Mohon tunggu...
Nana Marcecilia
Nana Marcecilia Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - Menikmati berjalannya waktu

Mengekspresikan hati dan pikiran melalui tulisan

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Puzzle Soto Betawi

13 September 2021   22:23 Diperbarui: 13 September 2021   22:31 907
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Soto Betawi | Dokumentasi Pribadi

Aku dan ayah ibuku seperti tidak berani memecah keheningan. Kami hanya fokus mengunyah nasi putih yang hangat, yang dilengkapi dengan taburan bawang goreng, sedikit kuah dan daging sapi. Sesekali terdengar suara ayah dan ibuku menghirup kuah Soto Betawi. 

"Slurrpp", begitu bunyinya. 

Keheningan dalam menyantap Soto Betawi sama sekali tidak berani kami buyarkan, rasanya sekali kami memecah keheningan, kenikmatan rasa soto akan berkurang. Kami mesti makan secara mindful. 

***

"Be, Betawi itu kan di Jakarta, ya? Kenapa Soto Betawi bisa sampe ke Tangerang?", tanyaku kepada ayah selama dalam perjalanan pulang.

"Dulu dibikinnye di Jakarta, udah terkenal ya nyebar kemane-mane, kayak Soto Lamongan, Soto Kudus, kan ada dimane-mane tuh", jelas ayahku. 

Aku pun manggut-manggut memahami. 

"Bedanye Soto Betawi sama Soto yang lain ape, Be?", tanyaku lagi pada ayah.

"Kuahnye Soto Betawi pake santen sama susu, kalau yang lain rata-rata pade bening.", jelas ayah menatapku melalui kaca spion tengah, dan aku kembali manggut-manggut memahami. 

***

Tinggal di Gading Serpong sejak kecil, bukan berarti aku gak tahu kalau aku orang Betawi asli. Disaat teman-temanku memanggil ayah ibunya, papa-mama, papi-mami, daddy dan mom. Aku malah memanggil ayah ibuku dengan sebutan babe-nyak.

"Biar beda dari yang lain", mereka selalu menjawab seperti ini setiap aku tanya kenapa mereka tidak mau dipanggil sebutan orang tua yang lebih modern.

Hmm.. mungkin faktor ayahku orang Betawi tulen, sedangkan ibuku Peranakan Tionghoa-Betawi. Jadi khas Betawi ingin tetap mereka pakai.

***

Suatu hari aku pergi bersama ayah dan ibuku mengantarkan pesanan, sekalian jalan-jalan supaya tidak bosan di rumah saja.

Tujuan perjalanan ke Kelapa Dua, Jakarta Barat, kemudian dilanjutkan ke Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Nyak, kok di Jakarta nama tempatnye pada pake kelapa sih?", tanyaku yang duduk di mobil bersama ibuku, sembari menunggu ayah yang sudah turun dari mobil dan sedang memberikan pesanan pada pelanggannya.

"Di Jakarta dulu banyak pohon kelapa.", jelas ibuku. 

"Hoo...", sahutku, yang kemudian teringat dengan Soto Betawi yang kuahnya terbuat dari santen dan susu. "Santen itu dari kelapa kan ye, Nyak?"

"Iye.". 

Aku pun langsung memberikan kesimpulan, "jadi dibilang Soto Betawi karena kuahnye dari kelapa, yang pohonnye ditanem di Jakarta". 

Ibuku tergelak mendengarkan kesimpulanku itu. 

"Penasaran amet lu, Dul, sama Soto Betawi. Bentar Nyak nyari di Google.", ibuku pun membuka smartphone-nya dan mulai membacanya. 

Aku pun menunggu informasi darinya, karena belum punya smartphone. 

"Anak SD belum perlu punya hape, pake punya Nyak aje kalau cuman buat maen meh". Ah, begitulah orang tuaku memang berbeda dengan orang tua yang lain. 

"Gak ade penjelasannye, Dul, cuman nih dulu Soto Betawi ditemuin sama Lie Boen Po tahun 70-an. Pas kedainye tutup tahun 91, baru deh tuh Soto Betawi terkenal.", jelas ibuku. 

"Kasian amet Nyak, terkenalnya kok setelah kedainye tutup?", pasti Lie Boen Po itu rugi banget, dia yang cape-cape buat resepnya, terkenalnya malah setelah tutup.

"Gak dijelasin sih disini. Cuman dikasih tau tempat mangkalnye tuh di THR Lokasari nih, Prinsen Park", lanjut ibuku masih menatap layar smartphone-nya. 

"Boleh kesana gak, Nyak? Mau liat tempatnye", aku langsung bersemangat.

"Kedainya dah tutup Dul", kata ibuku. 

***

Walau pembicaraan sudah usai, tapi kepalaku masih terngiang dengan Soto Betawi. Makanan yang wajib kami makan setiap akhir minggu di warung. 

Tidak pernah kami makan di mall. 

"Enakan di warung, makan sambil keringetan, jadi antara hawa panas sama pedes berasa", jelas ayah kalau aku tanya kenapa tidak mau makan Soto Betawi di mall.

Entah itu sebenarnya alasan mau irit atau ayah ibuku memang ingin merasakan sensasi keringatannya. 

Tapi kalau diperhatikan memang seru sih melihat ayahku kalau makan, mulutnya tidak pernah berhenti dari "huh hah" karena kepedasan, dan sibuk mengelap keringat dengan tissue.

Sedangkan ibuku lebih anggun, mulutnya sesekali terdengar desis kepedasan, keringatnya juga muncul yang sesekali dilap dengan hati-hati. 

"Dul, pesenin ke dalem dong, soto dibungkus, satu, gak usah pake jeroan, ye!", suruh ayah saat melihatku sudah selesai makan. 

Aku pun langsung pergi ke dapurnya, seperti yang biasa ibuku lakukan kalau memesan Soto. 

"Oke, padahal seruan makan soto pake jeroan, dek", kata sang bapak chef. 

"Kenapa, Pak?", tanyaku penasaran.

"Soto itu pan artinya masak jeroan, jadi makan soto ya enaknya ada jeroan", lanjut bapak chef sambil menyiapkan pesananku. 

***

Sesampainya di rumah, kepalaku masih memikirkan pengertian soto. Padahal selama ini yang aku makan dari Soto Betawi hanyalah daging, tanpa jeroan.

"Nyak, boleh pinjem hape, gak? Pengen tau tentang Soto. Kata yang masak tadi, soto artinya masak jeroan, masa, Nyak?", aku perlu menjelaskan panjang kali lebar dulu, sebelum ibuku menolak memberikan smartphone-nya.

"Oh gitu, boleh nih, Nyak juga jadi penasaran", kata ibuku sambil menyodorkan smartphone, sambil ikut duduk didekatku. 

Cari punya cari kata kunci, akhirnya ketemulah penjelasan tentang Soto. Aku pun meminta Ibu yang membacanya dulu, baru menjelaskan, karena kurang paham dengan bahasanya. 

"Soto tuh pertama kali dibuat sama orang Tionghoa yang tinggal di Indonesia, Dul. Namanya dulu Shao Tu. Shao artinye masak, Tu itu artinye jeroan. Biar gampang kayaknye, maka nyebutnye Soto. Nah, pake jeroan ini karena dulu harga daging mahal.", jelas ibuku.

"Cuman bedanye, kalau orang Tionghoa dulu masaknye pake jeroan babi, nah, kalau Muslim pakenye jeroan sapi, kerbau atau ayam. Sekarang meh supaya banyak yang bisa makan, jadi dimasaknya pake jeroan sapi, dan sekarang kan daging sapi kagak semahal dulu kali.", lanjut ibuku menjelaskan sembari tetap menatap layar smartphone-nya.

"Hoo, jadi Abdul nanti boleh makan jeroan dong Nyak kalau makan Soto Betawi?", tanyaku.

"Sekali-sekali aje, soalnye kuahnye udah santen. Tar kecil-kecil lu malah kolesterol". 

Aku pun mengangguk dan gak paham dengan istilah kolesterol, karena otakku sekarang sedang menyusun puzzle informasi tentang Soto Betawi yang aku dapatkan.

Soto khas Jakarta dengan kuah santennya, karena di Jakarta dulu banyak pohon kelapa. 

Soto Betawi diracik pertama kali oleh Lie Boen Po, tapi terkenalnya malah setelah kedainya tutup. Nah, soto sendiri artinya masak jeroan, karena dulu harga daging mahal. 

Ah, ternyata ada cerita dibalik nikmat Soto Betawi. Tar udah gede aku ingin jualan Soto Betawi, ah.

Referensi :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun