Mohon tunggu...
Merahwati
Merahwati Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Jawa

saya selalu ingin tahu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Laporan Best Practice Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Dialog Sesuai Dengan Unggah-Ungguh Basa Menggunakan Model PBL

2 Desember 2023   21:30 Diperbarui: 4 Desember 2023   01:34 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi : 

SMP Muhammadiyah Kesesi

Jl. Raya Kesesi Timur No.524 Kesesi, Kabupaten Pekalongan

Tujuan yang ingin dicapai : Peserta didik mampu menulis teks dialog sesuai dengan unggah-ungguh basa dan tata bahasa

Penulis : Merahwati, S.Pd.

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, diantaranya:

  1. Rendahnya minat peserta didik dalam pembelajaran menulis teks dialog sesuai dengan unggah-ungguh basa dan tata bahasa

  2. Rendahnya kemampuan peserta didik dalam menguasai kosakata bahasa jawa

  3. Guru belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan bervariasi, karena masih menggunakan metode ceramah

  4. Peserta tidak tertarik dengan media dan bahan ajar yang disajikan oleh guru

  5. Pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga peserta didik kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran

Praktik ini  penting  untuk  dibagikan  karena: Dalam pembelajaran Bahasa Jawa terdapat empat keterampilan yang harus dicapai oleh peserta didik yaitu membaca, menyimak, menulis, dan berbicara. Keterampilanempattersebut,gurufokuspada keterampilan menulis pada kegiatan pembelajaran aksi 2.

Berdasarkan permasalahan di atas, praktik baik (Best   Practice)  perlu  dilakukan    untuk  mengatasi permasalahan pembelajaran dengan menggunakan model dan strategi yang tepat sehingga pembelajaran inovatif dapat tercapai dengan baik. Oleh karena itu, penulis yang berperan sebagai guru mendesain pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks dialog sesuai unggah-unggah basa dan tata bahasa menggunakan media pembelajaran komik digital dengan model pembelajaran Problem based

learning.

Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan guru lain.

Tantangan :

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan yaitu

  1. Membutuhkan persiapan lebih untuk menyiapkan alat, bahan, konsep, media dan persiapan lainya.

  2. Kemampuan guru dalam merancang media pembelajaran komik digital

  3. Kesiapan peserta didik dalam proses pembelajaran

  4. Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran mandiri dan kelompok

Yang terlibat dalam pelaksanaan PPL aksi 2 yaitu

  1. Peserta didik sebagai target utama pelaksanaan PPL

  2. Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing

3. Temansejawatyangmembantuproses perekaman PPL

Aksi :

Langkah-langkah     yang     dilakukan     untuk

menghadapi tantangan tersebut adalah:

  1. Kegiatan ini guru melakukan wawancara kepada rekan sejawat bahasa Jawa dari sekolah lain

  2. Mempelajari pembuatan komik digital lewat berbagai media

  3. Mempelajari   model   pembelajaran   inovatif

melalui arahan dosen dan guru pamong, agar dalam menyusun rencana pembelajaran dan menerapkannya sesuai dengan langkah-langkah yang ada

4.  Bekerja sama dengan siswa dan teman sejawat dalam pengambilan video pembelajaran 

Strategi yang digunakan:

Aksi 2 ini,guru menggunakan media pembelajaran komik digital dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) 

 Media yang digunakan yaitu guru menggunakan persentasi canva dengan dilengkapi scan barcode sehingga peserta 

didik juga bisa mengakses melalui gadgetnya dalam menyampaikan pembelajaran

7. Guru memberikan penilaian berupa penilaian sikap dan keterampilan. Penilaian sikap dilakukan ketika peserta berdiskusi mengerjakan LKPD dan mempersentasikan hasil diskusi kelompok, sedangkan penilaian keterampilan dilakukan untuk menilai hasil pembelajaran berupa teks dialog.

Bagaimana prosesnya?

Proses yang dilakukan dalam pembelajaran aksi 2 ini yaitu:

A. MelaksanakansintaksmodelProblemBased Learning

  1. Orientasi pada masalah:

  • Guru menayangkan komik digital bahasa Jawa melalui LCD proyektor

  • Peserta didik membaca bersama-sama

  • Guru menstimulasi peserta didik untuk menentukan permasalahan terkait unggah-ungguh basa pada tayangan komik digital

  • Guru memberikan materi terkait unggah-ungguh basa melalui canva dengan scan barcode

  • Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang penggunaan unggah-ungguh basa dalam berdialog

  1. Mengorganisasi peserta didik untuk belajar:


    • Peserta didik dibagi menjadi kelompok kecil yang terdiri dari 5-6 orang tiap kelompok

    • Peserta didik menyimak penjelasan dari guru mengenai tugas kelompok

    • Salah satu peserta didik perwakilan dari kelompok maju untuk memutar wheel spin yang bertuliskan topik pembuatan dialog

    • Peserta didik mengungkapkan pendapatnya di dalam kelompok dan berdiskusi bersama kelompoknya membuat dialog sesuai dengan topik hasil undian

  2. Membimbing penyelidikan


    • Peserta didik dibimbing oleh guru dalam memahami tema yang didapat 

      Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk berdiskusi menulis dialog sesuai dengan tema yang didapat.

      1. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya


        • Guru mempersilahkan setiap kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian.

      2. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah:


      • Guru bersama peserta didik yang lain menganalisis ketepatan unggah-ungguh basa yang disampaikan oleh kelompok penyaji.


      • Guru bersama peserta didik berdiskusi mencari ketepatan unggah-ungguh basa dalam pacelathon yang disajikan.


    • B. Assesment berbasis TPACK menggunakan googleform dengan scan barcode

      Siapa saja yang terlibat:

      1. Guru dan peserta didik sebagai peran utama dalam kegiatan aksi

      2. Teman guru yang menjadi kameramen dalam kegiatan aksi 2


    • Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

      1. Laptop, LCD, canva, komik digital, smartphone, kuota, yang digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran.

    • Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?

    • Dampakdariaksidanlangkah-langkahyang dilakukan yaitu:

      1. Pelaksanaan PPL sesuai modul ajar yang telah disusun

      2. Tercapainya kegiatan sesuai dengan tujuan awal

      3. Peserta didik antusias dalam pembelajaran

      4. Peserta didik mampu menghasilkan sebuah teks dialog sesuai dengan unggah-ungguh basa dan tata bahasa


    • Apakah hasilnya efektif atau tidak efektif?

      1. Hasilnya sangat efektif, karena peserta didik sangat antusias saat pembelajaran dari awal sampai akhir, sehingga tujuan pembelajaran tercapai

      2. Peserta didik mampu menghasilkan teks dialog sesuai dengan unggah-ungguh basa dan tata bahasa

      Bagaimana respon orang lain terkait strategi yang dilakukan?

      1. Teman sejawat mendukung penuh dan ingin ikut belajar dalam menerapkan model pembelajaran yang telah saya laksanakan

      2. Peserta didik terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran


    • Yang menjadi faktor keberhasilan yaitu:

      1. Dukungan teman sejawat yang turut membantu dari persiapan sampai selesai kegiatan

      2. Keinginan untuk merubah cara mengajar, yang dulunya konvensional menjadi inovatif

      3. Berusaha melaksanakan kegiatan dengan maksimal sesuai dengan yang direncanakan sesuai arahan Dosen dan Guru Pamong

      4. Peserta didik yang antusias dalam mengikuti pembelajaran


    • Yang menjadi ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan yaitu:

      1. Perekaman video membutuhkan alat  dan keahlian khusus sehingga mampu mendapatkan hasil video yang menarik, dalam kegiatan perekaman video ini dibantu oleh teman sejawat yang kurang berpengalaman dalam perekaman video dan menggunakan Handphone sehingga hasil video kurang maksimal

      Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut adalah:

      1. Untuk melaksanakan proses pembelajaran sehari-hari agar lebih disiplin dan terstruktur

      2. Peserta didik lebih tertarik dan fokus dengan model dan media pembelajaran yang inovatif dan bervariasi

      3. Guru harus terus berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun