Mohon tunggu...
Mustafa Tope
Mustafa Tope Mohon Tunggu... Guru - Guru SMK Negeri 4 Makassar

membaca, menulis, mengajar, berdiskusi, belajar, memfasilitasi, melakukan perjalanan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dilema HP

24 Februari 2023   20:00 Diperbarui: 24 Februari 2023   20:02 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana Pembelajaran Dilema HP (Dok Pribadi: MT)

Koq banyak kabel sambungan listrik di kelas ini?. Pertanyaan ini sering saya ajukan ketika masuk di setiap kelas yang saya ajar. Tentu sebagai guru kita sering berhadapan dengan tantangan dan kondisi pembelajaran di kelas kita masing-masing. 

Murid-murid kita saat ini sangat akrab dengan gawai. Keakraban mereka tentunya akan menjadi sebuah potensi yang dapat kita maksimalkan secara positif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang sekaligus memperkuat model dan metode pembelajaran yang kita laksanakan di dalam kelas.

"Dilema Hp -- Discovery learning manual dan HP". Kegiatan pembelajaran ini saya laksanakan pada pembelajaran Pemesanan Tempat dan Penghitungan Tarif Penerbangan.

Istilah Dilema Hp saya gunakan untuk menggugah murid dalam pembelajaran agar gawai  (handphone) yang mereka sering gunakan dimanfaatkan sebagai sumber belajar.  

Kegiatan dalam Dilema Hp ini saya susun berdasarkan urutan fase berikut:

Fase 1 : ORIENTASI

Pada fase orientasi ini guru melakukan beberapa kegiatan adalah:

  • Memberikan informasi mengenai materi yang akan dibahas dan didiskusikan
  • Memperlihatkan Manual Fares Rules yang akan dipergunakan dalam pembelajaran
  • Menginformasikan metode yang akan digunakan dalam pembelajaran
  • Menginformasikan mengapa saat pembelajaran kali ini menggunakan gawai (HP)
  • Mengingatkan aturan sekolah mengenai penggunaan gawai
  • Memberikan info mengenai materi Special Fares
  • Menginformasikan dan memperlihatkan lembar kerja

Fase 2 : KOLABORASI

Fase kedua adalah fase kolaborasi. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah:

  • Guru meminta peserta didik membentuk kelompok
  • Peserta didik mengatur kelas untuk tempat bekerja kelompok
  • Guru menginformasikan untuk mengambil manual book dan menyiapkan gawai
  • Guru mengawasi pengaturan kelas

Fase 3 : EKSPLORASI

Dalam fase 3 ini, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh guru dan peserta didik:

  • Guru membagikan lembar kerja
  • Guru mengingatkan cara menyelesaikan lembar kerja
  • Peserta didik dalam kelompoknya melakukan eksplorasi menggunakan buku panduan (manual book) dan gawai (handphone)

Fase 4 : ANALISIS DAN DISKUSI

Pada fase 4 ini, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh guru dan peserta didik:

  • Peserta didik melakukan analisis dan diskusi menggunakan manual dan HP
  • Guru mendatangi dan mengecek setiap kelompok dalam melaksanakan aktivitasnya
  • Peserta didik melakukan diskusi dengan teman-temannya

Fase 5 : PRESENTASI

Dalam fase 5 ini peserta didik diminta secara bergantian mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.

Fase 6 : REFLEKSI 

Dalam fase 6 ini  dilakuan beberapa kegiatan :

  • Guru membuat resume hasil presentasi peserta didik
  • Guru menanyakan apakah penggunaan manual book dan handphone dirasakan kemanfaatannya
  • Menanyakan maana yang lebih dirasa memudahkan
  • Menekankan bahwa kedua alat bantu tersebut saling melengkapi
  • Menyarankan penggunaan bahasa Inggris yang baik dan benar
  • Berterima kasih atas partisipasi peserta didik

Semoga fase-fase yang saya tuliskan dapat menjadi informasi dan alternatif bagi rekan-rekan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas masing-masing (MT-240223)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun