Mohon tunggu...
Ilham pratama
Ilham pratama Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Never give up

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menganalisis Teh Pucuk Harum

7 Juli 2024   12:18 Diperbarui: 7 Juli 2024   12:23 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1.DESKRIPSI PRODUK TEH PUCUK HARUM
Mayora merupakan produsen produk makanan yang terkenal. Produk-produknya digemari dan dikenal oleh masyrakata luas. Mayora didirikan pada tahun 1977, dan telah berkembang mnejadi perusahaan produk makanan yang besar. Mayora Group menjadi perusahaan publik pada tahun 1980, pada perkembangan selanjutnya melakukan ekspansi untuk menjadi perusahaan berbasis ASEAN. Mayora mendirikan fasilitas produksi dan kantor pemasaran di beberapa wilayah Asia Tenggara.

Produk Mayora telah dijual ke banyak negara di seluruh dunia. Mayora memiliki sistem logistik moderen, pengelolaan gudang yang baik, serta jaringan distribusi yang kuat. Produknya berkualitas, dan membawa Mayora mendapatkan penghargaan dan apresiasi. Mayora mendapat penghargaan "Top 100 Exporter Companies in Indonesia" dari majalah Swa, "Top Five Best Managed Companies in Indonesia" dari Asia Money, "Top 100 public listed companies" pada tahun 2009 dan 2010, "Best Manufacturer of Halal Products" pada tahun 2004 oleh MUI.

Teh Pucuk Harum, produk minuman teh dari Mayora. Minuman ini dibuat dari pucuk daun teh pilihan, bagian terbaik untuk membuat minuman teh. Produk teh ini dipadukan dengan aroma jasmine untuk menciptakan rasa teh yang terbaik. Produk minuman ini dikemas praktis, sehingga mudah dibawa kemana saja. 

Produk ini memanfaatkan teknologi canggih dalam proses produksi yaitu teknologi AST (Advanced Sterilizing Techmology). Proses pengolahan alami minuman ini menjamin rasa teh yang segar sama seperti minuman teh yang baru dibuat. Teh Pucuk Harum juga bebas dari bahan pengawet, minuman ini bisa tahan
hingga 1 tahun. Teh Pucuk Harum terbuat dari bahan alami yang bebas pewarna dan pemanis buatan.

2.KARAKTERISTIK PRODUK TEH PUCUK HARUM

Suatu produk pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing, karena karakteristik tersebut yang akan melekat pada ingatan konsumen dan mempunyai ciri khasnya tersendiri agar para konsumen dapat mengenali produk tersebut dan memberikan daya ikat dari pandangan pertama. Konsumen dapat melihat karakteristik dari sebuah produk dapat dilihat dari bentuk kemasan, harga pasaran, elastisitas silang dan sebagainya. Berikut ini kami sedikit menjelaskan karakteristik produk teh pucuk harum

Kemasan

Kotler dan Amstrong berpendapat bahwa pengertian kemasan produk adalah adalah salah satu kegiatan yang mencakup desain dan produk, sehingga kemasan yang ada pada produk tersebut bisa berfungsi dengan baik dan produk yang ada di dalamnya bisa terlindungi. Lalu menurut Dr. Rodriguez, ia menjelaskan bahwa pengertian kemasan produk adalah wadah yang mampu mengubah kondisi dari bahan pangan dengan adanya tambahan senyawa aktif, sehingga mampu memperpanjang umur. 

selanjutnya dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian kemasan produk adalah suatu bungkus pelindung yang ada pada suatu produk barang yang berasal dari hasil aktivitas pengemasan. 4 Kemasan tentunya menjadi bagian penting dalam produk, selain untuk melindungi isi dari produk yang kita jual kemasan juga berguna untuk memperindah tampilan luar dari produk yang kita jual,dikemasan kita juga dapat mencamtumkan informasi dari produk yang kita jual sehingga konsumen dapat mengetahui informasi dari produk kita seperti tanggal kadaluarsa dan kandungan didalamnya terdiri dari apa saja. 

Kemasan dari produk yang kami bahas ini pun memiliki warna dominan merah gelap dengan gambar seglas the didepan dan tulisan "Teh Pucuk Harum" berwarna putih dan dibelakang kemasan kita bias melihat kandungan dari teh pucuk harum. Kemasannya sendiri sangat cocok dengan warna produk yang disajikan, bentuknya juga memungkinkan kita nyaman memegangnya dan untuk ukuran yang normal ini sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Bentuk dari kemasan teh pucuk harum ini mudah digenggam dengan tangan karena memiliki lekuk dengan 6 sisinya. Memiliki tinggi sekitar 20 cm yang tentunya sangat mudah dibawa bepergian.

Harga

Pastinya ketika kita melihat barang dengan kemasan yang bagus tentunya memiliki harga yang mahal juga sehingga kita berfikir untuk membelinya karena memikirkan jumlah uang yang kita pegang cukup atau tidak. Namun tidak semua barang yang kita kira mahal itu memiliki harga yang fantastis juga. Kami membeli produk ini dengan harga yang sangat murah tidak sampai Rp.5000,00 di warung terdekat, harga yang kami beli adalah Rp.3.500,00 dan untuk harga yang terhitung terjangkau dengan ukuran dan rasa yang disajikan itu sudah sangat layak untuk dibeli dan dikonsumsi oleh semua kalangan. 

Harga menjadi bagian yang penting dalam karakteristik produk karena konsumen dapat menilai dan menentukan untuk membeli produk tersebut atau tidak, setiap produsen pastinnya menginginkan untung yang tinggi namun kenyamanan konsumen juga merupakan hal penting dan kenyamanan tersebut bisa didapatkan konsumen melalui harga produk yang kita jual dipasaran

Elastisitas Permintaan Dan Penawaran

Elastisitas permintaan dan penawaran untuk produk ini pun dapat dikatakan elastis dikarenakan memang perubahan harga sedikit saja sudah bisa merubah minat masyarakat, tentunya jika harga dari produk ini naik sedikit saja konsumen pun akan berfikir dua kali, lebih banyak minuman yang enak dari pada ini dangan harga yang hampir sama dan beragam topping isian, maka dari itu produk ini dapat dikatakan elastis untuk perubahan permintaan dan penawaran.

Elastisitas Pendapatan

Dari kesimpulan yang didapat barang ini dapat dikatakan ini sebagai barang normal, dikarenakan seiring pendapatan konsumen meningkat maka penawaran semakin naik dan diminati, banyak juga konsumen yang ingin menikmati teh dengan praktis tanpa harus memasak air panas dan menuangkan gula terlebih dahulu sehingga mereka lebih memilih untuk membeli teh jadi seperti "The Pucuk Harum" ini. 

Dan sebaliknya jika pendapatan konsumen menurun maka permintaan pun menurun juga, karena dari pada harus mengeluarkan pendapatan mereka untuk barang yang kurang penting seperti barang pokok mereka lebih baik menyimpan pemdapatan mereka untuk hal lain yang lebih penting

Elastisitas Silang

Tentunya barang memiliki pelengkap sendiri dan penggantinya tersendiri, barang pengganti/substitusi itu dapat mengganti pilihan komsumen jika produk yang dicari tidak ada atau ad perbedaan harga yang spesifik dari produk tersebut, hal ini dapar menimbulkan persaingan produk namun jika berhubungan dengan selera tentunya konsumenn akan tetap memilih produk yang ia suka meskupun ada perbedaan harga yang tidak terlalu signifikan. Dari produk yang kami bahas ini, yaitu "Teh Pucuk Harum" tentunya memiliki substitusi dengan produk lain seperti susu,kopi,bahkan dari produk teh dari merk lain seperti "nji, dan s-tee".

Produk ini juga memiliki barang komplementer didalamnya, tentu jika kita ingin menikmati teh yang manis pastinya kita membutuhkan gula didalamnya, dan pastinya

gula itu sebagai pelengkap dari produk "Teh Pucuk Harum" ini. Bentuk kelengkapan ini yang membuat kedua bahan ini saling melengkapi satu sama lain, memang ada varian "Teh Pucuk Harum"yang low sugar, namun tentunya masyarakat lebih mengenal produk ini dengan rasa manis yang khas dari produknya itu sendiri dan menjadikan gula tersebut barang komplementer untuk "Teh Pucuk harum" ini.

3.SEGMENTASI DAN TARGET PASAR TEH PUCUK HARUM

Menurut Kotler dan Amstrong, segmentasi pasar adalah pembagian sebuah pasar ke dalam kelompok berbeda yang ditujukan untuk melakukan pemasaran sesuai karakteristik, kebutuhan, serta keinginannya masing-masing. Sementara itu, menurut Pride dan Ferrel, pengertian segmentasi pasar adalah sistem pembagian pasar menjadi sejumlah konsumen potensial dan tertarget, khususnya untuk jenis pelanggan dengan kebutuhan serta karakteristik yang sama.

Pengertian segmentasi pasar adalah strategi pemetaan target konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan, ataupun perilakunya agar perusahaan mampu mengenali kelompok konsumen tersebut dengan lebih baik. Bisa dikatakan, melalui segmentasi pasar, perusahaan dapat mengetahui target konsumen mana yang tepat untuk bisnisnya. Dengan demikian, bisnis diharapkan bisa memberikan hasil secara optimal dan memiliki efektifitas pemasaran yang tinggi.

PT. Mayora indah merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri. memproduksi berbagai macam produk diantaranya Teh Pucuk Harum dengan menggunakan pucuk daun teh sebagai salah satu bahan baku utamanya. Teh Pucuk Harum merupakan produk teh siap minum di Indonesia yang di kemas dalam botol dan saat ini telah dikenal oleh masyarakat luas. Meski begitu persaingan begitu ketat dengan banyaknya teh dalam kemasan botol yang sudah beredar di pasaran.

Di Indonesia, PT.Mayora Indah tidak hanya dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman olahan, tetapi juga dikenal sebagai market leader yang sukses menghasilkan produk produk yang menjadi pelopor pada kategorinya masing masing. Seperti pelopor Permen Kopiko, Astor, Beng Ben, Kopi Torabika, Energen, dll.

Perusahaan akan berhasil memperoleh pelanggan dalam jumlah yang banyak apabila dinilai memiliki citra baik dalam benak konsumen. Terciptanya citra baik dalam benak konsumen akan menumbuhkan kepuasan pelanggan yang dapat memberikan beberapa manfaat.

Keberhasilan Teh Pucuk tidak lepas dari merupakan produk the kemasan pertama di Indonesia yang bisa menyamai porduk minuman lainnya, kemudian harganya pula yang cukup terjangkau.

Yang masih kurang dari Teh Pucuk adalah upaya -- upaya mempertahankan image secara above the line. Upaya iklan di media massa, event, maupun promosi yang akan terus membuat teh pucuk tertancap di kepala konsumen masih jarang dilakukan. Terkesan Teh Pucuk merasa sudah besar dan yakin dengan penetrasi produk yang telah dilakukannya sehingga tidak perlu lagi melakukan promosi above the line secara intensif

SEGMENTASI

Segmentasin adalah upaya memetakan atau pasar dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.

Teh Pucuk Harum memiliki berbagai bentuk kemasan botol mulai dari kemasan botol kecil, sedang sampai kemasan botol besar yang memiliki 2 rasa berbeda. Jadi kita bisa memilih ukuran apa saja yang sesuai dengan kebutuhan, suasana dan tentunya budget kita.

Demografis :Usia 10 sampai 35 tahun. Perempuan dan Laki-laki sama-sama bisa mengonsumsi produk ini. Mulai dari Rp 3000,- saja sudah bisa mengonsumsi produk ini karena harga Teh Pucuk Harum sangat terjangkau.

Geografis: Baik yang berada di perkotaan maupun di pedesaan. 8 Psikografis: Pelajar, Mahasiswa, Karyawan, PNS, Pengusaha, Buruh dan berbagai jenis pekerjaan lainnya bisa mengonsumsi produk ini.

Gaya hidup: Penikmat teh yang bisa dinikmati kapanpun waktunya.

Mulai dari masyarakat menengah kebawah sampai masyarakat menengah keatas bisa mengonsumsi minuman ini. Ada beberapa strategi pemasaran yang tepat dijalankan untuk produk Teh Pucuk Harum di tengah-tengah kompetitor yang mulai bermunculan. Iklan di media cetak maupun televisi dengan jalan endors menggunakan animasi dan memberitahu pembuatan teh munggunakan kualitas daun teh yang baik dengan menggunakan pcuuk daun teh.

TARGET PASAR

 Target pasar yang dituju oleh Teh Pucuk Harum terbagi dalam dua segmen inti yaitu:

Kalangan usia 9-21 tahun dengan membidik ketika sedang kelelahan pada saat dijalan atau luar, atau setelah beres beraktivitas maupun berolahraga.

Keluarga, khususnya membidik keluarga dari pasangan muda yang cenderung ingin menikmati minum teh bersama-sama diruang keluarga. Ini terlihat dari kemasan produk family ukuran 1L. Dalam komunikasi pemasarannya, pasar dididik untuk menyadari bahwa dalam aktivitas sehari-hari minum teh dapat meningkatkan mood

POSITIONING

Teh Pucuk melakukan positioning dengan memberitahu masyarakat secara tidak langsung bahwa di Indonesis sendiri mempunya minuman produk lokal yang bisa menyaingi produk luar, dan secara tidak langsung membuat konsumen lebih ingin memilih porduk dari negaranya sendiri untuk merasa bangga dengan produk lokal. The Pucuk juga membuat iklan dengan animasi ulat berbicara Bahasa Indonesia memakan pucuk daun teh yang cukup menghibur para konsumen. Teh pucuk pun mengedukasi masyarakat agar meminum teh dalam kemasan botol dengan diasajikan dingin membantu menyegarkan tubuh dan begitu praktis dalam mengkonsumsinya.

Teh Pucuk pun diketahui sebagai minuman teh dalam kemasan botol produk lokal indonesia yang dapat memberikan kesegaran dan kenikmatan dari pucuk daun teh

4.STRUKTUR PASAR TEH PUCUK HARUM

Struktur pasar (market structure) adalah suatu variabel yang menunjukkan karakteristik dan kondisi suatu pasar seperti jumlah pembeli dan penjual, keadaan produk, keadaan pengetahuan penjual dan pembeli, serta keadaan rintangan pasar. Struktur pasar terkait jumlah dan ukuran distribusi perusahaan dalam pasar serta mudah atau sulitnya masuk dan keluar dari pasar.

Struktur pasar merupakan keadaan pasar yang memberi petunjuk tentang aspek yang memiliki pengaruh penting terhadap perilaku usaha dan kinerja pasar. Aspek-aspek yang menentukan struktur pasar yaitu jumlah penjual dan pembeli, hambatan masuk dan keluar pasar, keragaman produk, sistem distribusi dan penguasaan market power.

Berikut definisi dan pengertian struktur pasar (market structure) dari beberapa sumber buku:

* Menurut Jaya (2001), struktur pasar adalah suatu variabel yang digunakan dalam menentukan perilaku perusahaan, interaksi perilaku perusahaan dan struktur pasar akan menentukan sebuah kinerja. Selanjutnya kinerja memiliki pengaruh terhadap pembentukan dari suatu struktur.

* Menurut Teguh (2010), struktur pasar adalah karakteristik yang menunjukkan kondisi pasar, seperti jumlah pembeli dan penjual, keadaan produk, keadaan pengetahuan penjual dan pembeli, serta keadaan rintangan pasar. Perbedaan pada elemen-elemen itu akan membedakan cara masing-masing pelaku pasar dalam industri berperilaku, yang pada gilirannya akan menentukan perbedaan kinerja pasar yang terjadi.

 * Menurut Hasibuan (1993), struktur pasar adalah jumlah dan ukuran distribusi perusahaan dalam pasar serta mudah atau sulitnya masuk dan keluar dari pasar. Struktur pasar menjadi ukuran penting dalam mengamati variasi perilaku dan kinerja industri, karena secara strategis dapat mempengaruhi kondisi persaingan serta tingkat harga barang dan jasa, pengaruh itu akhirnya sampai pada kesejahteraan masyarakat (social-welfare).

* Menurut Arsyad dan Kusuma (2014), struktur pasar adalah derajat persaingan dalam industri yang cenderung berubah secara perlahan-lahan, bahkan dapat dianggap tetap atau relatif permanen dalam jangka pendek. Struktur dalam industri, setidaknya, terkait dengan beberapa hal seperti, derajat konsentrasi penjual, derajat konsentrasi pembeli, derajat diferensiasi produk, dan tingkat kesulitan yang ditemui oleh perusahaan baru untuk masuk ke dalam suatu industri

Meski tingkat konsumsi teh di Indonesia masih jauh dibandingkan negara seperti Turki, Inggris, atau bahkan Malaysia, teh menjadi minuman yang paling banyak dikonsumsi warga Indonesia setelah air putih. Ketika di kantor, rumah, bahkan restoran, teh menjadi salah satu minuman pilihan. Melihat peluang itu, jangan heran jika jumlah pemain teh dalam kemasan terus bermunculan dengan menawarkan kemudahan dan kepraktisan.

Dari sekian banyak merek yang ada, ada satu merek yang terbilang menonjol selama lima tahun terakhir. Dia adalah Teh Pucuk Harum buatan PT Mayora Indah Tbk. Meski terbilang pemain baru, Teh Pucuk Harum menjadi pemimpin dalam pasar teh non cup jasmine.

"Teh Pucuk Harum menghadirkan rasa jasmine, rasa yang sangat disukai oleh orang Indonesia dan tidak terlalu manis," kata Juanita, Brand Manager Teh Pucuk Harum.

Menurut data Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Teh Pucuk berhasil mencatatkan pertumbuhan penjualan secara value dan volume masing-masing sebesar 35,3% dan 28,1% di sepanjang 2016 lalu.

Strategi Teh Pucuk Harum memang unik. Ketika banyak pemain berinovasi dalam rasa, Teh Pucuk Harum hanya menghadirkan dua rasa, yaitu reguler dan less sugar. Ukurannya pun hadir dalam tiga jenis, yaitu 350 ml, 480 ml, dan 1,5 liter. "Ukuran kecil untuk konsumen yang sedang traveling, nongkrong. Sedangkan 1,5 liter untuk ramai-ramai," kata Juanita.

 Namun untuk menjadi pemain terbesar dalam waktu singkat, Mayora pun sangat memerhatikan hal-hal penting dalam pemasaran. Mayora memiliki sistem pemantauan yang memuat seperti pertumbuhan merek yang sehat, brand tracking, numeric distribution, share of voice, top of mind, dan lainnya.

Unsur 4P dalam marketing pun dipenuhi Mayora melalui Teh Pucuk Harum ini. "Kami riset ke konsumen bahwa rasa menjadi penting. Misalnya terlalu manis atau terlalu pahit. Konsumen tidak keberatan untuk membayar lebih mahal asal mendapatkan rasa yang lebih enak," kata Juanita. Teh Pucuk Harum pun mengklaim ada tiga diferensiasi terkait produk mereka, yaitu manisnya pas, tidak nyangkut di leher dan tidak buat haus lagi. "Tidak ada gunanya konsumen minum teh, tapi tetap harus minum air karena rasanya nyangkut," katanya.

Selain produk, Mayora juga sangat memerhatikan urusan promosi. Aktivasi below-the-line dan above-the-line dilakukan secara gencar. Untuk menggaet anak muda misalnya, Teh Pucuk Harum menggelar Pucuk Cool Jam, festival musik di 30 sekolah Jabodetabek dan Bandung.

"Selain promosi dan produk, kami memastikan distribusi tersebar dengan baik. Tidak ada gunanya promosi kencang, tapi barang sulit ditemukan," katanya.

Pangsa pasar yang dimiliki oleh teh pucuk harum adalah sebagai berikut :

Demografis :Usia 10 sampai 35 tahun. Perempuan dan Laki-laki sama-sama bisa mengonsumsi produk ini. Mulai dari Rp 3000,- saja sudah bisa mengonsumsi produk ini karena harga Teh Pucuk Harum sangat terjangkau.

Geografis: Baik yang berada di perkotaan maupun di pedesaan.

Psikografis: Pelajar, Mahasiswa, Karyawan, PNS, Pengusaha, Buruh dan berbagai jenis pekerjaan lainnya bisa mengonsumsi produk ini.

Gaya hidup: Penikmat teh yang bisa dinikmati kapanpun waktunya.

Dari data yang telah tersampaikan diatas, maka jenis hambatan-hambatan memasuki pasar adalah banyaknya barang komplementer yang bermain pada pangsa pasar yang sama. Namun Mayora sebagai PT yang mengelola dan memproduksi Teh 12 Pucuk Harum ini menggunakan sarana iklan yang massif serta serbuan barang-barang dari pihak produksi kepada pasar bebas agar seluruh masyarakat dapat merasakan dan mendapatkan produknya

E.PENUTUP

DAFTAR PUSTAKA

Zonamon, (2019, November 11), Contoh Segmentasi Produk Teh Pucuk Harum, https://id.scribd.com/document/502828829/Strategi-Pemasaran-teh-pucuk

https://id.scribd.com/document/659673369/ANALISIS-PASAR-TEH-PUCUK-HARUM

 OCBC NISP, (2022, Maret 11), Segmentasi Pasar: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis, Contoh,https://www.ocbc.id/id/article/2022/03/11/segmentasi-pasar

Anggi, (2020, Desember 22), Pengertian Kemasan Produk: Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya untuk Bisnis, Accurate https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-kemasan-produk/

http://eprints.ums.ac.id/74835/3/BAB%20I.pdf

Fimela, (2012, Agustus 1), Teh Pucuk Harum, Rasa Teh Terbaik Ada Di Pucuknya,

https://www.fimela.com/lifestyle/read/3715812/teh-pucuk-harum-rasa-teh-terbaik-ada-di-pucuknya

Soeprajitno, H, (2017, Juni 29), Mudah Ditemukan, Strategi Teh Pucuk Harum, Marketeers, marketeers.com/mudah-ditemukan-strategi-teh-pucuk-harum/

Riadi, M. (2020, Desember 15), Struktur Pasar (Pengertian, Elemen, Unsur dan Bentuk-bentuk) https://www.kajianpustaka.com/2020/12/struktur-pasar.html?m=1

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun