Mohon tunggu...
Miftaachur Rochmah
Miftaachur Rochmah Mohon Tunggu... Tutor - -

Undergraduate student majoring in English Education//Full time learner//Hardworker

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Hal-hal yang Harus Diperhatikan untuk Mencapai Generasi Emas Indonesia pada Tahun 2045

29 November 2020   14:14 Diperbarui: 29 November 2020   16:27 465
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

           Memasuki abada ke-21, perkembangan pendidikan di Indonesia berkembang pesat yang mana sejalan dengan pembentukan sumber daya manusia pada abad ini. Pada abad ke-21 ini ada beberapa keterampilan yang harus dikuasai, antara lain; digital-age literacy, inventing thinking, effective communication and high productivity (Ananda, 2017). 

            Pelajar atau peserta didik pada abad ini kiranya dapat menguasai aspek-aspek keterampilan seperti literasi digital, metode berfikir untuk penemuan yang inovatif, dapat berkomunikasi dengan cakap dan mempunyai jiwa produktifitas yang tinggi. Maka dari itu, peserta didik dianjurkan untuk menguasi aspek-aspek tersebut agar dapat bersaing pada abad 21 ini. Lalu, berangkat dari pemikiran yang futuristik, pemerintah Indonesia telah mencanangkan untuk mencapai generasi emas Indonesia pada tahun 2045

Tahapan Gelombang Perkembangan Peradaban Manusia;

1. Gelombang Pertanian: Sebelum 1880

2. Gelombang Manufaktur: 1880-1935

3. Gelombang Peradaban Jasa: 1935-1990

4. Gelombang Peradaban Informasi: 1990-2045

5. Gelombang Peradaban Leisure: 2045-2100

6. Gelombang Peradaban Luar Angkasa: 2100-Seterusnya

                         Adopted from (Ananda, 2017)

            Generasi emas yang dicanangkan pemerintah ialah pada rentang waktu 2045, jika dilihat dari tabel diatas maka termasuk  pada “Gelombang Peradaban Leisure” yang  dapat disebut juga dengan post indrustrial era. Pada tahun 2045 yang mana bertepatan dengan 100 tahun Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia percaya bahwa peradaban manusia akan berada pada tingkat yang  sejahtera dengan pendidikan yang tinggi dan ekonomi dan IPTEK yang memadai (Abi, 2017). Maka dari itu, aspek-aspek yang harus di penuhi agar  Indonesia dapat meraih generasi emas pada tahun 2045 adalah; a). Meningkatkan Anggaran Pendidikan, b).  Manajemen pengelolaan pendidikan, c).  Bebaskan sekolah dari suasana bisnis, d). Perbaikan kurikulum, e). Pendidikan Agama, f). Pendidikan yang melatih kesadaran kritis g).  Pemberdayaan Guru ( (Darman, 2017).

            Hal pertama yang perlu diperhatikan pemerintah guna dapat mencapai generasi emas tahun 2045 ialah meningkatkan anggaran pendidikan. Dalam hal ini, pemerintah  bertanggung jawab terhadap biaya pendidikan bagi  masyarakat, terutama peserta didik baik yang bersekolah di sekolah swasta maupun di sekolah negeri. Yang kedua ialah manajemen pengelolaan pendidikan, disini pemerintah harus memperhatikan kembali tentang profesionalisme tenaga pendidik serta lembaga pendidikan, serta memperhatikan kreatifitas dan inovasi dari proses belajar mengajar. Aspek selanjutnya ialah membebaskan sekolah dari suasana bisnis yang berarti pemerintah harus mencabut stigma bahwa sekolah itu lahan bisnis pejabat-pejabat dinas pendidikan. Selanjutnya adalah perbaikan kurikulum, seperti yang kita ketahui, kurikulum adalah kerangka belajar peserta didik dan pedoman  guru untuk melaksanakan proses belajar mengajar, maka dari itu pemerintah  harus dapat mengarahkan guru untuk dapat mendesain kegiatan pembelajaran yg efektif, efisien, kreatif dan inovatif  baik di dalam maupun di luar sekolah.  Aspek selanjutnya ialah pendidikan  agama,  seharusnya di sekolah bukan ajang pendoktrinan agama akan tetapi  sekolah adalah tempat untuk pengimplementasian kebaikan, kerendahan hati dan cinta kasih antar sesama umat beragama. Selanjutnya ialah  pendidikan yang berfokus pada  kesadaran kritis, disini siswa di  arahkan untuk selalu berfikir kritis akan materi-materi yang diajarkan sehingga dapat merangsang tumbuhnya kepekaan sosial baik terhadap materi maupun lingkungan sekitar. Dan yang terahir adalah pemberdayaan guru,  dalam hal ini pemerintah bertanggung jawab akan pemberdayaan mutu guru guna menciptakan bapak/ibu guru yang visioner.

               Dari ke tujuh aspek-aspek diatas, semua aspek telah melengkapi satu sama lain. Tidak ada yang berat sebelah , sebab seluruh aspek itu mempunyai peran masing-masing dalam menyukseskan pembentukan generasi emas 2045.

References

Abi, A. R. (2017). Paradigma Membangun Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 85–90. https://doi.org/10.17977/um019v2i22017p085

Ananda, A. (2017). Demokrasi Pendidikan Pascasarjana dan Generasi Emas Indonesia 2045. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unsyiah, 12–18. Retrieved from http://jurnal.unsyiah.ac.id/SNP-Unsyiah/article/view/6862

Darman, R. A. (2017). Jurnal Edik Informatika MEMPERSIAPKAN GENERASI EMAS INDONESIA TAHUN 2045 MELALUI PENDIDIKAN BERKUALITAS Jurnal Edik Informatika. Jurnal Edik Informatika, 2(2), 73–83. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22202/jei.2017.v3i2.1320

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun