Lokasi: SMP Negeri 259 Jakarta
Lingkup Pendidikan: Sekolah Menengah Pertama
Tujuan yang Ingin Dicapai: Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran PBL.
Penulis: Nanda Pratiwi, S.Pd.
Tanggal: 31 Oktober 2022
Peningkatan kemampuan mengajar merupakan suatu proses pembentukan keterampilan yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap mantap yang diharapkan telah terbentuk menempuh berbagai mata pelajaran. Proses pembentukan keterampilan lebih-lebih ketrampilan mengajar haruslah dilakukan secara bertahap dan sistematis, sehingga penguasaan keterampilan dapat dipantau secara bertahap dan sistematis pula. Seorang guru harus bisa mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukannya untuk melihat dan memperbaiki kelemahan dalam pembelajaran yang disampaikan kepada peserta didik. Untuk itulah kegiatan refleksi sangat diperlukan.
Refleksi adalah guru mampu menentukan mengapa pelajaran tidak memuaskan (aktivitas atau materi pelajaran tidak tepat, langkah-langkah yang lemah atau pengelompokan siswa yang tidak tepat), sehingga dapat diperbaiki di waktu mendatang. Dengan demikian, guru akan senantiasa memperbaiki diri dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kegiatan refleksi ini, guru lakukan terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) semester satu tentang pokok bahasan "Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi" yang dilaksanakan pada Senin, 31 Oktober 2022. Pembelajaran yang dilakukan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
A. Kondisi yang menjadi latar belakang masalah dalam praktik pembelajaran ini
1. Guru masih menjadi sentral dalam proses pembelajaran.
2. Media yang digunakan tidak menarik minat siswa dalam belajar.