Mohon tunggu...
Nana Marcecilia
Nana Marcecilia Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - Menikmati berjalannya waktu

Mengekspresikan hati dan pikiran melalui tulisan

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Puzzle Soto Betawi

13 September 2021   22:23 Diperbarui: 13 September 2021   22:31 907
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Soto Betawi | Dokumentasi Pribadi

Sesampainya di rumah, kepalaku masih memikirkan pengertian soto. Padahal selama ini yang aku makan dari Soto Betawi hanyalah daging, tanpa jeroan.

"Nyak, boleh pinjem hape, gak? Pengen tau tentang Soto. Kata yang masak tadi, soto artinya masak jeroan, masa, Nyak?", aku perlu menjelaskan panjang kali lebar dulu, sebelum ibuku menolak memberikan smartphone-nya.

"Oh gitu, boleh nih, Nyak juga jadi penasaran", kata ibuku sambil menyodorkan smartphone, sambil ikut duduk didekatku. 

Cari punya cari kata kunci, akhirnya ketemulah penjelasan tentang Soto. Aku pun meminta Ibu yang membacanya dulu, baru menjelaskan, karena kurang paham dengan bahasanya. 

"Soto tuh pertama kali dibuat sama orang Tionghoa yang tinggal di Indonesia, Dul. Namanya dulu Shao Tu. Shao artinye masak, Tu itu artinye jeroan. Biar gampang kayaknye, maka nyebutnye Soto. Nah, pake jeroan ini karena dulu harga daging mahal.", jelas ibuku.

"Cuman bedanye, kalau orang Tionghoa dulu masaknye pake jeroan babi, nah, kalau Muslim pakenye jeroan sapi, kerbau atau ayam. Sekarang meh supaya banyak yang bisa makan, jadi dimasaknya pake jeroan sapi, dan sekarang kan daging sapi kagak semahal dulu kali.", lanjut ibuku menjelaskan sembari tetap menatap layar smartphone-nya.

"Hoo, jadi Abdul nanti boleh makan jeroan dong Nyak kalau makan Soto Betawi?", tanyaku.

"Sekali-sekali aje, soalnye kuahnye udah santen. Tar kecil-kecil lu malah kolesterol". 

Aku pun mengangguk dan gak paham dengan istilah kolesterol, karena otakku sekarang sedang menyusun puzzle informasi tentang Soto Betawi yang aku dapatkan.

Soto khas Jakarta dengan kuah santennya, karena di Jakarta dulu banyak pohon kelapa. 

Soto Betawi diracik pertama kali oleh Lie Boen Po, tapi terkenalnya malah setelah kedainya tutup. Nah, soto sendiri artinya masak jeroan, karena dulu harga daging mahal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun