Mohon tunggu...
Mitha Agustin 065
Mitha Agustin 065 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Watching movie

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modul Ajar Matematika Kelas 2 SD

22 Maret 2024   10:29 Diperbarui: 22 Maret 2024   10:37 347
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 

 

  • REFLEKSI GURU
  • Refleksi guru merupakan penilaian yang dilakukan oleh guru itu sendiri berdasarkan pembelajaran yang telah dilaksanakan mulai dari selama mempersiapkan, melaksanakan, hingga mengevaluasi kegiatan belajar 1. Refleksi guru ini bertujuan untuk menilai kekurangan dan kelebihan dari kegiatan pembelajaran 1 yang kemudian dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk pembelajaran berikutnya.
  •  

 

No

Pertanyaan

Jawaban

1.

Apakah pemilihan media pembelajaran telah mencerminkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai?

2.

Apakah gaya penyampaian materi mampu ditangkap oleh pemahaman peserta didik?

3.

Apakah keseluruhan pembelajaran dapat memberikan makna pembelajaran yang hendak dicapai?

4.

Apakah pemilihan metode pembelajaran sudah efektif untuk menerjemahkan tujuan pembelajaran?

5.

Apakah pelaksanaan pembelajaran tidak keluar dari norma-norma?

6.

Apakah pelaksanan pembelajaran hari ini dapat memberikan semangat kepada peserta didik untuk lebih antusias dalam pembelajaran selanjutnya?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran Instrumen Penilaian

 

Satuan Pendidikan      :  SD Muhammadiyah 8 KH Mas Mansur Kota Malang

 

Mata Pelajaran            : Matematika

 

Fase/Kelas                   : A/ II(Dua)

 

Materi                          : Perkalian

 

  •  
  • Penilaian Sikap
    • No
    • Nama
    •  Peserta didik
    • Beriman
    • Mandiri
    • Jumlah Skor
    • Kategori
    • K
    • C
    • B
    • SB
    • K
    • C
    • B
    • SB
    • 1.

    ASHRAF ALFATIH PRINGGAPUTRA











    • 2.

    CANTIKA FIDELIA ALFERDIAN











    • 3.

    CHAZA RAJENDRA NANDITAMA











    • 4.

    DAFFA RAFIF ARKAN











    • 5.

    DZAKIRA AINUN INSYIRAH











    • 6.

    FATTAH ARSYAD AZZAHIR











    • 7.

    GHEA MEGANIFFAH PUTRI











    • 8.

    GIBRAN ABYANSYAH RULYANTO











    • 9.

    HANUM MASRUROTUSSYIVA











    • 10.

    HAMAAM FUAD HAMEDAN











    • 11.

    HUMAIRA KINARYOSIH NADY PUTRI











    • 12.

    JAVAS ARSENIO ALKHALIFI











    • 13.

    KEISHA FARZANA ALESHA











    • 14.

    MUHAMMAD ARSY ALFARIZI











    • 15.

    MUHAMMAF LUTFI AL HISYAM











    • 16.

    MUHAMMAD ZYANDRU RASENDRIA SANGKA











    • 17.

    NADIRA KIRANA RAMADANTI











    • 18.

    NAFEESA NADINE ABIDAH ILYAS











    • 19.

    NAUFALYN HANUM SULTHONI











    • 20.

    PUTRI ADEEVA OKTY INARA











    • 21.

    RANIA CATTALEYA











    • 22.

    RUBBI JULIETA AZZAHRO











    • 23.

    SABIAN ARKANA ASHIF











    • 24.

    SATRIA WAHYU KURNIAWAN











    • 25.

    SYARIF AHMAD HANAFI











    • 26.

    SYLVESTER JASON SUGIANTO











    • 27.

    ZEEBA SELENA MALIK











     

     

     

     

     

     

    • Rubrik Penialain Sikap
      • Aspek Sikap
      • Kriteria Penilaian
      • 3
      • 2
      • 1
      • Beriman
      • Penghataan saat berdoa
      • Pelafalan doa
      • Sikap saat berdoa
      • Menunjukkan 3 indikator sikap beriman
      • Menunjukkan 2 indikator sikap beriman
      • Menunjukkan 1 indikator sikap beriman
      • Mandiri
      • Mengerjakan tanpa bantuan guru
      • Mengerjakan tanpa bantuan teman
      • Mengambil dan mengumpulkan soal sendiri
      • Menunjukkan 3 indikator sikap mandiri
      • Menunjukkan 2 indikator sikap mandiri
      • Menunjukkan 1 indikator sikap mandiri
      • Disiplin
      • Datang ke sekolah tepat waktu
      • Tepat waktu dalam mengumpulkan tugas
      • Tertib dalam pembelajaran
      • Menunjukkan 3 indikator sikap disiplin

      Menunjukkan 2 indikator sikap disiplin

      Menunjukkan 1 indikator sikap disiplin

      •  
      • Penilaian Keterampilan Proses
    •  

      Keterampilan

      Kriteria

      Kurang 1

      Cukup 2

      Baik 3

      Sangat Baik 4

      Kerjasama

      Hanya 1 anggota yang berkontribu si.

      2 anggota yang berkontribu si.

      3 anggota yang berkontribu si.

      Semua anggota berkontribusi.

      •  
      •  
      •  
      • Rubrik Penilaian Keterampilan Proses
    • Kriteria

      Baik

      Cukup

      Kurang

      3

      2

      1

      Pendataan dan penyelesaian

      Pendataan dan penyelesaian tepat

      Pendataan tepat, penyelesaian tidak tepat

      Pendataan dan penyelesaian tidak tepat

      Kerjasama dalam kelompok

      Kerjasama

      kelompok sudah terlihat

      Terdapat anggota

      kelompok yang tidak bekerjasama

      Kerjasama

      kelompok tidak terlihat

      Kemampuan presentasi

      Presentasi dengan semangat       dan kurang percaya

      Presentasi kurang

      Kurang percaya diri

      Presentasi tidak semangat dan tidak percaya diri

      • Kisi -- Kisi Soal LKPD
        • No.
        • Materi Pokok
        • Indikator Soal
        • Tingkat Kognitif
        • Bentuk Soal
        • Nomor Soal
        • 1.
        • Menguraikan bentuk perkalian
        • Disajikan gambar, peserta didik menguraikan ke dalam penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
        • C2
        • Isian
        • 1
        • 2.
        • Menunjukkan bentuk perkalian
        • Disajikan gambar, peserta didik menunjukkan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
        • C2
        • Isian
        • 2
        • 3.
        • Menentukan bentuk perkalian
        • Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian
        • C3
        • Isian
        • 3
        • 4.
        • Menentukan bentuk perkalian
        • Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian
        • C3
        • Isian
        • 4
        • 5.
        • Menentukan bentuk perkalian
        • Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian
        • C3
        • Isian
        • 5
        •  
        •  
        •  
        •  
        •  
        •  
        •  
        •  
        •  
        •  
        •  
          • Instrumen Soal LKPD
          • Kunci Jawaban
          •  
          • 4 x 2 = 8
          • 3 x 4 = 12
          • 1 x 3 = 3
          • 4 x 2 = 8
          • 3 x 3 = 9

           

          • Kisi -- Kisi Soal Evaluasi
            • No.
            • Materi Pokok
            • Indikator Soal
            • Tingkat Kognitif
            • Bentuk Soal
            • Nomor Soal
            • 1.
            • Menunjukkan bentuk perkalian
            • Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
            • C2
            • Isian
            • 1
            • 2.
            • Menentukan bentuk perkalian
            • Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
            • C3
            • Isian
            • 2
            • 3.
            • Menentukan bentuk perkalian
            • Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
            • C3
            • Isian
            • 3

             

             

             

             

             

             

             

             

             

             

             

             

            Intrumen Soal Evaluasi

            Instrumen Soal Evaluasi

            Kunci Jawaban

             

            • 2 x 4 = 8
            • 1 x 3 = 3
            • 3 x 2 = 6

             

            • Kisi -- Kisi Soal Pengayaan 
              • No.
              • Materi Pokok
              • Indikator Soal
              • Tingkat Kognitif
              • Bentuk Soal
              • Nomor Soal
              • 1.
              • Menguraikan bentuk perkalian
              • Disajikan soal cerita, peserta didik menguraikan bentuk perkalian.
              • C4
              • Isian
              • 1

               

               

               

               

               

               

            •  
               
              • REFLEKSI GURU
              • Refleksi guru merupakan penilaian yang dilakukan oleh guru itu sendiri berdasarkan pembelajaran yang telah dilaksanakan mulai dari selama mempersiapkan, melaksanakan, hingga mengevaluasi kegiatan belajar 1. Refleksi guru ini bertujuan untuk menilai kekurangan dan kelebihan dari kegiatan pembelajaran 1 yang kemudian dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk pembelajaran berikutnya.
              •  
            •  

              No

              Pertanyaan

              Jawaban

              1.

              Apakah pemilihan media pembelajaran telah mencerminkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai?

              2.

              Apakah gaya penyampaian materi mampu ditangkap oleh pemahaman peserta didik?

              3.

              Apakah keseluruhan pembelajaran dapat memberikan makna pembelajaran yang hendak dicapai?

              4.

              Apakah pemilihan metode pembelajaran sudah efektif untuk menerjemahkan tujuan pembelajaran?

              5.

              Apakah pelaksanaan pembelajaran tidak keluar dari norma-norma?

