Mohon tunggu...
Melisa Widia Herani
Melisa Widia Herani Mohon Tunggu... Guru - just thingking simple and then everything will be simple

tergerak, bergerak dan menggerakkan menuju arah perubahan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Demontrasi Kontekstual Modul 3.3

15 Oktober 2021   05:01 Diperbarui: 15 Oktober 2021   11:37 741
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

MELISA WIDIA HERANI

SMAS NURUL IMAN NW ATTAMMIMI PENGEMBUR

CGP ANGKATAN 2 KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Judul program: Program SHOHA (Sholat Dhuha)

Latar belakang

Sekolah sebagai wadah dalam membentuk karakter positif murid untuk menumbuhkan dan mengembangkan salah satu profil pelajar pancaasila yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia maka perlu adanya sebuah program yang berdampak pada murid. Sejalan juga dengan visi sekolah "beriman, bertakwa, cerdas dan peduli", maka program ini sesuai dengan apa yang menjadi harapan dan cita-cita sekolah dalam mewujudkan karakter profil pelajar Pancasila.

Tujuan program yang selaras dengan visi yang sudah dibuat pada tahap lokakarya 3 yaitu: 

  • Menanamkan nilai beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
  • Menanamkan kepada siswa tentang disiplin waktu
  • Menumbuhkan nilai budaya positif
  • Menanamkan nilai tanggung jawab kepada siswa

Tahapan 5D/BAGJA

1. Buat Pertanyaan (Define)

Bagaimana cara meningkatkan keimanan, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia pada murid?

2. Ambil Pelajaran (Discover)

Siswa secara sadar melaksanakan program tersebut tanpa arahan dari guru dan kepala sekolah

3. Gali Mimpi (Dream)

  • Siswa memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin waktu dalam menjalankan program ShoHa ini
  • Terwujudnya karakter profil pelajar Pancasila yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
  • Kolaborasi semua warga sekolah dalam menjalankan program ShoHa
  • Terwujudnya budaya positif di sekolah

4. Jabarkan Rencana (Design)

  • Membuat kriteria ketercapaian program pelaksanaan ShoHa
  • Pelaksanaan kegiatan antara jam 09.30 -- 10.00 WITA (saat jam istirahat)
  • Wali kelas melakukan posisi kontrol dalam pelaksanaan program berkolaborasi dengan WaKa Kesiswaan
  • Kepala sekolah melakukan monitoring dan evaluasi program

5. Atur Eksekusi (Deliver destiny)

Pelaksanaan program dilakukan oleh seluruh warga sekolah dengan Kepala sekolah sebagai penanggung jawab. Guru dan tenaga kependidikan juga memiliki tanggung jawab yang sama untuk mencapai tujuan program. Evaluasi dilakukan melalui rapat koordinasi kepala sekolah dengan dewan guru dan hasil evaluasi tersebut digunakan sebagai rencana tindak lanjut dari pelaksanaan program.

  • Rencana Monitoring, Evaluasi, Pembelajaran dan Pelaporan (MELR)

1. Pertanyaan Kunci

Pertanyaan kunci
Evaluasi program

  • Sejauh mana program sudah berjalan sesuai dengan tujuan utama program?

Siswa sudah mulai menjalankan program ini, namun rasa tanggung jawab dan disiplin waktu masih perlu ditingkatkan. Siswa perlu juga memahami pentingnya pembiasaan sebagai bentuk budaya positif di sekolah

  • Seberapa banyak hambatan yang ditemui selama pelaksanaan program ini? Mengapa demikian?

Masih kurangnya kesadaran diri dari siswa dalam menjalankan program ShoHa ini. Peran guru dalam posisi kontrol juga harus dilibatkan untuk mendampingi siswa dalam melaksanakan program

2. Fokus Monitoring

Fokus MonitoringPertimbangan PemilihanPertanyaan Utama MonitoringBagaimana program Shoha ini dapat berjalan dengan baik?Adanya kolaborasi dengan semua warga sekolahBagaimana sikap siswa dalam menjalankan program yang didampingi oleh guru sebagai posisi kontrol?

3. Metode Penggalian Data

Pertanyaan MonitoringSumber informasiMetodeKapan/ bagaimana

  • Apakah guru menjalankan posisi kontrolnya dengan baik?
  • Bagaimana sikap siswa dalam menjalankan program yang didampingi guru sebagai posisi kontrol?

Guru, muridobservasi dan wawancaraDalam proses berjalan

4. Strategi pengolahan Data

Pertanyaan monitoringData yang terkumpulKesimpulanCatatan khusus, pengecualian, dllApakah semua orang dalam melaksanakan program Shoha sudah menjalankan perannya dengan baik?Murid sebagai subyek pelaksana program dan guru serta kepala sekolah sudah menjalankan perannya dengan baikProgram Shoha sebagai bentuk dalam mewujudkan karakter profil pelajar Pancasila (beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia) dan bentuk budaya positif di sekolah sudah berjalan baikperlu pengawasan bagi murid perempuan dalam menjalankan program ShoHa

5. Pembelajaran Program

Faktor-faktor pendukung pelaksanaan programFaktor-faktor penghambat pelaksanaan programPembelajaranKolaborasi yang baik dari semua warga sekolahMasih kurangnya kesadaran diri dari beberapa murid dalam melaksanakan program ShohaPeran guru dalam posisi kontrol perlu ditingkatkan dalam memberikan arahan dan bimbingan kepada murid yang kesadaran diri kurang dalam melaksanakan program

6. Pelaporan Program


Gambaran Umum Program:
Program ShoHa adalah bentuk program dalam mewujudkan karakter profil pelajar Pancasila (beriman bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia) dan sejalan dengan visi sekolah yaitu "beriman bertakwa cerdas dan peduli"Deskripsi Pelaksanaan Program:
-Waktu Pelaksanaan: antara jam 09.30 -- 10.00 (saat jam istirahat)

-Strategi Pelaksanaan Program: program ini dijalankan bukan hanya oleh murid tetapi semua warga sekolah dengan peran guru sebagai posisi kontrol dalam pelaksanaan program

-Faktor Pendukung dan Penghambat Program:
Faktor Pendukung: kolaborasi dengan semua warga sekolah dalam mendukung keterlaksananya program sesuai dengan tujuan. Faktor Penghambat: kesadaran diri, disiplin waktu dan tanggung jawab

-Hasil Pelaksanaan Program: terlaksananya program ShoHa sesuai dengan tujuan programEvaluasi Program:
Evaluasi program dilakukan pada saat rapat koordinasi antara kepala sekolah dengan guruPembelajaran Program:

  • Fakta: murid secara sadar menjalankan program ShoHa dan disiplin waktu serta rasa tanggung jawab yang disertai dengan adanya peran guru sebagai posisi kontrol sehingga terwujudnya karakter profil pelajara Pancasila dan budaya positif di sekolah
  • Perasaan: adanya rasa tenang dan nyaman ketika pelaksanaan program ShoHa ini
  • Temuan: perlu adanya peningkatan peran guru dalam posisi kontrol ketika mendampingi murid melaksanakan program ShoHa dan sosialiasi mengenai program Shoha kepada warga sekolah

 

  • Masa depan: program ShoHa ini diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih luas bukan hanya pada lingkungan sekolah tetapi juga di lingkungan antar Lembaga pendidikan di lingkungan yayasan maupun masyarakat sekitar
  • Pelibatan orang tua dan komunitas

Orang tua bisa menjadi faktor pendukung dalam keberhasilan dan ketercapaian tujuan program karena kerjasama yang baik adalah dengan melibatkan secara penuh peran orang tua dalam mengawasi dan memonitoring murid dalam melaksanakan program bukan hanya di sekolah tetapi juga di rumah

Pelaksanaan program berjalan selama 1 bulan dimulai dari aksi nyata pada modul 3.3 ini

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun