Mulai Proposal Usaha dengan Analisa SWOT
Salad buah kekinian "MY SALAD"
Nama        : Michelle Najani
NIM Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 43121120078
Dosen        : Prof. Dr,Apollo,  M.Si.AkÂ
Mata Kuliah : Kewirausahaan I
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar BelakangÂ
Makanan sehat saat ini mulai di gandrungi kembali, dengan alasan untuk menunjang gaya hidup sehat.Salah satu makan sehat yang saat ini di sukai berbagai kalangan mulai orang tua sampai anak-anak yaitu Salad buah. Merupakan gabungan antara beberapa macam buah dengan siraman saus salad yang menyegarkan menjadi opsi bagi orang-orang untuk menikmati buah, dengan rasa yang menyegarkan dan perpaduan yang pas akan membuat penikmat salad buah menikmatinya setiap hari. Tidak hanya untuk di konsumsi Hal ini bisa menjadi peluang bagi kita untuk memulai usaha, dimana memulai usaha dengan ide berjualan salad buah akan mendapatkan peluang mendapat pelanggan yang besar.Â
Kegiatan berdagang sendiri akan menjadi opsi yang baik pada masa ini,dimana kita menjadikan suatu barang menjadi sesuatu yang bernilai jual dan mendatangkan keuntugan. Namun dengan pengelolaan dan perencanaan yang baik akan membawa pelaku wirausaha pada keuntungan dan umur usaha yang panjang. Bersamaan ini saya ingin memulai usaha dengan berjualan Salad buah salah satu  yang saat ini di sukai berbagai kalangan.
1.2 VisiÂ
Menyajikan salad buah yang lezat dengan bahan-bahan berkualitas untuk pelanggan
1.3 Misi
1. Menjadi salah satu brand salad buah yang memiliki kualitas buah super fresh
2. Menyediakan makanan enak dan sehatÂ
3. Menjual salad yang laris di berbagai platform online
4. Menjadi pilihan konsumen untuk menikmati salad buahÂ
1.4 Tujuan Kegiatan Usaha
1. Memberikan pelanggan produk yang berkualitas
2. Menciptakan keuntungan dan menciptakan lapangan pekerjaan
3. Menjadi salah satu brand salad buah yang terkenal dengan reputasi baik
BAB IIÂ
PEMBAHASAN
2.1 Profil Usaha
My Salad adalah salah satu brand salad buah dengan bahan-bahan yang fresh dan berkualitas tinggi.Dengan rasa yang lezat dengan isi potongan buah dan saus salad yang melimpah. Salad yang di produksi di jaga kesegaraannya dan rasanya supaya sampai di konsumen dengan kualitas yang baik. Tersedia dengan 3 ukuran bisa dinakmati sendir ataupun sharing bersama teman dan keluarga.
2.3 KepemilikanÂ
Owner :Â Michelle Najani
2.4 Starategi PemasaranÂ
A. Â Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar dari My salah merupakan semua kalangan penikmat salad buah. Mulai dari muda-mudi sampai orang tau dan anak-anak juga tidak ketinggalan.
B. Target Pasar
Kami menargetkan produk My salad pada calon konsumen di sekitar lokasi usaha dan penggunan e-commerce dan platform online seperti GOFOOD,GRABFOOD,SHOPPEFOOD dan lainnya.
C. PositioningÂ
Agar produk My salad dikenal oleh konsumen, kami akan hadir pada setiap event atau bazar di sekitar daerah penjualan dan hadir di berbagai platform pesan antar online. serta aktif berpromosi di sosial media untuk menarik pelanggan dan dikenal.
2.5 Analisis SWOTÂ
Sebagai salah satu acuan kami dalam memulai usaha dan mempertahakan ke exist-an dari produk dan brand. Maka My salad perlu untuk melakukan analisa swot untuk mengantisipasi persiangan pada pasar.
A. Kekuatan (Strength)
- Kualitas buah dan saus yang fresh dan berkualitas
- Tidak menggunakan bahan pengawet
- Proses produksi yang higenis
- Produk yang terjamin dengan harga terjangkau
B. Kelemahan (Weakness)
- Waktu simpan yang tidak lama karna tanpa pengawet berbahaya
- Penyimpanan yang buruk akan mempengaruhi kesegaran buah
C. Peluang (Oportunity)
- Menjadi pilihan untuk menikmati salad buah melalui pemesanan online
- Hadir di event atau bazar di daerah sekitar
D. Ancaman (Threat)
- Sudah banyaknya brand dan penjual salad buahÂ
- Kompetitor dengan harga yang lebih murah
- Buah yang kurang bagus dari supplier dan buah musimanÂ
BAB III
KEGIATAN PRODUKSI DAN OPERASIONAL
3.1 Proses ProduksiÂ
Kegiatan yang akan di lakukan Tim my salad dalam produksi :
- Kami akan melakukan survei supplier buah dengan kualitas yang baik dan memiliki tingkat konsisten yang tinggi. Mulai dari rasa,ukuran dan jenis buah yang di gunakan
- Saat produksi semua tempat dan alat-alat di pastikan bersih dan higenis
- Saat proses pengelolaan buah yang datang akan tetap di sortir dan dipilih yang terbaik serta penyimpnan buah juga akan sangat di jaga untuk menjaga kesegaran buah
- Dalam prosenya juga akan di lakukan sesegera mungkin dan dilakukan pemberian lebel masa usia dari salad buah agar selalu fresh sampai di konsumen dan disimpan pada suhu yang pas agar tidak berair
- Pendistribusian juga di lakukan dengan standar yang sesuai agar amanÂ
- Pembuatan laporan pengeluaran dan pendapatan dari hasil kegiatan penjualan salad buah
3.2 Bahan BakuÂ
- Buah-buahan (Semangka,melon,jeruk,strawbery,anggur,mangga dan jeruk sunkis)
- Yoghurt plain
- Susu kental manis
- Nata de coco
- Keju parut
- Packaging plastik
- Stiker merek
BAB VI
PERENCANAAN ANGGARAN
4.1 Biaya Bahan Baku dan lainnya
Bahan Baku utama aneka buah          Rp. 700.000
Bahan pelengkap                        Rp. 300.000
Peralatan dan packaging                Rp. 500.000
Total                                    Rp.1.500.000
4.2 Penentuan Harga JualÂ
HPP Â = (Biaya bahan baku / kuantitas per produksi)
= 1.500.000 / 100 pcsÂ
= 15.000 per pcs
Harga jual  = (HPP + estimasi keuntungan yang ingin di dapatkan )
= 15.000 + 20.000
= 35.000
4.3 Perhitungan LabaÂ
Laba   = ( hasil produksi x harga jual ) – modal
            = ( 100 x Rp. 35.000 ) – Rp.1.500.000
            = Rp. 3.500.000 – Rp.1.500.000
            = Rp.2.000.000
      Presentase Laba = laba/modal x 100%
            = Presentase Laba = laba/modal x 100%
            = 1,33 %
BAB V
  PENUTUPÂ
Demikin proposal usaha MY salad yang menggunakan analisa SWOT. Kami melihat peluang yang bagus dari usaha yang akan kami lakukan dengan melihat target pasar yang memiliki minat tinggi pada salad buah.Kami berharap usaha yang akan kami jalankan bisa memberikan manfaat dan produk yang berkualitas pada pelanggan.
Sekian proposal usaha yang telah saya buat. Saya ucapkan terima kasih.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H