Koq banyak kabel sambungan listrik di kelas ini?. Pertanyaan ini sering saya ajukan ketika masuk di setiap kelas yang saya ajar. Tentu sebagai guru kita sering berhadapan dengan tantangan dan kondisi pembelajaran di kelas kita masing-masing.Â
Murid-murid kita saat ini sangat akrab dengan gawai. Keakraban mereka tentunya akan menjadi sebuah potensi yang dapat kita maksimalkan secara positif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang sekaligus memperkuat model dan metode pembelajaran yang kita laksanakan di dalam kelas.
"Dilema Hp -- Discovery learning manual dan HP". Kegiatan pembelajaran ini saya laksanakan pada pembelajaran Pemesanan Tempat dan Penghitungan Tarif Penerbangan.
Istilah Dilema Hp saya gunakan untuk menggugah murid dalam pembelajaran agar gawai  (handphone) yang mereka sering gunakan dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Â
Kegiatan dalam Dilema Hp ini saya susun berdasarkan urutan fase berikut:
Fase 1 : ORIENTASI
Pada fase orientasi ini guru melakukan beberapa kegiatan adalah:
- Memberikan informasi mengenai materi yang akan dibahas dan didiskusikan
- Memperlihatkan Manual Fares Rules yang akan dipergunakan dalam pembelajaran
- Menginformasikan metode yang akan digunakan dalam pembelajaran
- Menginformasikan mengapa saat pembelajaran kali ini menggunakan gawai (HP)
- Mengingatkan aturan sekolah mengenai penggunaan gawai
- Memberikan info mengenai materi Special Fares
- Menginformasikan dan memperlihatkan lembar kerja
Fase 2 : KOLABORASI
Fase kedua adalah fase kolaborasi. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah:
- Guru meminta peserta didik membentuk kelompok
- Peserta didik mengatur kelas untuk tempat bekerja kelompok
- Guru menginformasikan untuk mengambil manual book dan menyiapkan gawai
- Guru mengawasi pengaturan kelas
Fase 3 : EKSPLORASI
Dalam fase 3 ini, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh guru dan peserta didik:
- Guru membagikan lembar kerja
- Guru mengingatkan cara menyelesaikan lembar kerja
- Peserta didik dalam kelompoknya melakukan eksplorasi menggunakan buku panduan (manual book) dan gawai (handphone)
Fase 4 : ANALISIS DAN DISKUSI
Pada fase 4 ini, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh guru dan peserta didik:
- Peserta didik melakukan analisis dan diskusi menggunakan manual dan HP
- Guru mendatangi dan mengecek setiap kelompok dalam melaksanakan aktivitasnya
- Peserta didik melakukan diskusi dengan teman-temannya
Fase 5 : PRESENTASI
Dalam fase 5 ini peserta didik diminta secara bergantian mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
Fase 6 : REFLEKSIÂ
Dalam fase 6 ini  dilakuan beberapa kegiatan :
- Guru membuat resume hasil presentasi peserta didik
- Guru menanyakan apakah penggunaan manual book dan handphone dirasakan kemanfaatannya
- Menanyakan maana yang lebih dirasa memudahkan
- Menekankan bahwa kedua alat bantu tersebut saling melengkapi
- Menyarankan penggunaan bahasa Inggris yang baik dan benar
- Berterima kasih atas partisipasi peserta didik
Semoga fase-fase yang saya tuliskan dapat menjadi informasi dan alternatif bagi rekan-rekan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas masing-masing (MT-240223)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H