Saya ingin berbagi tugas saya pada bulan kemarin dalam LMS CGP yang saya ikuti.
Dalam aktifitas tersebut CGP diminta untuk membuat untuk merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari hingga kini, dengan merespon pertanyaan.
1.3.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.3
Durasi : 2 JP
Moda : Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif.Â
Di tahap ini, Bapak/Ibu diminta untuk merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari hingga kini, dengan merespon pertanyaan berikut:
Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?
Revisi dan rumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah Bapak/Ibu buat berdasarkan jawaban pertanyaan diatas, ke dalam sebuah VISI yang membuat Bapak/Ibu bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya!
Pemahaman saya dalam tugas tersebut saya tuangkan dalam presentasi dibawah iniÂ
atau klik tautan dibawah iniÂ
Kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah
Pemahaman saya pada Modul 1.1 tentang Filosofis Ki Hadjar DewantaraÂ
- Ing Ngarso Sungtulodo Ing Madyo Mangung Karso Tut Wuri Handayani
- Pendidikan  menuntun anak, sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman.
Pemahaman saya pada Modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru PenggerakÂ
- Pengetahuan awal tentang kebajikan universal, bagaimana otak manusia bekerja, dan tergerak,Â
- 5 Nilai Guru Penggerak dan perannya
- 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila
Pemahaman saya pada Modul 1.3 tentang Visi Guru PenggerakÂ
- Visi guru penggerak
- Pendekatan Inquiry Apresiatif (IA) dengan pola BAGJA
Visi saya sebagai CGPÂ
Terciptanya siswa yang memilikiÂ
- Â karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila,Â
- Â Soft skill
- Â Hard skill
Prakarsa perubahan demi mewujudkan visi tersebut, saya  harus :Â
- Menjadi guru yang aktif dan produktif (prakarsa terhadap diri sendiri),
- Berusaha belajar dan berinovasi dalam pendidikan
- Menumbuhkan motivasi, kemandirian dan inovasi pada murid sesuai Profil Pelajar Pancasila
Selengkapnya diÂ
 koneksi antar materi modul 1.3
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H