sosial yang terjadi di sekitarnya
- Sangat Berkembang
Telah mampu memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan dan terbiasa mempraktikkan dalam keseharian dalam konteks personal dan sosial yang terjadi di sekitarnya
Kerjasama
- Mulai BerkembangÂ
Menerima tugas kelompok namun masih belum terlalu memahami peran yang diberikan bersama
- Sedang BerkembangÂ
Menerima dan melaksanakan tugas serta peran yang diberikan kelompok namun membutuhkan supervisi
- Berkembang sesuai HarapanÂ
Menerima dan melaksanakan tugas serta peran yang diberikan kelompok dalam sebuah kegiatan bersama
- Sangat Berkembang
Menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok.
Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama
- Mulai BerkembangÂ
Memahami informasi sederhana dari orang lain dan menyampaikan informasi sederhana kepada orang lain menggunakan katakatanya sendiri namun informasinya belum tepat
- Sedang BerkembangÂ
Memahami informasi sederhana dari orang lain dan menyampaikan informasi sederhana tersebut kepada orang lain menggunakan katakatanya sendiri dengan bimbingan
- Berkembang sesuai HarapanÂ
Memahami informasi sederhana dari orang lain dan menyampaikan informasi sederhana kepada orang lain menggunakan kata-katanya sendiri.
- Sangat Berkembang
Memahami informasi yang disampaikan (ungkapan pikiran, perasaan, dan keprihatinan) orang lain dan menyampaikan informasi secara akurat menggunakan berbagai simbol dan media
Tanggap terhadap lingkungan Sosial
- Mulai BerkembangÂ
Membutuhkan dorongan dan bimbingan dalam menumbuhkan sikap tanggap terhadap lingkungan sosial di sekitarnya
- Sedang BerkembangÂ
Sudah tumbuh sikap tanggap terhadap lingkungan di sekitarnya
- Berkembang sesuai HarapanÂ
Memiliki kepedulian terhadap lingkungan sosial di sekitarnya
- Sangat Berkembang
Memiliki kepedulian terhadap lingkungan sosial di sekitarnya dengan berusaha menjadi problem solver