              6.

              Apakah pelaksanan pembelajaran hari ini dapat memberikan semangat kepada peserta didik untuk lebih antusias dalam pembelajaran selanjutnya? 
                
                
                
                
                
                
                
                
                
                
                
                
                
                
                
                
                
                
                
              Lampiran Instrumen Penilaian 
              Satuan Pendidikan      :  SD Muhammadiyah 8 KH Mas Mansur Kota Malang 
              Mata Pelajaran            : Matematika 
              Fase/Kelas                   : A/ II(Dua) 
              Materi                          : Perkalian 

              •  
              • Penilaian Sikap
                • No
                • Nama
                •  Peserta didik
                • Beriman
                • Mandiri
                • Jumlah Skor
                • Kategori
                • K
                • C
                • B
                • SB
                • K
                • C
                • B
                • SB
                • 1.

                ASHRAF ALFATIH PRINGGAPUTRA











                • 2.

                CANTIKA FIDELIA ALFERDIAN











                • 3.

                CHAZA RAJENDRA NANDITAMA











                • 4.

                DAFFA RAFIF ARKAN











                • 5.

                DZAKIRA AINUN INSYIRAH











                • 6.

                FATTAH ARSYAD AZZAHIR











                • 7.

                GHEA MEGANIFFAH PUTRI











                • 8.

                GIBRAN ABYANSYAH RULYANTO











                • 9.

                HANUM MASRUROTUSSYIVA











                • 10.

                HAMAAM FUAD HAMEDAN











                • 11.

                HUMAIRA KINARYOSIH NADY PUTRI











                • 12.

                JAVAS ARSENIO ALKHALIFI











                • 13.

                KEISHA FARZANA ALESHA











                • 14.

                MUHAMMAD ARSY ALFARIZI











                • 15.

                MUHAMMAF LUTFI AL HISYAM











                • 16.

                MUHAMMAD ZYANDRU RASENDRIA SANGKA











                • 17.

                NADIRA KIRANA RAMADANTI











                • 18.

                NAFEESA NADINE ABIDAH ILYAS











                • 19.

                NAUFALYN HANUM SULTHONI











                • 20.

                PUTRI ADEEVA OKTY INARA











                • 21.

                RANIA CATTALEYA











                • 22.

                RUBBI JULIETA AZZAHRO











                • 23.

                SABIAN ARKANA ASHIF











                • 24.

                SATRIA WAHYU KURNIAWAN











                • 25.

                SYARIF AHMAD HANAFI











                • 26.

                SYLVESTER JASON SUGIANTO











                • 27.

                ZEEBA SELENA MALIK











                 

                 

                 

                 

                 

                 

                • Rubrik Penialain Sikap
                  • Aspek Sikap
                  • Kriteria Penilaian
                  • 3
                  • 2
                  • 1
                  • Beriman
                  • Penghataan saat berdoa
                  • Pelafalan doa
                  • Sikap saat berdoa
                  • Menunjukkan 3 indikator sikap beriman
                  • Menunjukkan 2 indikator sikap beriman
                  • Menunjukkan 1 indikator sikap beriman
                  • Mandiri
                  • Mengerjakan tanpa bantuan guru
                  • Mengerjakan tanpa bantuan teman
                  • Mengambil dan mengumpulkan soal sendiri
                  • Menunjukkan 3 indikator sikap mandiri
                  • Menunjukkan 2 indikator sikap mandiri
                  • Menunjukkan 1 indikator sikap mandiri
                  • Disiplin
                  • Datang ke sekolah tepat waktu
                  • Tepat waktu dalam mengumpulkan tugas
                  • Tertib dalam pembelajaran
                  • Menunjukkan 3 indikator sikap disiplin

                  Menunjukkan 2 indikator sikap disiplin

                  Menunjukkan 1 indikator sikap disiplin

                  •  
                  • Penilaian Keterampilan Proses
                •  

                  Keterampilan

                  Kriteria

                  Kurang 1

                  Cukup 2

                  Baik 3

                  Sangat Baik 4

                  Kerjasama

                  Hanya 1 anggota yang berkontribu si.

                  2 anggota yang berkontribu si.

                  3 anggota yang berkontribu si.

                  Semua anggota berkontribusi.

                  •  
                  •  
                  •  
                  • Rubrik Penilaian Keterampilan Proses
                • Kriteria

                  Baik

                  Cukup

                  Kurang

                  3

                  2

                  1

                  Pendataan dan penyelesaian

                  Pendataan dan penyelesaian tepat

                  Pendataan tepat, penyelesaian tidak tepat

                  Pendataan dan penyelesaian tidak tepat

                  Kerjasama dalam kelompok

                  Kerjasama

                  kelompok sudah terlihat

                  Terdapat anggota

                  kelompok yang tidak bekerjasama

                  Kerjasama

                  kelompok tidak terlihat

                  Kemampuan presentasi

                  Presentasi dengan semangat       dan kurang percaya

                  Presentasi kurang

                  Kurang percaya diri

                  Presentasi tidak semangat dan tidak percaya diri

                  • Kisi -- Kisi Soal LKPD
                    • No.
                    • Materi Pokok
                    • Indikator Soal
                    • Tingkat Kognitif
                    • Bentuk Soal
                    • Nomor Soal
                    • 1.
                    • Menguraikan bentuk perkalian
                    • Disajikan gambar, peserta didik menguraikan ke dalam penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
                    • C2
                    • Isian
                    • 1
                    • 2.
                    • Menunjukkan bentuk perkalian
                    • Disajikan gambar, peserta didik menunjukkan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
                    • C2
                    • Isian
                    • 2
                    • 3.
                    • Menentukan bentuk perkalian
                    • Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian
                    • C3
                    • Isian
                    • 3
                    • 4.
                    • Menentukan bentuk perkalian
                    • Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian
                    • C3
                    • Isian
                    • 4
                    • 5.
                    • Menentukan bentuk perkalian
                    • Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian
                    • C3
                    • Isian
                    • 5
                    •  
                    •  
                    •  
                    •  
                    •  
                    •  
                    •  
                    •  
                    •  
                    •  
                    •  
                      • Instrumen Soal LKPD
                      • Kunci Jawaban
                      •  
                      • 4 x 2 = 8
                      • 3 x 4 = 12
                      • 1 x 3 = 3
                      • 4 x 2 = 8
                      • 3 x 3 = 9

                       

                      • Kisi -- Kisi Soal Evaluasi
                        • No.
                        • Materi Pokok
                        • Indikator Soal
                        • Tingkat Kognitif
                        • Bentuk Soal
                        • Nomor Soal
                        • 1.
                        • Menunjukkan bentuk perkalian
                        • Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
                        • C2
                        • Isian
                        • 1
                        • 2.
                        • Menentukan bentuk perkalian
                        • Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
                        • C3
                        • Isian
                        • 2
                        • 3.
                        • Menentukan bentuk perkalian
                        • Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
                        • C3
                        • Isian
                        • 3

                         

                         

                         

                         

                         

                         

                         

                         

                         

                         

                         

                         

                        Intrumen Soal Evaluasi

                        Instrumen Soal Evaluasi

                        Kunci Jawaban

                         

                        • 2 x 4 = 8
                        • 1 x 3 = 3
                        • 3 x 2 = 6

                         

                        • Kisi -- Kisi Soal Pengayaan 
                          • No.
                          • Materi Pokok
                          • Indikator Soal
                          • Tingkat Kognitif
                          • Bentuk Soal
                          • Nomor Soal
                          • 1.
                          • Menguraikan bentuk perkalian
                          • Disajikan soal cerita, peserta didik menguraikan bentuk perkalian.
                          • C4
                          • Isian
                          • 1

                           

                           

                           

                           

                           

                           

                          Instrumen Soal Pengayaan

                          Kunci Jawaban

                           

                          Penyelesaian

                          6 + 6 + 6 = 3 x 6 = 18

                          Jadi, jumlah kue yang dibeli ayah ada 18 kue.

                           

                           

                           

                           

                          • Kisi -- Kisi Soal Remidi
                            • No.
                            • Materi Pokok
                            • Indikator Soal
                            • Tingkat Kognitif
                            • Bentuk Soal
                            • Nomor Soal
                            • 1.
                            • Menentukan bentuk penjumlahan
                            • Disajikan soal, peserta didik menentukan bentuk penjumlahan.
                            • C1
                            • Isian
                            • 1


                            • Instrumen Soal Remidi
                            •  


                            • Kunci Jawaban
                            • 2 x 5 = 5 + 5 = 10
                            • 2 x 6 = 6 + 6 = 12
            • Instrumen Soal Pengayaan

              Kunci Jawaban

               

              Penyelesaian

              6 + 6 + 6 = 3 x 6 = 18

              Jadi, jumlah kue yang dibeli ayah ada 18 kue.

               

               

               

               

              • Kisi -- Kisi Soal Remidi
                • No.
                • Materi Pokok
                • Indikator Soal
                • Tingkat Kognitif
                • Bentuk Soal
                • Nomor Soal
                • 1.
                • Menentukan bentuk penjumlahan
                • Disajikan soal, peserta didik menentukan bentuk penjumlahan.
                • C1
                • Isian
                • 1


                • Instrumen Soal Remidi
                •  


                • Kunci Jawaban
                • 2 x 5 = 5 + 5 = 10
                • 2 x 6 = 6 + 6 = 12

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun