Mohon tunggu...
Mbah Dharmodumadi Purwalodra
Mbah Dharmodumadi Purwalodra Mohon Tunggu... Dosen - Mati sa'jroning urip iku kudu dilakoni, kanggo ngunduh kamulyan.

Simbah mung arep nulis, sa' karepe simbah wae, ojo mbok protes. Sing penting, saiki wacanen ning ojo mbok lebokke ning jero dodo, yooo ?!!

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Sadari Kesadaran Kita, Dengan Sadar!!?

4 November 2024   22:30 Diperbarui: 4 November 2024   22:43 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh.  Mbah Dharmodumadi

Tulisan ini tentu mengundang kita untuk merenung lebih dalam tentang konsep kesadaran dan bagaimana kita bisa lebih memahami dan merasakannya dalam kehidupan sehari-hari. Aristoteles pernah mengatakan, "Kesadaran adalah jiwa yang berpikir," sebuah pernyataan yang menunjukkan pentingnya kesadaran dalam proses berpikir dan memahami diri kita sendiri. Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan perjalanan dalam menyadari kesadaran kita melalui langkah-langkah praktis yang dapat kita lakukan setiap hari.

Pertama, kita dapat memulai dengan mengamati pikiran dan emosi yang datang dan pergi seperti yang dijelaskan dalam latihan pertama. Ketika kita mengamati tanpa menghakimi, kita menciptakan ruang bagi kesadaran murni untuk muncul. Hal ini sejalan dengan pemikiran Descartes, "Cogito, ergo sum" -- Aku berpikir, maka aku ada. Namun, dalam proses meditasi, kita melangkah lebih jauh dengan melepaskan identifikasi dari pikiran tersebut.

Kedua, dengan mengamati jeda antar pikiran, kita belajar untuk menghargai momen-momen kesadaran murni. Epictetus, seorang filsuf Stoik, pernah berkata, "Hanya waktu saja yang dapat menunjukkan kepada kita apa yang tersembunyi dalam pikiran." Dalam jeda tersebut, kita menemukan inti sejati dari diri kita---keberadaan yang tak ternodai oleh kebisingan sehari-hari.

Langkah ketiga mengajak kita untuk berperan sebagai langit yang luas dan biru, di mana awan-awan pikiran dan emosi hanyut begitu saja. Menyadari bahwa kita adalah langit, dan bukan awan, adalah wujud pemahaman akan ketenangan batin. Ini mengingatkan kita pada ajaran Laozi tentang Dao, bahwa kita adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar dan selalu berubah.

Latihan keempat, seperti dalam tradisi Zen, memimpikan kita untuk bertanya, "Apa ini? What is this?" Rasa ingin tahu yang murni ini membangkitkan kesadaran langsung dan membebaskan kita dari asumsi dan prasangka. Simak apa yang dikatakan oleh Rumi, "Jangan puas dengan cerita, bagaimana orang lain hidup. Wujudmu sendiri adalah 'apa ini' yang terungkap."

Dalam latihan kelima, kita diajak untuk mendengarkan keheningan di balik semua suara. Ini adalah usaha untuk menyelam lebih dalam ke dalam diri kita dan menemukan harmoni dalam keheningan. Alan Watts pernah mengatakan bahwa "Mungkin semua musik adalah upaya untuk merefleksikan kesunyian yang abadi." Kita menemukan kenyamanan dalam kebisingan hanya dengan memahami kesunyian yang ada di baliknya.

Melalui latihan keenam, tubuh menjadi alat kesadaran. Hanya dengan merasakan tubuh kita, kita dapat terhubung dengan saat ini. Tubuh adalah tempat di mana kesadaran dapat diwujudkan, sebuah pengingat bahwa keberadaan kita bersifat nyata dan tidak terpisahkan dari alam semesta.

Jeda setelah napas keluar, sebagaimana dikatakan dalam latihan ketujuh, memberikan kita ruang untuk menyadari diri yang sejati. Dalam kesunyian ini, kita kembali ke inti diri kita yang murni, sebagaimana Buddha ajarkan, "Dalam kesunyian pikiran, kita menemukan diriku sendiri yang tidak terganggu oleh ilusi dunia."

Latihan kedelapan memberi kita cara untuk melepaskan beban emosi: dengan napas dalam dan hentakan kecil ke paha sambil berteriak. Ini menandai pelepasan dari kekhawatiran sehari-hari yang sering kali membebani mental kita. Konsep ini serupa dengan ungkapan Nietzsche, bahwa kita perlu menari seolah tidak ada yang melihat kita---melepaskan diri dari belenggu sosial.

Mengamati sang pengamat dalam latihan kesembilan membawa kita pada refleksi mendalam tentang posisi kita dalam dunia. Jiddu Krishnamurti memberikan insight dengan mengatakan, "Pengamat adalah yang diamati," mengajak kita menyelami hubungan saling pengaruh antara pengamatan dan kebijaksanaan batin.

Pada akhirnya, latihan terakhir mengajarkan pentingnya hanya berada di sini dan saat ini, tanpa merasa harus melakukan sesuatu yang spesifik. Ini adalah bentuk meditasi tertinggi, di mana kita menyadari bahwa kita adalah bagian dari kehidupan yang sadar. Di sini, kita menemukan kedamaian sejati yang diungkapkan oleh Thich Nhat Hanh: "Kedamaian dimulai dengan senyuman."

Dalam perjalanan menyadari kesadaran kita, kita dipandu oleh ajaran para filosof yang mengajak kita untuk bebas dari batasan pikiran yang mengikat. Langkah-langkah praktis di atas tidak hanya menjadi alat untuk mencapai pencerahan pribadi, tetapi juga membangun fondasi untuk kehidupan yang lebih harmonis dan terhubung. Dengan menyadari kesadaran kita, kita menemukan bahwa kebijaksanaan, kedamaian, dan kebahagiaan sudah ada di dalam diri kita - kita hanya perlu untuk hadir dan sadar !!? Wallahu A'lamu Bishshawwab.

Bekasi, 4 November 2024

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun