Mohon tunggu...
Maghfira aisya syawali
Maghfira aisya syawali Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Mercu Buana

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1 Manajemen) Dosen : Prof. Dr. Apollo, M.Si, Ak Nama: Maghfira Aisya Syawali (NIM: 43122010133) Universitas Mercu Buana

Selanjutnya

Tutup

Hukum

isu kasus Meikarta, Kota Indah dengan Segala Kebutuhan yang Diperlukan Berada di Dalamnya "Aku Ingin Pindah ke Meikarta"

30 Mei 2023   01:45 Diperbarui: 3 Juni 2023   10:32 628
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perusahaan yang selalu dapat memanfaatkan setiap peluang dalam meraih kesuksesannya, cenderung akan diincar oleh para investor untuk ikut menanamkan modal. Hal ini berpengaruh pada peningkatan kepercayaan  pasar dengan kinerja perusahaan dalam menyusun setiap prospek dimasa mendatang. Jika seperti ini maka nilai suatu perusahaan akan naik dan berpengaruh pada harga saham yang dimilikinya membuktikan bahwa perusahaan mampu berjalan sukses maju dan berkembang.

Salah satu contoh yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah PT. Lippo Cikarang Tbk. Merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang properti serta mengelola suatu wilayah industri didaerah Cikarang, Jawa Barat, Indonesia yang berdiri ditahun 1987 yang tadinya diberi nama PT Desa Dekalb, hingga saat ini masih beroprasi lebih dari 3 dekade. PT Lippo Cikarang merupakan bagian dari Lippo Group, salah satu perusahaan besar di Indonesia yang didirikan oleh Mochtar Riady pada tahun 1950. Dimana Grup ini bermula dari usaha nya bernama Bank Lippo hingga kini berubah nama  menjadi Bank CIMB Niaga. Perusahaan raksasa ini berkutat pada bidang properti. Seperti, kota satelit, perumahan, kondominium, perkantoran kelas A, Pendidikan, pusat industri, pusat perbelanjaan, rumah sakit, Golf, dan perhotelan.

Sudah banyak bisnis yang dijalankan atas naungan Lippo Group. Tepatnya diIndonesia seperti, Lippo Karawaci, Lippo Village, Siloam Hospitals Group, Aryaduta Hotels, Lippo Insurance. Perusahaan ini menyediakan berbagai layanan yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Maka tidak heran jika nama Perusahaan tersebut tidaklah asing ditelinga masyarakat. Sebagai perusahaan ternama yang anak perusahaan nya dimana-mana bukan perkara sulit untuk PT Lippo Cikarang mampu membaca hal apa saja yang sedang dan akan terus dibutuhkan masyarakat kedepannya. Oleh karena itu perusahaan pengembangan properti ini memiliki banyak proyek komerial salah satunya adalah Perumahan yang berada didaerah Cikarang dan proyek besar bernama Meikarta. Trobosan bakal kota mandiri yang maju berkembang sebagai perwujudan impian serta harapan para generasi penerus bangsa.

whatsapp-image-2023-06-02-at-02-13-44-6478eeb44addee1fea462c12.jpeg
whatsapp-image-2023-06-02-at-02-13-44-6478eeb44addee1fea462c12.jpeg

Meikarta merupakan proyek terbesar yang pernah dibuat Grup Lippo dalam 67 tahun terakhir. Meikarta akan tumbuh menjadi kota terbesar dan terindah di Asia Tenggara, menawarkan standar hidup yang lebih tinggi dan lingkungan kerja yang lebih baik. Meikarta didirikan dengan tujuan membantu pemerintah menyelesaikan tunggakan 11,4 juta unit rumah dengan mengembangkan rumah berkualitas tinggi dengan biaya terjangkau. Penelitian awal mengungkapkan bahwa harga, iklan penjualan, dan pengetahuan produk merupakan faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen untuk Meikarta.

Seiring bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan akan rumah akan semakin besar, yang berarti semakin sedikit lahan yang tersedia untuk membangun rumah. Tempat-tempat perkotaan, di mana populasinya tumbuh setiap tahun, rentan terhadap hal ini. Maka dari itu ditemukan lah solusi, Salah satunya adalah dengan mengembangkan apartemen. Karena apartemen akan dibangun secara vertikal atau ke atas, dengan begini rumah dapat didirikan pada lahan yang tidak terlalu luas, sehingga mengurangi penggunaan lahan. Besarnya antusias masyarakat akan rumah sebagai tempat tinggal memberikan peluang lebar untuk pengembang properti (developer) dalam mendirikan bangunan yang dapat ditinggali meski didaerah padat penduduk seperti Rumah susun atau dikenal sebagai Apartemen, yang merupakan suatu jalan alternatif bangunan tempat tinggal yang dapat menampung banyak penduduk dalam satu bangunan menjulang ke atas sehingga tidak memakan banyak tempat tapi tetap Compact didalamnya. Mendirikan apartemen juga merupakan langkah yang tepat dalam mendapatkan keuntungan besar. Karna terdapat perbedaan kepemilikan yang dipisah atas hak kepemilikan dan hak atas bangunan apartemen.

Menurut beberapa para ahli, setengah dari umat manusia saat ini tinggal di perkotaan. 60% populasi dunia diperkirakan akan tinggal di perkotaan pada tahun 2030, dan 75% pada tahun 2050. Kota-kota di seluruh Asia, khususnya di Cina dan India, akan menjadi bagian besar dari ekspansi perkotaan. Sekitar 63%, atau 3,3 miliar orang, dari perkiraan 5,3 miliar penduduk perkotaan di negara berkembang pada tahun 2050 akan tinggal di Asia. Tidak diragukan lagi benar bahwa mereka mempertimbangkan lingkungan sekitar rumah mereka. Jika suasananya sehat dan alami, mayoritas dari mereka memilih untuk tinggal di sana. Organisasi-organisasi yang berkencimpung bisnis pada bidang properti akan memikirkan bagaimana solusi yang dapat dilakukan untuk mewujudkan keinginan Bersama salah satunya dengan membangun perumahan menggunakan taktik pembangunan vertical yakni Apartemen. Dengan ini dapat memenuhi kepuasan klien dalam dunia industri tersebut.

Manusia dalam menunjang keberlangsungan hidup mereka membutuhkan tempat tiggal perumahan dalam keseharian melakukan aktifitas yang berpusat pada perkotaan sebagai jantung suatu negara. Saat ini, ada dua bentuk perumahan yang berbeda: perumahan horizontal dan hunian vertikal. Manusia saat ini memperhitungkan kebutuhan akan struktur yang kokoh, suasana yang aman dan nyaman, serta pertimbangan penempatan yang strategis selain peran utama hunian sebagai tempat berteduh. Karena keterbatasan lahan di kota, bangunan hunian vertikal menjadi semakin umum di Jakarta sebagai pengganti untuk melakukan aktivitas manusia di perkotaan. Tinggal di rumah vertikal atau flat kontemporer kini dianggap sebagai gaya hidup modis bagi mereka yang tinggal di kota besar.

Wawancara singkat dengan berbagai penghuni apartemen bulan Agustus 2019 di Apartemen Bandar Kemayoran mengungkap beberapa alasan utama mengapa sebagian orang lebih memilih tinggal di apartemen ketimbang sebuah rumah utuh. Jika berlokasi di kota besar, elemen utama yang menjadi pertimbangan seseorang saat memilih apartemen adalah harganya yang lebih murah dibandingkan tanah atau rumah. Faktor lainnya adalah kedekatan rumah susun (Apartemen) dengan pusat pekerjaan atau aktivitas, dilengkapi dengan fasilitas seperti gym, lapangan olah raga, layanan dan keamanan, pusat perbelanjaan, restoran, bahkan fasilitas rekreasi. Apartemen juga tersedia. Jika tidak berniat untuk tinggal di sana, bisa juga dimanfaatkan sebagai investasi atau usaha dalam bentuk persewaan.

Menariknya, Akibat kejadian ini, pembangunan dan penjualan apartemen meningkat di kota-kota besar. Telah berkembang, dan sekarang bahkan ada persaingan antara bisnis yang menjual atau menyewakan apartemen perumahan. Bisnis hunian vertikal kontemporer ini semakin kompetitif. Perusahaan biasanya bekerja untuk mempertahankan tujuan yang tinggi untuk memenuhi kelangsungan hidup masyarakat luas. Agar bisnis berhasil di pasar dan menonjol dari pesaing, ia harus bekerja untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.

Generasi milenial yang tinggal di perkotaan, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang, memiliki keinginan untuk memiliki tempat tinggal praktis dan memiliki hak atas kepemilikan rumah. Mereka mencari tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja atau belajar mereka. Orang-orang di industri real estat memanfaatkan skenario ini sebagai peluang komersial. Guna menjawab persoalan perumahan era sekarang bagi generasi milenial, mereka menawarkan tempat tinggal dengan menggunakan konsep apartemen.

Industri properti saat ini mengalami persaingan yang semakin ketat. Persaingan ini tidak menghasilkan peluang atau kesulitan baru. Menemukan strategi untuk mengiklankan properti kepada generasi milenial yang menjadi target pasar mereka, menjadi salah satu kendala yang dihadapi. Salah satu kesulitannya adalah bagaimana mempromosikan apartemen yang akan dibangun kepada generasi milenial yang menjadi target pasar mereka. Oleh karena itu, perlu adanya penawaran informasi tentang pemasaran properti melalui komunikasi pemasaran. Periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung hanyalah beberapa dari strategi komunikasi pemasaran yang dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang barang-barang ini.

Periklanan berfungsi untuk menyajikan barang atau jasa yang disediakan, apakah dibeli atau tidak. Keyakinan atau kepercayaan masyarakat terhadap barang yang ditawarkan merupakan tujuan dari iklan. Iklan adalah tanda yang diekspresikan melalui penggunaan kata-kata, gambar, suara, dan elemen visual lainnya. Sinyal dalam struktur iklan merupakan bagian dari sistem tanda tunggal yang menggabungkan isyarat verbal dan nonverbal dalam bentuk frase, warna, atau gambar visual. Tanda-tanda tersebut memiliki arti khusus yang disesuaikan dengan minat khalayak sasaran. Akibatnya, iklan melambangkan pesan tertentu yang ingin disampaikan oleh pembuatnya kepada masyarakat umum.

Marketing public relations adalah bagian dari komunikasi pemasaran. Sekalipun organisasi memiliki merek terkenal, pemasaran dan hubungan masyarakat tetap sangat penting. Jika merek terkenal berhenti beriklan, hal itu dapat merusak nilai mereknya dan mengakibatkan kerugian bagi bisnis. Di dalam konsumen dapat mempelajari informasi baru tentang merek melalui hubungan masyarakat pemasaran, yang juga dapat meningkatkan nilai tambah merek. Salah satu teknik khusus dalam menyajikan atau mempromosikan barang kepada pelanggan adalah melalui hubungan masyarakat pemasaran, yang merupakan komponen penting dari pemasaran produk. Saat ini, hubungan masyarakat pemasaran memainkan peran penting dalam memotivasi pelanggan milenial untuk melakukan pembelian.

Sebagai perusahaan yang berkontruksi dibidang pengembang properti tentu akan melakukan pengenalan dengan mempromosikannya supaya menarik minat masyarakat, terkhusus pada keluarga pasutri baru menampilkan tempat tinggal minimalis tapi tetap nyaman cocok diwilayah padat penduduk, dikota sehingga mempermudah dalam mengakses jarak kemanapun (Strategis) membuat aktivitas kian menjadi fleksibel.

Pemasaran adalah fungsi organisasi, bukan tim atau entitas independen dalam perusahaan. Pemasaran juga merupakan rangkaian prosedur dan bukan hanya satu strategi, seperti merancang tampilan end-of-isle. Prosedur menghasilkan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan. Dalam hal ini memberi konsumen sesuatu yang mereka hargai daripada mencoba menjual apa pun kepada mereka. Menurut American Marketing Association (2013), pemasaran adalah proses mengembangkan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan bertukar penawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan bahwa pemasaran berfokus pada penyediaan produk di lokasi yang tepat, waktu yang tepat, dan harga yang wajar.

Karena pemasaran memiliki banyak pilihan media (baik elektronik maupun non-elektronik), banyak ragamnya, dan banyak sasarannya, periklanan (advertising) merupakan salah satu bentuk atau model komunikasi yang paling disukai dan memiliki daya pemikat yang kuat, dengan melakukan pemasaran produk yang dimiliki akan banyak dikenal oleh masyarakat luas disertai dengan penawaran bonus pada iklan strategi ini pasti digunakan oleh banyak perusahaan. Menurut Vakratsas (1999), periklanan berdampak pada bagaimana sikap dan pengalaman pelanggan untuk membentuk siklus hidup suatu produk dan target pasar yang diinginkan.

Untuk mendukung efektifitas dan efisiensi pemasaran suatu produk, iklan berperan sebagai penarik perhatian. Akibatnya, konsumen tertarik, mengembangkan keinginan untuk membeli, dan memutuskan untuk membeli sebagai hasil dari menerima pesan yang disampaikan melalui satu atau lebih saluran kepada kelompok khalayak yang sesuai dengan khalayak sasaran. Proses ini berlangsung terus menerus, mulai dari tahap perencanaan (desain) produk, distribusi, dan kegiatan promosi (melalui periklanan, pemasaran langsung, dan acara khusus), serta tahap pembeli konsumen dan pengguna.

Salah satu cara untuk menyajikan atau menjelaskan barang yang dipromosikan adalah melalui kegiatan periklanan dan promosi. Ada pengelompokan pasar/segmen sebagai area pembeli atau pengguna potensial adalah metode penargetan yang umum untuk pasar sasaran. Dengan memilih segmen sasaran tertentu, akan lebih mudah untuk mempromosikan produk melalui saluran periklanan. Karakteristik atau ciri kumpulan segmen pasar berfungsi sebagai data untuk membantu pemasaran produk. Segmen pasar berfungsi sebagai titik referensi dan tujuan utama dari produk yang diiklankan. Oleh karena itu, desain periklanan yang mendalam harus memahami dan menyadari apa yang terjadi di pasar sebagai tempat peluncuran barang.

Pilihan pembelian dipengaruhi oleh iklan karena memungkinkan masyarakat untuk memeriksa dan mengevaluasi barang yang dipromosikan. Temuan penelitian Kuspriyono (2018) menunjukkan bahwa iklan secara signifikan dan menguntungkan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Orang sering menggunakan perangkat elektronik, seperti telepon, komputer, dan televisi, sehingga mereka sering melihat duta merek selebriti (Ebdorse) mempromosikan barang mereka, yang mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat. Karena masyarakat cenderung lebih dapat menaruh kepercayaan seutuhnya jika orang yang diidolakannya memakai produk yang sama.

Secara umum, ada 2 metode pemasaran yang akan dilakukan perusahaan pengembang, yang pertama. Yakni, Memasarkan menggunakan metode Post Project Selling. Metode dimana bangunan yang dijanjikan sudah terbangun siap sedia unit nya dapat langsung dihuni. Lalu yang kedua, yakni metode Pre Project Selling merupakan metode yang dilakukan dengan tidak dulu memulai membangun bangunan dan biasanya sering digunakan karna dianggap jauh lebih memberikan keuntungan dari pada jika menggunakan metode pertama. Karna dengan metode ke dua, pihak perusahaan dapat mengumpulkan survei terlebih dahulu akan rencana yang sedang disusun seberapa banyak sih minat konsumen jika Apartemen jadi dibangun? Melalui gambar desain yang ditetapkan. Selain itu, dengan menerapkan metode ke dua, Perusahaan juga akan mendapatkan modal terlebih dahulu untuk membangun bangunannya. Pemasaran yang semula hanya dianalisis menggunakan perspektif perkiraan perlahan mulai terbuka yang akan langsung dimanfaatkan perusahaan dimana pada proses ini bisa menarik minat masyarakat agar mau ikut membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan pengembang. Jika kenyataannya penawaran yang diberikan mendapat respon positif, perusahaan bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya untuk segera praktik dan menghasilkan keuntungan.

Menurut studi survei properti terbaru dari portal real estate lokal Rumah.com dan firma riset Intuit Research yang berbasis di Singapura, mayoritas konsumen Indonesia masih senang dengan pasar real estate di negara tersebut, meskipun ekonomi negara sedang melemah. Menurut Indeks Sentimen Keterjangkauan Properti unit apartemen untuk tahun 2017, 63 persen peserta survei senang dengan pasar real estat Indonesia pada tahun 2017. Ini adalah hasil yang patut dihargai, meski turun dari tahun sebelumnya. Tahun 2016, ketika tingkat kepuasan adalah 66 persen (Sulistiyono, 2017). Selain potensi pengembalian yang tinggi untuk investasi jangka panjang, tren kenaikan harga properti di Indonesia berkontribusi pada kepuasan pelanggan negara terhadap industri real estate.

Lippo Group sudah menyusun rencana untuk mendirikan sebuah kota raksasa yang di gadang-gadang akan menjadi perkotaan mandiri berskala internasional sama hal nya diluar negri seperti Newyork City yang nantinya bahkan jauh lebih indah dari Jakarta. Perkotaan ini bernama MEIKARTA dengan luas bangun 22 juta meter persegi. Dan nilai investasi yang mencapai  Rp. 278 triliun.

Meikarta merupakan proyek yang dikembangkan oleh perusahaaan Lippo Group dan dimulai pada tahun 2017, terletak di Cikarang, Jawa Barat, Indonesia. Proyek ini memiliki tujuan untuk membangun sebuah kota metropolis kontemporer yang benar-benar baru dengan semua layanan dan infrastruktur yang diperlukan. Proyek Meikarta mengalami sejumlah tantangan dan konflik sejak awal pembangunannya. Izin mendirikan bangunan yang disebut-sebut belum melalui proses yang semestinya menjadi salah satu kendala utama yang muncul. Namun, pengembang Meikarta berdedikasi untuk menegakkan semua standar hukum dan bekerja sama dengan pemerintah untuk mencari solusi atas masalah ini.

Pada 4 Mei 2017, megaproyek Meikarta pertama kali disosialisasikan ke masyarakat luas. Meikarta yang digadang-gadang sebagai kota otonom baru dibangun di atas lahan seluas 500 hektar di kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Grup Lippo menegaskan telah memiliki properti tersebut sejak 1990-an. Chairman Lippo Group James Riady mengumumkan akan membangun 100 gedung di Meikarta dengan ketinggian masing-masing 35 lantai sebagai bagian dari proyek ambisius ini. Menurutnya, terdapat 250.000 apartemen residensial yang tersebar di 100 gedung, selain perkantoran strata title, 10 hotel bintang lima, pusat perbelanjaan, dan ruang komersial seluas 1,5 juta meter persegi.

Saat menggarap proyek Meikarta yang masif, Grup Lippo tak main-main. Salah satunya adalah gencarnya iklan Meikarta di berbagai media massa, antara lain televisi, media cetak, online, dan penempatan billboard di beberapa area utama. Nielsen Marketing Research Institute menemukan bahwa belanja iklan Indonesia melonjak signifikan pada 2017 sebagai akibat dari besarnya iklan Meikarta. Meikarta diduga melakukan salah satunya dan menghabiskan lebih dari Rp 1,5 triliun untuk iklan.

Pada 4 Mei 2017 lalu, didepan seluruh media peliput. Pemimpin Lippo Group. James Riady, memperkenalkan keluncuran proyek besar mereka yang diberi nama Meikarta. Proyek yang memberikan banyak keuntungan besar tentu membuat James Riady begitu ambisius untuk melaksanakannya. Kala itu, James sangat bersemangat mengenalkan Meikarta pada publik, dia sangat terperinci memberitahukan setiap jengkal tentang proyek yang dibangun didaerah Cikarang, Bekasi itu. James sendiri adalah seorang marketer handal, dia sangat memahami strategi untuk membangun branding image yang baik untuk proyek property yang sudah direncanakan dalam menarik atensi masyarakat hingga mendapatkan konsumen yang sesuai dalam menunjang proyek property yang akan digarapnya.

Grup Lippo membangun Meikarta, sebuah kota di tengah negara. Karena merupakan industri terbesar di Asia Tenggara dan memiliki alokasi lahan baik untuk perumahan maupun industri, maka Industri Cikarang menjadi lokasi yang krusial. Kota mandiri sukses yang disebut-sebut sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia ini memiliki berbagai fasilitas dan infrastruktur yang menarik bagi para calon pembeli apartemen.

Ketika selesai, Meikarta, sebuah kota metropolis baru di luar Jakarta, akan menjadi rumah bagi hingga 8 juta orang. Proyek Meikarta memasarkan barangnya di seluruh Indonesia selain lokasi yang berada di sekitar Jakarta dan Jawa. Hal ini dikarenakan potensi dan prospek pelanggan yang sangat besar diperkirakan berada di luar Jakarta dan Jawa. Pelanggan yang membutuhkan bangunan tempat tinggal real estate dari wilayah Manado dan Sulawesi Utara termasuk di dalamnya. Agar masyarakat Manado mudah dalam melaksanakan kegiatan ekonomi yang pusat nya dikota dapat membeli unit apartemen dari Meikarta, bisnis harus menerapkan rencana pemasaran yang efektif yang mempertimbangkan kebiasaan pembelian pelanggan. Meikarta adalah pilihan populer karena penempatannya di pusat operasi ekonomi Indonesia dan merupakan sebuah fakta bahwa mega proyek perusahaan Apartemen Meikarta ini memiliki peminat yang cukup banyak.

Kota besar yang mandiri bernama Meikarta ini didirikan dengan Visi dan Misi untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia dan terletak diantara kota Jakarta - Bekasi. Proyek yang memberikan jaminan akan semua kentungan yang didapat jika ikut berinvestasi, memberi trobosan akan lapangan perkerjaan serta motivasi untuk mendapat modal demi mendirikan sebuah kota indah diIndonesia. Didalam iklan Meikarta terterakan berapa jumlah total luas lahan untuk melangsungkan mega proyek ini yang digadang-gadang memiliki luas sebesar 22.000.000 meter persegi, dan memiliki area bermain anak sekaligus tempat berkerja seluas 1.000.000 meter persegi.

Proyek besar ini direncanakan akan memiliki 100 Tower dengan 250.000 unit apartemen. Wilayah ini akan dibagi menjadi 3 Distrik. Desain konsep kota indah yang sukses mendoktrin masyarakat akan seluruh fasilitasnya. Dimulai dengan adanya akses LRT (Kereta api ringan), Tempat berbelanja terbesar, serta akses pendidikan yang maju semua dijanjikan dalam 1 kota yang indah diMeikarta. Hingga perlombaan balap mobil Nasional juga dilaksanakan diareah proyek ini. Maka dari itu, demi menarik atensi dan minat masyarakat untuk ikut menjadi bagian konsumen meikarta sangat niat dalam beriklan. Menurut pencatatan neilson (Pengukuran global akan data dan alaitik) bahwa meikarta mengeluarkan biaya sebesar 1,2 Triliun untuk gemboran promosi media kepada publik.

Akan tetapi Mega Proyek bernama Meikarta ini mengalami kontrovesi yang cukup pelik lantaran sudah menerima banyak dana dari para konsumen. Akan tetapi proyek yang dijanjikan tidak kunjung usai bahkan telat dari kesepakatan awal janji tanda serah terima unit ditahun 2019 lalu. Pendirian sebuah perkotaan yang digebu-gebukan akan menjadi tempat utama pertumbuhan nasional Indonesia dimana segala aktifitas yang diperlukan semua berada dan terjadi didalamnya seperti Berbelanja, Bermain, tempat tinggal yang nyaman dan aman serta masih banyak lagi hal yang disertakan didalamnya saat iklan diluncurkan membuat tidak sedikit Masyarakat tertarik untuk ikut membeli unit diawal sebelum bangunan selesai dengan alasan harga yang didapatkan jauh lebih murah dari pada jika nanti ketika proyek sudah tuntas dikerjakan. Akan tetapi pada kenyataanya banyak konsumen yang ditipu, tak sedikit pasangan suami-istri baru yang merencanakan rumah dan menyisihkan dana dari hasil kerja nya secara mati-matian akan tetapi tidak mendapatkan titik terang akan bagaimana keberlanjutan proyek mega Meikarta ini. Justru sebaliknya pihak Lippo Group mengancam tindakan hukum pidana kepada 18 orang yang menjadi pihak perwakilan dari Komunitas peduli konsumen Meikarta atas tuduhan percobaan tindakan menjatuhkan citra Perusahaan Lippo Group.

Proyek yang dikerjakan oleh PT Mahkota Semesta Utama adalah sebuah anak perusahaan dari PT Lippo Cikarang Tbk. Menawarkan berbagai macam hal yang akan sangat diperlukan dimasa depan dengan segala keindahan dari segala aspek nya ini mulai diperkenalkan kepada publik pada bulan Mei 2017 akan tetapi mengalami pemberhentian proyek sementara karena adanya permasalahan izin oleh pemprov (Pemerintah Provinsi) Jakarta Barat.

Dalam hal meminta izin, undang-undang perizinan mengatur komunikasi dengan Negara. Meminta Izin adalah perbuatan yang wajib dilakukan dan sudah ditetapkan dalam hukum yang diterapkan dan harus dipatuhi seluruh aturan sesuai pedoman standar hukum. Karena peraturan perundang-undangan ini mengatur tata cara pelaksanaan tugas (hak dan kewajiban) kekuasaan alat-alat perlengkapan negara, maka perizinan merupakan bidang hukum tata usaha negara yang mengaturnya. Hukum Administrasi Negara memperoleh pengetahuan tentang perizinan sebagai akibat adanya keterkaitan antara masyarakat dengan pemerintah yang dibina oleh izin. Permintaan izin harus dilakukan terlebih dahulu kepada pemerintah oleh pihak yang bersangkutan dengan menggunakan proses yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan.

Sebenarnya ada beberapa izin yang harus diperoleh untuk membangun lingkungan perumahan seperti Meikarta. Izin tersebut antara lain mencakup izin lokasi, Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL), dan penggunaan lahan hingga izin mendirikan bangunan. Secara umum, setiap daerah memiliki kriteria bangunan yang berbeda, seperti peraturan ketinggian bangunan dan norma keselamatan untuk menghindari kebakaran. Pemerintah daerah terkadang bahkan tidak menetapkan persyaratan teknis yang jelas untuk mengembangkan proyek real estat. Pelaku usaha yang menginginkan izin proyeknya berjalan secepat mungkin tidak mengurusnya, bahkan jika diperlukan, dan birokrasi yang oportunis sering memanfaatkan celah ini untuk menang.  Kendala yang dilaporkan meliputi :

1. Kontrovensi izin Reklamasi : berisi mengenai perdebatan yang muncul akibat adanya penentangan terkait izin pengembangan wilayah yang dinilai jika terdapat ketidak layakan yang akan didapat bagi lingkungan sekitar apabila pembangunan apartemen tetap dilanjutkan, Apalagi ketika perizinan tersebut dilakukan secara paksa tanpa mengikuti prosedur yang seharusnya, hal ini berarti terdapat indikasi pelanggaran terhadap peraturan undang-undang yang berlaku karna melibatkan banyak partisipan didalam nya.

2. Transparansi dan Tata Kelola Perizinan : Prinsip yang didalamnya terdapat praktik untuk menjamin dimana proses perizinan harus diadakan secara adil dan terbuka, memberi jalur akses tentang informasi mengenai bagaimana proses perizinan diberlangsungkan kepada seluruh pihak yang disangkutkan seperti bagaimana prosedurnya, apa aja persyaratannya, berapa lama waktu yang diperlukan, besar biaya yang dikeluarkan, semua hal ini tidak lepas dari keterlibatan publik yang menyanggupi dalam proses mengambil suatu keputusan tentang izin yang diperlukan dan memberikan kesempatan pada pihak yang mendapatkan dampak dari proyek yang dibangun untuk memberi masukan, dan pendapat jika merasa keberatan akan proses proyek yang akan dilaksanakan karena proyek yang memiliki tata kelola yang baik akan bersikap adil tanpa mementingkah salah satu pihak saja dan mematuhi setiap hukum yang diterapkan seperti administratif dan persyaratan teknis. Hal ini membuat pengembang proyek mampu untuk selalu bertanggung jawab dalam setiap kebijakan dan keputusan yang diambil saat proses berlangsung dengan cara memberikan pengawasan serta melakukan evaluasi secara berkala dan ketat terhadap jalannya proyek kedepannya. Karna dengan Transparansi dan tata kelola izin yang tepat merupakan kunci sukses nya bisnis. Menciptakan lingkungan bisnis yang aman dan adil karna hal ini sangat membantu keberlanjutan perkembangan proyek dan dapat menimalisir resiko terjadinya korupsi, bisa mendapat lebih banyak kepercayaan dimata publik.

3. Keterlibatan pihak pemerintah :  Terduga bahwa terdapat perilaku pencurangan terkait izin kepemilikan tanah untuk keberlanjutan pembangunan apartemen hingga menarik nama mantan Bupati Bekasi (Neneng Hasanah Yasin) dan sejumlah kepala dinas terkait. Janji yang diberikan berupa sudah punya izin untuk 350 hektar ternyata hanya bualan semata disaat pada kenyataannya meikarta hanya baru diberikan izin untuk 84,6 Hektar. Selain itu Meikarta juga turut terseret kasus adanya ketidaksesuaian tata ruang proyek dan IMB.

Neneng Hasanah, Bupati Bekasi nonaktif, dinyatakan bersalah menerima suap terkait rekayasa proyek Meikarta senilai Rp 10,63 miliar dan SGD 90.000. Pada 29 Mei 2019, dia divonis enam tahun penjara dan denda Rp 250 juta. Billy Sindoro, Direktur Operasi Grup Lippo, adalah Lippo dan berhubungan dengan Neneng untuk memfasilitasi proyek tersebut. Dia menerima hukuman 3,5 tahun penjara, denda $100 juta, dan tambahan dua bulan penjara.

Permasalahan kasus-kasus diatas tidak hanya sekali-duakali. Proyek yang dinanti-nantikan menjadi kota indah itu sering kali terkena isu negatif. Beberapa tambahan diantaranya :

  • Iklan yang dilakukan secara gila-gilaan : Nama Meikarta kian menggebung karena padatnya berita kasus dimedia massa sejak awal diperkenalkannya proyek pembangunan unit Apartemen ini. Bahkan melakukan belanja periklanan hingga Rp. 1,5 Triliun tanpa memikirkan penawaran harga dan bonus yang didapatkan.

  • Diberikan Gugatan mengenai Pailit Vendor : Anak perusahaan PT. Lippo Cikarang Tbk. Yang mengembangkan proyek meikarta oleh PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) diberikan gugatan pailit oleh kedua vendornya yaitu, PT Relys Trans Logistic dengan PT Imperia Cipta Kreasi. Yang diberikan pada tanggal 24 mei 2018 kepada pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Isi pokok dalam gugatan menetapkan PT Mahkota Sentosa Utana karena melakukan penundaan akan kewajiban dalam membayar hutang sementara (PKPU-S) Mahkota sentosa Utama. Meski menolak akan gugatan yang diberikan, Direktur bagian komunikasi Lippo Group yakni Danang Kemayan Jati memberi pengakuan bahwasannya kedua perusahaan yang disebutkan tadi adalah vendor dari Meikarta. Penolakkan yang disampaikan oleh Lippo Group berhasil dilakukan lantaran tidak terdapat kontrak dalam bentuk apapun diantara pihak yang bersangkutan dan dapat menciptakan hubungan hukum (Hutang-Piutang) antar kedua belah pihak.
  • Subkontraktor enggan untuk menuntaskan proyek : Disebabkan karena adanya ketidakpastian akan pembayaran yang seharusnya dilakukan oleh pihak meikarta kepada para subkontraktor yang terlibat. Hingga membuat subkontraktor merasa akan ketidak stabilitas keuangan dalam menjalankan proyek berujung akan adanya perselisihan tentang kontrak yang sudah disepakati bersama tapi tidak dijalankan sebagaimana semestinya karena adanya ketidaksesuaian akan persyaratan yang tidak terpenuhi. Seperti, kondisi lingkungan kerja yang ternyata tidak sesuai standart yang telah ditetapkan, reputasi buruk pemimpin perusahaan pengembang meikarta, buruknya komunikasi yang terjalin , koordinasi yang tidak jelas dalam mengarahkan kerja.

Dikejar konsumen Meikarta : Pada Senin, 12 Mei, 2022. Seluruh anggota komunitas Peduli Konsumen Meikarta yang mewakili lebih dari 100 pembeli unit rumah tinggal mengadu ke DPR. Himpunan Masyarakat Peduli Konsumen Meikarta sempat melakukan protes kepada DPR pada 23 Juni 2022, dan kepada Presiden pada 27 Juni 2022, terkait klaim tidak diberikannya unit kepada masing-masing anggota asosiasi.

