Â
Â
- REFLEKSI GURU
- Refleksi guru merupakan penilaian yang dilakukan oleh guru itu sendiri berdasarkan pembelajaran yang telah dilaksanakan mulai dari selama mempersiapkan, melaksanakan, hingga mengevaluasi kegiatan belajar 1. Refleksi guru ini bertujuan untuk menilai kekurangan dan kelebihan dari kegiatan pembelajaran 1 yang kemudian dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk pembelajaran berikutnya.
- Â
Â
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Apakah pemilihan media pembelajaran telah mencerminkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai?
2.
Apakah gaya penyampaian materi mampu ditangkap oleh pemahaman peserta didik?
3.
Apakah keseluruhan pembelajaran dapat memberikan makna pembelajaran yang hendak dicapai?
4.
Apakah pemilihan metode pembelajaran sudah efektif untuk menerjemahkan tujuan pembelajaran?
5.
Apakah pelaksanaan pembelajaran tidak keluar dari norma-norma?
6.
Apakah pelaksanan pembelajaran hari ini dapat memberikan semangat kepada peserta didik untuk lebih antusias dalam pembelajaran selanjutnya?
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Lampiran Instrumen Penilaian
Â
Satuan Pendidikan    :  SD Muhammadiyah 8 KH Mas Mansur Kota Malang
Â
Mata Pelajaran       : Matematika
Â
Fase/Kelas          : A/ II(Dua)
Â
Materi              : Perkalian
Â
- Â
- Penilaian Sikap
- No
- Nama
- Â Peserta didik
- Beriman
- Mandiri
- Jumlah Skor
- Kategori
- K
- C
- B
- SB
- K
- C
- B
- SB
- 1.
ASHRAF ALFATIH PRINGGAPUTRA
- 2.
CANTIKA FIDELIA ALFERDIAN
- 3.
CHAZA RAJENDRA NANDITAMA
- 4.
DAFFA RAFIF ARKAN
- 5.
DZAKIRA AINUN INSYIRAH
- 6.
FATTAH ARSYAD AZZAHIR
- 7.
GHEA MEGANIFFAH PUTRI
- 8.
GIBRAN ABYANSYAH RULYANTO
- 9.
HANUM MASRUROTUSSYIVA
- 10.
HAMAAM FUAD HAMEDAN
- 11.
HUMAIRA KINARYOSIH NADY PUTRI
- 12.
JAVAS ARSENIO ALKHALIFI
- 13.
KEISHA FARZANA ALESHA
- 14.
MUHAMMAD ARSY ALFARIZI
- 15.
MUHAMMAF LUTFI AL HISYAM
- 16.
MUHAMMAD ZYANDRU RASENDRIA SANGKA
- 17.
NADIRA KIRANA RAMADANTI
- 18.
NAFEESA NADINE ABIDAH ILYAS
- 19.
NAUFALYN HANUM SULTHONI
- 20.
PUTRI ADEEVA OKTY INARA
- 21.
RANIA CATTALEYA
- 22.
RUBBI JULIETA AZZAHRO
- 23.
SABIAN ARKANA ASHIF
- 24.
SATRIA WAHYU KURNIAWAN
- 25.
SYARIF AHMAD HANAFI
- 26.
SYLVESTER JASON SUGIANTO
- 27.
ZEEBA SELENA MALIK
Â
Â
Â
Â
Â
Â
- Rubrik Penialain Sikap
- Aspek Sikap
- Kriteria Penilaian
- 3
- 2
- 1
- Beriman
- Penghataan saat berdoa
- Pelafalan doa
- Sikap saat berdoa
- Menunjukkan 3 indikator sikap beriman
- Menunjukkan 2 indikator sikap beriman
- Menunjukkan 1 indikator sikap beriman
- Mandiri
- Mengerjakan tanpa bantuan guru
- Mengerjakan tanpa bantuan teman
- Mengambil dan mengumpulkan soal sendiri
- Menunjukkan 3 indikator sikap mandiri
- Menunjukkan 2 indikator sikap mandiri
- Menunjukkan 1 indikator sikap mandiri
- Disiplin
- Datang ke sekolah tepat waktu
- Tepat waktu dalam mengumpulkan tugas
- Tertib dalam pembelajaran
- Menunjukkan 3 indikator sikap disiplin
Menunjukkan 2 indikator sikap disiplin
Menunjukkan 1 indikator sikap disiplin
- Â
- Penilaian Keterampilan Proses
Â
Keterampilan
Kriteria
Kurang 1
Cukup 2
Baik 3
Sangat Baik 4
Kerjasama
Hanya 1 anggota yang berkontribu si.
2 anggota yang berkontribu si.
3 anggota yang berkontribu si.
Semua anggota berkontribusi.
- Â
- Â
- Â
- Rubrik Penilaian Keterampilan Proses
Kriteria
Baik
Cukup
Kurang
3
2
1
Pendataan dan penyelesaian
Pendataan dan penyelesaian tepat
Pendataan tepat, penyelesaian tidak tepat
Pendataan dan penyelesaian tidak tepat
Kerjasama dalam kelompok
Kerjasama
kelompok sudah terlihat
Terdapat anggota
kelompok yang tidak bekerjasama
Kerjasama
kelompok tidak terlihat
Kemampuan presentasi
Presentasi dengan semangat    dan kurang percaya
Presentasi kurang
Kurang percaya diri
Presentasi tidak semangat dan tidak percaya diri
- Kisi -- Kisi Soal LKPD
- No.
- Materi Pokok
- Indikator Soal
- Tingkat Kognitif
- Bentuk Soal
- Nomor Soal
- 1.
- Menguraikan bentuk perkalian
- Disajikan gambar, peserta didik menguraikan ke dalam penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
- C2
- Isian
- 1
- 2.
- Menunjukkan bentuk perkalian
- Disajikan gambar, peserta didik menunjukkan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
- C2
- Isian
- 2
- 3.
- Menentukan bentuk perkalian
- Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian
- C3
- Isian
- 3
- 4.
- Menentukan bentuk perkalian
- Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian
- C3
- Isian
- 4
- 5.
- Menentukan bentuk perkalian
- Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian
- C3
- Isian
- 5
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Instrumen Soal LKPD
- Kunci Jawaban
- Â
- 4 x 2 = 8
- 3 x 4 = 12
- 1 x 3 = 3
- 4 x 2 = 8
- 3 x 3 = 9
Â
- Kisi -- Kisi Soal Evaluasi
- No.
- Materi Pokok
- Indikator Soal
- Tingkat Kognitif
- Bentuk Soal
- Nomor Soal
- 1.
- Menunjukkan bentuk perkalian
- Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
- C2
- Isian
- 1
- 2.
- Menentukan bentuk perkalian
- Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
- C3
- Isian
- 2
- 3.
- Menentukan bentuk perkalian
- Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
- C3
- Isian
- 3
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Intrumen Soal Evaluasi
Instrumen Soal Evaluasi
Kunci Jawaban
Â
- 2 x 4 = 8
- 1 x 3 = 3
- 3 x 2 = 6
Â
- Kisi -- Kisi Soal PengayaanÂ
- No.
- Materi Pokok
- Indikator Soal
- Tingkat Kognitif
- Bentuk Soal
- Nomor Soal
- 1.
- Menguraikan bentuk perkalian
- Disajikan soal cerita, peserta didik menguraikan bentuk perkalian.
- C4
- Isian
- 1
Â
Â
Â
Â
Â
Â
- Â
Â- REFLEKSI GURU
- Refleksi guru merupakan penilaian yang dilakukan oleh guru itu sendiri berdasarkan pembelajaran yang telah dilaksanakan mulai dari selama mempersiapkan, melaksanakan, hingga mengevaluasi kegiatan belajar 1. Refleksi guru ini bertujuan untuk menilai kekurangan dan kelebihan dari kegiatan pembelajaran 1 yang kemudian dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk pembelajaran berikutnya.
- Â
- Â
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Apakah pemilihan media pembelajaran telah mencerminkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai?
2.
Apakah gaya penyampaian materi mampu ditangkap oleh pemahaman peserta didik?
3.
Apakah keseluruhan pembelajaran dapat memberikan makna pembelajaran yang hendak dicapai?
4.
Apakah pemilihan metode pembelajaran sudah efektif untuk menerjemahkan tujuan pembelajaran?
5.
Apakah pelaksanaan pembelajaran tidak keluar dari norma-norma?
6.
Apakah pelaksanan pembelajaran hari ini dapat memberikan semangat kepada peserta didik untuk lebih antusias dalam pembelajaran selanjutnya?Â
 Â
 Â
 Â
 Â
 Â
 Â
 Â
 Â
 Â
 Â
 Â
 Â
 Â
 Â
 Â
 Â
 Â
 Â
 Â
Lampiran Instrumen PenilaianÂ
Satuan Pendidikan    :  SD Muhammadiyah 8 KH Mas Mansur Kota MalangÂ
Mata Pelajaran       : MatematikaÂ
Fase/Kelas          : A/ II(Dua)Â
Materi              : PerkalianÂ- Â
- Penilaian Sikap
- No
- Nama
- Â Peserta didik
- Beriman
- Mandiri
- Jumlah Skor
- Kategori
- K
- C
- B
- SB
- K
- C
- B
- SB
- 1.
ASHRAF ALFATIH PRINGGAPUTRA
- 2.
CANTIKA FIDELIA ALFERDIAN
- 3.
CHAZA RAJENDRA NANDITAMA
- 4.
DAFFA RAFIF ARKAN
- 5.
DZAKIRA AINUN INSYIRAH
- 6.
FATTAH ARSYAD AZZAHIR
- 7.
GHEA MEGANIFFAH PUTRI
- 8.
GIBRAN ABYANSYAH RULYANTO
- 9.
HANUM MASRUROTUSSYIVA
- 10.
HAMAAM FUAD HAMEDAN
- 11.
HUMAIRA KINARYOSIH NADY PUTRI
- 12.
JAVAS ARSENIO ALKHALIFI
- 13.
KEISHA FARZANA ALESHA
- 14.
MUHAMMAD ARSY ALFARIZI
- 15.
MUHAMMAF LUTFI AL HISYAM
- 16.
MUHAMMAD ZYANDRU RASENDRIA SANGKA
- 17.
NADIRA KIRANA RAMADANTI
- 18.
NAFEESA NADINE ABIDAH ILYAS
- 19.
NAUFALYN HANUM SULTHONI
- 20.
PUTRI ADEEVA OKTY INARA
- 21.
RANIA CATTALEYA
- 22.
RUBBI JULIETA AZZAHRO
- 23.
SABIAN ARKANA ASHIF
- 24.
SATRIA WAHYU KURNIAWAN
- 25.
SYARIF AHMAD HANAFI
- 26.
SYLVESTER JASON SUGIANTO
- 27.
ZEEBA SELENA MALIK
Â
Â
Â
Â
Â
Â
- Rubrik Penialain Sikap
- Aspek Sikap
- Kriteria Penilaian
- 3
- 2
- 1
- Beriman
- Penghataan saat berdoa
- Pelafalan doa
- Sikap saat berdoa
- Menunjukkan 3 indikator sikap beriman
- Menunjukkan 2 indikator sikap beriman
- Menunjukkan 1 indikator sikap beriman
- Mandiri
- Mengerjakan tanpa bantuan guru
- Mengerjakan tanpa bantuan teman
- Mengambil dan mengumpulkan soal sendiri
- Menunjukkan 3 indikator sikap mandiri
- Menunjukkan 2 indikator sikap mandiri
- Menunjukkan 1 indikator sikap mandiri
- Disiplin
- Datang ke sekolah tepat waktu
- Tepat waktu dalam mengumpulkan tugas
- Tertib dalam pembelajaran
- Menunjukkan 3 indikator sikap disiplin
Menunjukkan 2 indikator sikap disiplin
Menunjukkan 1 indikator sikap disiplin
- Â
- Penilaian Keterampilan Proses
Â
Keterampilan
Kriteria
Kurang 1
Cukup 2
Baik 3
Sangat Baik 4
Kerjasama
Hanya 1 anggota yang berkontribu si.
2 anggota yang berkontribu si.
3 anggota yang berkontribu si.
Semua anggota berkontribusi.
- Â
- Â
- Â
- Rubrik Penilaian Keterampilan Proses
Kriteria
Baik
Cukup
Kurang
3
2
1
Pendataan dan penyelesaian
Pendataan dan penyelesaian tepat
Pendataan tepat, penyelesaian tidak tepat
Pendataan dan penyelesaian tidak tepat
Kerjasama dalam kelompok
Kerjasama
kelompok sudah terlihat
Terdapat anggota
kelompok yang tidak bekerjasama
Kerjasama
kelompok tidak terlihat
Kemampuan presentasi
Presentasi dengan semangat    dan kurang percaya
Presentasi kurang
Kurang percaya diri
Presentasi tidak semangat dan tidak percaya diri
- Kisi -- Kisi Soal LKPD
- No.
- Materi Pokok
- Indikator Soal
- Tingkat Kognitif
- Bentuk Soal
- Nomor Soal
- 1.
- Menguraikan bentuk perkalian
- Disajikan gambar, peserta didik menguraikan ke dalam penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
- C2
- Isian
- 1
- 2.
- Menunjukkan bentuk perkalian
- Disajikan gambar, peserta didik menunjukkan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
- C2
- Isian
- 2
- 3.
- Menentukan bentuk perkalian
- Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian
- C3
- Isian
- 3
- 4.
- Menentukan bentuk perkalian
- Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian
- C3
- Isian
- 4
- 5.
- Menentukan bentuk perkalian
- Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian
- C3
- Isian
- 5
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Instrumen Soal LKPD
- Kunci Jawaban
- Â
- 4 x 2 = 8
- 3 x 4 = 12
- 1 x 3 = 3
- 4 x 2 = 8
- 3 x 3 = 9
Â
- Kisi -- Kisi Soal Evaluasi
- No.
- Materi Pokok
- Indikator Soal
- Tingkat Kognitif
- Bentuk Soal
- Nomor Soal
- 1.
- Menunjukkan bentuk perkalian
- Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
- C2
- Isian
- 1
- 2.
- Menentukan bentuk perkalian
- Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
- C3
- Isian
- 2
- 3.
- Menentukan bentuk perkalian
- Disajikan gambar, peserta didik menentukan penjumlahan berulang dan bentuk perkalian.
- C3
- Isian
- 3
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Intrumen Soal Evaluasi
Instrumen Soal Evaluasi
Kunci Jawaban
Â
- 2 x 4 = 8
- 1 x 3 = 3
- 3 x 2 = 6
Â
- Kisi -- Kisi Soal PengayaanÂ
- No.
- Materi Pokok
- Indikator Soal
- Tingkat Kognitif
- Bentuk Soal
- Nomor Soal
- 1.
- Menguraikan bentuk perkalian
- Disajikan soal cerita, peserta didik menguraikan bentuk perkalian.
- C4
- Isian
- 1
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Instrumen Soal Pengayaan
Kunci Jawaban
Â
Penyelesaian
6 + 6 + 6 = 3 x 6 = 18
Jadi, jumlah kue yang dibeli ayah ada 18 kue.
Â
Â
Â
Â
- Kisi -- Kisi Soal Remidi
- No.
- Materi Pokok
- Indikator Soal
- Tingkat Kognitif
- Bentuk Soal
- Nomor Soal
- 1.
- Menentukan bentuk penjumlahan
- Disajikan soal, peserta didik menentukan bentuk penjumlahan.
- C1
- Isian
- 1
- Instrumen Soal Remidi
- Â
- Kunci Jawaban
- 2 x 5 = 5 + 5 = 10
- 2 x 6 = 6 + 6 = 12
Instrumen Soal Pengayaan
Kunci Jawaban
Â
Penyelesaian
6 + 6 + 6 = 3 x 6 = 18
Jadi, jumlah kue yang dibeli ayah ada 18 kue.
Â
Â
Â
Â
- Kisi -- Kisi Soal Remidi
- No.
- Materi Pokok
- Indikator Soal
- Tingkat Kognitif
- Bentuk Soal
- Nomor Soal
- 1.
- Menentukan bentuk penjumlahan
- Disajikan soal, peserta didik menentukan bentuk penjumlahan.
- C1
- Isian
- 1
- Instrumen Soal Remidi
- Â
- Kunci Jawaban
- 2 x 5 = 5 + 5 = 10
- 2 x 6 = 6 + 6 = 12
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H