Square Enix company Logo(Nova Crystalis)
Salah satu pengembang dan penerbit game Jepang terkenal, Square Enix, yang dikenal dengan judul-judul ikonik seperti: Final Fantasy, Dragon Quest, dan Kingdom Hearts, telah mengumumkan pembaruan penting pada kebijakan perusahaan mereka. Square Enix mengungkapkan kebijakan baru tersebut di situs web resmi mereka pada 20 Januari 2025.
Pembaruan ini berkaitan dengan bagaimana Square Enix menangani perilaku tidak pantas terhadap karyawan dan mitra mereka, termasuk kekerasan, ancaman, pencemaran nama baik, dan pelanggaran privasi. Pengumuman kebijakan ini dimaksudkan untuk melindungi karyawan mereka dari pelecehan panas yang dilakukan oleh para pemain.
Penurunan jumlah pemain aktif di gim daring mereka dengan judul Final Fantasy XIV baru-baru ini telah memicu perbincangan mengenai ketidakpuasan yang lebih luas terhadap rilis DLC Square Enix baru-baru ini untuk game tersebut, Dawntrail. Pemain merasa pengalaman mereka memainkan Downloadable Content (DLC) ini beragam.
Sebagian menyukai DLC yang baru ini, tetapi ada juga sejumlah pemain yang sangat tidak suka terhadap DLC yang sama. Banyak pemain mengungkapkan kekecewaan mereka dengan alur cerita Dawntrail, yang beberapa di antaranya melihatnya sebagai faktor penyebab menurunnya keterlibatan pada game tersebut. Hal ini bisa jadi salah satu alasan mengapa Square Enix memutuskan untuk mengumumkan kebijakan baru ini.
Hal ini dapat tercermin dalam salah satu pernyataan dalam pengumuman mereka:
Baca juga: Dilema Presiden Kala PVK-19Square Enix believes that the feedback, comments and requests received from our customers are essential to the advancement of our group’s products and services, therefore we are committed to strive to apply your voice in improving our products and services.
At the same time, there are instances where certain customers take actions directly or through our support centers, or towards our group executives, employees, partners who are involved in the creation and distribution of our group products and services, that constitute “customer harassment,”…
Yang dapat diartikan sebagai
Baca juga: Kasus Kimi Hime: SEMUA JUGA SALAH!Square Enix meyakini bahwa umpan balik, komentar, dan permintaan yang diterima dari pelanggan sangat penting untuk kemajuan produk dan layanan grup kami, oleh karena itu kami berkomitmen untuk berusaha menerapkan suara Anda dalam meningkatkan produk dan layanan kami.
Namun, di sisi lain, ada kalanya pelanggan tertentu melakukan tindakan secara langsung atau melalui pusat dukungan kami, atau terhadap eksekutif, karyawan, mitra kami yang terlibat dalam pembuatan dan distribusi produk dan layanan grup kami, yang dapat dianggap sebagai "pelecehan pelanggan,"...