Masyarakat ini menilai PT Mahkota Sentosa Utama (MSU), pengembang proyek pembangunan Apartemen Meikarta menunjukkan tanda-tanda tidak beritikad baik untuk membangun apartemen, mengembalikan uang pembeli, atau mengganti kerugian konsumen yang ditimbulkan akibat pembelian atau pesanan individu mereka atas unit Apartemen Meikarta. Hal ini membuat seluruh anggota Perhimpunan Komunitas Peduli Meikarta Bersatu untuk mendapatkan keadilan atas hak yang memang sudah sepantasnya mereka dapatkan, terlebih khusus nya pada konsumen yang sudah membayar lunas sejak awal.

 

Sidang tahap pertama kasus yang diajukan PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) terhadap nasabah Meikarta dimulai Selasa (24/1/2023) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat. MSU merupakan salah satu bisnis yang bekerja di bawah arahan Lippo Cikarang selaku pengembang proyek di Kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Atas pengaduannya ke DPR RI, pelanggan yang tergabung dalam Perhimpunan Masyarakat Peduli Konsumen Meikarta (PKPKM) diduga melakukan pencemaran nama baik sehingga kasus ini dibawa ke pengadilan. Akibatnya, mereka digugat dan diperintahkan untuk membayar ganti rugi sebesar Rp 56 miliar. Ironi dari gugatan ini, pembeli unit propertilah yang dirugikan karena belum menerimanya. Padahal, di kontrak awal sudah diatur bahwa unit akan diserahterimakan pada 2019.

 

               Proyek Meikarta pertama kali menarik minat banyak orang karena potensi luar biasa yang diwakilinya. Proyek ini diantisipasi untuk menciptakan lapangan kerja, memperkuat ekonomi lokal, dan berfungsi sebagai pusat bisnis kontemporer dan aktivitas perumahan. Proyek ini, bagaimanapun, mengalami berbagai masalah dan kesulitan dari waktu ke waktu.

               Salah satu masalah yang muncul berkaitan dengan perizinan. Prosedur perizinan proyek Meikarta menuai kritik karena terburu-buru dan kurang transparan. Ada klaim bahwa beberapa proses perizinan tidak diikuti dengan benar, menimbulkan pertanyaan tentang legalitas proyek. Hal ini menyebabkan proyek tersebut diawasi oleh sejumlah organisasi, termasuk berbagai pihak terkait termasuk KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan).

               Selain itu, ada dugaan perilaku tidak jujur terkait proyek Meikarta. Sejumlah oknum, termasuk perwakilan pemerintah daerah, dijerat menerima suap untuk mempercepat proses perizinan. Salah satu penyebab utama meluasnya perhatian publik terhadap kasus Meikarta adalah dugaan korupsi.

               Pemberitaan secara besar-besaran Meikarta telah mendapat perhatian dari media dan masyarakat umum di Indonesia pada sejumlah topik, termasuk perizinan, pendanaan, dan tata kelola proyek. Penyelidikan dan pemberitaan korupsi terfokus pada sejumlah kelompok dan orang-orang yang terkait dengan proyek Meikarta. Terkait prosedur persetujuan proyek perumahan Meikarta, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga berhasil menemukan bukti dugaan suap antara Lippo Group dan Pemkab Bekasi, berupa uang sebanyak 90.000 Dolar Singapura Rp. 513 juta, serta 2 buah unit kendaraan mobil. Karena selama setahun, komisi antikorupsi juga menyelidiki kasus dugaan suap itu.

               KPK melakukan penyelidikan pada November 2017 setelah menerima banyak tudingan dari masyarakat. Bukti awal dugaan suap antara pemerintah daerah dengan dunia usaha, dalam hal ini Grup Lippo, berhasil dihimpun KPK. Akan tetapi anehnya pada saat itu meikarta justru semakin mendapatkan penjualan bahkan tembus sampai 16.800 unit.

 

 

 

 

Berikut karakteristik yang dibangun oleh Meikarta sebagai kota maju yang mandiri : 

1. Infrastruktur : Infrastruktur yang komprehensif, termasuk jaringan jalan, angkutan umum, dan sistem utilitas mutakhir, direncanakan untuk Meikarta. Mobilitas dan aksesibilitas penduduk harus dijaga dengan baik, dan perekonomian daerah akan selalu didukung.

2. Pusat perdagangan dan bisnis berlangsung : Meikarta diperkirakan akan berkembang menjadi pusat komersial dan perdagangan yang signifikan. Kompleks perkantoran kontemporer, pusat perbelanjaan, dan fasilitas komersial lainnya sedang dibangun sebagai bagian dari proyek ini. Tujuannya adalah untuk menarik investasi dan menciptakan lapangan kerja bagi penduduk setempat.

3. Tempat Huni : Proyek residensial untuk berbagai jenis properti, mulai dari rumah susun hingga rumah tapak, juga merupakan bagian dari proyek Meikarta. Tujuannya adalah untuk menawarkan lingkungan yang nyaman dan menarik bagi penduduk kota untuk hidup.

4. Tempat Pusat Pendidikan : Meikarta diharapkan dapat menawarkan fasilitas pelatihan terbaik selain sekolah dasar, sekolah menengah, dan lembaga pendidikan menengah atas. Hal ini dimaksudkan untuk membuka akses terhadap pendidikan yang berkualitas dan membantu pertumbuhan potensi penduduk.

5. Pusat Kesehatan : Infrastruktur medis yang kuat, termasuk rumah sakit, klinik, dan layanan lainnya, juga direncanakan untuk Meikarta. Tujuannya adalah untuk memberikan perawatan kesehatan yang memadai bagi mereka yang tinggal di kota dan sekitarnya.

               Proyek Meikarta mengalami beberapa masalah dan kesulitan selam pengembangannya, seperti yang telah diberitakan. Masyarakat dan pihak terkait lainnya akan terus mencermati dan mengamati perkembangan Meikarta dari waktu ke waktu untuk melihat bagaimana perkembangannya dan apa pengaruhnya bagi daerah. Keterkaitan pengembang dengan lingkungan sekitar juga dipengaruhi oleh kontroversi seputar proyek Meikarta. Ada tuduhan bahwa pengembang proyek gagal mempertimbangkan keinginan dan persyaratan lingkungan dan pemilik tanah yang dibayar rendah yang terkena dampaknya. Berbagai organisasi masyarakat memprotes dan akibatnya terjadi ketegangan.

               Publik menyadari adanya ketidakstabilan antara manajemen Meikarta dan pelanggan. 131 pelanggan Meikarta yang juga tergabung dalam Persatuan Masyarakat Peduli Konsumen Meikarta (PKPKM) akhirnya mendapatkan haknya pada 21 Maret 2023. Hal ini dikarenakan Andre Rosiade, anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra, mengatakan nasabah dapat menggunakan haknya melalui refund dana dan penitipan jual unitnya.

               Pemerintah juga aktif mengambil tindakan dalam kasus Meikarta. KPK dan BPK adalah dua lembaga pemerintah yang melihat dan mengawasi proyek ini. Pemerintah juga sedang mengkaji perizinan yang telah dikeluarkan saat ini. Selain itu, sejumlah upaya hukum dilakukan, termasuk penahanan banyak orang yang diduga terlibat korupsi. Ternyata upaya komunitas dalam menjalin kerja sama berkomunikasi memberikan hasil yang memuaskan, melalui pelaporan para konsumen Meikarta kepada DPR terkait janji pembangunan unit Apartemen sederet Anggota DPR pun bergerak cepat untuk melaksanakan fungsi pengawasan. 

               Kasus Meikarta menyoroti berbagai masalah perencanaan pembangunan real estat besar di Indonesia, termasuk masalah lisensi, klaim korupsi, dampak lingkungan, dan interaksi pengembang dengan masyarakat. Kejadian ini mendapat perhatian media dan berfungsi sebagai pengingat akan nilai kejujuran, keandalan, dan keberlanjutan dalam penciptaan proyek-proyek besar.

               Proyek Meikarta pertama kali menarik minat banyak orang karena potensi luar biasa yang diwakilinya. Proyek ini diantisipasi untuk menciptakan lapangan kerja, memperkuat ekonomi lokal, dan berfungsi sebagai pusat bisnis kontemporer dan aktivitas perumahan. Proyek ini, bagaimanapun, mengalami berbagai masalah dan kesulitan dari waktu ke waktu. Selain masalah perizinan dan tuduhan korupsi, proyek Meikarta memiliki kesulitan lain seperti masalah infrastruktur dan lingkungan. Kekhawatiran mengenai efek proyek ini terhadap lingkungan, khususnya kelangsungan kualitas air tanah dan udara, telah dikemukakan oleh sejumlah pemangku kepentingan. Selain itu, diperkirakan infrastruktur di sekitar proyek tidak akan mampu mendukung jumlah penduduk dan aktivitas yang besar.

               Dari kasus meikarta ini dapat disimpulkan bahwa kita sudah sepatutnya untuk lebih berhati-hati dan bijak dalam menentukan suatu keputusan karna nantinya akan sangat berdampak bagi kehidupan yang akan kita jalani. Segala sesuatu perlu diperhatikan meski hal terkecil sekalipun agar hal merugikan yang sudah terjadi tidak terulang dikemudian hari. Penting untuk kita benar-benar mengetahui bagaimana seluk-beluk lingkungan didalam nya sebelum ikut melakukan investasi.

 Daftar Citasi : 

Chiodelli, F. (2019). The illicit side of urban development: Corruption and organised crime in the field of urban planning. Urban Studies, 56(8), 1611-1627. 

Wambui, D. N. U., Ombui, K., & Kagiri, A. (2015). Factors Affecting Completion of Road Construction Projects in Nairobi City County: Case Study of Kenya Urban Roads Authority (KURA). International Journal of Scientific and Research Publications, 5(11), 2250-3153. 

Shahid, A., Ahmad, H., Ahmad, N., Shafique, M. N., & Amjad, N. (2015). Analysis of key performance factors affecting residential construction projects in Pakistan. Arabian Journal of Business and Management Review (Nigerian Chapter), 3(10), 9-14. 

Robbi, A. S. (2019). Keabsahan Transaksi Jual Beli Properti Menggunakan Sistem Pre Project Selling Ditinjau Dari Hukum Perjanjian (Studi Kasus Proyek Meikarta Cikarang Kabupaten Bekasi) (Bachelor's thesis, Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). 

Septyana, V. (2019). Fenomena Meikarta Sebagai Simbol Modernitas (Studi Semiotika Pemasaran Oswald Dalam Iklan Kota Meikarta). SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 12(1).

Astridianty, D. O., & Suharyanto, S. (2022). Citra Merek dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian dengan Celebrity Endorser Memoderasi Iklan. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 18(2), 157-174.

Wiradharma, G., Anam, K., & Ningrum, K. P. (2020). Kegiatan Marketing Public Relations Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Apartemen Pada Generasi Milenial. LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(2), 70-77.

Bysella, M. G., Lapian, S. J., & Tumbuan, W. J. (2018). Analysis the Influence of Product Knowledge, Sale Promotion and Price Towards Consumer Purchase Decision At Meikarta Consumer in Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun