Mohon tunggu...
Miftakhul Huda
Miftakhul Huda Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa universitas alma ata

seorang student yang menyukai sebuah eksperiment economics.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Esensi Komunikasi Digital untuk Meningkatkan Merek atau Organisasi dan Pribadi

9 November 2021   22:20 Diperbarui: 9 November 2021   22:28 515
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Esensi Komunikasi Digital untuk Meningkatkan Merek atau Organisasi dan Pribadi

Komunikasi digital sangat penting untuk branding di lanskap internet saat ini. Sebelum era digital, profesional komunikasi harus menavigasi media cetak, TV, radio, dan iklan papan reklame. Meskipun saluran tersebut masih penting, para profesional saat ini harus berpengalaman dalam platform digital, seperti jejaring sosial, email, aplikasi perpesanan, dan blog.

Menurut Komisi Broadband UNESCO untuk Pembangunan Berkelanjutan, mayoritas penduduk dunia sekarang memiliki akses ke internet, dan persentase itu terus bertambah. Pada tahun 2019, 54,8% dari semua rumah tangga global memiliki akses internet, dan merek menggandakan strategi untuk terlibat dengan pengguna tersebut. Harvard Business Review menemukan bahwa 73% konsumen menggunakan lebih dari satu saluran saat meneliti pembelian potensial. Dan Seagate melaporkan bahwa dua pertiga CEO akan menggunakan strategi digital untuk meningkatkan pengalaman pelanggan tahun ini.

Seperti yang ditulis oleh penulis David Meerman Scott dalam The New Rules of Marketing and PR, “Alih-alih interupsi satu arah, pemasaran web adalah tentang memberikan konten yang bermanfaat pada saat yang tepat ketika pembeli membutuhkannya.”

Untuk berhasil dalam komunikasi digital, pemasar, perwakilan hubungan masyarakat, dan manajer komunitas memerlukan alat dan teknik untuk terhubung dengan konsumen di seluruh titik kontak. Dengan sumber daya yang tepat, profesional komunikasi dapat membuat kampanye strategis yang menjangkau audiens target dan memberikan pengalaman yang dipersonalisasi.

Berikut adalah platform dan strategi komunikasi digital penting untuk meningkatkan merek organisasi dan pribadi.

Memahami Definisi Komunikasi Digital

Untuk memulai, mari kita tentukan definisi komunikasi digital: Komunikasi digital adalah proses terhubung dengan orang-orang melalui saluran online. Ini mungkin melibatkan peluncuran kampanye media sosial, mendistribusikan buletin email, menjalankan iklan spanduk, atau menerbitkan artikel iklan asli. Bisnis dapat menggunakan komunikasi digital untuk memperluas jangkauan mereka, berbagi pesan khusus, dan membangun hubungan yang berharga dengan audiens mereka.

Seperti yang dikatakan pendiri eBay, Pierre Omidyar kepada Bloomberg Businessweek, "Kami memiliki teknologi, akhirnya, yang untuk pertama kalinya dalam sejarah manusia memungkinkan orang untuk benar-benar mempertahankan koneksi yang kaya dengan jumlah orang yang jauh lebih banyak."

Bisnis dapat meluncurkan kampanye komunikasi digital karena berbagai alasan:

  • Membangun merekBisnis dapat membuat citra merek untuk perusahaan rintisan atau mengubah citra merek untuk organisasi warisan yang berputar ke arah yang baru.
  • Membangkitkan kesadaran: Perusahaan dapat membuat jaring lebar untuk memberi tahu calon pelanggan tentang produk, layanan, dan nilai.
  • Mendorong konversi: Kampanye dapat menginspirasi pelanggan untuk berpindah melalui saluran pemasaran dan membeli produk, baik secara online atau di lokasi fisik.
  • Menciptakan pengalaman pelanggan: Kampanye dapat disesuaikan untuk membangun pengalaman unik dan afinitas merek melalui kampanye sosial yang ditargetkan, aplikasi perpesanan satu lawan satu, atau video streaming langsung.
  • Memberikan layanan pelanggan: Manajer komunitas dapat menjawab pertanyaan waktu nyata untuk memecahkan masalah atau menindaklanjuti dengan pelanggan yang puas untuk bekerja lebih keras.
  • Mengelola risiko: Bisnis dapat melakukan pengendalian kerusakan dengan membangun afinitas merek dan meningkatkan reputasi merek setelah kecelakaan.
  • Memberikan hiburan: Pemasar dapat memberikan lebih banyak konten yang mereka nikmati kepada pemirsa, seperti serial video yang menarik atau artikel lucu.
  • Mendidik konsumen: Perusahaan dapat mengatasi masalah pelanggan dan membantu mereka meningkatkan kehidupan mereka melalui konten digital yang informatif.

Jangkau Pemirsa Melalui Email

Pemasar dapat menggunakan email untuk menjangkau konsumen secara langsung melalui kotak masuk mereka, di mana mereka telah menerima korespondensi dari keluarga, teman, dan kolega. Menurut Adobe, konsumen menghabiskan 2,5 jam setiap hari kerja untuk memeriksa email pribadi mereka dan 3,1 jam untuk memeriksa email kantor mereka. Selain itu, eMarketer melaporkan bahwa 62,9% pengguna internet lebih suka menerima komunikasi email dari pengecer, mengalahkan platform lain seperti media sosial dan situs web merek.

Email dapat menampung berbagai jenis konten:

  • Diskon dan penawaran untuk penawaran musiman, peluncuran produk baru, dan rekomendasi yang disesuaikan
  • Kumpulan postingan blog dari artikel terbaru dari situs web merek atau situs web pihak ketiga, yang bahkan dapat dikategorikan menurut vertikal dan didistribusikan ke audiens yang tersegmentasi
  • Pesan ulang tahun atau hari jadi untuk menghubungi pelanggan saat ini dan membangun kedekatan, yang bahkan dapat mencakup hadiah atau kesepakatan untuk acara tersebut
  • Survei untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana konsumen menikmati pengalaman dan layanan merek
  • Konten eksklusif, seperti mengintip peluncuran produk, Tanya Jawab, atau informasi di balik layar
  • Newsletter harian atau mingguan untuk membuat audiens mengetahui perkembangan perusahaan, konten yang baru diterbitkan, dan peluang untuk terlibat dengan merek
  • Rekomendasi yang dipersonalisasi untuk konten atau produk berdasarkan perilaku pelanggan sebelumnya

Pertimbangkan tip berikut saat menyusun komunikasi email:

  • Segmentasikan pemirsa menurut minat, tingkat keterlibatan, atau demografis. Misalnya, merek dapat mengirim satu kumpulan email ke pelanggan baru, yang kedua ke pelanggan yang perlu terlibat kembali, dan yang ketiga ke pelanggan setia.
  • Pilih baris subjek pendek yang menarik yang menarik perhatian penerima sehingga email tidak hilang di kotak masuk atau berakhir di folder spam. Menurut Marketo, panjang baris subjek yang ideal adalah tujuh kata atau 41 karakter.
  • Sertakan ajakan bertindak langsung, seperti “Berlangganan”, “Kunjungi situs web”, “Pelajari lebih lanjut”, atau “Belanja sekarang”.

Luncurkan Kampanye Media Sosial yang Menarik

Komunikasi digital seringkali identik dengan komunikasi media sosial. Media sosial memungkinkan orang di seluruh dunia untuk terhubung dengan teman, keluarga, selebritas, dan merek melalui konten teks dan visual berukuran kecil. Menurut Pew Research Center, 72% orang dewasa AS menggunakan media sosial, dengan Facebook, YouTube, Twitter, Instagram, dan LinkedIn menjadi platform paling populer. Selain itu, Sprout Social menemukan bahwa media sosial adalah saluran peringkat teratas untuk terhubung dengan pelanggan, dan 57% pelanggan akan meningkatkan pengeluaran mereka jika mereka merasa terhubung dengan suatu merek.

Profesional komunikasi dapat menggunakan platform media sosial populer untuk membangun merek dengan cara yang berbeda:

  • Facebook efektif untuk membangun komunitas sosial yang terlibat, baik melalui halaman merek resmi atau melalui grup yang relevan. Merek sebaiknya berinvestasi dalam video asli, yang diharapkan pendiri Mark Zuckerberg akan “mendorong interaksi sosial yang bermakna.”
  • YouTube: Seperti yang dilaporkan Forbes, merek dapat menggunakan YouTube untuk membuat serial web, bermitra dengan influencer, membuat video petunjuk, memberikan tampilan di balik layar pada proses mereka, dan menggunakan kembali konten situs web. Karena Google memiliki YouTube, merek juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan taktik pengoptimalan mesin telusur sehingga video mereka muncul di hasil penelusuran.
  • Twitter: Topik seperti televisi, olahraga, dan berita dunia bekerja dengan baik di Twitter, menurut 2018 Year in Review. Merek dan konsumen menggunakan platform untuk men-tweet langsung acara favorit mereka, mengikuti dan berkontribusi pada tagar yang sedang tren, dan terhubung satu lawan satu melalui interaksi publik atau pesan langsung. Twitter juga merupakan platform masuk untuk layanan pelanggan, karena banyak merek telah membuat akun layanan pelanggan terpisah untuk pertanyaan.
  • Instagram: Perusahaan induk Facebook melaporkan bahwa 66% pengguna Instagram terhubung dengan merek di platform visual. Social Media Today menemukan bahwa sebagian besar merek menggunakan Instagram Stories, iklan, dan IGTV (untuk video berdurasi panjang) untuk menjangkau pemirsa. Instagram menyediakan hub untuk konten fashion, kecantikan, dan selebriti.
  • LinkedIn: Sebagai jejaring sosial bisnis-ke-bisnis (B2B), LinkedIn berguna untuk terhubung dengan perusahaan lain, mencari karyawan baru, dan terlibat dalam kepemimpinan pemikiran. Eksekutif, misalnya, dapat menggunakan LinkedIn untuk membuat posting blog yang menarik kembali tirai merek mereka dan terlibat dengan pakar lain di bidangnya. Menurut Sprout Social, 70% konsumen merasa lebih terhubung dengan suatu merek ketika CEO-nya aktif di media sosial.

Bangun Komunitas di Facebook

Facebook adalah jejaring sosial paling populer, dengan lebih dari 2,3 miliar pengguna bulanan di seluruh dunia. Namun itu juga salah satu saluran komunikasi digital tersulit untuk dikuasai. Perubahan algoritme yang sering menyebabkan jangkauan organik menurun, karena pengguna lebih menyukai posting dari teman dan keluarga daripada konten dari merek dan publikasi, menurut Digiday. Merek telah berebut cara baru untuk menjangkau audiens Facebook yang sangat besar dan disadap.

Pertimbangkan tip berikut untuk membangun strategi komunikasi Facebook yang mendorong keterlibatan:

  • Beli Iklan Facebook: Jangkauan organik mungkin sedang menurun, tetapi merek masih dapat menggunakan Iklan Facebook untuk mendapatkan konten mereka di umpan berita orang. Mereka juga dapat menggunakan alat ini untuk menargetkan demografi tertentu dan konten pengujian A/B untuk melihat teks dan visual mana yang menghasilkan respons terbaik.
  • Berinvestasi dalam video: Forbes melaporkan bahwa lebih dari 500 juta orang menonton video Facebook setiap hari, secara resmi menggeser YouTube sebagai platform video yang paling banyak ditonton. Mediakix juga melaporkan bahwa video Facebook Live ditonton tiga kali lebih lama dari video standar, dan sebagian besar video ditonton tanpa suara.
  • Gunakan Facebook Messenger: Menurut eMarketer, ada lebih dari 149 juta pengguna aplikasi perpesanan seluler di AS, yang paling populer adalah Facebook Messenger. Merek dapat menggunakan aplikasi obrolan ini untuk memberikan layanan pelanggan, mengotomatiskan interaksi melalui chatbot, dan mengirim pesan sponsor langsung ke konsumen.

Bangun Komunitas di Facebook

Facebook adalah jejaring sosial paling populer, dengan lebih dari 2,3 miliar pengguna bulanan di seluruh dunia. Namun itu juga salah satu saluran komunikasi digital tersulit untuk dikuasai. Perubahan algoritme yang sering menyebabkan jangkauan organik menurun, karena pengguna lebih menyukai posting dari teman dan keluarga daripada konten dari merek dan publikasi, menurut Digiday. Merek telah berebut cara baru untuk menjangkau audiens Facebook yang sangat besar dan disadap.

Pertimbangkan tip berikut untuk membangun strategi komunikasi Facebook yang mendorong keterlibatan:

  • Beli Iklan Facebook: Jangkauan organik mungkin sedang menurun, tetapi merek masih dapat menggunakan Iklan Facebook untuk mendapatkan konten mereka di umpan berita orang. Mereka juga dapat menggunakan alat ini untuk menargetkan demografi tertentu dan konten pengujian A/B untuk melihat teks dan visual mana yang menghasilkan respons terbaik.
  • Berinvestasi dalam video: Forbes melaporkan bahwa lebih dari 500 juta orang menonton video Facebook setiap hari, secara resmi menggeser YouTube sebagai platform video yang paling banyak ditonton. Mediakix juga melaporkan bahwa video Facebook Live ditonton tiga kali lebih lama dari video standar, dan sebagian besar video ditonton tanpa suara.
  • Gunakan Facebook Messenger: Menurut eMarketer, ada lebih dari 149 juta pengguna aplikasi perpesanan seluler di AS, yang paling populer adalah Facebook Messenger. Merek dapat menggunakan aplikasi obrolan ini untuk memberikan layanan pelanggan, mengotomatiskan interaksi melalui chatbot, dan mengirim pesan sponsor langsung ke konsumen.

Memanfaatkan Kekuatan Media Massa

Komunikasi media massa secara tradisional mencakup TV, radio, dan film — saluran yang menjangkau khalayak luas dengan konten yang dapat dikonsumsi secara universal. Seperti yang pernah dikatakan penyair W. H. Auden, “Yang ditawarkan media massa bukanlah seni populer, melainkan hiburan yang dimaksudkan untuk dikonsumsi seperti makanan, dilupakan, dan diganti dengan sajian baru.” Deskripsi ini berlaku untuk video YouTube viral saat ini dan platform internet yang menjangkau luas seperti jejaring sosial. Sementara itu, platform komunikasi digital, termasuk Netflix dan Hulu, telah menggantikan sebagian TV, dan podcast telah muncul sebagai alternatif radio.

Merek dapat memanfaatkan komunikasi media massa dengan berbagai strategi:

  • Pergeseran anggaran TV ke platform video digital: Emarketer mengharapkan belanja iklan digital untuk menyalip belanja iklan tradisional (seperti di media cetak dan TV) untuk pertama kalinya pada akhir 2019. Marketing Land juga melaporkan bahwa anggaran TV lebih efisien bila dikombinasikan dengan YouTube dan anggaran Facebook. Merek dapat beriklan secara native di video digital atau membeli iklan pra-putar dan pengantara di YouTube dan Facebook.
  • Beriklan di podcast populer: Merek dapat mensponsori podcast, membayar shoutout dalam episode, atau bahkan memproduksi podcast mereka sendiri yang sesuai dengan minat konsumen. Seperti yang dicatat Forbes, pengiklan dapat membayar untuk iklan yang dipanggang yang hidup dalam episode podcast selamanya atau iklan dinamis, yang dimasukkan secara terprogram berdasarkan konten dan audiens.
  • Menghasilkan konten digital yang terinspirasi oleh konten media massa tradisional: Merek dapat mendukung jangkauan media tradisional dengan membuat artikel, video, dan konten sosial berdasarkan film, buku, atau acara TV yang sedang tren.

Buat Strategi Periklanan Digital

Seiring dengan memproduksi konten digital secara teratur, seperti di situs web dan umpan sosial mereka, merek juga dapat berinvestasi dalam kampanye komunikasi periklanan di seluruh saluran digital.

  • Iklan spanduk: Ditempatkan secara terprogram di situs web, iklan spanduk ada di bagian atas atau samping halaman web atau di tengah artikel. Mereka biasanya dibayar berdasarkan tayangan atau klik.
  • Iklan asli: Pemasar membayar penerbit untuk membuat konten asli yang menggabungkan merek atau produk mereka dengan mulus. Native advertising dianggap lebih user-friendly daripada iklan banner karena cocok dengan konten di sekitarnya dan tidak mengganggu pengalaman pengguna.
  • Iklan media sosial: Di Instagram, misalnya, pengiklan dapat membeli iklan foto, iklan video, iklan Instagram Story, dan iklan carousel dari banyak gambar atau video. Iklan ini dapat ditargetkan ke pengguna sosial tertentu berdasarkan minat, demografi, dan perilaku.
  • Iklan influencer: Merek dapat memanfaatkan influencer sosial dengan audiens target untuk membuat konten atas nama mereka. Pembuat konten YouTube, misalnya, dapat membuat video bersponsor yang secara kreatif memasukkan produk ke dalam narasi. Influencer kemudian dapat mengundang pemirsa untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk dan menawarkan kode diskon khusus atau tautan situs web.
  • Kampanye Google AdWords: Merek dapat menawar kata kunci dan kueri penelusuran tertentu agar situs web mereka muncul di bagian atas hasil penelusuran Google. Kampanye ini bisa efektif untuk membangun kesadaran merek dan membimbing calon pelanggan menuju situs web merek.


Bangun Karir di Komunikasi Digital
Mereka yang ingin mengasah keterampilan komunikasi digital mereka dapat mempertimbangkan Bachelor of Arts in Communication dari Maryville University. Ini memberi siswa sumber daya yang mereka butuhkan untuk berhasil di media digital dan menempa masa depan pemasaran online. Dengan konsentrasi di Strategi Komunikasi Strategis dan Emerging Media dan Media Sosial, program ini dirancang untuk membina generasi ahli media berikutnya. Siswa dapat membangun portofolio penulisan profesional, mendapatkan pengalaman langsung melalui magang, dan mempelajari keterampilan khusus untuk membuat komunitas online.

Lulusan baru telah mencapai posisi sebagai spesialis media digital, perwakilan PR, dan koordinator media sosial, misalnya. Mereka juga bekerja di berbagai lingkungan, termasuk perusahaan periklanan, organisasi nirlaba, organisasi pemerintah, dan penerbit.

Ketika lanskap digital terus berkembang, teknologi baru akan muncul untuk mengubah komunikasi bisnis. Program gelar yang kuat dapat mempersenjatai para profesional dengan alat yang mereka butuhkan untuk menyusun strategi, beradaptasi, dan melibatkan audiens online secara efektif di bidang pilihan mereka.

(translated reference of bachelor's in communication artikel, Maryville University)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun