Mohon tunggu...
Michelle Najani
Michelle Najani Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswi

Nama : Michelle Najani NIM : 43121120078 Dosen : Prof. Dr,Apollo, M.Si.Ak Mata Kuliah : Kewirausahaan I Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Mercu Buana -Learning by doing-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Proposal Usaha Salad Buah - Analisa SWOT

14 September 2023   19:34 Diperbarui: 11 Oktober 2023   13:02 15606
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mulai Proposal Usaha dengan Analisa SWOT

Salad buah kekinian "MY SALAD"

Nama               : Michelle Najani

NIM                  : 43121120078

Dosen              : Prof. Dr,Apollo,  M.Si.Ak 

Mata Kuliah : Kewirausahaan I


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang 

Makanan sehat saat ini mulai di gandrungi kembali, dengan alasan untuk menunjang gaya hidup sehat.Salah satu makan sehat yang saat ini di sukai berbagai kalangan mulai orang tua sampai anak-anak yaitu Salad buah. Merupakan gabungan antara beberapa macam buah dengan siraman saus salad yang menyegarkan menjadi opsi bagi orang-orang untuk menikmati buah, dengan rasa yang menyegarkan dan perpaduan yang pas akan membuat penikmat salad buah menikmatinya setiap hari. Tidak hanya untuk di konsumsi Hal ini bisa menjadi peluang bagi kita untuk memulai usaha, dimana memulai usaha dengan ide berjualan salad buah akan mendapatkan peluang mendapat pelanggan yang besar. 

Kegiatan berdagang sendiri akan menjadi opsi yang baik pada masa ini,dimana kita menjadikan suatu barang menjadi sesuatu yang bernilai jual dan mendatangkan keuntugan. Namun dengan pengelolaan dan perencanaan yang baik akan membawa pelaku wirausaha pada keuntungan dan umur usaha yang panjang. Bersamaan ini saya ingin memulai usaha dengan berjualan Salad buah salah satu  yang saat ini di sukai berbagai kalangan.

1.2 Visi 

Menyajikan salad buah yang lezat dengan bahan-bahan berkualitas untuk pelanggan

1.3 Misi

1. Menjadi salah satu brand salad buah yang memiliki kualitas buah super fresh

2. Menyediakan makanan enak dan sehat 

3. Menjual salad yang laris di berbagai platform online

4. Menjadi pilihan konsumen untuk menikmati salad buah 


1.4 Tujuan Kegiatan Usaha

1. Memberikan pelanggan produk yang berkualitas

2. Menciptakan keuntungan dan menciptakan lapangan pekerjaan

3. Menjadi salah satu brand salad buah yang terkenal dengan reputasi baik

BAB II 

PEMBAHASAN

2.1 Profil Usaha

My Salad adalah salah satu brand salad buah dengan bahan-bahan yang fresh dan berkualitas tinggi.Dengan rasa yang lezat dengan isi potongan buah dan saus salad yang melimpah. Salad yang di produksi di jaga kesegaraannya dan rasanya supaya sampai di konsumen dengan kualitas yang baik. Tersedia dengan 3 ukuran bisa dinakmati sendir ataupun sharing bersama teman dan keluarga.

2.3 Kepemilikan 

Owner : Michelle Najani

2.4 Starategi Pemasaran 

A.  Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar dari My salah merupakan semua kalangan penikmat salad buah. Mulai dari muda-mudi sampai orang tau dan anak-anak juga tidak ketinggalan.


B. Target Pasar

Kami menargetkan produk My salad pada calon konsumen di sekitar lokasi usaha dan penggunan e-commerce dan platform online seperti GOFOOD,GRABFOOD,SHOPPEFOOD dan lainnya.


C. Positioning 

Agar produk My salad dikenal oleh konsumen, kami akan hadir pada setiap event atau bazar di sekitar daerah penjualan dan hadir di berbagai platform pesan antar online. serta aktif berpromosi di sosial media untuk menarik pelanggan dan dikenal.

2.5 Analisis SWOT 

Sebagai salah satu acuan kami dalam memulai usaha dan mempertahakan ke exist-an dari produk dan brand. Maka My salad perlu untuk melakukan analisa swot untuk mengantisipasi persiangan pada pasar.

A. Kekuatan (Strength)

  • Kualitas buah dan saus yang fresh dan berkualitas
  • Tidak menggunakan bahan pengawet
  • Proses produksi yang higenis
  • Produk yang terjamin dengan harga terjangkau

B. Kelemahan (Weakness)

  • Waktu simpan yang tidak lama karna tanpa pengawet berbahaya
  • Penyimpanan yang buruk akan mempengaruhi kesegaran buah

C. Peluang (Oportunity)

  • Menjadi pilihan untuk menikmati salad buah melalui pemesanan online
  • Hadir di event atau bazar di daerah sekitar

D. Ancaman (Threat)

  • Sudah banyaknya brand dan penjual salad buah 
  • Kompetitor dengan harga yang lebih murah
  • Buah yang kurang bagus dari supplier dan buah musiman 

BAB III

KEGIATAN PRODUKSI DAN OPERASIONAL

3.1 Proses Produksi 

Kegiatan yang akan di lakukan Tim my salad dalam produksi :

  • Kami akan melakukan survei supplier buah dengan kualitas yang baik dan memiliki tingkat konsisten yang tinggi. Mulai dari rasa,ukuran dan jenis buah yang di gunakan
  • Saat produksi semua tempat dan alat-alat di pastikan bersih dan higenis
  • Saat proses pengelolaan buah yang datang akan tetap di sortir dan dipilih yang terbaik serta penyimpnan buah juga akan sangat di jaga untuk menjaga kesegaran buah
  • Dalam prosenya juga akan di lakukan sesegera mungkin dan dilakukan pemberian lebel masa usia dari salad buah agar selalu fresh sampai di konsumen dan disimpan pada suhu yang pas agar tidak berair
  • Pendistribusian juga di lakukan dengan standar yang sesuai agar aman 
  • Pembuatan laporan pengeluaran dan pendapatan dari hasil kegiatan penjualan salad buah

3.2 Bahan Baku 

  • Buah-buahan (Semangka,melon,jeruk,strawbery,anggur,mangga dan jeruk sunkis)
  • Yoghurt plain
  • Susu kental manis
  • Nata de coco
  • Keju parut
  • Packaging plastik
  • Stiker merek


BAB VI

PERENCANAAN ANGGARAN

4.1 Biaya Bahan Baku dan lainnya

Bahan Baku utama aneka buah                  Rp. 700.000

Bahan pelengkap                                              Rp. 300.000

Peralatan dan packaging                               Rp. 500.000

Total                                                                       Rp.1.500.000

4.2 Penentuan Harga Jual 

HPP  = (Biaya bahan baku / kuantitas per produksi)

= 1.500.000 / 100 pcs 

= 15.000 per pcs

Harga jual  = (HPP + estimasi keuntungan yang ingin di dapatkan )

= 15.000 + 20.000

= 35.000

4.3 Perhitungan Laba 

Laba    = ( hasil produksi x harga jual ) – modal
                        = ( 100 x Rp. 35.000 ) – Rp.1.500.000
                        = Rp. 3.500.000 – Rp.1.500.000
                        = Rp.2.000.000

            Presentase Laba = laba/modal x 100%
                        = Presentase Laba = laba/modal x 100%
                        = 1,33 %

BAB V

   PENUTUP 

Demikin proposal usaha MY salad yang menggunakan analisa SWOT. Kami melihat peluang yang bagus dari usaha yang akan kami lakukan dengan melihat target pasar yang memiliki minat tinggi pada salad buah.Kami berharap usaha yang akan kami jalankan bisa memberikan manfaat dan produk yang berkualitas pada pelanggan.

Sekian proposal usaha yang telah saya buat. Saya ucapkan terima kasih.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun