Mohon tunggu...
Nani E.
Nani E. Mohon Tunggu... Guru - PENGAJAR

menikmati hidup seperti air mengalir

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Koneksi antar Materi

11 Desember 2022   11:30 Diperbarui: 11 Desember 2022   11:32 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Saya ingin berbagi tugas saya pada bulan kemarin dalam LMS CGP yang saya ikuti.

Dalam aktifitas tersebut CGP diminta untuk membuat untuk merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari hingga kini, dengan merespon pertanyaan.

1.3.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.3

Durasi : 2 JP
Moda : Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif. 

Di tahap ini, Bapak/Ibu diminta untuk merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari hingga kini, dengan merespon pertanyaan berikut:

Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?

Revisi dan rumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah Bapak/Ibu buat berdasarkan jawaban pertanyaan diatas, ke dalam sebuah VISI yang membuat Bapak/Ibu bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya!

Pemahaman saya dalam tugas tersebut saya tuangkan dalam presentasi dibawah ini 

atau klik tautan dibawah ini 

https://youtu.be/QeE90H0v25M

Kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah

Pemahaman saya pada Modul 1.1 tentang Filosofis Ki Hadjar Dewantara 

  • Ing Ngarso Sungtulodo Ing Madyo Mangung Karso Tut Wuri Handayani
  • Pendidikan  menuntun anak, sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman.

Pemahaman saya pada Modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak 

  • Pengetahuan awal tentang kebajikan universal, bagaimana otak manusia bekerja, dan tergerak, 
  • 5 Nilai Guru Penggerak dan perannya
  • 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila

Pemahaman saya pada Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak 

  • Visi guru penggerak
  • Pendekatan Inquiry Apresiatif (IA) dengan pola BAGJA

Visi saya sebagai CGP 

Terciptanya siswa yang memiliki 

-  karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila, 

-  Soft skill

-  Hard skill

Prakarsa perubahan demi mewujudkan visi tersebut, saya  harus : 

  • Menjadi guru yang aktif dan produktif (prakarsa terhadap diri sendiri),
  • Berusaha belajar dan berinovasi dalam pendidikan
  • Menumbuhkan motivasi, kemandirian dan inovasi pada murid sesuai Profil Pelajar Pancasila

Selengkapnya di 

https://youtu.be/QeE90H0v25M

 koneksi antar materi modul 1.3

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun