Nama : Lily Novianti
Program studi : Pendidikan Bahasa Mandarin
Â
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Â
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam
Pembelajaran PPL 1 dan 2 terkaitÂ
Â
Â
Lokasi
SMA Negeri Ranto Baek
Lingkup Pendidikan
Menengah Atas
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan Hasil  Belajar  Siswa  Melalui  Model
Pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan media interaktif PPT audio
Penulis
Lily Novianti
Tanggal
24 September 2022
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar belakang masalah:
belum maksimal pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif yang menyebabkan hasil belajar siswa dibawah KKM atau dalam kategori rendah.
Guru masih mendominasi dari seluruh proses pembelajaran.
Guru tidak menggunakan media pembelajaran PPT saat di kelas.
Siswa yang masih salah dalam pengucapan Nada /Shengdiao 1,2,3
Pada praktik pembelajaran di kelas dengan model problem based learning dengan berbantuan media interaktif PPT audio ini sangat penting untuk bagi guru sebagai perbaikan dikelas. PBL membantu guru dalam proses pembelajaran siswa serta melibatkan siswa dalam berdiskusi, siswa juga dapat lebih memahami isi materi.Â
Kemudian PBL apabila didukung dengan media interaktif PPT audio sangat membantu bagi siswa dalam mengembangkan pengetahuannya dan membantu siswa dalam pengucapan kata dan kaliamat yang sesuai dengan Nada nya.Â
Media Audio merupakan sebuah alat bantu audio yang berarti bahan atau alat yang dipergunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan kata yang diucapkan dalam menularkan pengetahuan, sikap, dan ide
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Memilih model pembelajaran dalam proses pembelajaran Inovatif sesuai kebutuhan siswa Sulit mencari audio yang berbahasa mandarin.
Yang terlibat siswa kelas XI dan XII
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkahnya guru memilih model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan PPT Interaktif berbantuan Audio, sesuai dengan hasil wawancara dan kajian literatur bahwa model pembelajaran seperti ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Â
Selain itu guru berdiskusi dengan rekan guru PPG lainnya dalam mencari audio berbahasa Mandarin. Sumber daya yang diperlukan dalam melaksanakan strategi tersebut adalah kuota dan device yang mendukung.
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Bagaimana  respon  orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari aksi dan langkah - langkah yang dilakukan adalah meningkatnya hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inovatif  yang dilaksanakan menggunakan PBL dengan media PPT interaktif berbantuan Audio.
Langkah penerapan PBL dimulai dari tahap orientasi siswa pada masalah, mengoorganisasikan siswa, membimbing penyelidikan, mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Hasil dari pelaksanaan model PBL tersebut efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Â
Dilihat dari hasil evaluasi pembelajaran yang sebelum menerapkan PBL serta dilihat dari saat siswa membaca dan berbicara Bhasa Mandarin, nada yang diucapkan oleh siswa sudah benar.Â
Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran PBL dengan media interaktif berbantuan Audio dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Faktor keberhasilan ini sangat ditentukan oleh guru sebagai fasilitator mulai dari penggunaan media pembelajaran, model pembelajaran, dan langkah-langkah dalam RPP.Â
Untuk berkelanjutan agar semakin meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Mandarin khususnya dalam pengucapan nada kedepannya guru lebih inovatif dalam proses pembelajran terutama dalam penentuan model pembelajran dan media pembelajran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H