Mohon tunggu...
Muhammad Agung Nugroho
Muhammad Agung Nugroho Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Angkatan 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Modul Ajar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Suara Demokrasi Kelas XI

17 Desember 2023   01:05 Diperbarui: 17 Desember 2023   02:03 1044
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MODUL AJAR

P5 KURIKULUM MERDEKA

SUARA DEMOKRASI

KELAS XI / FASE F

SEMESTER 1 (GANJIL)

I. INFORMASI UMUM

A. Identitas Modul

Nama Penyusun    : Muhammad Agung Nugroho

Nama Sekolah    : SMA Negeri 5 Surakarta

Tahun Penyusunan     : 2023

Jenjang Sekolah    : SMA

Alokasi Waktu   :

  • Pertemuan pertama: 180 menit
  • Pertemuan kedua: 180 menit
  • Pertemuan ketiga: 135 menit

Pokok pembahasan       : Proyek Demokrasi

Capaian pembelajaran:

Pada akhir fase F, peserta didik diharapkan mampu menunjukkan partisipasinya sebagai warga negara dalam demokrasi secara kontekstual.

B. Kompetensi Awal

Peserta didik telah memiliki pengetahuan awal tentang:

Pemahaman tentang Demokrasi:

  • Memiliki pengetahuan mendalam tentang prinsip-prinsip, nilai, dan fungsi demokrasi, termasuk partisipasi masyarakat, kebebasan berbicara, hak asasi manusia, dan aturan hukum.

Manajemen Proyek:

  • Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi proyek dengan efektif. Ini termasuk pengelolaan anggaran, alokasi sumber daya, perencanaan jadwal, dan pemantauan kemajuan proyek.

Kemampuan Komunikasi dan Sosialisasi:

  • Bisa berkomunikasi dengan efektif kepada semua pihak terkait proyek demokrasi, termasuk masyarakat, pemangku kepentingan, dan mitra proyek. Mampu membangun dukungan dan kolaborasi.

Negosiasi dan Diplomasi:

  • Kemampuan untuk bernegosiasi dengan berbagai pihak terkait proyek demi mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dan mempromosikan demokrasi.

Keterlibatan Masyarakat dan Pendidikan Publik:

  • Mampu menggerakkan masyarakat untuk terlibat dalam proses demokrasi, memahami pentingnya partisipasi publik, dan menyediakan pendidikan publik tentang demokrasi dan proses politik.

Analisis Kebijakan dan Evaluasi Program:

  • Mampu menganalisis kebijakan dan program yang berkaitan dengan demokrasi, serta melakukan evaluasi terhadap keberhasilan dan dampaknya terhadap masyarakat.

Keterampilan Kolaborasi dan Tim:

  • Bisa bekerja secara efektif dalam tim, berkolaborasi dengan anggota tim dan pihak-pihak lain, serta membangun sinergi dalam mencapai tujuan proyek demokrasi.

Kemampuan Mengatasi Konflik:

  • Mampu mengidentifikasi, mencegah, dan mengatasi konflik yang mungkin timbul selama implementasi proyek demokrasi dengan pendekatan yang konstruktif.

Kepemimpinan Etika:

  • Memiliki integritas dan moralitas tinggi dalam memimpin proyek demokrasi, mengutamakan kepentingan publik, dan bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan yang diambil.

C. Profil Pelajar Pancasila

Setelah mengikuti pembelajaran ini, Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul pada peserta didik adalah:

1. Mandiri, ditunjukkan dengan memiliki prakarsa untuk mengembangkan diri dan tidak tergantung pada orang lain.

2. Kreatif, ditunjukkan dengan keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan.

3. Bernalar kritis, ditunjukkan dengan memproses, mengolah, menganalisis, dan merefleksi pemikirannya sendiri.

4. Bergotong Royong, siswa bersama kelompok secara sukarela melakukan kegiatan penyelesaian tugas dapat dikerjakan dan berjalan lancar, mudah dan ringan. Masing-masing siswa dapat dengan mudah berkolaborasi, saling peduli dan berbagi.

D. Sarana & Prasarana

Sarana & Prasarana yang dibutuhkan pada saat belajar dengan modul ini antara lain:

Laptop/LCD Proyektor

Media ajar/Video

Ruang Laboratorium

Perangkat komputer

E. Target Peserta Didik

Peserta didik reguler

F. Model Pembelajaran yang Digunakan

Pembelajaran dengan Project-Based Learning (PjBL)

II. KOMPONEN INTI

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik diharapkan mampu:

  • Memahami signifikansi terlibat dalam proses pengambilan keputusan bersama, 
  • Mengidentifikasi permasalahan bersama terkait penggunaan suara dalam pengambilan keputusan kolektif, terutama terkait kesetaraan dalam pengambilan keputusan.
  • Menunjukkan pemahaman akan hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara dalam menggunakan hak suara/demokrasi.
  • Menunjukkan partisipasi aktif dalam pengambilan keputusan bersama.
  • Mengklarifikasi dan menganalisis ide-ide serta informasi yang kompleks dan abstrak dari berbagai sumber.
  • Memprioritaskan ide yang paling relevan setelah melakukan klarifikasi dan analisis terkait pengambilan keputusan.
  • Menghasilkan beragam gagasan untuk mengekspresikan pemikiran dan/atau perasaan mereka.        

B. Pemahaman Bermakna

Prinsip-prinsip Demokrasi: Peserta didik memahami prinsip-prinsip dasar demokrasi, seperti kebebasan berbicara, kebebasan berpendapat, keadilan, partisipasi aktif, dan hak asasi manusia.

Proses Demokrasi: Peserta didik memahami bagaimana sistem demokrasi berfungsi, termasuk pemilihan, peran lembaga-lembaga pemerintah, pembuatan keputusan, dan interaksi antara pemerintah dan masyarakat.

Peran Warga Negara: Peserta didik memahami peran dan tanggung jawab warga negara dalam menerapkan prinsip-prinsip demokrasi, termasuk hak dan kewajiban mereka dalam mempengaruhi kebijakan dan pengambilan keputusan.

Pelaksanaan Proyek Demokrasi: Peserta didik memahami bagaimana menerapkan prinsip-prinsip demokrasi dalam proyek konkret, termasuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proyek yang melibatkan partisipasi dan kerja sama.

Manfaat Demokrasi: Peserta didik memahami manfaat yang diperoleh dari penerapan prinsip-prinsip demokrasi, seperti pemerataan kekuasaan, inklusivitas, stabilitas sosial, dan kemajuan masyarakat.

C. Pertanyaan Pemantik

1. Apa yang dimaksud dengan proyek demokrasi dan mengapa penting untuk diimplementasikan dalam masyarakat?

2. Bagaimana Suara Demokrasi terkait dengan nilai-nilai Pancasila, seperti keadilan, persatuan, dan kesejahteraan sosial?

3. Bagaimana siswa dapat memanfaatkan hak kebebasan berbicara dan partisipasi politik untuk mendukung nilai-nilai demokrasi dan Pancasila dalam lingkungan sekitarnya?

4. Apa saja prinsip-prinsip dasar demokrasi dan bagaimana proyek demokrasi dapat memastikan prinsip-prinsip tersebut dijalankan dengan baik?

5. Bagaimana peran pendidikan dan kesadaran politik dalam keberhasilan proyek demokrasi?

6. Apakah kamu melihat tantangan atau hambatan dalam memastikan partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi? Bagaimana cara mengatasinya?

7. Diskusikan peran media dalam mendukung atau menghambat proyek demokrasi. Apa yang dapat dilakukan untuk memastikan media berkontribusi positif dalam memperkuat demokrasi?

D. Persiapan Pembelajaran

  • Membaca materi pembelajaran, menyiapkan perangkat, materi dan modul ajar.
  • Menyiapkan alat dan bahan.

E. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN MINGGU PERTAMA

TahapanKegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1. Kegiatan awal

a. Pembukaan

  • Guru menyiapkan media pembelajaran.
  • Guru mengucapkan salam.
  • Memulai dengan berdo’a secara bersama-sama.
  • Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dan memeriksa kerapihan diri dan bersikap disiplin dalam kegiatan pembelajaran.
  • Guru melakukan presensi siswa.
  • Guru mengisi buku agenda kelas.


b. Apersepsi

  • Guru menanyakan apa yang sudah dilakukan untuk mempersiapkan pertemuan hari ini.
  • Penjelasan tentang tujuan dan manfaat dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka.
  • Pengenalan konsep Suara Demokrasi sebagai pokok pembahasan utama dari P5.
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.


c. Motivasi

  • Motivasi dan membangkitkan minat peserta terhadap pembahasan Suara Demokrasi.
  • Guru memberikan pertanyaan pemantik.

25 menit

Kegiatan Inti

2. Kegiatan Inti

  • Menggali dan mendiskusikan materi Suara Demokrasi.
  • Pemaparan materi tentang Suara Demokrasi, termasuk definisi, prinsip, dan relevansinya dalam konteks Pancasila dan kurikulum merdeka.
  • Peserta didik mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan mencatat poin penting materi tentang Suara Demokrasi.
  • Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya.
  • Peserta didik menjelaskan kembali hasil mendengarkan dan mencatat dengan sukarela.
  • Guru menunjuk siswa jika tidak ada peserta didik yang mau menjelaskan.
  • Diskusi kelompok kecil tentang bagaimana Suara Demokrasi memengaruhi tatanan demokrasi dan kehidupan berbangsa.
  • Penugasan untuk menganalisis dan membahas studi kasus terkait Suara Demokrasi.
  • Peserta didik memperbaiki dan melengkapi catatan yang kurang lengkap.

130 menit

Penutup

3. Kegiatan Akhir

  • Peserta didik menyimpulkan atau mengevaluasi mengenai materi yang telah disampaikan.
  • Guru memberikan sedikit penjelasan mengenai rencana untuk pertemuan selanjutnya.
  • Memberikan motivasi peserta didik untuk tetap semangat dalam menunut ilmu (belajar).
  • Mengakhiri pembelajaran dengan membaca do’a.
  • Mengucapkan menutup pembelajaran dengan mengucap salam.

25 menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN MINGGU KEDUA

TahapanKegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1. Kegiatan awal

a. Pembukaan

  • Guru menyiapkan media pembelajaran.
  • Guru mengucapkan salam.
  • Memulai dengan berdo’a secara bersama-sama.
  • Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dan memeriksa kerapihan diri dan bersikap disiplin dalam kegiatan pembelajaran.
  • Guru melakukan presensi siswa.
  • Guru mengisi buku agenda kelas.


b. Apersepsi

  • Guru menanyakan apa yang sudah dilakukan untuk mempersiapkan pertemuan hari ini.
  • Mengingatkan peserta tentang materi Suara Demokrasi dari pertemuan sebelumnya dan menghubungkannya dengan tujuan proyek penguatan profil pelajar Pancasila.
  • Presentasi progress tugas yang telah diberikan pada pertemuan pertama.

25 menit

Kegiatan Inti

2. Kegiatan Inti

  • Mendiskusikan penugasan dan pengalaman peserta dalam menerapkan konsep Suara Demokrasi untuk memperkuat profil pelajar Pancasila.
  • Diskusi reflektif tentang peran Suara Demokrasi dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam kehidupan demokrasi.

130 menit

Penutup

3. Kegiatan Akhir

  • Peserta didik dan guru melakukan refleksi pembelajaran
  • Evaluasi keseluruhan modul ajar dan pertemuan, termasuk saran dan rekomendasi untuk penyempurnaan ke depan.
  • Pemberian apresiasi kepada peserta atas partisipasi dan kontribusinya dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila.
  • Guru menutup pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan salam

25 menit

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN MINGGU KETIGA

TahapanKegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1. Kegiatan awal

a. Pembukaan

  • Guru menyiapkan media pembelajaran.
  • Guru mengucapkan salam.
  • Memulai dengan berdo’a secara bersama-sama.
  • Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dan memeriksa kerapihan diri dan bersikap disiplin dalam kegiatan pembelajaran.
  • Guru melakukan presensi siswa.
  • Guru mengisi buku agenda kelas.


b. Apersepsi

  • Guru menanyakan persiapan apa yang telah dilakukan oleh peserta untuk pertemuan hari ini.
  • Guru mempersilahkan siswa untuk presentasi hasil tugas proyek mind mapping tentang materi yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.

20 menit

Kegiatan Inti

2. Kegiatan Inti

  • Presentasi Kelompok
  • Setiap kelompok peserta mempresentasikan hasil mind mapping tentang materi Suara Demokrasi yang sudah disampaikan.
  • Waktu presentasi untuk setiap kelompok adalah 10 menit dengan tambahan 5 menit untuk pertanyaan dan tanggapan.
  • Diskusi Reflektif
  • Berdiskusi tentang Analisa peserta dalam menerapkan konsep Suara Demokrasi dalam bersosial media untuk memperkuat profil pelajar Pancasila.
  • Diskusi mengenai peran Suara Demokrasi dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam kehidupan demokrasi.

90 menit

Penutup

3. Kegiatan Akhir

  • Peserta dan guru melakukan refleksi atas pembelajaran hari ini.
  • Evaluasi keseluruhan modul dan pertemuan dilakukan, termasuk saran dan rekomendasi untuk perbaikan ke depan.
  • Pemberian apresiasi kepada setiap kelompok atas presentasi dan kontribusinya dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila.
  • Pembacaan hamdalah dan salam sebagai penutup pertemuan.

25 menit

Mengetahui,

Surakarta, hari bulan tahun

Kepala Sekolah,

Guru Pengajar,

 

 

Drs. Harmani, M.Hum.

 

 

Muhammad Agung Nugroho

F. Asesmen

Penilaian

Bentuk Penilaian

Penilaian Sikap: observasi

Lembar Pengamatan

Penilaian Pengetahuan: tes tulis

Kuis

Penilaian Keterampilan: tes kinerja

Lembar Kinerja (proses) / praktik

G. Kegiatan Remedial dan Pengayaan

1. Kegiatan remedial:

  • Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target pendidik melakukan pengulangan materi dengan pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.

2. Kegiatan pengayaan:

  • Peserta didik yang daya tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, pendidik memberikan kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap materi yang telah dipelajari.

H. Refleksi Peserta Didik dan Guru

1. Peserta Didik

  • Menurutmu, seberapa baik kamu memahami pelajaran ini?
  • Jawaban:
  • Adakah hal tertentu dalam pelajaran yang membuatmu merasa sulit?
  • Jawaban:
  • Apa yang sudah kamu coba untuk mengatasi kesulitan belajar?
  • Jawaban:
  • Apakah kamu sudah cukup aktif dalam mengikuti pembelajaran?
  • Jawaban:
  • Bagaimana cara terbaik bagimu untuk terlibat dalam pelajaran?
  • Jawaban:
  • Adakah tujuan belajar yang masih ingin kamu capai?
  • Jawaban:
  • Bagaimana menurutmu cara terbaik untuk belajar agar bisa memahami dengan baik?
  • Jawaban:

 

2. Guru

  • Apa ada kendala pada kegiatan pembelajaran?
  • Jawaban:
  • Apakah semua peserta didik aktif selama mengikuti kegiatan pembelajaran?
  • Jawaban:
  • Apa saja kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti kegiatan pembelajaran?
  • Jawaban:
  • Apakah kesulitan yang dialami peserta didik dapat teratasi?
  • Jawaban:
  • Apa level pencapaian rata-rata peserta didik dalam kegiatan pembelajaran ini?
  • Jawaban:
  • Apakah seluruh peserta didik dapat tuntas dalam pelaksanaan pembelajaran?
  • Jawaban:
  • Apa strategi yang harus dipilih supaya peserta didik dapat menuntaskan kompetensi?
  • Jawaban:

I. Lampiran

Lampiran 1

                                                                                                                                Materi Ajar

Lampiran 2

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Suara Demokrasi

Sekolah                                   :    SMA Negeri 5 Surakarta

Mata Pelajaran                         :    Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Suara Demokrasi)

Kelas/Semester                        :    XI / 1

Alokasi Waktu                         :    11 JP (dibagi menjadi 3 minggu dengan 1 pertemuan per Minggu)

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Nama Anggota Kelompok:

1.

2.

3.

4.

I. Tujuan Pembelajaran

1. Memahami signifikansi terlibat dalam proses pengambilan keputusan bersama,

2. Mengidentifikasi permasalahan bersama terkait penggunaan suara dalam pengambilan keputusan kolektif, terutama terkait kesetaraan dalam pengambilan keputusan.

3. Menunjukkan pemahaman akan hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara dalam menggunakan hak suara/demokrasi.

4. Menunjukkan partisipasi aktif dalam pengambilan keputusan bersama.

5. Mengklarifikasi dan menganalisis ide-ide serta informasi yang kompleks dan abstrak dari berbagai sumber.

6. Memprioritaskan ide yang paling relevan setelah melakukan klarifikasi dan analisis terkait pengambilan keputusan.

7. Menghasilkan beragam gagasan untuk mengekspresikan pemikiran dan/atau perasaan mereka.

II. Petunjuk Belajar

1. Diskusikan LKPD ini bersama anggota kelompok kalian

2. Isilah titik-titik pada setiap pertanyaan yang ada dengan teliti

3. Jika mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan, dapat bertanya kepada Guru

4. Anggota kelompok harus aktif dalam mengerjakan tugas yang diberikan dengan teliti, jujur, disiplin, dan bertanggung jawab.

III. Alat dan Bahan

Komputer dan internet

 

KEGIATAN 1

Pada kegiatan ini, kalian akan mendengarkan pemaparan guru yang berisi tentang proyek yang akan kalian lakukan.

Tugas kalian adalah membuat catatan kecil yang berisi informasi penting tentang proyek ini. Tulislah informasi tersebut pada kolom di bawah ini:

  1. Apa saja tema proyek yang akan kalian lakukan?
  2. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek pertama?
  3. Mata pelajaran apa saja yang berkaitan dengan proyek yang kalian lakukan?
  4. Deskripsikan pentingnya proyek yang kalian lakukan dalam rangka Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
  5. Apa yang kamu ketahui tentang Demokrasi? (Utarakan dengan bahasamu sendiri)
  6. Menurut kalian, apa pentingnya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari? Tulislah menggunakan bahasa kalian sendiri.
  7. Apakah kamu sudah pernah mengalami proses demokrasi? Berikan contoh kegiatannya.


KEGIATAN 2

MATERI: PENGENALAN PEMILIHAN UMUM

Pada kegiatan ini, kalian akan mendengarkan guru yang akan menyampaikan beberapa informasi, yaitu:

  1. Sejarah dan pentingnya pemilihan umum.
  2. Konsep demokrasi.
  3. Konsep kepemimpinan.
  4. Pentingnya partisipasi individu dalam proses pengambilan keputusan bersama.
  5. Kelompok marginal dan rentan di Indonesia.
  6. Anak muda sebagai kelompok rentan golput dalam demokrasi dan pentingnya berkontribusi dalam pemilihan umum.

Tugas

Buatlah peta pikiran (mind map) tentang materi di atas! Kali ini, kalian akan diberikan kertas gambar ukuran A3. Gunakan berbagai macam alat tulis, kombinasikan tulisan, gambar, dan warna agar peta pikiran yang kalian buat menjadi lebih menarik!

Diskusi Kelompok

Pada tahap ini, kalian akan diberikan sebuah artikel tentang ketidaksetaraan yang masih terjadi dalam dunia nyata. Analisislah artikel tersebut menggunakan pendekatan 5W+1H (What, When, Where, Why, Who, How) terkait informasi yang terdapat pada artikel tersebut. Setelah itu, berikan alternatif solusi terkait permasalahan yang dijelaskan dalam artikel!

Tuliskan hasil diskusi kalian pada kolom di bawah ini!

KEGIATAN 3

Dalam materi ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana penggunaan Media Sosial serta Aplikasi penyunting video dapat memengaruhi Suara Demokrasi. Tulislah poin-poin penting tentang bagaimana penggunaan media sosial mempengaruhi suara demokrasi pada kolom di bawah ini!

Diskusi

Kita akan mendiskusikan dampak penggunaan media sosial terhadap Suara Demokrasi. Kalian akan diberikan sebuah artikel yang membahas hal ini. Kemudian, analisislah artikel tersebut menggunakan pendekatan 5W+1H (What, When, Where, Why, Who, How) tentang bagaimana penggunaan media sosial memengaruhi suara demokrasi. Setelah itu, berikan solusi alternatif terkait permasalahan yang dijelaskan dalam artikel!

Dengan pengaitan ini, fokus akan lebih pada bagaimana penggunaan media sosial mempengaruhi partisipasi dan suara individu dalam ranah demokrasi, memberikan analisis yang mendalam terkait hal ini, serta mengusulkan solusi alternatif terhadap permasalahan yang muncul akibat penggunaan media sosial dalam konteks demokrasi.

Tuliskan hasil diskusi kalian pada kolom di bawah ini!

Lampiran 3

Instrumen dan Rubrik Penilaian

1. Penilaian Non-Kognitif

Informasi apa saja yang ingin digali?

Pertanyaan kunci yang ingin ditanyakan

Kesejahteraan psikologis dan sosial emosi siswa

Bagaimana perasaanmu ketika berada di lingkungan belajar?

Aktivitas siswa selama belajar di rumah

Apa yang biasanya kamu lakukan ketika sedang belajar di rumah?

Kondisi keluarga siswa dan pergaulan siswa

Bagaimana situasi di rumahmu saat kamu sedang belajar? Apakah ada dukungan dari keluarga?

Gaya belajar, karakter, serta minat siswa

Situasi seperti apa yang paling membuatmu nyaman belajar di rumah? Apa pula yang  membuatmu tidak nyaman dalam belajar?

Latar Belakang Pergaulan Siswa

Dengan siapa biasanya kamu berinteraksi di luar lingkungan sekolah? Bagaimana hal itu memengaruhi fokusmu saat belajar?

2. Penilaian Kognitif

Tujuan Pembelajaran

Pertanyaan

Jawaban yang Diharapkan 

1. Memahami signifikansi terlibat dalam proses pengambilan keputusan bersama,

Bagaimana proses pengambilan keputusan bersama dapat memengaruhi hasil akhir suatu keputusan?

"Ketika kita terlibat dalam pengambilan keputusan bersama, berbagai pandangan dan ide yang beragam dapat memberikan perspektif lebih luas terhadap masalah yang dihadapi. Ini memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih menyeluruh dan relevan dengan kebutuhan semua pihak yang terlibat."

2. Mengidentifikasi permasalahan bersama terkait penggunaan suara dalam pengambilan keputusan kolektif, terutama terkait kesetaraan dalam pengambilan keputusan.

Bagaimana kesetaraan dalam pengambilan keputusan dapat memengaruhi kualitas keputusan yang diambil?

"Kesetaraan dalam pengambilan keputusan memastikan bahwa setiap suara didengar dengan adil, sehingga keputusan yang diambil mencerminkan kebutuhan dan kepentingan semua pihak yang terlibat."

3. Menunjukkan pemahaman akan hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara dalam menggunakan hak suara/demokrasi.

Apa yang dimaksud dengan hak dan kewajiban dalam konteks penggunaan hak suara?

"Hak dalam menggunakan suara adalah kemampuan untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan, sementara kewajiban adalah tanggung jawab untuk menggunakan hak tersebut secara bertanggung jawab demi kepentingan bersama."

4. Menunjukkan partisipasi aktif dalam pengambilan keputusan bersama.

Bagaimana Anda berpartisipasi secara aktif dalam proses pengambilan keputusan bersama dalam konteks tertentu?

"Saya berpartisipasi aktif dengan memberikan masukan, mendengarkan pandangan yang berbeda, dan berkolaborasi dengan anggota kelompok untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan semua pihak."

5. Mengklarifikasi dan menganalisis ide-ide serta informasi yang kompleks dan abstrak dari berbagai sumber.

Bagaimana Anda mendekati pemahaman ide atau informasi yang kompleks dari sumber yang beragam?

"Saya melakukan pemilahan ide utama, mencari pola, dan melakukan riset tambahan untuk memahami informasi yang kompleks sebelum menyusun kesimpulan atau membuat keputusan."

6. Memprioritaskan ide yang paling relevan setelah melakukan klarifikasi dan analisis terkait pengambilan keputusan.

Bagaimana Anda menentukan ide yang paling relevan dalam konteks pengambilan keputusan?

"Saya mengevaluasi setiap ide berdasarkan relevansinya terhadap tujuan yang ingin dicapai, dampaknya terhadap semua pihak terlibat, dan kesesuaian dengan nilai atau prinsip yang dianut."

                        

7. Menghasilkan beragam gagasan untuk mengekspresikan pemikiran dan/atau perasaan mereka.  

Bagaimana siswa dapat mengekspresikan pemikiran atau perasaan mereka dalam kegiatan demokrasi?

  • Berpartisipasi Aktif: Melalui pemilihan umum siswa, diskusi kelompok, atau pemilihan perwakilan kelas, mereka secara aktif terlibat dalam kegiatan demokrasi di lingkungan sekolah.
  • Pendapat yang Dikontribusikan: Siswa memberikan masukan, argumentasi, atau gagasan yang mendukung pemikiran atau perasaan mereka tentang isu-isu yang relevan dalam konteks kegiatan demokrasi.
  • Kolaborasi dan Mendengarkan: Mereka juga mendengarkan dan membantu membangun ide-ide rekan-rekan mereka, menunjukkan sikap terbuka terhadap sudut pandang lain, serta menghargai perbedaan pendapat.
  • Keterlibatan dalam Pengambilan Keputusan: Siswa terlibat dalam proses pengambilan keputusan dalam kegiatan demokrasi, baik sebagai pemilih atau peserta aktif dalam membuat keputusan.

Skor

Rencana Tindak Lanjut

  • Terjawab benar skor 10 (per item benar)
  • Terjawab mendekati benar skor 5 (per item benar)
  • Terjawab salah skor 2 (per item)
  • Tidak terjawab skor 0
  • Peserta didik dengan nilai ≤ 75 diadakan remedial
  • Peserta didik dengan nilai ≥ 75 diadakan pengayaan
  • Terjawab benar skor 10 (per item benar)
  • Terjawab mendekati benar skor 5 (per item benar)
  • Terjawab salah skor 2 (per item)
  • Tidak terjawab skor 0
  • Peserta didik dengan nilai ≤ 75 diadakan remedial
  • Peserta didik dengan nilai ≥ 75 diadakan pengayaan
  • Terjawab benar skor 10 (per item benar)
  • Terjawab mendekati benar skor 5 (per item benar)
  • Terjawab salah skor 2 (per item)
  • Tidak terjawab skor 0
  • Peserta didik dengan nilai ≤ 75 diadakan remedial
  • Peserta didik dengan nilai ≥ 75 diadakan pengayaan
  • Terjawab benar skor 10 (per item benar)
  • Terjawab mendekati benar skor 5 (per item benar)
  • Terjawab salah skor 2 (per item)
  • Tidak terjawab skor 0
  • Peserta didik dengan nilai ≤ 75 diadakan remedial
  • Peserta didik dengan nilai ≥ 75 diadakan pengayaan
  • Terjawab benar skor 20 (per item benar)
  • Terjawab mendekati benar skor 10 (per item benar)
  • Terjawab salah skor 2 (per item)
  • Tidak terjawab skor 0
  • Peserta didik dengan nilai ≤ 75 diadakan remedial
  • Peserta didik dengan nilai ≥ 75 diadakan pengayaan
  • Terjawab benar skor 10 (per item benar)
  • Terjawab mendekati benar skor 5 (per item benar)
  • Terjawab salah skor 2 (per item)
  • Tidak terjawab skor 0
  • Peserta didik dengan nilai ≤ 75 diadakan remedial
  • Peserta didik dengan nilai ≥ 75 diadakan pengayaan
  • Terjawab benar skor 10 (per item benar)
  • Terjawab mendekati benar skor 5 (per item benar)
  • Terjawab salah skor 2 (per item)
  • Tidak terjawab skor 0
  • Peserta didik dengan nilai ≤ 75 diadakan remedial
  • Peserta didik dengan nilai ≥ 75 diadakan pengayaan

Nilai Akhir = Total Skor + 30

3. Penilaian Sikap

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP - OBSERVASI

PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN

No

Nama

Tanggung Jawab

Disiplin

Jujur

Pantang Menyerah

Aktif

Jumlah Skor

NA

1.

2.

3.

4.

….

Kolom aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut:

4 = sangat baik

3 = baik

2 = cukup

1 = kurang


INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP - OBSERVASI PADA KEGIATAN DISKUSI

No

Nama

Santun

Rasa Ingin

Tahu

Percaya Diri

Berpikir Kritis

Bekerja Sama

 

Berkomunikasi

Jumlah Skor

 

NA

1.

2.

3.

4.

….

Kolom aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut: 4 = sangat baik

3 = baik

2 = cukup

1 = kurang


RUBRIK PENILAIAN SIKAP

No

Aspek yang dinilai

Sub indikator aspek

Kriteria penilaian

1

Disiplin

a. Masuk kelas tepat waktu

b. Mengikuti langkah-langkah pembelajaran dengan sistematis

c. Mengumpulan tagihan tepat waktu

d. Memberi kabar apabila tidak bisa mengikuti pembelajaran

4 = Jika 4 point dilakukan

3 = Jika 3 point dilakukan

2 = Jika 2 point dilakukan

1 = Jika 1 point dilakukan

2

Tanggung Jawab

a. Mengerjakan tugas individu dengan baik

b. Mengerjakan tugas kelompok sesuai pembagiannya

c. Melakukan apa yang ditugaskan sesuai dengan tugasnya

d. Menerima resiko atas perbuatan yang dilakukannya

4 = Jika 4 point dilakukan

3 = Jika 3 point dilakukan

2 = Jika 2 point dilakukan

1 = Jika 1 point dilakukan

3

Santun

a. Menghormati guru dan orang yang lebih tua

b. Tidak berkata-kata kotor

c. Tidak menyela saat guru atau orang lain sedang berbicara

d. Tidak mencela hasil pekerjaan orang lain

4 = Jika 4 point dilakukan

3 = Jika 3 point dilakukan

2 = Jika 2 point dilakukan

1 = Jika 1 point dilakukan

4

Jujur

a. Tidak menyontek saat ulangan

b. Tidak menjadi plagiat atas karya orang lain

c. Menyampaikan hasil praktik atau diskusi apa adanya

d. Menyampaikan alasan sebenarnya jika tidak mengerjakan tugas

4 = Jika 4 point dilakukan

3 = Jika 3 point dilakukan

2 = Jika 2 point dilakukan

1 = Jika 1 point dilakukan

5

Bekerja sama

a. Terlibat aktif dalam diskusi dan kerja kelompok

b. Tidak mendahulukan kepentingan pribadi

c. Saling membantu dalam mengerjakan tugas kelompok

d. Memiliki tujuan yang sama dalam satu kelompoknya

4 = Jika 4 point dilakukan

3 = Jika 3 point dilakukan

2 = Jika 2 point dilakukan

1 = Jika 1 point dilakukan

6

Berkomunikasi

a. Tidak berkata-kata kotor

b. Mampu berkomunikasi dengan baik sesama anggota kelompok

c. Tidak mencela orang lain

d. Cakap dalam mengemukakan pendapat

4 = Jika 4 point dilakukan

3 = Jika 3 point dilakukan

2 = Jika 2 point dilakukan

1 = Jika 1 point dilakukan

7

Rasa ingin tahu

a. Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran ataupun diskusi

b. Menanyakan setiap langkah kegiatan

c. Mencari opsi lain apabila opsi yang ada tidak sesuai

d. Antusias mencari jawaban

4 = Jika 4 point dilakukan

3 = Jika 3 point dilakukan

2 = Jika 2 point dilakukan

1 = Jika 1 point dilakukan

8

Berpikir kritis

a. Menyebutkan dan menuliskan hal-hal yang ditanyakan dalam suatu permasalahan

b. Menggunakan informasi yang revelan dalam menyelesaikan masalah

c. Membuat kesimpulan dengan benar

d. Menemukan dan menjelaskan strategi lain dalam menyelesaikan masalah

4 = Jika 4 point dilakukan

3 = Jika 3 point dilakukan

2 = Jika 2 point dilakukan

1 = Jika 1 point dilakukan

9

Aktif

a. Kebebasan memilih respon

b. Kemampuan mengambil inisiatif

c. Gigih dalam menerapkan perubahan

d. Kemampuan untuk bertanggung jawab

4 = Jika 4 point dilakukan

3 = Jika 3 point dilakukan

2 = Jika 2 point dilakukan

1 = Jika 1 point dilakukan

10

Percaya diri

a. Yakin dengan kemampuan diri sendiri

b. Berani melakukan sesuatu yang positif

c. Bersunguh-sungguh dalam melakukan sesuatu

d. Memiliki sikap optimis

4 = Jika 4 point dilakukan

3 = Jika 3 point dilakukan

2 = Jika 2 point dilakukan

1 = Jika 1 point dilakukan

11

Pantang menyerah

a. Melakukan segala hal pekerjaan dengan gigih

b. Melakukan sesuatu tanpa kenal menyerah

4 = Jika 4 point dilakukan

3 = Jika 3 point dilakukan

2 = Jika 2 point dilakukan

1 = Jika 1 point dilakukan

c. Menyelesaikan semua tugas dengan baik dan tepat waktu

d. Tidak mudah putus asa dalam menghadapi masalah

4. Penilaian Ketrampilan

INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN – HASIL DAN OBSERVASI PADA PENGERJAAN LKPD

No

Nama

SKOR 1-4

Jml Skor

NA

Kreatifitas

Analisis

Membuat mind map dengan berbagai isian

Kerjasama kelompok

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 


RUBRIK PENILAIAN KINERJA

No 

Aspek yang dinilai 

Sub indikator aspek 

Kriteria penilaian 

 

Kreatifitas 

a. Menunjukkan kreatifitas yang tinggi dalam memberikan disain tema, background yang menarik

b. Menunjukkan kreatifitas yang baik dalam memberikan disain tema, background yang menarik

c. Menunjukkan kreatifitas yang cukup dalam memberikan disain tema, background yang menarik

d. Menunjukkan kreatifitas yang rendah dalam memberikan disain

4 = Jika 4 point dilakukan

3 = Jika 3 point dilakukan

2 = Jika 2 point dilakukan

1 = Jika 1 point dilakukan 

tema, background, slide transisi, disain animasi yang menarik

 

Analisis Materi dengan Presentasi Visual

a. Dapat menganalisis materi dengan presentasi visual yang menyertakan narasi dan informasi yang jelas.

b. Menganalisis materi dengan presentasi visual tanpa narasi yang mendukung.

c. Menganalisis materi dengan presentasi visual tanpa narasi yang mendukung.

d. Tidak melakukan analisis dengan presentasi visual.

4 = Jika 4 point dilakukan

3 = Jika 3 point dilakukan

2 = Jika 2 point dilakukan

1 = Jika 1 point dilakukan 

 

Membuat Mind Map dengan Berbagai Isian

a. Dapat membuat mind map dengan lebih dari 3 isian utama.

b. Dapat membuat mind map dengan 2 isian utama.

c. Dapat membuat mind map dengan 1 isian utama.

d. Tidak membuat mind map.

4 = Jika 4 point dilakukan

3 = Jika 3 point dilakukan

2 = Jika 2 point dilakukan

1 = Jika 1 point dilakukan 

 

Kerjasama kelompok 

a. Kerjasama kelompok sangat baik

b. Kerjasama kelompok baik

c. Kerjasama kelompok cukup baik

d. Kerjasama kelompok tidak baik 

4 = Jika 4 point dilakukan

3 = Jika 3 point dilakukan

2 = Jika 2 point dilakukan

1 = Jika 1 point dilakukan 

dok pribadi
dok pribadi

Lampiran 4

INSTRUMEN SURVEI

LEMBAR PERTANYAAN KEPADA SISWA

 

Nama                : ………………………………………………….

Sekolah             : ………………………………………………….

Kelas                 : ………………………………………………….

Mapel                : ………………………………………………….

Waktu               : Hari …………, Tanggal ……………………….

Petunjuk:

Berikut ini adalah daftar pertanyaan mengenai Bapak/Ibu guru yang mengajar di kelas. Pertanyaan ini buka ujian dan tidak akan berpengaruh apa-apa kepada kalian. Kalian diminta untuk memberikan tanggapan yang sesuai dengan ekspresi yang ada pada lembar ini. Tanggapi pertanyaan dengan menandai tanda ceklis (v) yang sesuai dengan perasaan kalian: sangat sedih, sedih, senang, atau sangat senang. Tanggapan kalian akan membantu guru untuk meningkatkan pengajaran.

No.

Pertanyaan

1-657de34cc57afb5501221302.jpg
1-657de34cc57afb5501221302.jpg
2-657de351de948f1fe641cfb3.jpg
2-657de351de948f1fe641cfb3.jpg

3-657de35712d50f61b60ea483.jpg
3-657de35712d50f61b60ea483.jpg

4-657de35cc57afb57b91e16b2.jpg
4-657de35cc57afb57b91e16b2.jpg
1.

Saya dapat mengikuti pembelajaran dengan baik

2.

Saya memahami pelajaran yang disampaikan oleh

guru

3.

Kami boleh bertanya tentang apa saja kepada guru

4.

Guru membentuk kelompok dalam pembelajaran

dengan adil

5.

Guru memberikan umpan balik kepada kami saat

menjelaskan materi

6.

Pembelajaran yang diberikan membuat kami

termotivasi untuk terus belajar

7.

Guru memperhatikan dan peduli kepada semua

siswa di kelas

8.

Guru selalu memberikan motivasi

9.

Guru bertanya apakah kami senang atau tidak

dengan pelajarannya

10.

Guru memfasilitasi diskusi dan kolaborasi antara kami.

11.

Saya merasa didengarkan dan dipahami oleh guru saat saya bertanya.

12.

Kami merasa dihargai oleh guru dalam proses pembelajaran.

13.

Guru memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk berpartisipasi.

14.

Saya merasa termotivasi untuk belajar lebih dalam dari yang diajarkan.

15.

Setiap siswa mendapat perhatian yang sama dari guru.

16.

Guru memberikan dukungan dan dorongan saat kami menghadapi kesulitan dalam belajar.

17.

Kami diberi kesempatan untuk memberikan umpan balik tentang cara pengajaran guru.

18.

Guru melibatkan kami dalam menentukan metode pembelajaran yang efektif.

Lampiran 5

LEMBAR OBSERVASI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  :

Nama Observer   :

Waktu                    : Hari …………, Tanggal ……………………….

Petunjuk Pengisian Lembar Observasi

Berilah tanda (ü) pada setiap kolom di bawah ini sesuai dengan pengamatan yang anda

lakukan pada proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :

Ya           : Apabila hasil pengamatan yang dilakukan memenuhi aspek

Tidak       : Apabila hasil pengamatan yang dilakukan tidak memenuhi aspek

Penilaian Observasi keterlaksanaan pembelajaran

Kegiatan 1


Aspek yang diamati

Penilaian keterlaksanaan

pembelajaran

Catatan

Ya

Tidak

Kegiatan Pendahuluan

1

Guru menyiapkan media pembelajaran.

2

Guru mengucapkan salam.

3

Memulai dengan berdo’a secara bersama-sama.

4

Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dan memeriksa kerapihan diri dan bersikap disiplin dalam kegiatan pembelajaran.

5

Guru melakukan presensi siswa.

6

Guru mengisi buku agenda kelas.

7

Guru menanyakan apa yang sudah dilakukan untuk mempersiapkan pertemuan hari ini.

8

Penjelasan tentang tujuan dan manfaat dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka.

9

Pengenalan konsep Suara Demokrasi sebagai pokok pembahasan utama dari P5.

10

Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

11

Motivasi dan membangkitkan minat peserta terhadap pembahasan Suara Demokrasi.

12

Guru memberikan pertanyaan pemantik.

Kegiatan Inti

Orientasi peserta didik pada masalah

1

Menggali dan mendiskusikan materi Suara Demokrasi.

2

Pemaparan materi tentang Suara Demokrasi, termasuk definisi, prinsip, dan relevansinya dalam konteks Pancasila dan kurikulum merdeka.

3

Peserta didik mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan mencatat poin penting materi tentang Suara Demokrasi.

4

Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya.

5

Peserta didik menjelaskan kembali hasil mendengarkan dan mencatat dengan sukarela.

6

Guru menunjuk siswa jika tidak ada peserta didik yang mau menjelaskan.

