Mohon tunggu...
Mohammad Faiz Attoriq
Mohammad Faiz Attoriq Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Kontributor lepas

Penghobi fotografi domisili Malang - Jawa Timur yang mulai jatuh hati dengan menulis, keduanya adalah cara bercerita yang baik karena bukan sebagai penutur yang baik.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Impaksi Gigi, yang Dicabut Gigi Tetangganya karena Berlubang

30 Mei 2023   11:29 Diperbarui: 30 Mei 2023   11:40 332
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Unsplash.com/Caroline LM

Ini pengalaman saya ke dokter gigi untuk pertama kalinya selama hidup saya: belum pernah sejak lahir.

Jadi ceritanya begini, di akhir tahun 2022, saya mengeluh gigi saya sakit hingga tidur saja tidak bisa.

Kemudian, saya meminum obat antinyeri berupa asam mefenamat, tetapi kurang kuat, pada akhirnya harus minum kalium diklofenak.

Atas saran keluarga, saya harus X-ray tipe panoramic, yaitu harus melihat kondisi gigi secara utuh, keuntungannya adalah bisa melihat hingga bibit gigi.

Ada hasil yang mengejutkan: saya mengalami impaksi gigi geraham di 3 titik: kiri-kanan di atas, sedangkan di bawah hanya 1, di kiri.

Nah, impaksi gigi yang paling menyakitkan adalah gigi geraham kiri bawah yang pertumbuhannya rebah ke arah gigi.

Pertumbuhan inilah yang membuat gigi tetangga saya sakit, ternyata itu berlubang sejak 10 tahun lebih dengan tanpa nyeri.

Tindakan operasi
Karena rasa sakit yang sering kambuh meski sudah diterapi dengan kalium diklofenak, saya akhirnya ke dokter gigi saat itu juga dengan berbekal hasil X-ray.

Memang, 2 gigi kiri bawah bermasalah: impaksi gigi yang tumbuhnya ke dalam atau ke arah gigi tetangga, sedangkan tetangga yang ditabrak berlubang, jadi sakitnya dobel.

Padahal, selama 1 dekade lebih gigi saya berlubang, tidak ada rasa sakit sama sekali, bahkan saat pecahan gigi saya lepas pun tidak terasa apa-apa.

Mulanya, gigi geraham yang berlubang tersebut ditambal plus diberi cengkeh untuk mematikan saraf, tetapi kurang berhasil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun