Pengertian Ekonomi Mikro
Berdasarkan buku Principle of Microeconomics (2008) karya N. Gregory Monkiw, Ekonomi Mikro adalah ilmu yang membahas tentang peran individu pelaku ekonomi. Pada dunia ekonomi, produsen dan konsumen merupakan individu pelaku ekonomi pada setiap rumah tangga, masyarakat, organisasi, dan juga perusahaan. Produsen berperan menghasilkan/memproduksi dan menjual barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen dengan tujuan memperoleh laba atau keuntungan. Sedangkan konsumen berperan membeli/mengkonsumsi, memanfaatkan nilai barang/jasa yang diproduksi atau dijual produsen guna memenuhi kebutuhan dan mendapatkan kepuasan.
Dari pengetian peran produsen dan konsumen di atas jelas tampak hubungan yang saling membutuhkan namun memiliki tujuan yang berbeda. Terbukti dengan melihat definisi Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran. Dimana definisi Hukum Permintaan adalah semakin tinggi harga barang/jasa, maka akan semakin rendah permintaan terhadap barang/jasa tersebut. Sedangkan Hukum Penawaran menjelaskan semakin tinggi harga barang/jasa, maka akan semakin tinggi penawaran terhadap barang/jasa tsb. Adanya gap atau perbedaan tersebut sudah sewajarnya kita bisa mengamati sisi lain yang bisa mempertemukan dua kepentingan yang berbeda agar tujuan nya bisa sama-sama tercapai.
Arti Penting dan Peranan Media Sosial
Sudah sering mendengar istilah "Medsos atau Media Sosial bukan??
Medsos adalah sebuah platform suatu perusahaan/ organisasi yang digunakan sebagai layanan seluruh masyarakat di dunia. Tidak diragukan lagi kehadiran Medsos bak angin segar bagi setiap kepentingan individu. Euforia penggunaan medsos (facebook, twitter, google dll) melalui internet sudah menjadi trend di masyarakat. Tentunya hal ini mempengaruhi perubahan perilaku di masyarakat dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Kondisi ini didorong oleh 2 hal yang mendasar yakni perilaku baru orang kota dan revolusi teknologi. Penelitian yang dilakukan Forrester tahun 2007 menunjukkan audien dan perhatian bergeser ke channel online dengan temuan 52% warga Eropa mengurangi menonton TV, 28% warga mengurangi membaca Koran dan majalah, 17% mengurangi aktivitas mendengarkan radio sejak adanya radio online. Tidak dapat disangkal bahwa medsos menjadi cara baru masyarakat dalam berkomunikasi dan juga berdampak pada strategi atau cara baru perusahaan dalam menjalankan bisnis.
Artikel ini coba menunjukkan cara-cara terbaik perusahaan di Indonesia dalam membentuk hubungan keterikatan dengan konsumen (Consumer Relationship Engangement) melalui pengembangan layanan medsos sehingga dapat menjadi benchmark bagi perusahaan lain agar bisa terus tumbuh dan berkembang.
Berikut beberapa peranan Medsos dalam upaya membentuk Customer Relationship Engagement :
1.Layanan Survey/ Vote/ Polling
Layanan medsos menggunakan Survey di Facebook atau lewat aplikasi pembagian kuisioner via Google Form memberikan cara yang apik untuk mendapatkan feedback dan insigiht dari konsumen. Survey adalah cara yang bagus untuk meminta masukan dari pelanggan serta membantu menangkap tren yang sedang berlangsung di pasaran.
2.Marketing Visualisasi Publik
Strategi & cara baru tim marketing suatu perusahaan untuk memamerkan produknya dengan memasukkan unsure visualisasi video berupa promosi, product knowledge, customer testimony dll. Hal ini terbukti mampu meningkatkan kunjungan ke situs e-commerce dan menarik minat pelanggan.
3.Layanan Interaksi dengan Konsumen
Pemanfaatan layanan sosial media seperti Facebook Marketplace yang menyediakan sarana untuk berinteraksi antara produsen dan konsumen kapan pun dan dimanapun seperti meninggalkan komentar, chat penjual untuk bertanya seputar produk yang dipasarkan.
Komentar konsumen, Rating Review terhadap suatu produk ini juga bisa dijadikan bahan referensi bagi konsumen lain untuk mengambil keputusan membeli atau tidak barang tsb.
4.Special Offer/ Special Discount
Sudah sering melihat iklan Shoppee Free Ongkir, Shoppee Tebus Murah, dkk, iya kan?? Nah ini salah satu bentuk upaya menarik minat pelanggan sebanyak mungkin terhadap produk yang diiklankan.
Kemudahan dan kehebatan layanan medsos ini mampu memberikan ruang komunikasi 2 arah baik antara produsen dengan konsumen, maupun konsumen dengan konsumen. Sehingga konsumen bisa berpartisipasi dan berkolaborasi dalam dunia bisnis lewat jejaring sosial. Melalui pengembangan layanan medsos, diharapkan perusahaan mampu terus berkomunikasi, berinteraksi, dan berinovasi untuk memuaskan konsumen sehingga hubungan keterikatan antar produsen dan konsumen terus meningkat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H