7

Diskusi kelompok kecil tentang bagaimana Suara Demokrasi memengaruhi tatanan demokrasi dan kehidupan berbangsa.

8

Penugasan untuk menganalisis dan membahas studi kasus terkait Suara Demokrasi.

9

Peserta didik memperbaiki dan melengkapi catatan yang kurang lengkap.

Penutupan

1

Peserta didik menyimpulkan atau mengevaluasi mengenai materi yang telah disampaikan.

2

Guru memberikan sedikit penjelasan mengenai rencana untuk pertemuan selanjutnya.

3

Memberikan motivasi peserta didik untuk tetap semangat dalam menunut ilmu (belajar).

4

Mengakhiri pembelajaran dengan membaca do’a.

5

Mengucapkan menutup pembelajaran dengan mengucap salam.

Kegiatan 2

Aspek yang diamati

Penilaian keterlaksanaan

pembelajaran

Catatan

Ya

Tidak

Kegiatan Pendahuluan

1

Guru menyiapkan media pembelajaran.

2

Guru mengucapkan salam.

3

Memulai dengan berdo’a secara bersama-sama.

4

Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dan memeriksa kerapihan diri dan bersikap disiplin dalam kegiatan pembelajaran.

5

Guru melakukan presensi siswa.

6

Guru mengisi buku agenda kelas.

7

Guru menanyakan apa yang sudah dilakukan untuk mempersiapkan pertemuan hari ini.

8

Mengingatkan peserta tentang materi Suara Demokrasi dari pertemuan sebelumnya dan menghubungkannya dengan tujuan proyek penguatan profil pelajar Pancasila.

9

Presentasi progress tugas yang telah diberikan pada pertemuan pertama.

Kegiatan Inti

Orientasi peserta didik pada masalah

1

Mendiskusikan penugasan dan pengalaman peserta dalam menerapkan konsep Suara Demokrasi untuk memperkuat profil pelajar Pancasila.

2

Diskusi reflektif tentang peran Suara Demokrasi dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam kehidupan demokrasi.

Penutupan

1

Peserta didik dan guru melakukan refleksi pembelajaran

2

Evaluasi keseluruhan modul ajar dan pertemuan, termasuk saran dan rekomendasi untuk penyempurnaan ke depan.

3

Pemberian apresiasi kepada peserta atas partisipasi dan kontribusinya dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila.

4

Guru menutup pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan salam

Kegiatan 3


Aspek yang diamati

Penilaian keterlaksanaan pembelajaran


Catatan

Ya

Tidak

Kegiatan Pendahuluan

1

Guru menyiapkan media pembelajaran.

2

Guru mengucapkan salam.

3

Memulai dengan berdo’a secara bersama-sama.

4

Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dan memeriksa kerapihan diri dan bersikap disiplin dalam kegiatan pembelajaran.

5

Guru melakukan presensi siswa.

6

Guru mengisi buku agenda kelas.

7

Guru menanyakan apa yang sudah dilakukan untuk mempersiapkan pertemuan hari ini.

12

Guru mempersilahkan siswa untuk presentasi hasil tugas proyek mind mapping tentang materi yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.

Kegiatan Inti

Orientasi peserta didik pada masalah

1

Setiap kelompok peserta mempresentasikan hasil mind mapping tentang materi Suara Demokrasi yang sudah disampaikan.

2

Waktu presentasi untuk setiap kelompok adalah 10 menit dengan tambahan 5 menit untuk pertanyaan dan tanggapan.

3

Berdiskusi tentang Analisa peserta dalam menerapkan konsep Suara Demokrasi dalam bersosial media untuk memperkuat profil pelajar Pancasila.

4

Diskusi mengenai peran Suara Demokrasi dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam kehidupan demokrasi.

Penutupan

1

Peserta dan guru melakukan refleksi atas pembelajaran hari ini.

2

Evaluasi keseluruhan modul dan pertemuan dilakukan, termasuk saran dan rekomendasi untuk perbaikan ke depan.

3

Pemberian apresiasi kepada setiap kelompok atas presentasi dan kontribusinya dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila.

4

Pembacaan hamdalah dan salam sebagai penutup pertemuan.

Glosarium

  • Kurikulum merdeka/mandiri adalah kurikulum yang menggunakan pembelajaran yang beragam. Kurikulum ini didasarkan pada konten penting untuk memberikan siswa waktu yang cukup untuk memperdalam konsep mereka dan memperkuat kompetensi mereka.
  • Demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana keputusan-keputusan politik dibuat dengan partisipasi seluruh warga negara atau melalui wakil-wakil yang mereka pilih.
  • Kontekstual yaitu kegiatan siswa dalam melakukan kegiatan lapangan seperti mengunjungi tempat-tempat tertentu yang disesuaikan dengan tema.
  • Project-Based Learning (PjBL) adalah suatu pendekatan di mana pembelajaran difokuskan pada peserta didik, di mana mereka memiliki kebebasan untuk menyuarakan ide-ide mereka dan mengaplikasikan ide-ide ini dalam proyek mereka. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam menyelesaikan tugas.

 

Daftar Pustaka

Dewi Anggelia, Ika Puspitasari, & Shokhibul Arifin. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398–408. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11377

Diah Ayu Saraswati, Diva Novi Sandrian, Indah Nazulfah, Nurmanita Tanzil Abida, Nurul Azmina, Riza Indriyani, & Septionita Suryaningsih. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578

Nurhana. (2022). Modul Projek Penguatan Profil Pelajar. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Panjaitan, J. (2020). PENINGKATAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA DENGAN. 28(April), 100–105.

Dwi, Anugrah. (2023). Pengertian dan Sejarah Pemilu di Indonesia. 

Sudrajad, Yuniantoro. (2022). ANALISA GAYA KEPEMIMPINAN OTOKRATIS, DEMOKRATIS DAN LAISSEZ FAIRE DALAM BIROKRASI PEMERINTAHAN. Kementerian Keuangan: Jakarta Pusat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun