Mohon tunggu...
Mugi Rahayu
Mugi Rahayu Mohon Tunggu... Wiraswasta - Admin Engineering / PT TD. Automotive Compressor Indonesia

Haii.. Saya akrab dipanggil Mugi. Saya saat ini bekerja sebagai karyawan sebuah perusahaan multinasional di Bekasi, Jawa Barat. Hobi saya adalah menulis dan berkebun. Untuk kepribadian saya cenderung seorang INFJ yang memiliki kepribadian introvert tetapi terkadang layaknya ekstrovert. Dalam hal menulis saya masih banyak belajar. Sejauh ini karya-karya yang sudah saya hasilkan sebagai seorang penulis amatir adalah puisi, artikel ekonomi, dan cerpen.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Medsos dalam Membentuk Engangement Antar Pelaku Ekonomi

28 Januari 2023   06:00 Diperbarui: 29 Januari 2023   06:51 528
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pengertian Ekonomi Mikro

Berdasarkan buku Principle of Microeconomics (2008) karya N. Gregory Monkiw, Ekonomi Mikro adalah ilmu yang membahas tentang peran individu pelaku ekonomi. Pada dunia ekonomi, produsen dan konsumen merupakan individu pelaku ekonomi pada setiap rumah tangga, masyarakat, organisasi, dan juga perusahaan. Produsen berperan menghasilkan/memproduksi dan menjual barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen dengan tujuan memperoleh laba atau keuntungan. Sedangkan konsumen berperan membeli/mengkonsumsi, memanfaatkan nilai barang/jasa yang diproduksi atau dijual produsen guna memenuhi kebutuhan dan mendapatkan kepuasan.

Dari pengetian peran produsen dan konsumen di atas jelas tampak hubungan yang saling membutuhkan namun memiliki tujuan yang berbeda. Terbukti dengan melihat definisi Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran. Dimana definisi Hukum Permintaan adalah semakin tinggi harga barang/jasa, maka akan semakin rendah permintaan terhadap barang/jasa tersebut. Sedangkan Hukum Penawaran menjelaskan semakin tinggi harga barang/jasa, maka akan semakin tinggi penawaran terhadap barang/jasa tsb. Adanya gap atau perbedaan tersebut sudah sewajarnya kita bisa mengamati sisi lain yang bisa mempertemukan dua kepentingan yang berbeda agar tujuan nya bisa sama-sama tercapai.

Arti Penting dan Peranan Media Sosial

Sudah sering mendengar istilah "Medsos atau Media Sosial bukan??

Medsos adalah sebuah platform suatu perusahaan/ organisasi yang digunakan sebagai layanan seluruh masyarakat di dunia. Tidak diragukan lagi kehadiran Medsos bak angin segar bagi setiap kepentingan individu. Euforia penggunaan medsos (facebook, twitter, google dll) melalui internet sudah menjadi trend di masyarakat. Tentunya hal ini mempengaruhi perubahan perilaku di masyarakat dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Kondisi ini didorong oleh 2 hal yang mendasar yakni perilaku baru orang kota dan revolusi teknologi. Penelitian yang dilakukan Forrester tahun 2007 menunjukkan audien dan perhatian bergeser ke channel online dengan temuan 52% warga Eropa mengurangi menonton TV, 28% warga mengurangi membaca Koran dan majalah, 17% mengurangi aktivitas mendengarkan radio sejak adanya radio online. Tidak dapat disangkal bahwa medsos menjadi cara baru masyarakat dalam berkomunikasi dan juga berdampak pada strategi atau cara baru perusahaan dalam menjalankan bisnis.

Artikel ini coba menunjukkan cara-cara terbaik perusahaan di Indonesia dalam membentuk hubungan keterikatan dengan konsumen (Consumer Relationship Engangement) melalui pengembangan layanan medsos sehingga dapat menjadi benchmark bagi perusahaan lain agar bisa terus tumbuh dan berkembang.

Berikut beberapa peranan Medsos dalam upaya membentuk Customer Relationship Engagement :

1.Layanan Survey/ Vote/ Polling

Layanan medsos menggunakan Survey di Facebook atau lewat aplikasi pembagian kuisioner via Google Form memberikan cara yang apik untuk mendapatkan feedback dan insigiht dari konsumen. Survey adalah cara yang bagus untuk meminta masukan dari pelanggan serta membantu menangkap tren yang sedang berlangsung di pasaran.

2.Marketing Visualisasi Publik

Strategi & cara baru tim marketing suatu perusahaan untuk memamerkan produknya dengan memasukkan unsure visualisasi video berupa promosi, product knowledge, customer testimony dll. Hal ini terbukti mampu meningkatkan kunjungan ke situs e-commerce dan menarik minat pelanggan.

3.Layanan Interaksi dengan Konsumen

Pemanfaatan layanan sosial media seperti Facebook Marketplace yang menyediakan sarana untuk berinteraksi antara produsen dan konsumen kapan pun dan dimanapun seperti meninggalkan komentar, chat penjual untuk bertanya seputar produk yang dipasarkan.

Komentar konsumen, Rating Review terhadap suatu produk ini juga bisa dijadikan bahan referensi bagi konsumen lain untuk mengambil keputusan membeli atau tidak barang tsb.

4.Special Offer/ Special Discount

Sudah sering melihat iklan Shoppee Free Ongkir, Shoppee Tebus Murah, dkk, iya kan?? Nah ini salah satu bentuk upaya menarik minat pelanggan sebanyak mungkin terhadap produk yang diiklankan.

Kemudahan dan kehebatan layanan medsos ini mampu memberikan ruang komunikasi 2 arah baik antara produsen dengan konsumen, maupun konsumen dengan konsumen. Sehingga konsumen bisa berpartisipasi dan berkolaborasi dalam dunia bisnis lewat jejaring sosial. Melalui pengembangan layanan medsos, diharapkan perusahaan mampu terus berkomunikasi, berinteraksi, dan berinovasi untuk memuaskan konsumen sehingga hubungan keterikatan antar produsen dan konsumen terus meningkat.


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun